21 Bumbu yang Cocok untuk Masak Daging Kambing dan Domba

Daging kambing dan domba memiliki rasa yang tak biasa, agak gemuk dan dengan bau yang khas. Agar mendapatkan rasa yang sempurna dari kedua jenis daging tersebut, penting untuk mengetahui cara memasak yang benar serta memilih bumbu yang tepat. Apa saja bumbu terbaik untuk masak daging kambing dan domba?

Lada Hitam

Lada hitam merupakan bumbu serbaguna dan sangat familiar yang bisa Anda temukan pada hidangan steak, salad, atau daging seperti kambing dan domba. Rasa pedas dari lada hitam ini sangat khas, yang akan berguna untuk menambah cita rasa tanpa mengalahkan bahan lainnya. Ini juga membantu mengeluarkan rasa manis alami dari domba. Jumlah yang digunakan akan bergantung pada preferensi pribadi, tetapi biasanya Anda bisa menggunakan sekitar 1 sendok teh per 4 porsi. Ini akan memberi Anda nada pedas halus di seluruh hidangan tanpa terlalu pedas.

Garam

Garam adalah bumbu sederhana yang paling banyak digunakan sebagai penyedap rasa dan bahan pengawet. Rasa asin dari garam juga berfungsi untuk pengikat rasa yang sempurna untuk daging atau domba, yang dapat meningkatkan rasa gurih dari hidangan apa pun termasuk daging. Garam memunculkan rasa alami pada bahan-bahan lain dan menambah kedalaman rasa pada herba yang lebih ringan seperti thyme atau rosemary.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Jumlah yang harus Anda gunakan bergantung pada preferensi selera pribadi Anda, tetapi biasanya garam akan digunakan sebanyak ½ sendok teh garam per pon daging yang dipotong dadu. Menggunakan terlalu banyak garam bisa membuat rasa hidangan menjadi berantakan, yang paling baik adalah tambahkan garam dalam jumlah sedikit, lalu sesuaikan dengan selera di bagian akhir.

Allspice

Allspice atau dikenal juga sebagai merica Jamaika adalah bumbu serbaguna lainnya yang dapat digunakan untuk masak daging kambing atau domba. Bumbu ini memiliki profil rasa seperti perpaduan antara cengkeh, kayu manis, dan pala. Merica Jamaika yang digiling rasanya sedikit pahit, berbuah, dan bersahaja.

Rasa manis dan kompleks dari merica Jamaika ini membuat suatu hidangan terasa gurih yang biasanya menyertai bumbu ini. Allspice dengan sedikit tambahan seperti kayu manis dan lada dapat membantu menyeimbangkan bumbu hangat lainnya dalam campuran seperti jintan atau paprika asap.

Allspice menawarkan perpaduan rasa yang kuat, sehingga mungkin saja menghilangkan rasa khas hidangan daging kambing atau domba yang akan dimasak. Allspice harus digunakan dalam jumlah. Mulailah dengan setengah sendok teh untuk batch 4 porsi dan sesuaikan kembali jika diperlukan.

Paprika

Paprika adalah salah satu bumbu universal dan banyak digunakan pada masakan. Paprika sempurna untuk menambah kekayaan dan rasa ringan pada daging kambing atau domba. Paprika memiliki rasa yang manis, pedas, dan berasap, tergantung pada tempatnya berasal.

Anda bisa menggunakan paprika pedas atau manis dalam rebusan, tergantung seberapa pedas yang Anda inginkan; biasanya, satu sendok teh per pon daging sudah cukup. Jika Anda menggunakan paprika asap, setengah dari jumlah itu sudah cukup. Rasa paprika yang manis dan berasap berpadu serasi dengan rasa daging kambing atau domba yang lembut.

Kayu Manis

Kayu manis merupakan bumbu yang sering digunakan yang berasal dari kulit pohon kayu manis. Untuk membumbui daging kambing dan domba, kayu manis memberikan rasa dan aroma yang hangat dan bersahaja jika digunakan dengan bijaksana. Kayu manis juga dikatakan membantu mengurangi beberapa aspek gamey dari rebusan daging domba atau kambing.

Ini cocok dengan bumbu lain seperti rosemary, thyme, dan daun salam yang dapat ditambahkan bersama daging pada tahap awal memasak rebusan Anda. Mulailah dengan menambahkan ½ sendok teh bubuk kayu manis di awal saat Anda menambahkan bahan utama sup domba Anda; kemudian tambahkan jumlah sesuai selera.

Jintan

Jintan adalah bumbu hangat dan bersahaja yang berpadu serasi dengan rasa daging kambing atau domba yang lebih lezat. Jintan berasal dari biji kering tanaman yang merupakan famili dari peterseli, yaitu Cuminum cyminum. Rempah kuno asal Mesir dan Timur Tengah ini sangat cocok untuk membumbui daging kambing dan domba Anda.

Rempah ini menambah rasa dan aroma yang kuat pada hidangan apa pun, sehingga, penggunaan yang sedikit saja sudah cukup. Untuk satu panci rebusan daging kambing atau domba, tambahkan ½ sendok teh jintan saat daging sudah kecokelatan bersama dengan bumbu lainnya seperti bawang putih bubuk dan oregano.

Kapulaga

Bumbu yang cocok selanjutnya untuk masak daging kambing dan domba adalah bumbu dengan rasa serta aroma yang manis, kuat, menyengat, yang disertai dengan sedikit aroma lemon dan mint, yaitu kapulaga. Rasa kapulaga yang begitu kompleks ini berpadu sempurna dengan daging kambing dan domba yang dimasak lambat.

Gunakan kapulaga untuk membumbui hidangan Anda sedikit saja, jadi mulailah dengan jumlah kecil atau sekitar setengah sendok teh hingga satu sendok teh per tiga pon (1-1,5 kilogram) daging. Anda juga bisa menambahkan kapulaga lebih banyak jika diperlukan.

Jahe

Jahe merupakan tanaman dengan akar bergerigi yang memiliki banyak varietas. Kegunaan jahe bergantung pada jenis varietasnya. Dalam membuat daging kambing atau domba, jahe berguna untuk menambahkan rasa manis dan pedas dan merupakan cara terbaik untuk menonjolkan karakteristik unik daging. Rasa manisnya membantu menyeimbangkan rasa gurih, sementara rasa pedasnya menambah kedalaman dan kompleksitas.

Kehangatan jahe yang bersahaja juga membantu mengeluarkan nada halus yang ada pada daging kambing atau domba yang dimasak. Jahe dapat dengan mudah mengalahkan rasa alami dari daging jika digunakan terlalu banyak. Oleh sebab itu, gunakan satu atau dua sejumput jahe saja.

Daun Salam

Daun salam adalah tambahan yang ideal untuk daging kambing atau domba dengan rasa yang sedikit pahit dan rasa yang dalam dan bersahaja dapat menonjolkan kelezatan gurih daging yang lembut. Daun salam tidak hanya menambah kedalaman rasa yang lezat, tetapi juga membantu mengeluarkan rasa lain dalam hidangan.

Saat menggunakan daun salam dalam hidangan daging, cukup gunakan satu atau dua daun kering per empat porsi, dan remukkan di atasnya setelah ditambahkan. Berhati-hatilah saat makan, karena daun salam bisa sangat keras dengan tepi yang tajam sehingga Anda harus membuangnya sebelum memasukkannya ke dalam hidangan.

Bubuk Kari

Bubuk kari adalah campuran rempah-rempah beraroma yang meningkatkan rasa gurih pada hidangan daging kambing dan domba. Bubuk kari biasanya terdiri dari banyak kombinasi rempah-rempah yang berbeda seperti kunyit, ketumbar, jintan, fenugreek, lada hitam, dan jahe. Bubuk kari menambahkan kehangatan dan kedalaman pada daging yang akan dimasak, dengan nada pedas dan memikat di seluruh palet rasanya.

Dalam kasus bubuk kari yang digunakan untuk daging kambing atau domba, bubuk kari harus digunakan secukupnya untuk membumbui semua bahan dalam masakan sehingga memiliki profil rasa yang seragam. Umumnya, sekitar 1-2 sendok teh per pon (sekitar 450gram) daging sudah cukup.

Serpihan Cabai

Serpihan cabai dapat digunakan langsung dalam hidangan daging atau dibuat menjadi “infus” dengan menambahkannya ke minyak panas sebelum menambahkannya ke dalam panci. Serpihan cabai menghadirkan kehangatan dan kerumitan tanpa mengalahkan rasa lainnya.

Jumlah yang Anda butuhkan tergantung pada tingkat kepedasan yang diinginkan, tetapi biasanya satu sendok teh sudah cukup untuk sebagian besar resep. Serpihan cabai akan memberikan rasa yang membakar lidah pada daging kambing atau domba Anda yang akan memperdalam, dan mengintensifkan semua nada gurih yang indah dari sayuran panggang, rempah-rempah, dan tentu saja kambing atau domba juicy yang dimasak lambat.

Cengkeh

Cengkeh sering digunakan pada hidangan gurih, makanan penutup, dan minuman. Rempah ini dapat ditambahkan dalam bentuk bubuk atau utuh, tetapi untuk rasa terbaik disarankan untuk menggunakan cengkeh utuh yang akan memberikan tekstur yang menarik pada daging sambil melepaskan aromanya ke dalam hidangan. Sebagai bumbu hangat yang menyengat, cengkeh memiliki rasa dan aroma yang kuat yang berasal dari senyawa eugenol yang membuat lidah mendeteksi rasa manis, pahit, dan astringency (mengeringkan mulut) dengan rasa panas yang nyata.

Untuk melengkapi cita rasa daging kambing domba klasik, gunakan sebanyak 4 hingga 5 siung saat ditambahkan ke hidangan Anda. Penambahan cengkih akan menghasilkan rasa manis dan aromatik yang berpadu sempurna dengan hidangan daging yang dimasak lambat seperti semur daging domba.

Bawang Putih Bubuk

Bawang putih bubuk memiliki aroma manis yang kuat dan menambah kehangatan halus tanpa mempengaruhi bahan lainnya. Saat menggunakan bubuk bawang putih dalam daging kambing atau domba, mulailah dengan 1 sendok teh (atau lebih tergantung selera Anda). Bawang putih bubuk memberi hidangan daging dengan rasa bersahaja yang berpadu sempurna dengan kekayaan rasa dari kambing dan domba sambil tetap membiarkan rasa lain muncul.

Bubuk Bawang

Bubuk bawang menjadi cara yang efektif untuk membumbui daging kambing dan domba dengan menambahkan rasa bawang pada hidangan gurih. Bubuk bawang memiliki karakteristik herbal yang sama dengan bawang segar tanpa dikupas dan diiris. Bentuk bubuknya juga menghilangkan kebutuhan akan rasa bawang mentah, jadi ini menjadi bumbu yang enak untuk semur atau rebusan yang dimasak lambat di mana kelembutan adalah kuncinya.

Saat ditambahkan ke hidangan daging, bubuk bawang akan memberikan rasa manis dan aroma halus alami dari bawang yang melengkapi bahan utama hidangan, yaitu daging domba tanpa membuat rasanyanya terlalu kuat. Usahakan untuk menggunakan 1 sendok teh bubuk bawang per pon tentu saja, selanjutnya Anda bisa menyesuaikan dengan selera.

Rosemary

Rosemary adalah ramuan berkayu dan beraroma herbal dengan menawarkan rasa pedas, resin dan mengemas aroma yang kuat saat ditambahkan di awal memasak. Rosemary menambahkan rasa yang kompleks pada hidangan sekaligus menenangkan beberapa intensitas rasa yang terkait dengan daging kambing atau domba.

Saat menggunakan rosemary dalam daging kambing atau domba, gunakan rosemary sekitar satu sendok teh per pon daging untuk rasa yang lembut atau dua sendok teh per pon untuk bumbu yang lebih tegas. Rosemary juga bisa ditambahkan ke hidangan lain, seperti kentang panggang atau umbi-umbian untuk menyeimbangkan serta memperkaya rasa.

Thyme

Thyme merupakan salah satu herba yang berpadu sempurna dengan rasa daging kambing dan domba yang dalam dan kaya serta menambahkan kedalaman yang bersahaja pada hidangan Anda. Untuk mendapatkan rasa terbaik dari thyme dalam rebusan, penting untuk menggunakan thyme kering atau segar daripada thyme yang dihaluskan sehingga Anda dapat membuangnya sebelum disajikan, karena daunnya yang lembut bisa menjadi tidak enak jika dibiarkan dalam produk jadi.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari thyme yang bersahaja sambil menghindari aroma yang terlalu kuat, Anda harus menggunakan 1 sendok teh Thyme yang dihancurkan per pon daging tanpa lemak dan 3 sendok teh per pon untuk potongan bahu tanpa tulang. Untuk jenis hidangan daging lainnya seperti semur dengan sayuran atau daging yang direbus, cukup gunakan thyme sebanyak 1 hingga 3 sendok makan untuk dua pon ditambah beberapa bahan sayuran.

Oregano

Oregano adalah herba kering yang populer untuk daging. Oregano menambahkan rasa ala Mediterania yang khas pada hidangan dan sangat cocok dipadukan dengan bawang putih, bawang merah, dan tomat, menjadikannya kombinasi bumbu yang ideal untuk semur tradisional Yunani atau gaya Italia.

Dalam hal kuantitas, oregano harus digunakan secukupnya jika Anda lebih menyukai rasa yang lembut; gunakan secukupnya, kira-kira sebanyak 1 sendok teh per 4 porsi. Oregano mentah dapat menambahkan rasa yang lebih kuat daripada yang dimasak, jadi paling baik gunakan oregano menjelang akhir waktu memasak, atau cukup aduk selama sekitar 15 menit terakhir sebelum disajikan.

Sage

Sage adalah herba aromatik yang kuat yang menambahkan rasa ringan, sedikit manis, dan sedikit bersahaja pada hidangan, dengan memadukan aroma dan rasa jeruk dan pinus. Kedua versi sage – segar dan kering memiliki rasa yang berbeda. Versi segar menawarkan rasa yang lebih kuat dan tidak terlalu pahit daripada versi kering.

Untuk mendapatkan rasa terbaik dari sage saat membuat hidangan daging kambing atau domba, Anda harus menggunakan sekitar satu sendok makan sage segar cincang halus atau 1 sendok teh sage kering untuk setiap pon daging dalam resep Anda. Selain itu, penting untuk menambahkan herba ini di akhir waktu memasak agar tidak kehilangan rasanya karena waktu memasak yang lama.

Vadouvan

Vadouvan atau bubuk kari Prancis merupakan bumbu yang populer di Prancis dan Belgia sebagai bumbu yang digunakan untuk membumbui sejumlah makanan dan saus, ini termasuk membumbui sup, semur, dan daging. Vadouvan merupakan campuran rempah-rempah yang terdiri dari kunyit, jintan, kapulaga, dan lain-lain.

Vadouvan memiliki rasa yang kaya dengan sentuhan rasa bawang hangat, dan kualitasnya hampir selalu lebih unggul daripada bubuk kari yang lebih umum. Cobalah rendaman yogurt berbumbu vadouvan untuk potongan daging domba atau bahu. Jika memungkinkan, carilah vadouvan yang dicampur dengan biji adas, karena biji adas berpadu sangat baik dengan daging kambing dan domba.

Harissa

Bumbu Terbaik Untuk Masakan Ternikmat

Harissa adalah pasta cabai Afrika Utara yang terbuat dari beberapa bahan sederhana seperti cabai kering, bawang putih, extra-virgin olive, beberapa rempah hangat termasuk jintan dan ketumbar. Pasta cabai ini memiliki rasa yang smokey yang dapat digunakan untuk membumbui daging kambing domba.

Cabai yang cerah dan berapi-api, bawang putih, jintan, dan ketumbar akan sangat bagus digunakan sebagai bahan marinasi atau glasir yang diencerkan. Atau, jika Anda membuat hamburger, masukkan beberapa harissa ke dalam mayonnaise dan oleskan di atas roti panggang.

Sumac

Sumac adalah bumbu yang popular pada masakan Timur Tengah yang terbuat dari buah berry semak Rhus Coriaria. Bumbu ini memiliki rasa segar seperti jus lemon, sedikit asam, dan rasa astringent. Sumac dapat digunakan untuk membumbui daging kambing atau domba untuk menambahkan rasa asam buah pada hidangan.

Daging dengan rasa yang tak biasa serta bau yang khas bisa menjadi santapan yang luar biasa. Anda hanya perlu memilih bumbu yang tepat dan menyiapkannya dengan benar agar bisa menghasilkan hidangan lezat. Itulah daftar bumbu terbaik untuk daging kambing dan domba. Siapkah Anda memasaknya hari ini? Baca artikel menarik lainnya mengenai bumbu yang cocok untuk masak sayur melalui link berikut. Dan kunjungi website official Cairo Food untuk produk dan artikel menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *