12 Menu Lebaran yang Praktis

Menjelang hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, semua masyarakat di seluruh Indonesia berbondong-bondong dalam menyiapkan hidangan menu lebaran, mulai dari makanan berat seperti rendang, opor, ketupat, hingga aneka kue kering seperti nastar, kastengel, dan putri salju. Untuk menyiapkan hidangan tersebut, membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Bagi para ibu rumah tangga yang tidak sempat membuat sajian khas lebaran, kami akan merekomendasikan menu lebaran praktis yang dapat Anda buat sendiri, dan tentunya tidak banyak menyita waktu Anda. Jadi Anda tak perlu khawatir lagi tidak sempat menyiapkan hidangan lebaran. Simak penjelasan berikut.

Ketupat

Pada saat lebaran, baik itu Idul Fitri maupun Idul Adha, ketupat menjadi menu lebaran wajib yang harus tersedia. Ketupat adalah penganan yang berasal dari beras yang dibungkus membentuk persegi menggunakan anyaman daun kelapa muda atau janur, atau dapat dibungkus menggunakan daun palma. Pola pada anyaman daun kelapa muda yang digunakan sebagai pembungkus ketupat sedikit rumit, sehingga perlu keahlian khusus.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Ketupat berasal dari Indonesia, yang kemudian menyebar mengikuti perkembangan ke berbagai negara-negara di Asia Tenggara, antara lain Malaysia, Singapura, Thailand, dan Brunei. Ini merupakan menu lebaran wajib yang telah menjadi tradisi di Indonesia dan biasanya tersaji sebagai pengganti nasi.

Meskipun dari segi pembuatan cukup rumit, yaitu harus dengan memasukkan beras ke dalam anyaman daun kelapa muda yang sudah dibentuk, lalu waktu memasaknya pun memakan waktu yang tidak sebentar. Namun, agar tak melewatkan tradisi ketupat saat lebaran, Anda bisa membuat sendiri di rumah atau membeli jadi agar tak kerepotan.

Opor Ayam

Selain ketupat, opor ayam juga menjadi menu lebaran yang wajib tersedia. Sajian ini berupa ayam yang dimasak dalam santan, dan berbagai bumbu yang digunakan membuat kuah opor ini berwarna kuning. Dalam hidangan ini, Anda bisa menambahkan lauk lainnya agar lebih bervariasi, seperti misalnya menambahkan telur atau tahu. Bumbu yang biasa digunakan pada opor yaitu santan, air asam jawa, bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas, dan masih banyak lagi.

Mungkin membuat opor sebagai menu lebaran terasa begitu merepotkan karena harus mengolah ayam, dan menyiapkan berbagai bumbu yang akan digunakan. Namun, Anda tak perlu khawatir harus menyiapkan bumbu opor, karena Cairo Food telah menyediakan bumbu opor praktis yang bisa langsung Anda gunakan.

Bumbu opor dari Cairo Food tentunya membuat hidangan opor Anda yang akan disajikan terasa lebih istimewa, terlebih lagi bumbu praktis ini menggunakan rempah-rempah alami, tanpa pewarna, tanpa MSG, dan tanpa pengawet, sehingga rasa yang dihasilkan pun sama seperti bumbu olahan yang biasa Anda racik.

Rendang

Sebagai makanan yang memiliki reputasi sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN, menu lebaran tanpa sajian rendang untuk menyambut para tamu akan terasa hampa. Pasalnya, kelezatan rendang dan rasa pedas khas Minangkabau tak perlu diragukan lagi. Daging empuk yang dimasak bersama santan kelapa dan dibiarkan sampai bumbu dan santannya meresap sempurna, sehingga hanya menyisakan daging beserta dedak ini menjadi favorit banyak orang. Bumbu-bumbu yang digunakan untuk memasak rendang antara lain bawang merah, bawang putih, jahe, cabai, kunyit, lengkuas dan lainnya.

Selain kelezatannya, rendang juga terkenal dengan proses memasaknya yang cukup memakan waktu, namun hal tersebut setimpal karena anda akan merasakan nikmatnya daging bersantan ini dan rendang juga dapat disimpan untuk beberapa hari. Akan tetapi, karena dalam membuat rendang diperlukan waktu yang tidak sebentar, sehingga terkadang orang malas memasak makanan terlezat di dunia ini.

Dalam mengatasi hal tersebut, Cairo Food bisa membantu Anda dalam menyediakan racikan bumbu rendang yang lezat yang bisa Anda beli melalui link berikut, sehingga akan mempersingkat waktu Anda dalam memasak rendang karena tak harus menyiapkan bumbu yang diperlukan.

Soto

Meski makanan khas lebaran identik dengan berbagai jenis makanan yang dimasak dengan santan, namun soto ini bisa menjadi menu lebaran praktis yang bisa Anda sajikan. Kuah bening yang berasal dari kaldu daging dan sayuran, lalu berpadu dengan sambal pedas membuat hidangan ini begitu memanjakan lidah.

Selain rendang, soto juga menjadi salah satu makanan terlezat di dunia. Hal ini bukan tanpa sebab, kuah dari kaldu daging dan sayuran, lalu ditambahkan dengan berbagai macam daging seperti daging ayam, daging sapi, daging kambing, dan lainnya, kemudian ditambahkan irisan tomat, emping melinjo, dan taburan bawang goreng ini menjadi makanan khas Indonesia yang komplet.

Jenis soto yang bisa Anda temukan di Indonesia pun begitu bervariasi. Soto ayam, soto babat, soto Betawi, soto Lamongan, soto Pemalang, Coto Makassar, adalah beberapa jenis soto yang bisa Anda temukan. Anda juga bisa menyantap soto bersama nasi, lontong, ketupat, bihun, mie, dan tambahan lauk lainnya yakni telur puyuh, sate kerang, dan gorengan (bakwan, tahu, tempe).

Untuk dapat menyajikan soto sebagai menu lebaran, tentunya Anda ingin menyuguhkan soto dengan cita rasa yang khas sebagai pelengkap momen lebaran. Maka dari itu, Cairo Food menyediakan bumbu soto Betawi serta resep yang dapat menjadi panduan Anda dalam membuat hidangan soto dengan klik link berikut.

Sate Maranggi

Menu lebaran praktis selanjutnya adalah sate maranggi. Tak hanya sate ayam yang populer di Indonesia, faktanya sate khas Purwakarta ini menawarkan rasa yang tak kalah lezat dari sate lainnya yang biasa Anda temui. Konon, sate maranggi telah menjadi jenis sate Indonesia yang telah mendunia dan diakui kelezatannya. Hal ini terbukti karena banyaknya masyarakat Indonesia yang rela jauh-jauh datang ke Purwakarta hanya untuk mencicipi sate maranggi ini.

Sate maranggi memiliki keunikannya tersendiri, yaitu daging yang akan dibakar, dimarinasi terlebih dahulu dengan bumbu khas yakni ketumbar, kunyit, jahe, dan kecap manis, serta cuka lahang yang dibuat dengan gula aren. Sate khas Purwakarta ini akan semakin nikmat jika disantap dengan lontong, nasi putih, ataupun ketan bakar dengan sambal oncom.

Bagi Anda yang malas memasak tetapi tetap ingin menyajikan sate maranggi di meja makan, dan ingin merasakan keaslian rasa dari sate maranggi, Anda dapat mencoba membuat sate maranggi sendiri di rumah dengan bumbu instan praktis ala Cairo Food tanpa MSG ataupun tanpa tambahan pengawet.

Rawon

Menu lebaran praktis yang selanjutnya adalah kuliner khas yang berasal dari Jawa Timur, yaitu rawon. Rawon adalah sup berkuah hitam yang warnanya diperoleh dari buah kepayang atau kluwak. Ini terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Rawon biasa disajikan bersama nasi putih, yang dilengkapi dengan tauge berekor pendek, telur asin, daun bawang, serta tak lupa kerupuk udang.

Bumbu yang digunakan yaitu kluwak, bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, lengkuas, garam, minyak nabati, ketumbar, dan masih banyak lagi. Meski bahan yang digunakan kedengarannya cukup kompleks, namun Anda tak perlu pusing untuk menyiapkan seluruh bahannya, karena Anda dapat menyajikan rawon dengan mudah pada saat lebaran dengan menggunakan bumbu rawon praktis yang bisa anda dapatkan di Cairo Food.

Tongseng

Menu lebaran praktis selanjutnya adalah tongseng, yaitu kuliner asal Jawa Tengah. Bahan utama dari tongseng biasanya berupa daging sapi atau daging kambing, namun Anda juga bisa menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Cara memasak tongseng diyakini masih mengikuti cara tradisional, yaitu menggunakan tungku arang. Tungku arang ini berguna untuk menciptakan rasa berasap pada tongseng.

Bumbu tongseng yaitu tumisan yang berasal dari campuran bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, ketumbar, serai, garam, lada, dan kecap. Untuk melengkapi sajian ini, tomat, bawang putih, kol, dan kecap kerap kali ditambahkan. Tongseng bercita rasa gurih, pedas, dan didominasi oleh rasa manis karena merupakan kuliner asal Jawa.

Tongseng yang baru matang cocok dipadukan dengan nasi putih hangat. Kuah tongseng dikatakan mirip dengan kuah gulai, namun kuah tongseng cenderung berwarna cokelat gelap karena banyak menggunakan kecap manis, namun gulai biasanya dibuat tanpa kecap manis, sehingga warna kuah gulai juga tak segelap kuah tongseng.

Untuk menyajikan tongseng sebagai menu lebaran tanpa perlu mempersiapkan segala macam bumbu yang diperlukan, kini tersedia bumbu tongseng ala Cairo Food yang bisa Anda gunakan. Bumbu praktis ini tanpa tambahan apapun murni bumbu-bumbu asli yang telah diolah, tanpa MSG, serta tanpa tambahan pengawet.

Sop Buntut

Sop buntut adalah sup tradisional yang berasal dari Pulau Jawa yang bisa jadi menu lebaran yang praktis. Supnya terbuat dari buntut sapi, minyak, wortel, kentang, dan sejumlah besar rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, pala, lada putih, bawang merah, bawang putih, jahe, dan bawang merah. Kombinasi tersebut direbus selama beberapa jam hingga buntutnya benar-benar matang dan memiliki konsistensi yang lembut.

Bumbu tersebut kemudian ditumis dan ditambahkan ke dalam panci dengan wortel dan kentang, dan sup direbus sebentar sampai sayuran empuk. Sop buntut biasanya disajikan dengan irisan daun bawang dan tomat, serta dihias dengan bawang merah goreng. Cukup praktis dan menggugah selera, bukan?

Lontong Sayur

Menu lebaran memang tak terlepas dari beragam makanan yang menggunakan santan, begitu pula dengan lontong sayur. Disebut juga dengan lontong gulai, ini adalah makanan khas Minangkabau, Sumatera Barat. Kuah santan dengan rempah yang kuat memang telah disebutkan sebagai masakan khas Minang.

Lontong sayur dapat menjadi makanan berkuah kental yang lezat yang dapat tersaji di meja makan pada saat lebaran. Lontong ini biasa ditambahkan telur bulat, mie goreng, dan kerupuk merah yang menjadi ciri khas lontong sayur, Anda  juga bisa menambahkan tunjang di dalamnya.

Shawarma

Shawarma adalah hidangan khas Timur Tengah yang bisa Anda jadikan menu lebaran yang praktis. Shawarma berisi potongan daging yang diiris tipis, seperti ayam, sapi, kambing, domba, dan terkadang kalkun yang digulung menjadi sepotong besar roti pipih atau pita yang telah dikukus atau dipanaskan.

Di dalam roti pita, shawarma diberi tambahan makanan seperti hummus, tahini, acar, sayuran, dan bahkan kentang goreng. Shawarma sering disajikan dengan kentang goreng, salad seperti tabouleh, dan falafel, di beberapa tempat, shawarma disajikan sendiri, tanpa pita atau roti pipih.

Beberapa bumbu yang diperlukan mungkin tak dapat ditemukan semudah rempah-rempah yang biasa Anda gunakan saat memasak. Namun apabila Anda tetap ingin menyajikan shawarma pada saat lebaran, Anda bisa dengan mudah mendapatkan bumbu shawarma praktis beserta kulit shawarma yang bisa Anda beli di Cairo Food.

Shish Kebab

Shish kebab adalah makanan atau hidangan pembuka favorit di antara banyak orang dan cukup populer di dunia. Asal-usul shish kebab terletak di sekitar Mediterania dan Timur Tengah. Shish kebab kerap kali disiapkan menggunakan salah satu dari berbagai jenis daging dan sayuran, dan dapat menjadi salah satu menu lebaran.

Sehat Dimulai Dari Dapur Anda

Daging yang digunakan pada shish kebab adalah daging domba, yang divariasikan dengan jamur, tomat, bawang bombay, dan paprika ditusuk dengan tusuk sate tipis, kemudian dipanggang di atas api terbuka. Bumbu yang digunakan biasanya adalah jus lemon, allspice, kayu manis, minyak zaitun, yogurt, susu, dan bumbu-bumbu lainnya. Agar Anda tidak ribet meracik bumbu untuk shish kebab, dapat membeli melalui link ini.

Aneka Kue Kering

Selain makanan berat, aneka kue kering juga wajib tersaji dalam berbagai toples unik pada saat lebaran. Ketika berbincang bersama keluarga, akan terasa lebih asyik jika kita sambil mencicipi camilan khas lebaran. Lebaran identik dengan berbagai kue kering seperti putri salju, kastengel, kue kacang, nastar, dan masih banyak lagi.

Aneka kue kering tersebut seringkali dijual dalam toples, atau Anda bisa membuatnya sendiri di rumah selagi Anda bersedia untuk menyisihkan waktu. Baik itu Anda membeli produk jadi ataupun membuat aneka kue kering sendiri di rumah, momen lebaran tetap saja menjadi tempat untuk bersilaturahmi.

Berbagai makanan yang ditawarkan hanya menjadi pelengkap momen lebaran, serta berfungsi untuk tetap mempertahankan tradisi yang telah ada. Namun tetap saja, untuk menciptakan momen lebaran yang spesial, haruslah tersaji berbagai hidangan lebaran yang khas seperti yang telah disebutkan di atas. Untuk memanfaatkan waktu dengan efisien, Anda dapat membeli beragam bumbu untuk menu lebaran melalui link ini. Jadi, mau bikin hidangan apa lebaran kali ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *