17 manfaat Jahe bagi Kesehatan

Jahe Segar atau Ginger dalam bahasa inggris

Jahe merupakan tanaman herbal yang selama ini sangat dipercaya, terutama oleh masyarakat Indonesia. Hal ini bisa dilihat pada olahan jahe yang biasanya dinikmati sebagai minuman hangat dalam cuaca dingin. Bahkan sifat jahe yang bisa menghangatkan tubuh ini, telah banyak digunakan oleh produsen obat atas nama jahe sebagai bahan obat.

Jahe merupakan tanaman dengan rasa agak pedas, rimpang jahe biasanya dipanen dan digunakan. Rimpang merupakan batang tempat akar muncul. Jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti membantu merangsang fungsi pankreas dan sistem pencernaan.

Tanaman ini juga berguna untuk mengobati penyakit pernapasan, seperti batuk atau flu, dan sebagai obat penenang untuk mengurangi rasa sakit tubuh. Kandungan Vitamin C dan B6 yang sangat baik, bersama dengan mineral seperti potassium, membuat jahe menjadi obat alami yang baik untuk berbagai penyakit. Jahe bahkan memiliki sifat antioksidan.

Manfaat jahe bagi kesehatan yang merupakan rempah pilihan para ibu untuk dijadikan bumbu masak bagi kesehatan tubuh manusia karena kandungan senyawa berupa minyak atsiri yang salah satu khasiatnya adalah memberi kehangatan pada tubuh saat cuaca dingin di malam hari.

Jahe
Jahe

Sejumlah manfaat sebagai tanaman herbal dan menyimpan segala macam zat baik untuk tubuh, jahe mengandung vitamin A, C, E, B, beta-karoten, magnesium, fosfor, kalium, natrium, zat besi, dan kalsium maka lengkapnya manfaat jahe kami rangkum sebagai berikut ini adalah:

Memperbaiki pencernaan

Akar ini mengandung konsentrasi serat tinggi, sehingga meningkatkan fungsi usus Anda. Ini juga membantu tubuh menyerap lebih banyak nutrisi sambil membantu menghilangkan semua racun yang dapat menyebabkan pembengkakan dan ketidaknyamanan pada perut.

Melancarkan peredaran darah

Manfaat jahe yang pertama adalah melancarkan peredaran darah. Gingerol yang terdapat pada jahe bersifat antikoagulan yang akan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang merupakan penyebab utama penyakit stroke dan juga serangan jantung.

Mengobati migrain

Pada sebuah studi menunjukkan jahe dapat menghentikan prostaglandin, yang dimana prostaglandin merupakan salah satu faktor penyebab sakit kepala. Dengan demikian, jahe dapat untuk mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah.

Mengatasi mabuk perjalanan

Dengan minum wedang jahe sebelum bepergian jauh dengan menaiki kendaraan roda empat dapat mencegah mabuk perjalanan karena sifat-nya sebagai anti-mual. Masalah pada pencernaan terkadang membuat perut jadi mual ingin muntah, kondisi demikian juga kerap terjadi pada seseorang yang mengalami demam (masuk angin). Sebagai pertolongan pertama jangan langsung gunakan obat warung, cobalah minum air seduhan rimpang jahe agar lambung menjadi nyaman dan perut terhindar dari masalah seperti kram.

Mencegah perut buncit

Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin dan sebelum makan dapat mencegah terjadinya perut buncit. Karena jahe bermanfaat untuk melancarkan metabolisme dan pencernaan. Dengan adanya sebuah peningkatan metabolisme tersebut yang berdampak akan mempercepat pembakaran kalori dan meratakan perut buncit.

Mengatasi morning sickness

Ibu hamil terkadang mengalami mual pagi atau istilah populernya morning sickness karena pencernaan sedikit terganggu. Untuk mengurangi rasa mual tersebut Anda bisa minum kopi atau wedang jahe yang hangat setiap kali merasakan mual ketika bangun tidur.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tubuh akan kebal dari serangan penyakit, caranya dengan meningkatkan sistem dalam tubuh yang sering disebut imun atau imunitas. Jika antiobodi (imun) dalam tubuh kuat, maka bakteri yang mungkin menyerang dapat ditangkal. Untuk menambah sistem ketahanan tubuh Anda bisa mengambil minum wedang jahe secara teratur, manfaat jahe yang satu ini terbantu dengan sifat sebagai antioksidan.

Menurunkan berat badan

Di dalam tubuh jahe berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah menjadi panas tubuh. Di lain sisi TOGA ini hanya menyumbang sedikit kalori sehingga tidak mempunyai andil besar untuk menaikkan berat badan.

Menghilangkan Ketombe

Ekstrak jahe bisa digunakan sebagai hairdresser yang secara alami membantu mengurangi ketombe, karena ia menemukan manfaat kapur. Ekstrak jahe juga bisa mencegah masalah rambut rontok.

Mengatasi Kulit Berminyak

Bahan mineral alami dalam jahe bisa diandalkan untuk mengurangi kulit yang cenderung berminyak, caranya campur ramuan jahe parut dengan garam laut, bubuk kayu manis dan bubuk pala lalu dihaluskan dengan air, sampai terlihat seperti pasta, lalu oles pada titik yang banyak minyak dan diamkan 10 menit, bilas dengan air dingin.

Mengatasi Masalah Pernafasan

Masalah pernafasan yang paling umum adalah batuk atau pilek. Jahe adalah sejenis ekspektoran alami yang bekerja dalam meringankan sistem pernafasan, yang membelah dan menghilangkan lendir (dahak) dapat dengan mudah keluar dan mengembalikan sistem pernafasan seperti biasa.

Antioksidan yang baik

Jahe merupakan sumber vitamin dan mineral yang banyak. Sifat antioksidannya bermanfaat bagi kesehatan jantung dan membantu melawan pengerasan serta penyempitan arteri, sehingga membantu aliran darah.

Membersihkan kotoran dalam tubuh

Apabila sering mengkonsumsi jahe secara rutin dengan cara diseduh, hal tersebut dapat membuat tubuh menjadi berkeringat. Melalui keringat itulah dikeluarkan berbagai jenis kotoran jahat yang terdapat dalam tubuh.

Untuk kecantikan, jahe bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe, melembapkan tubuh, dan mencegah rambut kering, mencegah kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhan.

Menjaga kadar kolesterol

Air jahe bisa membantu tubuh Anda mengatur kadar kolesterol jahat (LDL). Peningkatan kadar kolesterol dalam aliran darah dapat menyumbat arteri dan menyebabkan masalah kardiovaskular.

Anti jamur

Dari 29 jenis tanaman herba yang dievaluasi oleh studi University Carleton, jahe mendapatkan juara sebagai ekstrak paling efektif dalam manfaat mengusir atau membunuh jamur.

Sifat anti jamurnya membuat jahe sangat bagus jika digunakan dalam mengatasi jamur pada kulit semisal yang disebabkan oleh panu.

Caranya dicampur minyak pohon teh dengan minyak jahe murni kemudian minyak kelapa. Terapkan secara teratur 3x sehari ke daerah bermasalah.

Pencegahan Timbulnya Kanker

Ekstrak jahe ternyata dapat menekan pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti mencegah penyebaran gejala kanker kulit,pankreas,kanker ginjal dan gejala kanker patu-paru.

Membuat tubuh perkasa

Kandungan senyawa yang terdapat jahe ada yang bersifat inklamasi. Hal ini tentunya efektif dalam hal untuk membangun otot pada bagian tubuh seperti otot pada lengan. Berdasarkan sebuah penelitian bahwa dapat disimpulan dengan mengkonsumsi jahe secara teratur dan rutin dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi pada otot yang disebabkan karena latihan fisik secara berlebihan.

Efek samping Jahe

Penggunaan jahe kemungkinan aman bagi kebanyakan orang. Namun terdapat beberapa efek samping ringan yang mungkin ditimbulkan seperti rasa mulas, diare dan rasa tidak nyaman pada perut. Kemudian pada wanita yang sedang mengalami periode menstruasi, telah melaporkan tambahan perdarahan saat mengkonsumsi jahe. Pada beberapa orang, penggunaan jahe pada kulit juga dapat menyebabkan iritasi. Terdapat beberapa peringatan dan tindakan pencegahan khusus seperti penggunaan terhadap

Bagi Ibu bu hamil – Konsumsi jahe pada saat kehamilan masih kontroversial, karena ada beberapa kekhawatiran bahwa jahe dapat mempengaruhi hormon seks janin. Terdapat laporan keguguran janin saat berumur 12 minggu, pada wanita yang mengkonsumsi jahe untuk mengatasi morning sickness. Sejumlah penelitian pada wanita hamil memberikan hasil, bahwa jahe dapat digunakan secara aman untuk morning sickness tanpa membahayakan bayi. Risiko utama pada bayi yang menggunakan jahe saat hamil, tampaknya masih di ambang batas wajar yaitu sekitar 1% hingga 3%. Kemudian juga terlihat, tidak ada pemicu terhadap peningkatan risiko persalinan dini atau bayi lahir dengan berat badan rendah.

Ibu Menyusui – Tidak cukup diketahui tentang keamanan mengkonsumsi jahe selama menyusui. Jadi untuk tindakan yang paling aman adalah dengan tidak mengkonsumsinya.

Resiko Pendarahan – Efek samping jahe dapat meningkatkan risiko pendarahan

penyakit Diabetes – Jahe dapat menurunkan gula darah, sehingga perlu disesuaikan dengan obat diabetes yang diberikan oleh tenaga medis.

Kelainan Kondisi jantung – Hati-hati saat menggunakan jahe pada dosis tinggi yang tinggi, karena jahe dapat memperburuk kondisi jantung tertentu.

Manfaat jahe tidak hanya sebatas obat herbal, tapi juga digunakan sebagai bubu masak, terutama untuk menghilangkan bau amis dalam sejumlah bahan makanan seperti ikan, daging atau ayam.

Dalam perkembangannya, jahe sudah banyak yang dibuat seketika mudah digunakan, dan praktis tanpa harus mengolah jahe secara langsung terlebih dahulu. Tentu ini karena jahe menyimpan manfaat luar biasa.

Demikian info mengenai manfaat jahe dan efek samping jahe ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda.

 

Summary
17 manfaat Jahe bagi Kesehatan
Article Name
17 manfaat Jahe bagi Kesehatan
Description
17 manfaat jahe bagi kesehatan memperbaiki pencernaan mengatasi migrain dan mabuk di perjalanan mengatasi morning sickness dan efek sampingnya
Author
Publisher Name
Cairo Food
Publisher Logo

Related Posts

Leave a comment