18 Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan

Bunga lawang adalah buah berbentuk bintang dari tanaman cemara yang dikenal secara ilmiah sebagai Illumium verum. Berasal dari Cina bagian selatan, bunga lawang memiliki rasa licorice atau adas manis, meski tidak terkait dengan tanaman adas sejati asli di lembah Mediterania dan Timur Tengah. Secara tradisional digunakan sebagai bumbu masak dan juga sebagai ramuan penyembuhan, bunga lawang sendiri tampaknya memiliki khasiat obat yang memberi manfaat kesehatan yang signifikan.

Bunga lawang mengandung banyak mineral penting dan vitamin termasuk Vitamin A dan C serta sejumlah kecil vitamin B. Ini juga mengandung kalsium dan fosfor tetapi dalam hal nilai obatnya, mungkin senyawa terpentingnya adalah asam shikimic.

Asam shikimic digunakan sebagai ramuan obat Tamiflu-influenza yang juga telah digunakan dalam perang melawan flu babi.

Di Timur hal tanaman ini digunakan untuk memerangi kolik dan rematik. Digunakan dalam teh sebagai obat untuk rematik, dan biji yang dikunyah kadang-kadang setelah makan untuk membantu pencernaan. Hal ini juga digunakan sebagai penyedap untuk obat teh dan campuran untuk obat batuk. Teh bunga lawang bermanfaat dan membantu mencegah kolik bayi. Rempah-rempah ini juga telah digunakan di Barat sebagai pengganti yang lebih murah untuk minuman keras.

Berikut adalah manfaat bunga lawing untuk kesehatan tubuh:

Menjaga kesehatan kulit

Salah satu manfaat yang sangat baik dari bunga lawang adalah menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Ini karena bunga lawang memiliki kandungan anethol, yaitu komponen utama minyak adas bunga lawang.

Minyak ini bisa digunakan sebagai obat karena bersifat antispasmodic, antiseptik, obat penenang, sebagai stimulan pencernaan dan sifat-sifatnya. Mengonsumsi minyak adas bunga lawang juga berfungsi detoksifikasi pada tubuh. Linalool dalam bunga lawang bersifat antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini termasuk kerusakan pada kulit.

Meredakan flu dan batuk

Jika Anda sudah sering mendengar bahwa cengkeh bisa mengurangi sakit gigi, maka adas bunga lawang juga memiliki khasiat serupa. Sifat antiseptik dari adas membantu untuk menyembuhkan luka kecil dan lecet. Ini membantu dalam pencernaan makanan dan memberikan bantuan instan untuk batuk, flu dan meriang.

Minyak bunga lawang juga bersifat anti-mikroba dan anti-jamur, sehingga dapat membantu menyingkirkan batuk dan pilek. Aromanya yang kuat dianggap sebagai obat penenang alami yang juga dapat membantu mengurangi gangguan tidur dan insomnia.

Sifat antioksidan

Antioksidan menargetkan radikal bebas – atom atau molekul dengan elektron yang tidak berpasangan – yang dapat menyebabkan kerusakan pada penyakit dan sel. Radikal bebas dapat merusak DNA seluler dan memulai karsinogenesis – permulaan kanker. Anda tidak bisa benar-benar menghindari radikal bebas, yang merupakan hasil sampingan dari proses metabolisme tubuh Anda, namun Anda dapat menetralisirnya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Peneliti India melakukan penelitian terhadap hewan untuk menentukan apakah sifat antioksidan bunga lawang membantu melindungi tikus laboratorium dari kanker hati yang disebabkan oleh artifisial. Dalam edisi 2007 “Chemico-Biological Interactions,” para peneliti melaporkan bahwa hewan yang diberi makan adas manis setelah induksi karsinogenesis menunjukkan bukti perkembangan kanker yang jauh lebih sedikit daripada yang tidak mengkonsumsi bunga lawang.

Mengobati nyeri haid

Ekstrak bunga lawang mengandung estrogen yang berguna untuk mengatasi gangguan hormonal yang pada wanita seperti kram perut dan nyeri saat haid. Caranya, oleskan minyak bunga lawang pada bagian tubuh yang terasa nyeri kemudian pijat dengan lembut. Minyak alami ini juga dapat diminum, setelah dicampur dengan asam jawa dan air hangat.

Mengurangi gejala rematik

Tambahkan rempah ini ke dalam menu harian anda, untuk meredakan nyeri akibat rematik dan rasa sakit pada punggung.

Melegakan pernafasan

Cukup dengan menyeduh bunga lawang bersama secangkir air hangat, dapat mengatasi gejala morning sickness dan melonggarkan pernafasan. Manfaat ini juga dapat didapatkan dengan menggunakan minyak ini sebagai aroma terapi.

Mengobati insomnia

Bunga lawang mempunyai aroma yang kuat, sehingga efektif untuk mengatasi gangguan tidur seperti insomnia. Dengan minum teh bunga lawang, kualitas tidur akan meningkat dan anda akan bangun tidur di pagi hari dalam keadaan segar.

Kesehatan wanita

Minyak bunga lawang memiliki memiliki sifat estrogen yang memudahkan masalah hormonal wanita seperti kram saat menstruasi. Anda bisa mengoles minyak ke bagian yang sakit dan pijat perlahan. Atau bisa juga diminum dengan air hangat bersama dengan rebusan asam jawa.

Dengan menyeduh teh minyak bunga lawang juga mampu meningkatkan aliran ASI ibu yang menyusui. Minyak adas juga berkhasiat aroma terapi sehingga dapat melegakan pernapasan dan menenangkan morning sickness ibu hamil.

Meningkatkan libido

Untuk meningkatkan gairah seksual yang menurun, hancurkan kembang lawang dan campur dengan air matang. Saring lalu minum beberapa jam sebelum berhubungan seksual.

Menyehatkan pencernaan

Minum air rebusan bunga lawang membantu dalam menghilangkan gas, kembung, sembelit, dan gangguan pencernaan lainnya.

Mengobati nyeri

Mengoleskan minyak esensial yang terbuat dari bunga lawang bermanfaat untuk mengobati nyeri sendi serta rematik.

Anti jamur

Bunga lawang memiliki sifat anti jamur sehingga mengoleskan minyak dari bunga lawang juga bisa membantumu dalam mengobati infeksi jamur seperti kandida.

Memperlambat penuaan

Bunga lawang mengandung vitamin A, C, dan zat antioksidan. Mengonsumsinya bermanfaat untuk memperlambat penuaan dini serta membantu mengendalikan kadar gula darah.

Menjaga kesehatan jantung

Mengkonsumsi minyak dari rempah ini ternyata bisa membuat tekanan darah Anda menjadi terkontrol. Sehingga akan mengurangi tekanan pada jantung dan memperkuat jantung Anda. Hal ini karena sifat analgestik alami yang dimiliki oleh rempah ini.

Membuat tidur nyenyak

Minyak dari rempah ini juga sangat baik buat kesehatan tubuh. Dapat digunakan sebagai anti mikroba dan anti jamur. Aroma kuat dari rempah ini dapat dijadikan obat penenang alami untuk Anda yang mengalami gangguan tidur.

Mengatasi luka dan lecet

Luka ringan di kulit akan mudah sembuh dengan aplikasi bunga lawang. Rempah ini memiliki sifat antiseptik yang dapat mempercepat pemulihan luka.

Mengurangi gejala rematik

Tambahkan rempah ini ke dalam menu harian anda, untuk meredakan nyeri akibat rematik dan rasa sakit pada punggung.

Menghilangkan bau mulut

Rempah super ini juga berguna untuk menyegarkan bau mulut. Anda dapat memperoleh manfaat ini dengan menambahkan bunga lawang ke dalam masakan anda.

Bunga Lawang
Bunga Lawang

Itulah 18 manfaat bunga lawang atau biasa disebut sebagai (Pekak) yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Untuk mengkonsumsinya cukup dengan menambahkan bunga lawing ke bumbu masakan, bisa dibuat nasi goreng, atau masakan timur tengah seperti nasi biryani, nasi mandhi, menu tersebut sangat kaya akan rempah-rempah yang sangat baik untuk kesehatan.

Untuk menikmati rempah ini sebagai minuman, anda dapat menyeduhnya bersama segelas air panas. Tunggu selama 10 menit, saring airnya dan tambahkan madu murni atau gula. Silahkan minum teh herbal ini selagai hangat.

Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Summary
18 Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan
Article Name
18 Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan
Description
18 Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan mencegah nyeri haid, mengatasi insomnia, mencegah kanker, mengatasi flu, mengatasi sembelit, menyehatkan jantung
Author
Publisher Name
Cairo Food
Publisher Logo

Related Posts

Leave a comment