11 Manfaat Biji Ketumbar Untuk Kesehatan

manfaat biji ketumbar

Ketumbar adalah rempah yang banyak sekali digunakan pada hidangan-hidangan dunia. Tumbuhan ini memiliki nama ilmiah Coriandrum Sativum yang masih termasuk ke dalam keluarga Umbelliferae, yakni tumbuhan yang berkerabat dengan peterseli, wortel maupun seledri. Sedangkan di Amerika ketumbar lebih dikenal dengan Coriander.

Seluruh bagian pada tumbuhan ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, mulai dari daunnya, bijinya, maupun minyaknya. Tetapi tidak ada penelitian yang cukup akurat mengenai bagaimana cara kerja ketumbar memberikan manfaat untuk tubuh. Beberapa penelitian hanya menunjukan bahwa ketumbar mengandung sifat anti-lipid, anti-diabetes, antibakteri, antijamur, antioksidan, dan antiradang yang mana memiliki peran besar bagi kesehatan tubuh.

Dan meskipun seluruh bagian ketumbar memiliki manfaat untuk kesehatan, namun biji ketumbar adalah bagian yang paling terkenal dalam tumbuhan ini karena memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Seperti yang akan kami bahas pada artikel kali ini, yakni manfaat biji ketumbar untuk kesehatan :

Menurunkan Kadar Gula Darah

Biji ketumbar dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Bahkan untuk sebagian orang yang memiliki kadar gula rendah diminta untuk berhati-hati saat mengonsumsi biji ketumbar, karena rempah ini sangat efektif dan ampuh menurunkan kadar gula didalam darah. Penelitian juga menunjukan bahwa biji ketumbar mampu mengurangi gula darah dengan mendukung aktivitas enzim yang membantu mengontrol gula dalam darah.

Studi lain juga meneliti manfaat ekstrak biji ketumbar pada penderita obesitas dengan gula darah yang tinggi, dan hasilnya menunjukan bahwa ekstrak biji ketumbar menurunkan gula darah secara efektif. Cara kerjanya hampir mirip dengan efek dari obat gula darah yakni Glibenclamide.

Memperkuat Imunitas Tubuh

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada ketumbar, dapat meningkatkan kekebalan tubuh, membantu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel di dalam tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa antioksidan dalam ekstrak biji ketumbar juga mampu mencegah peradangan dan memperlambat pertumbuhan sel kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar.

Menjaga Kesehatan Otak dan Daya Ingat

Penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson berkaitan dengan peradangan yang terjadi pada otak. Namun, sifat anti-inflamasi yang terkandung dalam biji ketumbar mampu melindungi otak dari ancaman tersebut. Selain itu penelitian juga menemukan bahwa antioksidan dari ekstrak ketumbar mampu melindungi tubuh terhadap kerusakan sel saraf serta meningkatkan daya ingat dan berperan dalam menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

Menangkal Infeksi Bakteri

mencegah infeksi bakteri manfaat biji ketumbar

Ketumbar mengandung senyawa antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi tertentu dan beberapa penyakit yang disebabkan karena mengonsumsi makanan yang tidak higienis. Bahkan bakteri seperti salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makanan dan penyakit pada sistem pencernaan, dapat dilawan oleh senyawa yang terdapat dalam ketumbar, yakni Dodecenal (senyawa organik yang termasuk komponen dari banyak wewangian). Biji ketumbar juga diketahui ampuh malawan bakteri yang dapat menginfeksi saluran kemih.

Menjaga Kesehatan Kulit

Ketumbar juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk mengatasi ruam ringan seperti dermatitis.
Sebuah penelitian mengungkap, ekstrak ketumbar dapat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan penuaan dini terhadap kulit, serta kerusakan kulit akibat radiasi ultraviolet. Selain itu, ketumbar juga dapat mengatasi kondisi kulit seperti jerawat, pigmentasi, atau masalah kulit kering.

Menangkal Kanker Prostat dan Payudara

mencegah kanker prostat dan payudara manfaat biji ketumbar

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ramuan yang terbuat dari biji ketumbar, mampu mengurangi pertumbuhan sel kanker, terutama prostat dan payudara. Kandungan ketumbar juga dapat menghindari pengelompokan sel kanker yang membuat kondisi menjadi buruk serta menghambat kerusakan sel karena stres oksidatif (yakni jumlah radikal bebas dan pertahanan tubuh (antioksidan) tidak seimbang dan cenderung lebih banyak).

Meringankan Peradangan

manfaat biji ketumbar mengurangi peradangan

Antioksidan yang terkandung dalam ketumbar terbukti ampuh dalam melawan peradangan di dalam tubuh. Studi menemukan bahwa antioksidan dalam ekstrak biji ketumbar mampu menurunkan peradangan dan memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar. Ketumbar juga mampu bertindak sebagai agen anti-inflamasi yang efektif mengurangi pembengkakan dan peradangan yang disebabkan karena infeksi. Hal ini karena ketumbar memiliki senyawa antibiotik yang kuat dan minyak atsiri (ketumbar) yang membantu meredakan peradangan secara alami

Meredakan Kecemasan

Ketumbar juga dapat membantu mengatasi kecemasan dan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tenang, terutama bagi para penderita kecemasan berlebih. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak ketumbar hampir sama efektifnya dengan Diazepam, yakni obat yang biasa dipakai untuk mengatasi kecemasan. Itulah sebabnya mengapa biji ketumbar juga sering diolah menjadi produk essential oil alias minyak atsiri.

Menyehatkan Usus dan Sistem Pencernaan

melancarkan pencernaan manfaat biji ketumbar

Minyak yang diekstrak dari biji ketumbar dapat memperlancar dan menyehatkan sistem pencernaan. Hal ini terbukti melalui sebuah penelitian bahwa obat herbal yang mengandung biji ketumbar yang diminum sebanyak tiga kali sehari dapat mengurangi rasa nyeri, kembung, dan ketidaknyamanan di perut secara signifikan.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

kesehatan gigi manfaat biji ketumbar

Manfaat biji ketumbar selanjutnya ialah dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini dikarenakan sifat analgesik (ialah istilah yang digunakan untuk mewakili sekelompok obat yang digunakan sebagai pereda nyeri) dalam air biji ketumbar diketahui dapat membantu meredakan sakit gigi. Selain itu, sifat antibakteri pada ketumbar juga baik untuk membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kita dapat menggunakan rendaman air biji ketumbar untuk mendapatkan manfaat ini serta membuat gigi dan mulut terhindar dari bakteri.

Mencegah dan Mengobati Batuk Pilek

Batuk pilek dapat disebabkan oleh lebih dari 200 macam virus. Namun, virus yang paling sering menjadi penyebab batuk pilek adalah rhinovirus. Mengonsumsi ketumbar, dapat mencegah sekaligus mengobati penyakit tersebut. Hal ini dikarenankan kandungan vitamin C dalam biji ketumbar yang cukup tinggi bermanfaat dalam mencegah dan mengobati batuk dan pilek.

Itulah beberapa manfaat biji ketumbar yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mu. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa rutin mengonsumsi ketumbar, baik dalam campuran rempah ataupun meminum air rebusannya. Namun pastikan bahwa kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan, karena meskipun memiliki banyak manfaat, biji ketumbar juga dapat memberikan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.

manfaat biji ketumbar
manfaat biji ketumbarmencegah kanker prostat dan payudara manfaat biji ketumbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *