Ingin Menambah Tinggi Badan? Ini Dia Rekomendasi 7 Rempah dan Makanan

Tinggi badan biasanya dipengaruhi oleh faktor genetik, namun asupan gizi yang dikonsumsi juga mempengaruhi tinggi badan seseorang. Meski demikian, banyak cara mudah untuk menambah tinggi badan, salah satunya adalah mengkonsumsi asupan yang mendukung pertumbuhan tinggi badan, termasuk rempah dan jenis makanan tertentu. Berikut adalah rempah dan makanan untuk menambah tinggi badan.

Rempah untuk Menambah Tinggi Badan

Basil

Basil (Ocimum basilicum) dikenal sebagai herba aromatik yang banyak digunakan dalam masakan Italia. Ini berasal dari keluarga Lamiaceae, yang masih satu keluarga dengan mint, dan ditemukan sebagai herba dari wilayah Asia. Penggunaan basil yang populer adalah pada masakan Italia, seperti pasta, salad, dan pizza. Namun secara umum, basil dapat digunakan untuk membumbui hidangan jamur, ayam, dan bahkan makanan laut.

Herba yang berasal dari Asia ini memiliki kandungan nutrisi yang dapat menambah tinggi badan. Hal ini dikarenakan basil mengandung mineral yang termasuk kalsium dan magnesium. Diketahui bahwa dalam 100 gram basil, terdapat sekitar 1684 miligram kalsium, yang dapat menjadi asupan untuk menambah tinggi badan.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Di luar manfaatnya dalam menambah tinggi badan, basil juga diketahui mampu menjaga kesehatan tubuh, misalnya dengan mengurangi peradangan, mendukung pencernaan, meningkatkan fungsi otak, dan meningkatkan suasana hati. Dengan demikian, menambahkan basil ke dalam resep makanan sehari-hari akan memberikan nutrisi penuh bagi tubuh.

Marjoram

Marjoram merupakan rempah untuk menambah tinggi badan selanjutnya. Berasal dari Mediterania, marjoram hadir sebagai herba yang memiliki sedikit rasa pinus dan jeruk, yang rasanya mengingatkan dengan oregano. Marjoram banyak digunakan di seluruh dunia, termasuk Mediterania, Timur Tengah, dan juga Italia.

Selain dapat menyempurnakan kuliner di berbagai negara, marjoram juga menawarkan manfaat yang sangat baik, seperti menambah tinggi badan. Marjoram adalah herba yang menyediakan 1469g kalsium dalam porsi 100g marjoram. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan dengan kalsium yang terdapat pada oregano.

Herba ini juga dapat mengatasi masalah kesehatan lainnya, yaitu dengan meningkatkan kualitas tidur, memberikan efek menenangkan, mengobati batuk dan dahak berlebih, dan bahkan minyak marjoram mampu meningkatkan fungsi kognitif seseorang, sehingga mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer dan demensia.

Thyme

Thyme adalah ramuan Mediterania yang tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh dan iklim hangat. Berasal dari Yunani dan Italia, thyme banyak digunakan sebagai bumbu penyedap di seluruh dunia, termasuk Afrika, Amerika Tengah, Eropa, Italia, dan lainnya. Thyme berasal dari keluarga yang sama dengan mint, yang memiliki sentuhan mint dan lemon.

Thyme dikemas dengan banyak vitamin, termasuk vitamin A. Menurut data dari United States Department and Agriculture, thyme mengandung 163 International Unit (IU) vitamin A dalam satu sendok makan. Vitamin A berfungsi untuk menangkal radikal bebas, yang mana menjadi penyebab dari kerusakan jaringan dan sel.

Selain itu, thyme juga mengandung vitamin C, dan asam lemak omega-3 yang diketahui berkontribusi terhadap kesehatan jatung, kesehatan otak, dan juga bermanfaat bagi kesehatan tulang dan sendi. Asam lemak omega-3 pada thyme juga sering ditemukan pada makanan lain, yaitu ikan. Ini juga mengandung banyak kalsium yang diketahui terdapat sekitar 1369mg kalsium per 100g.

Adas Sowa

Adas sowa atau dill merupakan herba yang berasal dari keluarga Apiaceae, yang ditemukan di Asia Barat dan Timur Tengah. Adas sowa banyak digunakan sebagai bumbu makanan laut, sayuran, telur, cream cheese, dan biasa digunakan dalam salad untuk menyeimbangkan rasa cuka. Rempah ini juga banyak digunakan untuk tujuan pengobatan. Adas sowa diketahui mengandung kalsium yang berkontribusi terhadap tinggi badan seseorang. Ini menjadikan adas sowa ideal ditambahkan ke dalam berbagai resep untuk sumber kalsium. Namun, adas sowa biasanya hanya digunakan dalam jumlah sedang.

Sage

Rempah untuk menambah tinggi badan lainnya adalah sage, yang merupakan tanaman asli Mediterania yang termasuk dalam keluarga mint. Sebagai salah satu bumbu dapur, ia banyak digunakan pada masakan Italia. Sage bisa diketahui dengan ciri aroma dan rasanya yang kuat. Namun, saat digunakan untuk tujuan kuliner, sage umumnya hanya digunakan dalam jumlah kecil saja.

Selain sebagai bagian dari kuliner, sage juga banyak digunakan untuk tujuan pengobatan sejak berabad-abad yang lalu. Hal ini dikarenakan sage mengandung banyak manfaat, salah satunya adalah kandungan vitamin K yang sangat tinggi, dan dilengkapi dengan A dan C. Ini juga dikemas dengan kalsium yang baik untuk menambah tinggi badan. Kadar kalsium akan dilepas oleh sage seiring waktu saat dipanaskan. Dalam 100 gram daun sage, terdapat sekitar 1049mg kalsium.

Mint

Mint merupakan herba yang sangat populer, yang berasal dari genus Lamiaceae. Dalam hal kuliner, mint banyak digunakan pada hidangan nasi, hidangan daging, teh, dan bahkan coklat. Mint juga cocok untuk aromaterapi, karena selain aromanya yang harum dan menyegarkan, mint juga dapat meningkatkan fokus serta memori. Hal ini ditinjau oleh studi dari Avicenna Journal Phytomedicine.

Anda dapat menggunakan mint untuk menambah tinggi badan, namun mint hanya bisa melepaskan kalsium saat dipanaskan, yang artinya – mint harus diolah ke dalam resep agar bisa melepaskan kalsium. Meskipun demikian, 100g daun mint dapat memberikan 1044mg kalsium.

Oregano

Oregano banyak dikaitkan dengan masakan Italia, dan merupakan kunci dari kelezatan hidangan Italia seperti pizza, pasta, dan lainnya. Oregano berasal dari wilayah Mediterania dan masih berkerabat dengan mint, thyme, dan lainnya. Selain memiliki kaitan yang erat dengan masakan Italia, tetapi oregano juga dapat membumbui banyak hidangan daging dan makanan laut.

Herba dengan aroma yang tajam dan rasa yang kuat ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh, yaitu mencegah pertumbuhan sel kanker, menangkal radikal bebas, dan dapat menambah tinggi badan seseorang. Hal ini dikarenakan oregano dikemas dengan kalsium, yang ditemukan terdapat 1033mg kalsium per 100g oregano.

Makanan untuk Menambah Tinggi Badan

Susu

Mengonsumsi susu agar tinggi badan bertambah memang menjadi cara termudah yang seringkali dilakukan setiap orang. Susu berasal dari kelenjar susu sapi atau kambing, yang banyak diolah menjadi beberapa produk susu seperti susu bubuk, es krim, keju, mentega, dan yogurt. Minuman ini dikemas dengan banyak nutrisi, sehingga menjadikannya sebagai minuman yang bermanfaat mulai dari bayi hingga orang yang lanjut usia.

Secara alami, susu mengandung vitamin, kalsium, protein, fosfor, dan magnesium, yang sangat penting untuk kesehatan tulang, dan juga berpotensi untuk menambah tinggi bada seseorang. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa susu sapi dapat meningkatkan pertumbuhan anak-anak dan dapat meningkatkan otot dan penambahan berat badan.

Salmon

Salmon merupakan ikan yang dikenal dengan harganya yang mahal, karena tidak diambil dari perairan di Indonesia. Ikan ini memiliki daging berwarna merah atau oranye, dan sering dimakan dalam keadaan mentah alih-alih dimasak hingga matang. Meski harganya mahal, tetapi hal tersebut sebanding dengan nutrisi yang ditawarkan.

Ini adalah makanan untuk menambah tinggi badan yang kaya akan asam lemak omega-3, yang disebut-sebut dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan. Beberapa penelitian menunjukkan asam lemak omega-3 mungkin terlibat dalam kesehatan tulang dan dapat mendorong pergantian tulang untuk pertumbuhan yang optimal. Salmon juga mengandung protein yang signifikan, vitamin B, vitamin D, selenium, dan potasium.

Kinoa

Kinoa atau quinoa merupakan serealia yang saat ini banyak dijadikan makanan pokok di beberapa negara termasuk Amerika Selatan dan India. Kinoa telah menjadi sumber pangan yang penting di peradaban Andes sebelum kolonialisasi, dan sering disebut sebagai makanan super (superfood). Serealia ini seringkali digunakan sebagai pengganti biji-bijian, dan bahkan dapat menggantikan nasi.

Quinoa sangat padat nutrisi, yang diketahui dapat menambah tinggi badan. Ini merupakan salah satu makanan nabati yang dianggap sebagai protein lengkap karena mengandung kesembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Quinoa juga mengandung magnesium yang tingi, yang merupakan bagian penting dari jaringan tulang dan membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang. Selain itu, quinoa juga mengandung mangan, folat, dan fosfor yang tinggi dalam setiap sajian, yang semuanya penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Ayam

Ayam adalah makanan untuk menambah tinggi badan, yang sangat sering dikonsumsi manusia. Mulai dari ayam goreng, ayam bakar, teriyaki, dan masih banyak lagi. Ayam merupakan pilihan yang tepat untuk menambah tinggi badan, karena ia tinggi akan kandungan protein, vitamin B12, yaitu vitamin yang larut dalam air yang penting untuk menjaga dan menambah tinggi badan.

Dalam mengontrol pertumbuhan dan pembentukan tulang, ayam juga mengandung taurine dan asam amino yang tinggi. Selain itu, ayam juga merupakan sumber yang kaya akan niacin, selenium, fosfor, dan vitamin B6. Namun, teknik pemotongan dan memasaknya mungkin bisa merubah kandungan nutrisinya tersebut.

Sayuran Hijau

Meski anak-anak umumnya tidak menyukai sayuran, tetapi ini sebenarnya sangat penting dalam menambah tinggi badan, terutama bagi anak yang sedang dalam pertumbuhan. Sayuran hijau yang dimaksud bisa berupa apa pun, termasuk bayam dan kangkung. Hal ini dikarenakan sayuran hijau mengandung banyak vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, dan potasium, meskipun jumlah mineral yang tepat bervariasi di antara varietas yang berbeda.

Bumbu Terbaik Untuk Masakan Ternikmat

Tak hanya itu saja, makanan penambah tinggi badan yang satu ini juga banyak mengandung vitamin K, yang mana ia dapat membantu mendukung peningkatan kepadatan tulang dan memelihara tinggi badan dengan mendukung pertumbuhan. Jika dikonsumsi secara teratur, sayuran hijau dapat menjadi pilihan yang ideal untuk menambah tinggi badan.

Telur

Telur sejatinya adalah salah satu sumber protein yang sangat mudah ditemukan dan banyak diolah. Telur mengandung banyak nutrisi penting yang baik untuk menambah tinggi badan di masa remaja. Satu telur besar mengandung 6 gram protein, membuatnya sangat tinggi protein. Makanan ini juga dikemas dengan vitamin D, yang mana ia berpotensi dalam membantu tubuh menyerap kalsium dan menjaga kesehatan tulang.

Buah Beri

Buah beri dianggap sebagai makanan terbaik untuk membantu Anda tumbuh lebih tinggi karena mengandung banyak vitamin C, yang membantu pertumbuhan dan penyembuhan jaringan. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C, maka produksi kolagen akan semakin meningkat. Kolagen telah ditunjukkan dalam penelitian untuk meningkatkan kepadatan tulang dan meningkatkan kesehatan tulang, yang dapat membantu penambahan atau pemeliharaan tinggi badan. Selain itu, buah beri mengandung berbagai vitamin dan mineral tambahan, termasuk serat, vitamin K, dan mangan.

Asupan nutrisi penting untuk menambah tinggi badan bisa diperoleh dengan mudah dari rempah dan makanan yang biasa dikonsumsi. Meski makanan di atas dapat mendukung pertumbuhan tinggi badan, penting untuk diingat bahwa olahraga pun dapat menambah tinggi badan seseorang. Dengan demikian, tinggi badan Anda akan bertambah secara optimal. Ketahui juga rempah untuk meningkatkan hemoglobin di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *