15 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh

Kunyit (curcuma domestica) adalah tanaman herbal yang termasuk dalam famili Zingiberaceae, sama seperti jahe, lengkuas dan temulawak. Kunyit atau yang juga disebut dengan kunir merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat. Manfaat kunyit sudah diketahui sejak beberapa abad silam, karena kandungan sebuah zat yang bernama curcumin. Menurut penelitian, curcumin merupakan zat yang kaya akan manfaat dan khasiat. Curcumin telah terbukti dapat membantu mencegah bahkan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tanaman rempah dan obat sangat mudah ditemukan, terutama di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Salah satu rempah yang populer untuk digunakan sebagai obat dan rempah pewarna alami makanan dan penambah citarasa makanan. Tanaman tersebut dinamakan kunyit. Kunyit sangat popular sebagai suplemen anti-penuaan. Namun dikarenakan oksidasi dan inflamasi diyakini memegang peranan dalam penuaan, kunyit mungkin memiliki efek lebih dari sekedar pencegahan penyakit. umumnya yang banyak ditemukan warna kuning, merah, hitam dan putih. Masyarakat Indonesia memanfaatkan kunyit sebagai obat.

Kunyit memiliki sejumlah kandungan seperti minyak atsiri, zat warna kurkumunoid, mineral, dan beberapa zat penting lainnya. Kandungan inilah yang membuatnya memiliki manfaat dan banyak dicari dan dibudidayakan. Khasiat kunyit tidak hanya untuk kesehatan saja tetapi juga untuk kecantikan kulit dan rambut. Di era seperti sekarang tidak sulit untuk mencari tumbuhan berumbi ini. Anda bisa menemukan dipasar dalam bentuk serbuk atau instan untuk memudahkan dalam mengonsumsi. Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat kunyit untuk kesehatan…

Kunyit
Kunyit

Berikut adalah 15 manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh manusia:

Mencegah depresi

Depresi juga berkaitan dengan menurunnya fungsi neurotropic yang turun dari otak serta menyusutnya hippocampus, yaitu area otak yang berperan dalam belajar dan memori. Karena kunyit mempunyai fungsi untuk membantu proses neurotropik, menjadikannya bisa memberikan efek anti depresi.

Mengurangi sakit atau menyembuhkan sakit

Kunyit mengandung anti-inflamasi, maka kunyit bisa dimanfaatkan sebagai obat yang menyembuhkan dan mengurangi sakit. Terutama jika terbentuk luka dan ingin membuat luka tersebut cepat kering. Jaman dahulu obat atau bahan kimia yang bersifat septik sangat sulit sehingga menggunakan kunyit sebagai bahan yang bisa mengobati.

Menghaluskan kulit

Banyak masker tradisional jaman dahulu yang mengandung kunyit kuning. Terutama karena kulit orang Indonesia yang berwarna kuning langsat, maka kunyit dijadikan sebagai pembersih sel kulit mati atau berguna untuk menghaluskan kulit. Karena kunyit juga mengandung antioksidan yang bisa menghaluskan kulit.

Mengatasi peradangan

Peradangan atau inflamasi adalah proses yang terjadi sebagai reaksi terhadap infeksi atau gangguan pada sel atau jaringan dalam tubuh.

Sebagian besar inflamasi atau peradangan dalam tubuh diakibatkan oleh infeksi bakteri dan radikal bebas yang memicu pelepasan senyawa sitokin.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of oncogene, curcumin yang terkandung dalam kunyit mampu meningkatkan kekebalan sel imun dan menghambat produksi sitokin serta prostaglandin sehingga peradangan dalam tubuh dapat diatasi dan rasa sakit berkurang.

Mencegah Alzheimer

Menurut penelitian, kandungan curcumin pada kunyit dapat bekerja sebagai antioksidan dan anti inflamasi yang memecah plak amyloid pada otak.

Plak amyloid merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit Alzheimer’s dan Dementia. Plak ini dapat menyebabkan penyumbatan pada otak, dan membuat otak tidak mampu berfungsi maksimal.

Hal inilah yang membuat seseorang mudah terserang penyakit Alzheimer’s dan Dementia.

Sebagai pencegahan, Anda dapat secara rutin mengkonsumsi ekstra kunyit. Anda juga dapat menambahkan sedikit bubuk kunyit dalam setiap masakan.

Selain menyehatkan, kunyit juga merupakan penyedap makanan alami yang baik bagi tubuh.

Menyembuhkan Gangguan Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan

Para ilmuwan yang sudah meneliti kunyit selama bertahun-tahun percaya bahwa kandungan curcumin pada kunyit dapat merangsang kantung empedu untuk menghasilkan empedu.

Empedu adalah zat yang dihasilkan organ hati untuk membantu mencerna lemak pada tubuh manusia dan membantu mengendalikan berat badan.

Selain curcumin, kunyit juga mengandung minyak asiri yang dapat membantu mengurangi gerakan usus yang kuat. Kandungan ini juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengurangi risiko diare.

Meredakan maag

Maag adalah salah satu penyakit yang menyerang saluran cerna atau yang lebih dikenal dengan tukak atau radang lambung.

Maag dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, diantaranya pola makan yang tidak teratur dan infeksi bakteri yang melukai dinding lambung yang menimbulkan infeksi. Kunyit mengandung senyawa curcumin yang mampu merangsang sekresi mukus atau lendir pelindung dinding lambung.

Selain itu, senyawa curcumin juga mampu menghambat produksi asam lambung yang menyebabkan rasa perih pada penderita maag. Mengkomsunsi kunyit secara rutin dapat membantu menyembuhkan luka pada lambung sekaligus meningkatkan nafsu makan.

Pencegah kanker terutama hati dan perut

Terjadinya kanker dengan mudah jaman sekarang karena sembarangnya makanan yang tersaji atau terjual. Terutama banyak makanan cepat saji yang memberikan efek berkepanjangan pada tubuh. Konsumsi kunyit akan menyelamatkan anda dari kanker yang kemungkinan menyerang. Terutama jika mengonsumsi kunyit putih. Kurkuminnya bisa melindungi sel dan jaringan anda dari virus kanker yang menggerogoti tubuh. Kanker yang mungkin dicegah oleh kunyit adalah kanker hati, kanker usus besar, kanker darah atau leukimia dan kanker prostat.

Menghambat kerusakan kromosom

Kunyit yang mengandung antioksidan dan kurkumin bisa menghambat kerusakan kromosom. Kerusakan kromosom jika sampai terjadi maka akan menyebabkan terjadinya kelainan atau abnormal pada manusia, terutama pada anak-anak. Konsumsi kunyit hangat yang bisa membantu anda dalam menghambat kerusakan kromosom yang bisa terjadi.

Menjaga kekuatan otak

Antioksidan bisa menjaga otak yang lebih kuat. Dengan cara melindungi otak dan membuat perlindungan dalam menangkal radikal bebas dan cidera. Antioksidan bisa didapatkan di kunyit dalam jumlah yang banyak. Dengan begitu kekuatan otak bisa didapatkan dari mengonsumsi kunyit secara rutin.

Menurunkan depresi

Depresi merupakan gejala atau penyakit yang menyerang jiwa dan juga pikiran atau syaraf. Kunyit memiliki kandungan yang bisa menaikan proses neurotropik dan memberikan zat dengan jenis anti depresan. Jika anda mengalami depresi maka seduh kunyit bersama gula merah dan konsumsi layaknya teh selagi hangat. Maka hal tersebut akan menangkan anda dari depresi.

Melancarkan ASI

ASI memang salah satu kebutuhan bayi sebagai sumber makanan. Jika sampai kekurangan ASI, bayi akan kekurangan gizi dan mengganggu tumbuh kembangnya. Maka dari itu, ASI harus tetap lancar untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Mengobati Gatal-gatal

Gatal-gatal bisa menyerang siapa saja. Dan hal ini bisa mengganggu aktifitas dan memberikan rasa yang tidak nyaman pada penderitanya. Untuk mengatasinya Anda bisa mengoleskan irisan secara langsung yang disertai dengan meminum jamu dari kunyit.

Menjaga gula penderita diabetes

Jika anda mengalami diabetes maka anda wajib mengonsumsi kunyit sebagai bahan yang bisa mengontrol gula darah anda. selain itu, diabetes membutuhkan insulin dan juga gliserol yang terkadang menaikan gula darah. Namun jangan sekali-sekali memadukan kunyit dan obat. Maka gula darah akan turun drastis dan justru membahayakan anda.

Menghilangkan noda jerawat

Kunyit mengandung kurkumin dan mineral yang berfungsi untuk menghilangkan noda pada jerawat. Jika memperhatikan maka anda akan sadar, terkadang beberapa produk penghilang jerawat mengklaim mengandung kunyit. Menyembuhkan jerawat seperti sama halnya dengan mengurangi kuman penyebab gatal dan juga menjaga kesehatan kulit wajah. Parut kunyit sangat halus dan jangan lupa bersihkan kulit serta cuci dahulu sebelumnya. Lalu parut dengan halus dan oleskan atau tutupi noda jerawat yang ada di wajah. Lakukan hal ini secara rutin selama 1-2 minggu berturut-turut. Jika ingin digunakan sebagai masker jangan terlalu rutin karena wajah akan berubah menjadi kuning.

Itulah 15 manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh. Banyak masakan timur tengah yang menggunakan kunyit sebagai salah satu rempah-nya. Seperti nasi Biryani yang berwarna kuning berasal dari kunyit. Dan masih banyak lagi masakan yang menggunakan kunyit.

Summary
15 manfaat kunyit untuk kesehatan
Article Name
15 manfaat kunyit untuk kesehatan
Description
Kunyit (curcuma domestica) adalah tanaman herbal yang termasuk dalam famili Zingiberaceae, sama seperti jahe, lengkuas dan temulawak. Kunyit atau yang juga disebut dengan kunir merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat.
Author
Publisher Name
Cairo Food
Publisher Logo

Related Posts

Leave a comment