Haruskah Minum Air Sebelum Tidur? Sehat Atau Justru Bahaya?

Asupan air putih yang cukup memang sangat wajib dipenuhi setiap hari. Mencukupi kebutuhan air akan membuat tubuh terhindar dari masalah kesehatan yang terkait dengan dehidrasi. Sebaliknya, kurang minum air akan berdampak pada gangguan fungsi tubuh yang mengganggu produktivitas sehari-hari. Meski sudah banyak yang tahu betapa petingnya minum air putih, namun tidak semua orang memahami apa saja aturan dan tata cara minum air dengan benar. Misalnya apakah minum air sebelum tidur baik untuk kesehatan? atau justru berbahaya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Minum Air Sebelum Tidur

Pada dasarnya minum air sebelum tidur sangat baik, karena menawarkan beberapa manfaat bagi tubuh.

Meningkatkan Mood

Minum air sebelum tidur ternyata memiliki manfaat dalam menaikkan suasana hati dan membuat tidur lebih nyenyak. Ketika kekurangan air biasanya seseorang cenderung sulit tidur, gelisah dan mudah terbangun sehingga membuat tidur menjadi tidak nyaman.

Membuat Tubuh Selalu Terhidrasi

Ketika tubuh kekurangan air pada siang hari, maka dengan membiasakan diri untuk minum air sebelum tidur akan membantu tubuh memenuhi cairan. Hal ini juga didukung dengan fakta bahwa tubuh tidak mendapatkan asupan cairan apapun selama 7-8 jam ketika tidur. Oleh sebab itu, minum air sebelum tidur akan mencegah tubuh mengalami dehidrasi ketika bangun tidur.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Malam hari sering menjadi momen dilematis bagi orang yang sedang berdiet. Pasalnya di malam hari sering kali merasa lapar tiba-tiba terutama mendekati waktu tidur. Untuk mengatasi masalah ini, maka dengan minur air putih sebelum tidur akan membuat rasa lapar hilang dan mencegah anda untuk mengonsumsi atau ngemil makanan di malam hari. Apalagi jika makanan yang biasa dikonsumsi merupakan makanan tak sehat yang mengandung gula dan kalori tinggi. Hal ini tentu saja akan menaikkan berat badan dengan cepat.

Membantu Membersihkan Tubuh

Minum air putih sebelum tidur akan membantu detoksifikasi tubuh secara alami. Hal ini terutama berlaku jika air yang diminum adalah air hangat. Air hangat akan meningkatkan sirkulasi darah, membantu memecah limbah dan meningkatkan produksi keringat. Berkeringat menjadi tanda bahwa tubuh terdetoksifikasi dengan baik.

Berkeringat juga akan menyebabkan pembuangan garam dan sisa sel-sel kulit mati sepanjang malam. Lebih lanjut, minum air hangat juga akan membuat tubuh terhidrasi sepanjang malam sekaligus meredakan rasa sakit atau kram di perut. Ini juga bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Minum air hangat sebelum tidur juga sangat dianjurkan untuk individu yang sedang mengalami flu dan pilek. Biasanya minum air hangat dengan tambahan perasan lemon segar, akan menyempurnakan manfaat ini dengan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan.

Mencegah Sakit Kepala

Apabila tidak minum air putih sebelum tidur, maka seseorang lebih rentan mengalami sakit kepala ketika bangun tidur. Dehidrasi membuat kepala terasa berat sehingga bangun tidur menjadi lebih linglung, dibandingkan mencukupi kebutuhan air sebelum tidur. Oleh sebab itu, segelas hingga dua gelas asupan cairan akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik.

Menjaga Suhu Tubuh

Apabila anda adalah orang yang suka tidur bertukar-tukar posisi karena kedinginan atau kepanasan, maka minum air sebelum tidur akan membantu mangatasi masalah ini. Menurut penelitian The Center for Disease Control and Prevention, minum air akan membantu menjaga suhu tubuh tetap normal. Perlu diketahui bahwa ketika mengalami dehidrasi, maka tubuh lebih peka terhadap suhu dingin atau suhu panas, sehingga membuat tidur menjadi resah. Oleh sebab itu, cobalah untuk minum air hangat di malam hari sebelum tidur untuk membuat tidur yang lebih menenangkan.

Kulit Lebih Bercahaya

Minum air putih sebelum tidur akan membuat kulit lebih bercahaya ketika bangun tidur. Tentu saja hal ini jika dilakukan dalam jangka panjang. Faktanya, ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka kulit akan tampak kusam dan kendur. Oleh sebabnya memenuhi kebutuhan air sepanjang hari termasuk sebelum tidur, akan membuat resiko terjadinya penuaan dini cenderung lebih kecil. Maka jadikan minum air sebelum tidur sebagai kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Pernapasan Lebih Mudah

Bagi penderita asma atau alergi, sering kali mengalami gangguan pernapasan secara mendadak ketika tidur di malam hari. Pasalnya ketika mengalami dehidrasi, maka saluran udara akan menyempit dan membuat lebih sulit bernapas. Oleh sebab itu, minum segelas air sebelum tidur akan menjaga sistem pernapasan tetap rileks dan lebih mudah menghirup oksigen.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Minum air di malam hari sebenarnya bukan poin penting dari meningkatnya sistem kekebalan tubuh. Karena manfaat ini merujuk pada pemenuhan kebutuhan air setiap harinya, sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Artinya ini termasuk minum air sebelum tidur yang akan membuat tubuh tetap sehat dengan membuang bakteri dan racun dari dalam.

Lebih lanjut, ketika tubuh mengalami dehidrasi, biasanya bakteri akan mengendap di kandung kemih yang mengawali infeksi saluran kemih. Apabila anda merasa belum mencukupi air di pagi dan siang hari, maka ketika mendekati waktu tidur, meminum air putih akan membantu menangkal penyakit.

Menjaga Kesehatan Jantung

Tetap terhidrasi di malam hari ketika tidur, akan membantu menjaga kesehatan jantung. Jantung bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan akan lebih mudah ketika tubuh terhidrasi dengan baik. Minum air sebelum tidur akan menghilangkan tekanan pada jantung. Seiring dengan mengonsumsi makanan sehat untuk jantung, serta mencukupi air di siang hari maupun di malam hari akan mendukung setiap organ vital termasuk jantung.

Masalah Ketika Minum Air Sebelum Tidur

Terlepas dari semua manfaat minum air sebelum tidur, namun tidak dapat dipungkiri bahwa ada satu masalah yang membuat kebiasaan ini cukup mengganggu. Saat minum air tepat sebelum tidur, maka kemungkinan besar akan terbangun di malam hari untuk membuang air kecil. Mungkin sekali atau dua kali terbangun tidak jadi masalah, namun jika lebih dari itu dalam jangka panjang justru akan mengganggu kualitas tidur.

Terganggunya kualitas tidur akan mendatangkan bahaya bagi kesehatan. Ini termasuk memicu diabetes, obesitas, penyakit jantung kronis, dan depresi. Dengan kata lain tidur sangat penting karena menjadi kesempatan untuk memulihkan kesehatan dan memperbaiki sel serta jaringan yang rusak.

Bahaya lainnya adalah jika minum air putih sebelum tidur dalam jumlah yang terlalu banyak maka dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan dalam jangka panjang. Hal ini akan diperparah jika kondisi kandung kemih penuh dan tertekan, misalnya pada kondisi kehamilan. Kondisi ini akan membuat overactive bladder atau kondisi ketika kandung kemih kelebihan muatan cairan.

Keberlanjutan dari overactive bladder akan membuat seseorang mengalami inkontinensi urin, yang dimana pengidapnya  tidak mampu mengendalikan kandung kemihnya, sehingga cenderung akan buang air kecil tanpa sengaja atau terus menerus.

Selain itu, infeksi bakteri juga mungkin terjadi karena overactive bladder membuat menumpuknya urin sekaligus bakteri di dalam kandung kemih. Secara khusus pada ibu hamil infeksi ginjal karena bakteri Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah salah satu komplikasi kehamilan serius yang dapat mengancam nyawa ibu hamil dan janin.

Tips Minum Air Putih Sebelum Tidur

Memang minum air putih sebelum tidur sangat dianjurkan. Namun ini memerlukan tips dan cara khusus agar tidak mengganggu kualitas tidur karena harus bolak-balik ke kamar mandi. Minum air sebelum tidur lebih baik dilakukan 30 menit hingga 2 jam sebelum beranjak ke tempat tidur. Selain itu, anda sebaiknya tidak minum sekaligus 1-2 gelas dalam sekali teguk. Cukupi air di malam hari dengan cara “mencicil” atau minum perlahan-lahan agar membuat tubuh terhidrasi sepanjang malam.

Perlu diketahui pula bahwa memenuhi cairan tubuh ketika tidur tidak hanya air putih saja. Anda bisa menikmati segelas susu hangat atau secangkir teh tanpa gula, untuk membantu tidur jadi lebih nyenyak. Akan tetapi, tidak sebaiknya meminum kopi atau minuman bersoda ketika hendak tidur karena akan membuat tubuh kelelahan, kehausan, dan gelisah.

Promo Diskon Cairo Food

Dengan demikian, minum air sebelum tidur memiliki sejumlah manfaat namun tidak sebaiknya minum terlalu dekat dengan waktu tidur. Pada intinya mencukupi kebutuhan cairan sesuai kebutuhan masing-masing akan mencegah dehidrasi di malam hari. Selain itu, untuk mendorong tubuh terhidrasi lebih baik, maka penuhi asupan sayur dan buah dan ikuti anjuran minum air termasuk ketika berolahraga dan sebelum makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *