10 Manfaat Tepung Atta Untuk Kesehatan

manfaat teoung atta beserta manfaatnya

Tepung Atta adalah tepung yang terbuat dari gandum utuh yang digiling halus, lengkap mulai dari kulit, endosperma (bagian terbesar dari biji gandum yang banyak mengandung protein, pati, dan air), dan intisarinya. Sebab itulah tepung ini memiliki warna yang cenderung lebih coklat. Dan karena dibuat menggunakan seluruh lapisan gandum, tepung ini memiliki nutrisi dan manfaat lebih banyak dibanding tepung terigu. Misalnya karbohidrat, protein, serat, dan vitamin A, vitamin B1, vitamin E, dan beberapa mineral. Tepung ini diproduksi di India dan banyak digunakan untuk membuat jenis roti pipih seperti chapati, naan, paratha dan lain-lain.

roti chapatti

Namun meskipun terbuat dari gandum utuh, umumnya tepung Atta memiliki perbedaan dengan tepung gandum lain. Perbedaannya terletak pada jenis gandum yang digunakan serta tekstur tepung yang jauh lebih halus. Hal tersebut mungkin dipengaruhi oleh pemilihan kualitas biji gandum ataupun proses pembuatannya.

Tetapi, meski tepung Atta sangat baik digunakan untuk membuat jenis roti pipih seperti chapati, ia tidak terlalu cocok untuk dijadikan bahan utama pembuatan roti dengan campuran ragi. Karena hasil adonan nantinya tidak akan seelastis adonan yang menggunakan tepung gandum lain. Namun meskipun begitu, tepung Atta tetap memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan lho! Seperti berikut ini :

Memperlancar Proses Pencernaan dan Metabolisme Tubuh

melancarkan pencernaan

Biji gandum yang terdapat dalam tepung Atta mengandung komposisi serat yang tinggi. Serat inilah yang nantinya akan membantu tubuh menangani berbagai masalah gangguan pencernaan seperti susah buang air besar dan berperan mengikat lemak jenuh dari makanan.

Selain itu, kandungan prebiotiknya juga dapat menunjang kesehatan saluran pencernaan dengan cara meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang ada di dalam usus. Dengan meningkatnya pertumbuhan bakteri baik tersebut, pertumbuhan bakteri jahat pun akan terhambat.

Sebagai Menu Diet

menu diet

Tepung yang terbuat dari biji gandum mengandung karbohidrat yang cukup serta kandungan gizi yang tinggi. Beberapa nutrisi tinggi yang terkandung dalam tepung Atta antara lain protein, serat, dan beragam mineral.

Komposisi ini sangat baik jika dijadikan sebagai bahan pangan untuk melakukan program diet, terlebih bagi orang-orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan. Karena kadar karbohidrat yang tidak terlalu tinggi pada tepung gandum mampu menjaga keseimbangan berat badan.

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat tepung gandum lainnya ialah mencegah penyakit jantung koroner. Seperti yang kita ketahui, penyebab umum timbulnya penyakit jantung adalah tersumbatnya pembuluh darah yang hendak menuju ke jantung dan biasanya disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol (LDL). Akibatnya, darah yang mengantarkan oksigen dari paru-paru menuju jantung tidak dapat berjalan dengan baik.

Oleh karena itu, dengan mengonsumsi gandum utuh secara rutin, kondisi tersebut dapat dihindari. Pasalnya, gandum mengandung banyak serat yang mampu mengikat kolesterol dan langsung dibuang ke dalam saluran usus besar tanpa diserap usus halus.

Menurunkan Kolesterol

Selain baik untuk kesehatan jantung, gandum juga mengandung asam folat dan B-Glucono yang mampu mengurangi kelebihan kolesterol dalam darah serta meningkatkan kemampuan pertahanan tubuh. Karena kadar kolesterol yang terus meningkat berbahaya bagi kesehatan jantung dan hati. Begitupun dengan kandungan Tocotrienol nya yang dapat menghalangi enzymes yang bekerja memproduksi kolesterol dalam darah.

Mencegah Penyakit Diabetes

Tepung biji gandum yang telah diolah menjadi beragam produk pangan umumnya memiliki kandungan gula yang rendah. Bahkan kandungan gula dalam berbagai produk gandum masih lebih rendah jika dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya, seperti beras misalnya. Sebab itu, bahan makanan yang terbuat dari gandum seperti tepung Atta, cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes, tanpa khawatir akan melonjaknya kadar gula darah di dalam tubuh.

Mengurangi Peradangan Perut

peradangan perut

Tepung biji gandum dapat membantu memperbaiki metabolisme perut, usus besar, mengobati diare, memerangi penyakit tipus, sembelit,dan peradangan pada kandung kemih, usus besar dan hati. Karena kandungan gandum utuh dapat membersihkan darah dan menghilangkan racun berbahaya didalam tubuh, sehingga membuat pertahanan usus besar menjadi lebih sehat.

Membantu mencegah kanker

Kandungan vitamin E dan A yang terdapat dalam tepung Atta dapat mencegah kerusakan sel, menghambat perkembangan tumor, serta melindungi tubuh dari radikal bebas yang merusak sel dan DNA. Hal ini tentu akan mencegah munculnya beberapa jenis kanker.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Kehadiran vitamin B dan E dalam tepung gandum utuh mampu bertanggung jawab untuk terus memproduksi energi, dan mempertahankan DNA yang sehat. Vitamin E juga penting untuk mengobati dan mencegah penurunan kognitif atau penyakit yang berkaitan dengan memori dan fungsi saraf. Sedangkan Vitamin B adalah vitamin yang larut dalam air yang  dapat menyembuhkan peradangan di otak maupun penyakit mental subklinis. Belum lagi keberadaan mineral seperti kalium dan magnesium yang mempengaruhi neurotransmitters yang membantu mengurangi depresi.

Membantu Meningkatkan Kesuburan

meningkatkan kesuburan

Penurunan kesuburan umumnya terjadi karena peningkatan gula darah dan ketegangan pikiran, kurang gizi, atau peradangan prostat. Kandungan nutrisi pada gandum utuh dalam tepung Atta dapat mengatur keseimbangan gula darah, mengatasi stres, mengatasi kekurangan gizi dan sistem saraf tubuh serta mengurangi peradangan pada saluran pipa yang prostat. Sehingga hal tersebut dapat membantu meningkatkan kesuburan di dalam rahim.

Mengurangi Nyeri PMS

meredakan pms

Kandungan gizi yang sangat banyak menjadikan tepung dengan bahan dasar biji gandum sangat baik untuk meringankan gejala PMS. Contohnya magnesium yang dapat menyembuhkan kita dari kecemasan dan rasa sakit yang disebabkan oleh gejala PMS. Berbagai penelitian menunjukan bahwa kandungan nutrisi dalam gandum yakni vitamin B6 dan E, Kalsium & asam esensial dapat mengurangi gejala PMS.

manfaat tepung atta

Jadi itulah beberapa manfaat tepung Atta bagi kesehatan. Jika kamu termasuk salah satu penggermar makanan bertepung, tak ada salahnya mengganti jenis tepung yang kamu gunakan dengan tepung Atta, agar jauh lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *