Obat Sakit Gigi Anak

obat sakit gigi anak

Sakit gigi adalah masalah umum yang hampir pernah dirasakan oleh setiap orang. Biasanya hal ini terjadi karena kondisi gigi yang berlubang. Namun ada beberapa faktor lain yang juga menyebabkan nyeri pada gigi, misalnya saja gigi sensitif, gigi retak, tumbuhnya gigi bungsu ataupun terjadinya erosi dan pembusukan pada ruang pulpa gigi (bagian tengah gigi yang terdiri dari jaringan ikat serta sel-sel yang disebut odontoblas).

Tidak hanya pada orang dewasa, sakit gigi juga bisa terjadi pada anak-anak sehingga menyebabkan mereka rewel sepanjang hari. Namun perlu di ingat, kita tidak dapat memberikan sembarang obat untuk anak-anak, ada beberapa hal yang harus di perhatikan agar nantinya tidak menimbulkan gejala lain yang justru memperburuk kondisi sang anak.

Sebab itu, obat yang tepat untuk menangani sakit gigi pada anak ialah obat alami yang berasal dari tumbuhan herbal ataupun bahan-bahan lain yang tidak mengandung unsur kimia. Berikut beberapa daftar obat sakit gigi alami yang bisa digunakan oleh anak-anak.

Air Garam

air garam

Larutan air garam merupakan salah satu obat sakit gigi yang paling ampuh untuk menetralisir rasa nyeri. Sebab kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri yang ada pada garam dapat menghilangkan bakteri di mulut. Selain itu garam juga dapat menjadi alternatif lain untuk merawat gigi berlubang yang dapat menyebabkan infeksi dan iritasi.

Kumur-kumur dengan air garam hangat selama beberapa jam sekali mampu mengurangi rasa nyeri dan ngilu pada gigi anak. Selain ampuh, metode ini juga terbilang aman, sebab jika larutan tersebut sedikit tertelan, garam tidak memberikan efek samping yang berbahaya untuk anak.

Minyak Cengkeh

minyak cengkeh

Minyak Cengkeh sudah lama dipercaya dapat mengobati sakit gigi. Kandungan eugenol yang terdapat di dalam minyak cengkeh ini lah yang berfungsi sebagai anetesi alami, yang nantinya akan menghilangkan dan meredakan nyeri pada gigi. Namun kamu tetap perlu berhati-hati, sebab kandungan aktif di dalam cengkeh juga bisa menyebabkan nyeri yang bertambah parah jika terlalu sering digunakan, apalagi dalam dosis yang tinggi. Maka, kamu hanya perlu meneteskan sedikit minyak cengkeh pada gulungan kapas kecil, kemudian tempelkan pada bagian gigi yang sakit.

Bawang Putih

bawang putih

Kandungan anti-septik alami yang terdapat dalam bawang putih, juga dapat menjadi obat gigi yang ampuh. Seperti yang kita ketahui pep. Minyak ini lah yang nantinya akan membantu meredakan nyeri pada gigi.

Cara mengonsumsi nya pun mudah, kamu bisa mengunyah bawang putih ataupun menempelkannya dibagian gigi yang sakit. Jika anak-anak menolak untuk mengunyah bawang, kamu bisa mengakalinya dengan cara lain,yakni cukup tumbuk satu atau dua siung bawang putih dan haluskan hingga teksturnya menyerupai pasta. Setelah itu, gunakan kapas untuk membalurkan pasta ini pada bagian gigi yang sakit.

Peppermint

minyak peppermint

Peppermint juga menjadi obat pereda sakit tradisional dan cukup mudah untuk diberikan pada anak-anak. Untuk mendapatkan manfaatnya kamu bisa menyimpan kantong teh peppermint murni yang baru digunakan di dalam freezer. Setelah itu, tempelkan di antara pipi dan gusi untuk memberikan sensasi dingin dan meredakan sedikit ngilu dan nyeri pada gigi. Beberapa tetes minyak peppermint pada bola kapas juga memiliki khasiat yang sama. Namun, hindari ekstrak peppermint karena kandungan alkoholnya yang tinggi dapat menyebabkan iritasi.

Es Batu

kompres air es

Mengompres gigi dengan es batu juga bisa menjadi pilihan pengobatan sakit gigi alami. Hal ini dikarenakan suhu dingin yang dihasilkan oleh es batu mampu mengebaskan saraf gigi dan melepaskan rasa nyerinya. Kamu bisa rutin mengompres bagian gigi yang sakit dengan es batu sekitar 15 menit hingga rasa sakitnya berkurang.

Cuka Apel

cuka apel

Cara untuk mengatasi gigi berlubang berikutnya yakni dengan mengonsumsi cuka apel. Sebab antimikroba dan antibakterian yang terdapat dalam cuka ini mampu mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang. Cukup larutkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas air. Kemudian gunakan campuran ini untuk berkumur-kumur. Atau kamu bisa meneteskan cuka apel ke gulungan kapas kecil, dan setelah itu tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit hingga rasa sakitnya berkurang.

Daun Jambu Biji

daun jambu biji

Daun jambu biji diyakini memiliki kandungan analgesik, anti radang dan anti mikroba yang mampu menghentikan rasa nyeri akibat gigi berlubang. Untuk mendapatkan manfaat dari tumbuhan ini, kamu bisa menumbuk daun jambu biji secukupnya, kemudian tambahkan air dan rebus hingga mendidih. Diamkan hingga dingin kemudian gunakan dengan cara berkumur-kumur.

Jahe

jahe

Selain dapat menghangatkan, jahe juga menjadi salah satu obat sakit gigi yang lumayan efektif untuk menghentikan nyeri saat sakit gigi menyerang. Kandungan antibiotik pada jahe mampu membunuh kuman yang ada di dalam mulut terutama di bagian gigi berlubang. Cara menggunakannya pun mudah, tumbuk 1 siung jahe kemudian balurkan pada bagian gigi yang terasa nyeri. Tunggu beberapa menit hingga rasa sakit berkurang ataupun hilang.

Alternatif Lain

alternatif lain

Jika beberapa daftar obat alami tersebut tidak mampu mengurangi rasa sakit ataupun meredakan nyeri pada gigi anak, kamu bisa memberikan obat antiinflamasi yang sesuai usia sang anak, seperti ‘ibuprofen anak’ yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan serta sakit gigi. Namun, kami menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikan obat apapun. Terlebih jika sakit gigi terus berlanjut segera hubungi dokter agar anak mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Dan yang terpenting, lakukanlah tindakan pencegahan sebelum hal ini terjadi, misalnya rutin menyikat gigi dua kali sehari dan hindari terlalu sering mengonsumsi makanan manis.

obat sakit gigi anak

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *