10 Manfaat VCO(Virgin Coconut Oil) Bagi Kesehatan Tubuh

Virgin coconut oil (VCO), atau lebih dikenal dengan minyak kelapa murni adalah minyak kelapa yang diperoleh dari bahan baku kelapa segar. Karena melalui proses ektraksi yang berbeda dari minyak kelapa biasa, minyak kelapa murni diyakini memiliki kualitas paling tinggi dibandingkan minyak kelapa lainnya.

Apa Itu VCO?

Virgin coconut oil atau minyak kelapa murni diyakini sebagai jenis minyak yang memiliki kualitas jauh lebih baik dibandingkan minyak kelapa biasa. Kualitas terbaik dari minyak ini membuat virgin coconut oil banyak digunakan untuk produk kesehatan, kecantikan dan perawatan tubuh.

Virgin coconut oil telah melewati proses ekstraksi yang berbeda, yaitu diperoleh langsung dari santan kelapa segar tanpa melalui proses pemanasan, penyulingan, pemutihan, dan pengharuman. Inilah yang membuat virgin coconut oil memiliki sifat yang sangat alami dan menyehatkan.

Virgin coconut oil memiliki perbedaan terkait nilai iodin, indeks bias, profil asam lemak, berat jenis, dan kadar air yang berbeda dengan minyak kelapa lain yang dikenal dengan nama Copra Coconut Oil (CCO). Virgin coconut oil memiliki kandungan polifenol, tokoferol, fitosterol, monogliserida, dan digliserida yang berbeda dengan sampel dari kandungan CCO. Oleh sebab itu virgin coconut oil lebih baik bagi kesehatan. Ini juga membuatnya termasuk minyak goreng yang memiliki stabilitas dan kemampuan menjaga nutrisi hingga 8 jam masa penggorengan.

Lebih lanjut, minyak virgin coconut oil dapat disimpan hingga 12 bulan dengan kemampuan menjaga keutuhan dan kestabilan nutrisi di dalamnya. Perlu diketahui bahwa setelah mengekstraksi virgin coconut oil, maka sisa ekstrak yang diperoleh tidak dibuang begitu saja. Namun banyak digunakan sebagai manisan tradisional India dan bahan makanan yang dipanggang.

Kandungan Gizi

Hampir 100 persen dalam kandungan virgin coconut oil adalah lemak. Namun harus diketahui bahwa lemak di dalam virgin coconut oil adalah jenis lemak yang menyehatkan sehingga strukturnya berbeda dengan lemak minyak kelapa lainnya. Kandungan ini membuat virgin coconut oil aman dikonsumsi meskipun seseorang terkena obesitas dan kolesterol tinggi.

Dalam 1 sendok makan virgin coconut oil mengandung 121 kalori, 13,5 gram total lemak, vitamin E dan vitamin K sebanyak 1% serta kandungan kolesterol dan protein 0 mg. Meski tidak mengandung mikronutrien atau zat gizi yang biasa dibutuhkan oleh tubuh, namun virgin coconut oil tetap mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Selain itu, virgin coconut oil juga mengandung mineral terutama zat besi serta vitamin K dan vitamin E yang dapat mencegah penggumpalan darah dan menurtisi kulit dari dalam.

Minyak kelapa diektraksi dengan cara dimurnikan sehingga warnanya jernih, namun tetap tidak kehilangan semua gizi alami di dalamnya. Ini juga dapat mempertahankan semua konstituen alami, aroma, dan antioksidan di dalam minyak. Virgin coconut oil  juga cenderung lebih ringan dan lebih cair dibandingkan jenis minyak kelapa lain, serta aroma dan rasanya yang lebih kaya.

Inilah yang membuat virgin coconut oil efektif untuk dikonsumsi maupun dijadikan perawatan kulit. Kandungan energi di dalam virgin coconut oil dan minyak kelapa lainnya sebenarnya sama, namun minyak kelapa lain terhidrogenasi sehingga mungkin mengandung beberapa lemak trans. Sementara virgin coconut oil justru mengandung asam lemak rantai menengah (MCT) yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat VCO

Tak hanya memiliki rasa yang unik dan eksotis, virgin coconut oil juga memiliki profil nutrisi luar biasa yang dapat memberikan manfaat bagi penyembuhan holistik. Beberapa daftar di bawah ini merupakan manfaat kesehatan yang mengesankan dari virgin coconut oil.

Membunuh Bakteri Dan Virus Penyebab Penyakit

Sebanyak 50 persen dari kandungan lemak yang terdapat pada virgin coconut oil adalah asam laurat. Asam laurat adalah asam yang bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit dan dikenal sebagai asam yang menjadi kandungan khas dalam minyak kelapa. Ketika asam laurat dicerna, asam lemak sehat ini akan berubah menjadi monolaurin yaitu zat yang dapat membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit.

Sebagai contoh asam laurat dan monolaurin dikenal mampu membunuh bakteri Staphylococcus aureus yaitu bakteri yang menyebabkan keracunan makanan, dan meminimalisir penularan jamur Candida albicans yang menyebabkan infeksi pada mulut hingga vagina.

Lebih lanjut, asam laurat juga dikenal baik untuk mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik yang mampu menjaga kesehatan jantung. Manfaat virgin coconut oil terkait bakteri dan virus juga dapat mencegah dan mengobati masalah gigi berlubang maupun tukak lambung.

Meningkatkan Fungsi Otak

Salah satu sifat yang membuat ekstrak virgin coconut oil baik untuk kesehatan adalah lemak rantai sedang di dalamnya (MCT). MCT tidak hanya mudah diserap oleh organ hati, namun juga mendorong proses metabolisme yang lebih cepat. Asam lemak di dalam minyak ini akan diolah oleh tubuh untuk menjadi keton yaitu zat yang dibutuhkan oleh otak untuk menambah energi.

Selain itu, dalam diet rendah karbohidrat, asupan keton memenuhi lebih dari 70 persen dari kebutuhan energi otak yang telah memberikan bukti bahwa minyak ini baik untuk pasien penderita gangguan memori dan penyakit neuro-degeneratif. Senyawa fenolik yang unik dan hormon yang dapat ditemukan dalam minyak kelapa ini dapat digunakan untuk mencegah keaktifan peptide beta amyloid yang merupakan bagian dari komposisi penyebab Alzheimer.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Asam lemak yang terdapat pada virgin coconut oil dapat meningkatkan pembakaran kalori yang lebih cepat. Mengonsumsi virgin coconut oil dapat dengan cepat mengubah lemak menjadi energi sehingga mengurangi penumpukan lemak di dalam tubuh.

Salah satu hasil dari proses metabolisme ini adalah keton. Keton memiliki reaksi terhadap tubuh berupa pengurangan nafsu makan sehingga mengurangi keinginan untuk menambah kalori yang lebih banyak. Virgin coconut oil paling efektif dalam mengurangi lemak di perut. Lemak di perut adalah tumpukan lemak paling berbahaya yang mengindikasikan berbagai penyakit kronis.

Dalam sebuah studi penelitian, kandungan MCT dalam virgin coconut oil akan meningkatkan pengeluaran energi dalam 24 jam hingga 5 persen atau sekitar 120 kalori per hari. Ini didapatkan dari konsumsi 15-30 gram MCT sehari. Oleh sebab itu, dalam jangka panjang virgin coconut oil diyakini dapat menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Virgin coconut oil banyak dikonsumsi di negara-negara di dunia namun sangat jarang dikonsumsi di negara barat. Secara khusus di wilayah Pasifik Selatan, masyarakat di sana mengonsumsi produk apapun dari kelapa termasuk minyaknya sebagai sumber kalori utama.  Begitu juga di Papua Nugini yang mengonsumsi banyak makanan yang bersumber dari kelapa dan virgin coconut oil.

Dari beberapa penelitian ada yang mengaitkan konsumsi makanan yang berasal dari kelapa dengan kesehatan jantung. Studi ini menemukan bahwa masyarakat Pasifik Selatan dan Papua Nugini cenderung memiliki resiko terkena penyakit jantung atau stroke yang lebih rendah. Hal ini disebabkan oleh bahan pangan pokok mereka yang menggunakan produk kelapa, termasuk virgin coconut oil.

Mengurangi Gejala Kejang

Dalam dunia kesehatan ada yang dikenal dengan istilah diet ketogenik. Diet ini merujuk pada pengurangan karbohidrat secara drastis, namun mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi. Diet ini ditujukan untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan. Penggunaan metode diet ketogenik paling efektif untuk mengobati epilepsi atau kejang yang resistan terhadap obat khususnya pada anak-anak.

Diet ini secara signifikan mengurangi tingkat kejang pada anak-anak dengan gejala epilepsi, bahkan bagi mereka yang tidak berhasil dengan menggunakan obat medis. Hal ini diyakini karena asupan karbohidrat dan peningkatan asupan lemak akan meningkatkan konsentrasi keton di dalam darah.

Dalam hal ini virgin coconut oil yang mengandung MCT diangkut ke organ hati dan diubah menjadi keton. Hal inilah yang membuat konsumsi minyak kelapa yang murni dapat diterapkan untuk membantu mengobati gejala kejang.

Menjaga Kesehatan Kulit

Bukan rahasia lagi bahwa virgin coconut oil berdampak baik pada kesehatan kulit. Minyak ini bisa digunakan untuk membersihkan wajah, melembabkan, dan tabir surya. Minyak kelapa bersifat antioksidan, antimikroba, dan antiinflamasi, yang menjadi bahan terbaik untuk merawat kulit dan menyembuhkan luka. Oleh sebabnya virgin coconut oil bisa digunakan untuk mengobati gangguan kulit seperti eksim, dermatitis atopik, psioriaris, paparan sinar UV, xerosis, dermatitis dan luka bakar.

Penggunaan ini tidak menutup kemungkinan untuk diterapkan pada kulit sehat sekalipun. Hal ini dapat bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar UV dan menghilangkan noda hitam pada kulit akibat bekas luka. Seluruh manfaat ini diperoleh dari kandungan asam lemak kaprilat dan asam laurat yang mampu mengurangi peradangan baik dari dalam maupun dari luar tubuh.

Menyehatkan Gigi Dan Mulut

Virgin coconut oil yang mengandung antimikroba dan antiinflamasi yang dapat digunakan sebagai obat kumur. Kandungan nutrisi di dalamnya akan membunuh bakteri berbahaya di mulut. Ini dapat meningkatkan kesehatan gigi, mengurangi plak dan mencegah bau mulut sehingga memberikan sensasi napas segar.

Membuat Rambut Sehat Dan Berkilau

Virgin coconut oil adalah salah satu minyak terbaik yang dapat merawat rambut. Minyak ini bekerja dengan cara menutrisi protein pada rambut. Virgin coconut oil bisa diandalkan untuk merawat rambut rusak, rontok, mengatasi ketombe, mencegah rambut mengembang dan keriting, hingga melembabkan rambut.

Virgin coconut oil bisa digunakan sebagai masker rambut atau diteteskan pada sampo dan kondisioner. Kandungan antimikroba dan antijamur juga akan membuat virgin coconut oil efektif mengatasi masalah pada kulit kepala yang biasanya berdampak pula pada masalah rambut.

Menurunkan Kolesterol

Virgin coconut oil mengandung lemak jenuh alami yang meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Minyak ini juga membantu membuang kolesterol jahat (LDL) yang berbahaya. Kolesterol jahat dikaitkan dengan resiko penyakit jantung karena dapat menyumbat peredaran darah.

Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian yang dimuat dalam National Library of Medicine menemukan bahwa virgin coconut oil efektif bagi orang dewasa dalam menurunkan kolesterol yang menyebabkan penyakit arteri koroner.

Mengatasi Sembelit

Minyak kelapa pada dasarnya sudah lama digunakan sebagai ramuan ajaib untuk melancarkan pencernaan. Secara khusus, virgin coconut oil dapat mendorong gerakan usus yang teratur sehingga mencegah sekaligus mengobati konstipasi atau sembelit.

Tak hanya itu, asam lemak di dalam virgin coconut oil yang memberikan efek antimikroba dapat membunuh kuman berbagai penyakit dalam saluran cerna. Untuk mendapatkan manfaat ini cobalah untuk konsumsi 1-2 sendok makan virgin coconut oil setiap hari.

Membuat Virgin Coconut Oil

Virgin coconut oil memiliki warna minyak bening yang diproses tanpa pemanasan. Langkah pertama dengan memarut daging kelapa dan memerasnya untuk menghasilkan santan murni. Masukkan santan ke kantong plastik dan biarkan selama 1 hingga 2 jam sampai membentuk dua lapisan, yaitu santan pada lapisan atas dan air pada lapisan bawah.

Buang air tersebut dengan melubangi bawah plastik. Kemudian tuang santan kental yang tersisa ke wadah plastik lalu disimpan di suhu ruang selama 24 jam. Setelah 24 jam bahan ini akan menghasilkan tiga lapisan, yaitu lapisan atas yang berisi minyak, lapisan tengah berisi santan, dan lapisan bawah berisi air.

Langkah terakhir, ambil minyak dengan sendok untuk memisahkan dari santan dan air. Sebagai cara alternatif lain, bisa dengan menyimpan bahan ini di dalam pembeku agar bagian beku yang merupakan minyak bisa diambil lebih mudah. Tetesan minyak pada lapisan paling atas inilah yang disebut dengan virgin coconut oil.

Selama dikonsumsi dengan benar dan dalam jumlah yang tepat, maka virgin coconut oil memang baik untuk kesehatan. Virgin coconut oil bisa digunakan untuk bahan makanan atau bahan perawatan dari luar yang sama-sama bertujuan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *