11 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan

manfaat ikan salmon bagi kesehatan

Salmon adalah ikan yang berasal dari famili Salmonidae, yakni jenis ikan berminyak yang hidup di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Ikan ini didapatkan dengan cara ditangkap di alam liar atau dibudidayakan. Salmon bisa ditemukan dalam bentuk daging ikan segar, beku, maupun dikalengkan.

Ikan yang memiliki daging bewarna orange segar ini biasanya sering ditemukan dalam menu pendamping ASI untuk anak-anak, dan juga beberapa makanan olahan jepang, seperti sushi misalnya. Namun salmon juga dapat diolah menjadi beberapa hidangan lain. Hal ini dikarenakan salmon kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi Salmon

Salmon terkenal dengan kandungan nutrisinya yang melimpah, maka tak jarang para ibu memilih ikan ini untuk makanan bayi mereka, agar nutirisi dalam iklan salmon dapat memberikan manfaat. Berikut kandungan nutrisi dalam 100 gram ikan salmon mentah :

  • Kalori (kcal) : 208
  • Jumlah Lemak : 13 g
  • Lemak jenuh : 3,1 g
  • Lemak tak jenuh ganda : 3,9 g
  • Lemak tak jenuh tunggal : 3,8 g
  • Kolesterol : 55 mg
  • Natrium : 59 mg
  • Kalium : 363 mg
  • Jumlah Karbohidrat : 0 g
  • Serat pangan : 0 g
  • Protein : 20 g
  • Vitamin A : 50 IU
  • Vitamin C : 3,9 mg
  • Kalsium : 9 mg
  • Zat besi : 0,3 mg
  • Vitamin D : 0%
  • Vitamin B6 : 0,6 mg
  • Vitamin B12 : 3,2 µg
  • Magnesium : 27 mg
kandungan ikan salmon bagi kesehatan
kandungan ikan salmon bagi kesehatan

Manfaat Ikan Salmon

manfaat ikan salmon

Kandungan Asam Lemak Omega-3 Yang Tinggi

Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega 3 yang paling baik. Penelitian ilmiah membuktikan bahwa dalam 100 gram ikan salmon mengandung 2,3 gram asam lemak omega 3. Kandungan ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan mengurangi risiko stroke. Tak cuma itu saja, mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 secara rutin juga bisa mengurangi kadar trigliserida dalam darah.

Kaya Akan Vitamin B

Vitamin B yang terdapat dalam ikan salmon memiliki beberapa peran penting untuk tubuh, misalnya: Mengubah makanan  menjadi energi, membuat dan memperbaiki struktur DNA, mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan penyakit jantung, menjaga kesehatan otak, serta menjaga fungsi optimal otak dan sistem saraf.

Membuat Metabolisme Meningkat

Selain mengandung asam lemak omega-3, Ikan Salmon juga mengandung vitamin D dan juga selenium. Ketiga kandungan ini akan membantu menstabilkan kadar insulin di dalam tubuh. Sehingga berdampak pada penurunan kadar gula dalam darah dan menyebabkan metabolisme di dalam tubuh meningkat.

Menyehatkan Jantung

Asam lemak omega 3 di dalam ikan salmon juga dapat membantu menurunkan kolesterol, menjaga fleksibilitas vena, arteri, menguatkan otot jantung, dan juga menurunkan tekanan darah yang mana hal ini akan membuat kualitas jantung menjadi lebih sehat dan peredaran darah lebih lancar.

Mampu Mencegah Kanker

Kandungan asam omega 3 ternyata juga mampu melawan tumor dan kanker. Sebab itu ikan Salmon mampu mencegah penyakit kanker ataupun mengurangi risiko terserang penyakit ini dengan membunuh sel kanker dan mencegah perkembangan sel-sel jahat tersebut,

Membuat Kemampuan Otak dan Saraf Meningkat

Banyak suplemen otak yang menggunakan bahan dasar ikan salmon, hal ini dikarenakan kandungan asam lemak omega 3 pada ikan salmon berfungsi untuk membantu efisiensi fungsi otak serta meningkatkan daya ingat. Asam lemak omega 3 ini juga dapat melindungi sistem saraf dari kerusakan akibat penuaan dan menjadi antidepresan yang dapat melemaskan otak.

Sumber Kalium Terbaik

Kalium dibutuhkan tubuh untuk membantu membuang lebihan sodium dan air salm tubuh serta berperan dalam mengontrol tekanan darah. Kandungan kalium yang tinggi ini dapat ditemukan di dalam ikan salmon. Setidaknya 18% dari kandungan ikan salmon adalah kalium. Ini berarti kandungannya jauh lebih tinggi dibandingkan pisang yang hanya memiliki 10% saja. Kandungan kalium ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan juga mencegah risiko penyakit stroke.

Menyehatkan Mata

Adanya kandungan asam amino di dalam Salmon akan membantu mengurangi degenerasi macula, retina kering, mata lelah, dan gangguan penglihatan. Studi membuktikan bahwa orang yang memakan ikan salmon secara teratur mempunyai kualitas penglihatan yang lebih baik bila dibandingkan dengan yang tidak makan ikan salmon. Jadi, mengonsumsi ikan salmon secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Membuat Kesehatan Tulang Terjaga

Riset membuktikan bahwa mengonsumsi ikan salmon secara teratur dapat mencegah timbulnya osteoporosis. Hal ini dikarenakan tubuh yang memiliki kadar asam lemak omega 3 lebih tinggi di dalam darah, justru akan mengalami risiko permasalahan tulang yang rendah. Sehingga risiko terjadinya osteoporosis akan berkurang.

Menyehatkan Kulit

Ikan Salmon juga mampu membuat kulit terlihat lebih kenyal dan awet muda. hal ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalam ikan ini dapat mengurangi efek kerusakan akibat radikal bebas yang membuat kulit tampak jauh lebih muda. Selain itu, manfaat asam lemak omega 3 dari salmon juga dipercaya dapat membuat kulit tampak lebih bersinar. Dengan mengonsumsi lemak baik dari ikan salmon, itu artinya kamu telah memberikan nutrisi terbaik untuk kulit mu.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi salmon secara teratur diklaim dapat membantu kita menurunkan berat badan serta mempertahankan bentuknya yang ideal. Karena sama seperti makanan berprotein tinggi lainnya, ikan salmon dapat membantu mengatur hormon dan mengontrol nafsu makan, sehingga membuatmu merasa kenyang lebih lama. Selain itu, tingkat metabolisme tubuh pun akan meningkat lebih banyak setelah makan makanan kaya protein.

manfaat salmon bagi kesehatan

Jadi itulah beberapa manfaat ikan salmon yang dapat kamu rasakan jika kamu rutin mengonsumsinya. Namun pastikan untuk memilih ikan salmon yang masih fresh, dan perhatikan cara pengolahannya. Agar kandungan nutrisi baik dalam ikan ini tidak berkurang akibat kesegarannya yang hilang dan cara pengolahannya yang salah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *