7 Chef Terbaik Yang Memiliki Michelin Star Terbanyak Di Dunia

7 Chef Terbaik Yang Memiliki Michelin Star Terbanyak Di Dunia

7 chef terbaik yang memiliki michelin star terbanyak di dunia

Apakah kamu pernah menonton program acara pencarian bakat untuk menjadi chef terkenal di televisi? Jika iya, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah Chef ataupun tugas dari seorang juru masak. Kata chef berasal dari bahasa Prancis yakni chef de cuisine yang artinya kitchen director atau seseorang yang menjadi kepala di dapur. Profesi ini mengatur apapun yang terjadi di dalam dapur, seperti penentuan menu, mengkreasikan makanan atau minuman, memilih bahan-bahan, persiapan masak sampai penyajian makanannya seperti apa.

Sedangkan menurut Wikipedia, chef adalah juru masak profesional terlatih yang ahli dalam semua aspek pengolahan makanan dan biasanya fokus pada kuliner tertentu. Chef bisa mendapat pelatihan formal dari sebuah lembaga atau dengan berguru pada chef yang berpengalaman.

Di dunia ini ada banyak chef terkenal yang mempunyai segudang prestasi dan belasan penghargaan seperti Michelin Star, siapa saja kah mereka yang terkenal di dunia kuliner International? Yuk kita intip profil dari 7 chef terbaik dunia yang memiliki banyak Michelin Star

Alain Ducasse

Alain Ducasse - Forbes

Jika dilihat dari jumlah Michelin Star, tentu Alain Ducasse adalah chef dengan Michelin Star terbanyak, tidak tanggung-tanggung Alain Ducasse memiliki 19 Michelin Star dan juga memiliki restoran berbintang 3 Michelin di 3 kota dunia yaitu Monako, Paris, dan London. Selain dinobatkan sebagai chef terbaik dengan bintang Michelin terbanyak di dunia dan masakannya yang tidak tertandingi, Alain juga menciptakan konsep makanan yang inovatif dan membawa pengaruh yang cukup besar pada kuliner internasional.

Pada bulan Mei 2009, ia membuka École de Cuisine Alain Ducasse yakni sekolah kuliner pertamanya yang non-profesional di Paris. Di tahun tersebut, ia juga menandatangani kerja sama antara Alain Ducasse Enterprise dan Clinton Global Initiative. Saat diwawancarai prihal resep rahasia, Alain mengatakan “Tidak ada resep rahasia. Satu-satunya cara untuk mengatur pertumbuhan bisnis adalah dengan delegasi dan kontrol,” kata Ducasse dalam wawancara bersama Skift Table

Pierre Gagnaire

Selanjutnya ada Pierre Gagnaire pemilik Michelin Stars terbanyak nomer-2 dengan total 14 Michelin Stars. Ia menerima bintang pertamanya pada umu 26 tahun. Pierre adalah salah satu juru masak pertama yang menerima gagasan bahwa makanan adalah seni. Seperti pelukis, ia menandai bahwa kuliner dan hidangan miliknya memiliki ‘era’ nya sendiri dari tahun ke tahun. Evolusi konstan membuat Pierre untuk tetap berada digaris depan dunia kuliner internasional dan tetap relevan dalam dunia yang terus berubah. Gagnaire’s eponymous flagship restaurant di  Rue Balzac, Paris juga telah mempertahankan 3 bintang Michelin selama lebih dari dua dekade, tentu saja ini termasuk prestasi yang luar biasa di dunia kuliner.

Martin Berasategui

Martin Berasategui - Forbes

Diposisi ke-3 ada Martin Berasategui dari Spanyol yang juga telah mengantongi 12 Michelin Stars yang didapat lewat restoran-restoran berkualitas miliknya. Martin Berasategui memiliki 2 restoran bernama Martin Berasategui dengan 3 bintang Michelin. Pertama kali ia mendapat bintang Michelin ketika berusia 25, saat itu ia mendirikan Restaurante Martin Berasategui di tahun 1993. Kemudian restoran itu mendapat 3 bintang Michelin di tahun 2001 dan berada di daftar 50 restoran terbaik di Dunia selama 6 tahun. Prestasi Martin Berasategui berlanjut ketika ia mengantongi 3 bintang Michelin untuk restorannya yang berada di Tenerife dan Barcelona.

Yannick Alleno

Yannick Alléno - Wikipedia

Chef terbaik di dunia yang berada di urutan ke-4 adalah Yannick Alleno yang memiliki 10 Michelin Stars. Yannick Alleno mengarahkan 18 restoran di seluruh dunia, bahkan restoran tertua di Paris seperti Alléno Paris Au Pavillon Ledoyen yang terletak di taman Champs – Élysées. Pada tahun 2020 Pavillon Ledoyen telah menjadi perusahaan independen dengan peringkat bintang tertinggi di dunia. Sejak tahun 2013, chef asal Prancis ini telah melakukan penelitian dan pengembangan masakan Prancis hingga memulai gerakan kulinernya sendiri, bernama Modern Cuisine. Dilansir dari Fine Dining Lovers Yannick Alleno mempelajari tentang teknik membuat saus, sebagai bagian dari penelitiannya. Bahkan ia telah mematenkan teknik tersebut yang biasa ia sebut sebai ‘Extractions’.

Anne-Sophie Pic

Anne-Sophie Pic - Serge Chapuis

Anne-Sophie Pic adalah perempuan yang menempati posisi sebagai chef terbaik di dunia urutan ke-5. Dengan mengantongi 8 Michelin Stars, chef perempuan ini memiliki 5 restoran yang sudah memiliki 8 bintang Michelin. Menariknya, Anne-Sophie Pic tidak pernah mengenyam pendidikan kuliner formal. Karirnya berawal ketika ia memimpin restoran milik keluarganya yaitu Maison Pic. Karna kala itu ayahnya meninggal dunia di tahun 1997. Setelah mengantongi 3 bintang Michelin, Anne-Sophie Pic membuka restoran kedua bernama Restaurant Anne-Sophie Pic yang menyajikan menu-menu khas kota kelahirannya, Valence.

Gordon Ramsay

Gordon Ramsay - Forbes

Gordon Ramsay  salah satu chef terbaik di dunia yang menempati urutan ke-6 sebagai chef terbaik di dunia dengan perolehan 7 Michelin Stars. Terkenal sebagai chef yang tempramental, ia memiliki sekitar 35 bisnis restoran di dunia. Restoran utamanya adalah Restaurant Gordon Ramsay di Chelsea, London dengan 3 bintang Michelin. Tak main-main, bintang Michelin itu sudah diraih sejak 2001 hingga sekarang. Menjadikannya restoran terlama di London yang memegang 3 bintang bergengsi itu.

Pada 2019, Gordon Ramsay adalah selebriti dengan penghasilan tertinggi ke-35 di dunia dalam daftar Forbes. Kekayaan bersih Gordon Ramsay diperkirakan mencapai $ 220 juta, yang sebagian besar berasal dari acara TV populernya seperti Hell’s Kitchen, Kitchen Nightmares dan Master Chef

Thomas Keller

Thomas Keller - Forbes

Di posisi ke-7 di tempati oleh Thomas Keller dengan 7 Michelin Stars. Thomas Keller merupakan chef yang paling disegani di Amerika Serikat. Thomas Keller adalah chef dan pemilik, The French Laundry di Napa Valley of Yountville, dan California. Juga memiliki Bouchon Bakery di The Time Warner Center, New York City.  French Laundry miliknya pun telah diakui dengan beberapa penghargaan.

Pada tahun 2005, dianugerahi peringkat bintang tiga Michelin Guide di New York, membuat Thomas yang pertama dan satu-satunya seorang kelahiran Amerika yang dianugerahi ‘bintang dua’ dari Michelin Guide.
Di tahun 2006, dia dianugrahi rating 3 bintang dari Michelin untuk restaurant French Laundry di Bay Area . Dia juga mendapat nobel sebagai Chef California Terbaik di tahun 1996, dan chef terbaik di Amerika pada tahun 1997. Sementara restorannya mendapat Perennial Winner di Restaurant Magazine dan masuk ke dalam list TOP 50 restaurant of The World.

chef terbaik di dunia
chef terbaik di dunia

Jadi itulah daftar Chef dunia yang memiliki banyak Michelin Star dan segudang prestasi lainnya. Tertarik berkunjung ke salah saru resto mereka? Jangan lupa juga kunjungi artikel kami tentang gelar Michelin Star yang ada pada restoran, dijamin akan membuat wawasanmu tentang dunia kuliner semakin luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *