18 Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan

MANFAAT IKAN TUNA BAGI KESEHATAN

Ikan adalah salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Kandungan nutrisinya yang lengkap seperti asam amino, lemak, vitamin, mineral, omega 3 juga mudah untuk dicerna dan diserap oleh tubuh. Di dunia ini terdapat banyak sekali jenis ikan yang dapat kita konsumsi, diantaranya ialah ikan Tuna.

Ikan Tuna adalah ikan perenang handal. Tidak seperti kebanyakan ikan yang memiliki daging berwarna putih, daging tuna justru berwarna merah muda sampai merah tua. Ikan ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan yang diperoleh karena kandungan gizinya yang lengkap. Seperti :

Kandungan gizi ikan tuna

Dalam 100 gram ikan tuna mentah, terkandung nutrisi berupa:

  • Kalori (kcal) : 131
  • Jumlah Lemak : 1,3 g
  • Lemak jenuh : 0,4 g
  • Lemak tak jenuh ganda : 0,4 g
  • Lemak tak jenuh tunggal : 0,2 g
  • Kolesterol : 60 mg
  • Natrium : 47 mg
  • Kalium : 522 mg
  • Jumlah Karbohidrat : 0 g
  • Serat pangan : 0 g
  • Protein : 28 g
  • Vitamin A : 60 IU
  • Vitamin C : 1 mg
  • Kalsium : 37 mg
  • Zat besi : 1,6 mg
  • Vitamin D : 0%
  • Vitamin B6 : 1 mg
  • Vitamin B12 : 2,2 µg
  • Magnesium : 44 mg

kandungan gizi ikan tuna

Manfaat Ikan Tuna

Banyaknya kandungan nutrisi pada ikan tuna membuat ikan tersebut kaya akan manfaat, berikut beberapa manfaat ikan tuna untuk kesehatan :

Menjaga Kesehatan Jantung

Tingginya asam lemak omega-3 dalam daging tuna memberikan keseimbangan pada dalam pembuluh darah sekaligus mengurangi kadar kolesterol. Turunnya kadar kolesterol dalam arteri, dapat memperkecil risiko terserang aritmia jantung, dan memperlambat penumpukan plak kolesterol yang bisa menghambat aliran darah. Sebab itu, mengonsumsi ikan tuna dapat memberi peningkatan pada kesehatan jantung.

Mengurangi Tekanan Darah

Tuna kaya akan kandungan kalium yang mampu menurunkan tekanan darah secara signifikan. Kombinasi antara kalium dan lemak omega-3 juga dapat membawa efek anti-inflamasi ke sistem kardiovaskular, sehingga membuat tekanan darah menurun dan mengurangi risiko stroke, serangan jantung dan berbagai masalah kesehatan lain.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Daging ikan tuna juga diperkaya akan mangan, seng, vitamin C, dan selenium. Yang mana kandungan tersebut sudah terkenal memiliki antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Antioksidan juga dapat melawan radikal bebas, dan memberantas sel-sel jahat penyebab beberapa penyakit serius.

Memperlancar Sirkulasi Darah

Zat besi dan Vitamin B adalah salah satu kandungan dalam ikan Tuna. Yang mana kedua kandungan tersebut memiliki manfaat untuk memperkuat sel-sel dalam darah yang sebelumnya memburuk karena sering mengonsumsi makanan tidak sehat. Selain itu zat besi dalam tuna juga mampu meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan oksidasi organ tubuh sehingga dapat berfungsi optimal.

Mengurangi Depresi

Mengonsumsi ikan tuna sebanyak tiga hingga empat kali seminggu, jauh lebih efektif mengurangi tingkat depresi dibandingkan dengan mengonsumsi Prozac (obat anti depresi). Pernyataan yang terlalu berani ini adalah gagasan yang berasal dari hasil penelitian ilmiah tentang kelompok orang-orang yang mengidap depresi. Di mana kelompok tersebut dibagi menjadi tiga kelompok yang lebih kecil lagi, yakni kelompok Plasebo (mengonsumsi pil plasebo), kelompok Prozac, dan kelompok tuna (makan tuna beberapa kali seminggu). Dan hasilnya pun sangat mengejutkan yakni, kelompok tuna mampu mengurangi tingkat depresi jauh lebih banyak.

Membantu Kesehatan Mata

Degenerasi Makula adalah kerusakan pada titik kecil di dekat pusat retina dan bagian mata yang diperlukan untuk penglihatan sentral yang tajam, yang memungkinkan kita melihat benda yang lurus ke depan. Degenerasi Makula umumnya pada saat menginjak usia 50 tahun lebih. Pada kondisi ini penglihatan mata akan berangsur-angsur menurun hingga mencapai kebutaan. Namun, asam lemak Omega-3 pada tuna mampu mencegah kondisi tersebut.

Memperkuat Tulang

Vitamin D merupakan komponen utama dalam pembentukan tulang. Selain itu, vitamin ini juga bermanfaat untuk menjaga tulang agar tetap kuat dan sehat dan memberikan pencegahan terhadap kanker tulang. Sebab itu, mulailah mengonsumsi ikan tuna yang kaya akan vitamin D.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Tuna juga mengandung berbagai macam mineral yang mampu mencegah kerusakan sel darah yang disebabkan karena keracunan. Serta kandungan elastin dalam tuna, juga bekerja sama dengan mineral tersebut untuk memperbaiki jaringan jaringan kulit, serta menjaga kesehatannya.

Mencegah Stroke

mengonsumsi setidaknya lima porsi ikan tuna (sekitar 85g) dalam seminggu, dapat menurunkan risiko stroke sebesar 30%, mencegah pembekuan darah dan memperbaiki dinding arteri. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan vitamin B kompleks dan asam folat pada ikan tuna.

Mencegah Penyakit Ginjal

Kanker ginjal adalah salah satu jenis kanker yang paling sering di temui dunia. Penyakit ini bisa berkembang karna fungsi-fungsi organ sudah tidak memadai. Mengonsumsi ikan tuna setidaknya mampu mencegah hal ini terjadi. Karena kalium yang terdapat dalam ikan tersebut mampu menjaga keseimbangan cairan dan serta menjaga fungsi ginjal agar tetap optimal.

Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan dan asam lemak omega 3 pada ikan tuna merupakan salah satu kandungan terbaik pada ikan tersebut, terutama untuk mencegah kanker. Bahkan kandungan ini dapat mencegah terjadinya kanker prostat pada laki-laki maupun kanker payudara bagi wanita.

Menambah Energi

Vitamin B kompleks yang ada pada tuna bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, termasuk meningkatkan energi di tubuh. Selain itu, komponen ini juga dinilai mampu melindungi kulit dari kerusakan dan tingkatkan efisiensi fungsi organ.

Membentuk Otot

Salah satu kandungan utama pada daging tuna adalah protein. Bahkan tuna termasuk ke dalam salah satu daging dengan kadar protein terbanyak. Maka mengonsumsi ikan ini dapat menjadikan perkembangan otot lebih sempurna. Karena otot terbentuk dari kandungan protein pada makanan.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Ikan tuna adalah makanan yang rendah kalori dan rendah lemak. Dua formula paten yang diperlukan oleh makanan untuk menurunkan berat badan. Selain itu, asam lemak omega-3 yang ada pada ikan tuna juga dapat menstimulasi hormon leptin yang berfungsi mengontrol keinginan kita untuk makan.

Mencegah Peradangan

Peradangan penyakit dan peradangan otot bisa dicegah dengan mengonsumsi daging tuna. Karena kandungan mineral, anti-inflamasi dan kolesterol sehat dalam daging ini membantu alokasi sumber daya dalam organisme sehingga dapat mencegah beberapa penyakit radang seperti radang sendi atau asam urat.

Meningkatkan Suasana Hati

Mineral Selenium mampu menangani nafsu makan dan suasana hati pada manusia. Penelitian menunjukkan bahwa kurangnya selenium dalam tubuh akan menyebabkan kecemasan. Maka, dengan mengonsumsi tuna yang memiliki kandungan selenium dapat membantu mengatasi suasana hati. Serta lemak omega-3 pada ikan ini juga dapat membantu proses perbaikan suasana hati.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ikan tuna mengandung vitamin C dan berbagai mineral yang dapat berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Selain itu, selenium dari ikan ini juga memiliki peran besar dalam melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang berisiko memicu timbulnya berbagai penyakit.

Mendukung Tumbuh kembang Anak

Protein memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Komponen ini, bisa dibilang sebagai pondasi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sekaligus memberikan kemampuan penyembuhan luka dan penyakit secara lebih cepat bagi tubuh. Ikan tuna merupakan asupan yang bisa menjadi sumber protein yang baik bagi Si Kecil.

manfaat ikan tuna

Jadi itulah beberapa manfaat luar biasa yang akan kamu dapatkan jika rutin mengonsumsi ikan tuna. Namun agar kandungan nutrisi dalam ikan ini tidak terlalu banyak terbuang, kami menyarankan untuk tidak mengolahnya dengan minyak yang terlalu banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *