15 Kota di Turki untuk Destinasi Bulan Madu

Menurut Samuel Johnson, seorang penulis dari Inggris, bulan madu adalah bulan pertama dalam pernikahan yang diisi oleh limpahan cinta dan kelembutan. Tapi seiring waktu berjalan, kini definisi bulan madu berubah menjadi sebuah momen yang hanya dinikmati oleh sepasang pengantin baru.

Setelah pernikahan, biasanya para pengantin baru akan pergi ke tempat-tempat indah dan romantis selama beberapa hari untuk bersenang-senang bersama. Dalam perjalanan ini, pasangan baru bisa semakin mengenal satu sama lain dan mengeratkan hubungan.

Namun salah satu permasalahan klasik dari perencanaan bulan madu ini adalah tentang destinasi bulan madu. Karena bagaimanapun juga, perjalanan ini haruslah dinikmati oleh dua orang dengan pemikiran yang berbeda, sehingga ada baiknya untuk merundingkan masalah destinasi ini dengan baik.

Tapi biasanya, selain tempat yang indah dan romantis, destinasi bulan madu juga bisa berdasarkan atas hobi dan ketertarikan dari pasangan Anda. Jika pasangan Anda memiliki ketertarikan akan Turki, maka tidak ada salahnya untuk berbulan madu di Turki. Karena dari sekian banyak destinasi wisata di Turki, Negeri Dua Benua ini memiliki setidaknya 15 kota yang layak menjadi destinasi bulan madu dengan beragam pesona yang sulit dilupakan:

Istanbul

Kota berjuta pesona ini adalah saksi bisu dari berbagai kejadian besar dalam sejarah. Mulai dari penaklukannya ketika masih bernama Konstantinopel yang fantastis, hingga berpindahnya ibu kota, yang semula disandang Istanbul ke Ankara.

Meskipun kini Istanbul menempati posisi pertama sebagai kota yang paling padat di Turki, namun Istanbul tetaplah layak untuk masuk ke dalam artikel ini. Terutama untuk pasangan yang telah mengagumi Turki sebelumnya.

Karena di balik hiruk pikuk metropolisnya saat ini, Istanbul pada dasarnya hanyalah saksi bisu dari berbagai peristiwa yang menyenangkan dan menyayat hati. Setidaknya ada 4 distrik yang layak untuk dikunjungi saat berbulan madu dengan pasangan.

Selain untuk menikmati keagungan arsitektur di zaman Ottoman atau suasana kota yang mewah, namun juga untuk mengeratkan hubungan dengan pasangan Anda melalui beberapa kisah romantis yang pernah terjadi.

Distrik pertama adalah distrik Fatih, yang merupakan saksi bisu dari berbagai peristiwa sejak Istanbul masih menyandang nama Konstantinopel. Distrik ini tidak hanya memiliki berbagai situs bersejarah dengan berjuta cerita dan keagungan arsitektur seperti Istana Topkapi dan Yerebatan Sarnıcı yang misterius.

Distrik ini juga, yang merupakan salah satu pusat ekonomi dan salah satu distrik terpadat di Istanbul, turut menawarkan suasana hangat yang unik dan khas. Karena selain menjadi kawasan yang sesak oleh turis dan memiliki banyak hotel berbintang, distrik ini juga adalah pusat pendidikan berkualitas yang dipenuhi oleh cukup banyak sekolah dan universitas. Setidaknya ada 3 universitas dan satu Sekolah Menengah Atas internasional di distrik ini.

Lalu jika ingin berbelanja bersama pasangan, jangan lupa untuk mampir ke Kapalı Çarşısı, yaitu sebuah pasar bersejarah yang dipenuhi oleh pedagang yang menjual berbagai macam hal. Mulai dari oleh-oleh atau penganan yang khas bisa ditemukan di sekitar sini.

Distrik kedua, sedikit menjauh dari hiruk pikuk turis, kita akan sampai di sebuah distrik bernama Beşiktaş. Distrik ini adalah markas dari klub sepakbola top di Turki, Beşiktaş Football Club. Selain itu, distrik ini juga memiliki cukup banyak istana yang telah beralih fungsi.

Seperti halnya Çırağan Sarayı yang telah menjadi hotel bintang lima, Feriye Sarayı yang menjadi bagian dari Universitas Galatasaray, Dolmabahçe Sarayı yang telah menjadi museum, dan Yıldız Sarayı yang juga telah menjadi museum.

Sebagai catatan, Yıldız Sarayı masih menyimpan banyak furniture karya Sultan Abdul Hamid II yang bernilai seni tinggi. Lalu tidak ada salahnya untuk jalan-jalan santai di Yıldız Parkı yang asri sambil menyantap makan siang di bawah pohon.

Setelah itu, Anda dan pasangan bisa sedikit bergeser ke wilayah Ortaköy dan menikmati suasana laut di dekat Masjid Ortaköy sambil melahap camilan di sana. Atau jika masih lapar, banyak restoran di kawasan sekitar Masjid Ortaköy yang bisa disambangi.

Selain kesibukan di pelabuhan, jajaran restoran terkenal dari beberapa koki terkenal seperti Nusret dan Burak Özdemir juga berada di distrik ini, yaitu di kawasan Etiler dan Levent, yang merupakan pusat bisnis di Istanbul.

Tidak hanya dua restoran ini, banyak restoran lain yang berada di sekitarnya. Seperti halnya toko waffel hingga berbagai makanan dari negara lain. Namun sangat disarankan untuk menikmati penganan Turki selama berkunjung ke sana. Selain menghindari kekecewaan karena rasa yang berbeda dari biasanya, kita bisa menikmati makanan Turki dengan suasana yang mendukung.

Distrik ketiga, yaitu distrik yang berada di seberang Beşiktaş, yaitu Üsküdar. Distrik ini cukup mirip dengan Beşiktaş, yaitu tempat dimana beberapa ikon bersejarah di kawasan pelabuhan berpadu dengan suasana modern Turki.

Dari distrik ini Anda dan pasangan bisa menikmati makan siang di pesisir sambil melihat Kız Kulesi yang ikonik. Selain itu, dstrik ini juga adalah tempat berdirinya dua masjid besar yang indah dan megah, serta satu istana kecil di tepi pantai dengan cerita yang menyayat hati, yaitu Beylerbeyi Sarayı.

Masjid pertama, yang tidak jauh dari salah satu pelabuhan di Üsküdar, adalah Masjid Mihrimah. Masjid ini dibangun oleh arsitek kenamaan Ottoman, yang juga membangun Masjid Suleymaniye, Mimar Sinan.

Masjid ini bisa dikatakan sebagai pembuktian cinta beliau pada putri dari Sultan Suleyman Al-Qanuni, Putri Mihrimah. Meski pada akhirnya kisah cinta yang tulus ini harus kandas karena Putri Mihrimah menikah dengan pria pilihan Suleyman Al-Qanuni.

Di masjid ini, meskipun hanya beberapa hari di bulan April dan Mei, kita bisa melihat matahari dan bulan muncul secara bersamaan. Hal ini sepenuhnya dipengaruhi oleh arti nama Putri Mihrimah, yaitu matahari dan bulan.

Lalu masjid kedua adalah Çamlıca Camii, yang merupakan salah satu mega proyek dari presiden Turki saat ini, Recep Tayyip Erdoğan. Masjid ini diketahui berada di puncak Bukit Çamlıca. Jika cuaca sedang cerah, Anda dan pasangan bisa menikmati pemandangan Selat Bosphorus hingga kawasan Levent yang penuh dengan gedung pencakar langit dari halaman masjid.

Lalu distrik keempat yang tidak bisa dilewatkan adalah Adalar, sebuah distrik yang terdiri dari 5 pulau besar yang cocok dikunjungi untuk berbulan madu di selatan Istanbul. Distrik ini adalah tempat yang bagus jika Anda dan pasangan ingin sedikit menepi dari keramaian Istanbul yang cukup melelahkan.

Selain cocok untuk pasangan yang mencari kesunyian, distrik ini, khususnya di Büyükada, adalah tempat yang cocok untuk jalan santai, bersepeda, atau naik delman bersama pasangan sambil berkeliling pulau. Jika ingin berkeliling dengan berjalan kaki atau bersepeda bersama, jangan lupa untuk membawa botol air masing-masing agar bisa minum sambil menikmati suasana sunyi di pulau.

Safranbolu

Jika Anda dan pasangan mencari suasana yang unik untuk berbulan madu, mungkin Safranbolu bisa menjadi salah satu alternatif andalannya. Karena di wilayah ini, Anda dan pasangan Anda akan dimanjakan oleh perpaduan yang apik antara arsitektur zaman Ottoman serta sentuhan nuansa modern yang pas.

Karena di wilayah yang tidak begitu jauh dari pusat kota Karabuk ini, selain keberadaan bangunan bergaya modern, Anda dan pasangan bisa menemukan satu wilayah yang memiliki eksterior yang sama persis, yaitu bangunan bercat putih dengan aksen kayu yang melengkapi dengan gaya Ottoman yang sederhana tapi berkesan. Bahkan nyaris semua hotel di Safranbolu memakai nuansa Ottoman ini.

Tidak hanya bisa menikmati suasana klasik yang unik, Anda dan pasangan juga bisa berpetualang ke banyak tempat di Safranbolu. Seperti menikmati pemandangan gua di Gua Bulak, atau menikmati pemandangan tebing yang hijau sambil sedikit uji nyali di Kristal Teras, İncekaya Su Kemeri, dan Tokatlı Kanyonu.

Selain menikmati keindahan alam, Anda dan pasangan juga bisa sekedar berbelanja di Pasar Lama Safranbolu, serta menikmati suasana di Desa Yoruk, Kasım Sipahioğlu Konağı, Bukit Hıdırlık, atau sekedar berjalan santai bersama pasangan di sepanjang jalan Safranbolu.

Gaziantep

Jika Anda, pasangan, atau jika Anda dan pasangan merupakan sepasang sejoli pecinta wisata kuliner dan sejarah, maka Gaziantep adalah tujuan yang tepat untuk berbulan madu. Salah satu kota terpadat di Turki ini juga adalah salah satu kota tertua yang terus dihuni manusia sejak lama.

Sehingga tidak aneh jika Gaziantep memiliki banyak museum, seperti Museum Zeugma, berbagai Museum Etnografi, dan Museum Arkeologi di Gaziantep. Selain wisata sejarah, Gaziantep juga memiliki berbagai restoran yang menyajikan berbagai penganan dan camilan berkualitas tinggi. Jangan lupa untuk menyantap baklava dan berbagai penganan manis lainnya dari kota ini, serta berbagai olahan daging yang menggoda dan berkualitas.

Meskipun Gaziantep memang terkenal dengan wisata kuliner dan sejarahnya, namun ada beberapa pesona yang tidak boleh dilewatkan dari kota ini bersama dengan pasangan Anda. Seperti Elmacı Pazarı, sebuah pasar dengan komoditi yang otentik dari Gaziantep.

Jika ingin menyejukkan mata dengan pemandangan yang indah, Anda bersama pasangan bisa mengunjungi Rumkale, yaitu sebuah benteng dengan kastil yang dikelilingi oleh perairan yang jernih. Sebenarnya kawasan ini berada di daerah perbatasan antara Gaziantep dan Şanlıurfa, sehingga Anda bisa mengakses tempat ini dari kedua kota tersebut.

Lalu untuk akomodasi hotel, Anda dan pasangan bisa memilih dua opsi, berhubung Gaziantep juga masih mempertahankan konsep klasik yang sangat khas pada beberapa hotel. Namun jika Anda dan pasangan menginginkan hotel yang lebih modern, Gaziantep juga menyediakan banyak pilihan yang akan membuat acara bulan madu menjadi semakin berkesan.

Şanlıurfa

Kota yang berbatasan langsung dengan Suriah ini akan sangat tepat untuk pasangan yang mencintai sejarah. Karena di kota ini, telah diketahui banyak sekali situs bersejarah yang memiliki arsitektur yang kelewat mendetail tersebar hampir di seluruh distrik. Seperti halnya yang paling terkenal di kota ini adalah Göbeklitepe dan Kastil Urfa.

Jika ingin menikmati sesuatu selain wisata sejarah, Anda dan pasangan juga bisa sekedar bersantai di Taman Ayn Zeliha sambil menyantap makan siang bersama pasangan.

Anda juga tidak perlu khawatir soal akomodasi hotel. Karena sekalipun udaranya kering dan terkesan mirip dengan nuansa Jazirah Arab, namun kota ini menyediakan berbagai macam hotel yang bisa dijadikan tempat menginap saat berbulan madu. Mulai dari hotel bergaya tradisional, modern atau bahkan campuran, semuanya ada di kota ini.

Mersin

Jika Anda dan pasangan sangat menyukai petualangan di alam bebas, maka ada baiknya untuk mulai menyimak artikel ini dengan serius. Karena mulai dari sini, Anda akan mendapatkan rekomendasi bulan madu sebagai sesama pecinta alam bebas, tanpa harus mengesampingkan esensi romantis dari perjalanan bulan madu.

Kota asal tantuni ini tidak hanya menyediakan udara yang hangat serta pantai yang indah. Karena Mersin diketahui memiliki keindahan alam yang kompleks. Mulai dari gua hingga air terjun, semua destinasi  akan memanjakan Anda dan pasangan Anda dengan sedikit sentuhan wisata sejarah di antaranya.

Jika Anda dan pasangan memilih untuk menginap di distrik Tarsus yang tidak begitu jauh dari pusat kota Mersin, maka itu juga adalah keputusan yang tepat. Meski tentu tidak ada salahnya untuk mencari hotel yang berada di pusat kota Mersin. Karena dari sini, Anda bisa tidak usah jauh-jauh untuk menikmati deburan dari Air Terjun Tarsus yang ada di pusat distrik.

Selain itu, ada dua hal yang cukup menarik dari Tarsus. Pertama adalah keberadaan makam Nabi Daniel yang kini satu kompleks dengan masjid. Lalu yang kedua adalah keberadaan Gua Ashabul Kahfi, yang terletak cukup jauh dari Tarsus.

Bolu

Jika keindahan alam di Mersin dipenuhi oleh gua dan air terjun yang indah, Bolu adalah tempat yang cocok untuk menikmati keindahan danau dan hutan serta pegunungan yang hijau bersama pasangan. Bahkan di dekat Danau Abant, terdapat sebuah hotel bintang lima yang bisa menjadi referensi untuk menginap ketika berbulan madu.

Namun jika ingin menghabiskan bulan madu layaknya sepasang penjelajah yang sedang kasmaran, tidak hanya Danau Abant saja yang bisa menjadi destinasi berkemah. Tapi ada juga sebuah perkemahan di dekat Danau Aladağ di selatan kota.

Jika tidak membawa tenda, di sini juga Anda dan pasangan bisa merasakan sensasi bermalam di dalam sebuah kontainer bekas yang sudah disulap sedemikian rupa, serta sebuah bungalow kayu yang berada di antara pepohonan tinggi. Selain kedua danau tadi, Anda dan pasangan bisa mengunjungi Danau Gölcük dan bermalam di sebuah penginapan yang tidak jauh dari danau.

Erzurum

Jika Anda dan pasangan Anda adalah sejoli yang pemberani, maka cobalah untuk datang ke Erzurum saat sedang musim dingin. Karena Erzurum sendiri adalah kota yang paling dingin di Turki, dan ini menjadikan Erzurum sebagai salah satu spot berlibur musim dingin favorit bagi orang Turki.

Tempo hari salju yang turun di Erzurum bisa mencapai ketebalan satu meter, hingga menjadikan hal ini sebagai ciri khas dari Erzurum. Tetapi selain suhu yang sangat dingin, pesona utama Erzurum adalah keindahan alam, sejarah, dan arsitektur dari bangunan-bangunan kuno yang ada di kota ini.

Salah satu hal andalan di musim dingin dari kota ini adalah bermain ski di Gunung Palandoken. Jangan terlalu khawatir akan hotel yang terlalu jauh, karena di kawasan Gunung Palandoken ini sudah terdapat cukup banyak hotel berbintang yang bisa menjadi rekomendasi. Selain itu juga masih banyak hotel lain dengan berbagai nuansa yang tersebar di pusat kota.

Tetapi jika Anda dan pasangan mengunjungi Erzurum selain di musim dingin, Anda tetap memiliki banyak opsi untuk berpetualang bersama pasangan. Tidak hanya berkunjung ke situs bersejarah yang memiliki detail arsitektur yang tinggi, seperti halnya Madrasah Yakutiye dan Çifte Minare Medresesi.

Namun Anda juga bisa berpetualang bersama pasangan di perbatasan utara antara Erzurum dan Artvin. Karena setidaknya, ada 2 spot yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan, khususnya saat cuaca sedang terik. Lalu di perbatasan Erzurum dan Rize, Anda bisa menemukan 7 danau yang dikelilingi oleh bukit berbatu yang kering. Kawasan ini disebut dengan nama Yedi Göller, yang berarti Tujuh Danau.

Cukup dari jalanan di daerah utara Erzurum yang berbukit serta sedikit niat untuk mendaki, Anda bisa memotret pemandangan Danau Tortum yang dikelilingi bukit. Selain itu berlanjut ke utara, Anda akan disapa oleh Air Terjun Tortum. Jika hanya ingin menikmati pemandangan tanpa harus bersusah payah, sudah ada jalan setapak dari kayu yang siap menjadi pijakan ketika berkunjung.

Yalova

Terletak di utara Bursa, wilayah ini adalah perpaduan antara kegembiraan di pantai, petualangan di air terjun, sumber air panas yang membuat relaks, serta ketenangan di tepi danau.

Bisa dikatakan, jika Yalova sedikit lebih cocok untuk pasangan pecinta alam yang menghargai waktu berkualitas bersama pasangan, serta memiliki keinginan kuat untuk menikmati sebuah pemandangan yang fantastis. Namun jika Anda dan pasangan hanya ingin melakukan relaksasi dan bergembira di pantai atau pusat kota, pengalaman yang akan didapat juga tidaklah kalah berharga dengan pengalaman ketika berpetualang di pegunungan Yalova.

Jika Anda memilih pegunungan, maka Anda dan pasangan akan disuguhkan dengan keindahan Danau Dipsiz atau Dipsiz Göl yang menenangkan. Anda juga bisa mendirikan tenda di tepi danau dan menikmati malam bersama berbagai penganan yang telah dibawa sebelumnya. Lalu tidak begitu jauh dari sana, ada Air Terjun Erikli serta hutan kota Yalova yang bisa menjadi alternatif berkemah.

Lalu ketika Anda dan pasangan memilih kegembiraan di pantai dan pusat kota Yalova, maka banyak sekali hotel berbintang yang siap menunggu kedatangan Anda bersama pasangan, serta berbagai kegiatan mengasyikkan di Pantai Maviş. Bahkan ada beberapa hotel yang langsung menghadap ke Laut Marmara yang tenang dan biru.

Bursa

Ibu kota kedua dari Dinasti Ottoman sebelum pindah ke Edirne ini bisa dikatakan sebagai rival dari Istanbul. Karena kota ini juga memiliki berbagai pesona yang siap memanjakan pengunjung. Tidak hanya pesona sejarahnya yang kental, namun keindahan alam dari salah satu kota terpadat di Turki ini juga wajib diacungi jempol.

Salah satu cara paling sederhana untuk menikmati keindahan alam di Bursa adalah dengan naik kereta gantung, yang menghubungkan kawasan perkotaan Bursa dengan Gunung Uludağ yang terkenal. Namun jika tidak mau terlalu jauh, ada 2 stasiun di antara Stasiun Teferrüç di pusat kota, hingga Stasiun Kurbağa Kaya di kaki gunung Uludağ yang bisa menjadi pemberhentian sebelum kembali lagi ke kota.

Selain keindahan Gunung Uludağ yang sangat terkenal saat musim dingin, Anda dan pasangan bisa menikmati ketenangan Danau Ulubat di Gölyazı sambil makan siang atau malam sebelum kembali ke hotel. Atau jika ingin ketenangan yang lebih baik, Anda bisa mengunjungi Tebing Sadağı bersama pasangan.

Selain wisata alam yang beragam, Bursa tentu memiliki banyak sekali tempat bersejarah dengan arsitektur yang indah. Seperti Ulu Camii, yang memiliki eksterior sederhana tapi memiliki interior yang luar biasa, Yeşil Camii dan Yeşil Türbe, atau Masjid Hijau dan Makam Hijau yang ikonik, serta Museum Panorama Penaklukan Bursa tahun 1326, atau disebut dengan nama Panorama 1326 Bursa Fatih Muzesi. Di museum ini juga disimpan senjata, pakaian, serta baju perang yang asli dari prajurit Suku Kayı generasi Ertuğrul.

Sivas

Pesona utama dari kota ini benar-benar mirip dengan Erzurum, yaitu arsitektur yang mendetail, keindahan alam, dan sejarah yang tersembunyi dan cukup menyayat hati. Meski begitu, Sivas memiliki banyak hotel berbintang di kawasan perkotaan yang memudahkan akses Anda pada cukup banyak restoran dan toserba.

Jika ingin memilih Sivas sebagai tujuan berbulan madu, ada baiknya untuk datang di akhir musim semi. Karena Sivas bisa dikatakan sebagai salah satu kota paling dingin di Turki setelah Erzurum. Bahkan salju masih bisa turun di akhir bulan Februari.

Jika Anda ingin berpetualang bersama pasangan, ada baiknya untuk menyewa sebuah mobil agar perjalanan bulan madu yang didambakan tetap terwujud. Karena kebanyakan tempat yang memiliki pemandangan indah berada cukup jauh dari pusat kota Sivas, dan tempat-tempat bersejarah dengan arsitektur yang rumit kebanyakan berada di pusat kota Sivas.

Destinasi alam pertama dan yang paling dekat adalah Danau Hafik. Meskipun terkesan sederhana, namun danau ini cocok untuk bersantai bersama pasangan dengan secangkir teh atau beberapa makanan di atas meja. Jika Anda bergeser sedikit lebih jauh, maka Anda bisa menemukan satu danau lagi, yaitu Danau Todurge yang lebih luas dan alamiah karena letaknya yang cukup jauh dari perkotaan.

Lalu jika ingin berpetualang lebih jauh, maka Anda dan pasangan bisa mengunjungi Danau Gökpınar yang populer karena kejernihan airnya. Bergeser ke distrik Gemerek, Anda dan pasangan akan dimanjakan oleh deburan Air Terjun Sızır dan pemandangan yang indah.

Sementara jika Anda dan pasangan enggan berkelana terlalu jauh, Anda bisa pergi ke Madrasah Sifaiye dan Çifte Minare Medresesi. Bangunan bersejarah ini memiliki estetika yang tinggi pada zamannya. Lalu yang menarik dari dua madrasah ini adalah, jika didukung oleh sudut matahari yang pas, maka akan tercipta bayangan orang yang melakukan ruku’ di gerbang utama madrasah.

Trabzon

Meskipun curah hujan di bagian utara Turki lebih tinggi dari Indonesia, tapi hal ini menjadi ciri khas wilayah Laut Hitam atau Karadeniz, sehingga daerah ini adalah yang secara alamiah paling asri di Turki.

Tidak hanya itu, Karadeniz juga menawarkan suasana pelabuhan dan pegunungan yang tenang. Tiga hal inilah yang menjadi andalan dari Trabzon, salah satu kota di wilayah Karadeniz yang dipenuhi keindahan alam dan pesona bersejarah di dalamnya.

Jika Anda ingin berpetualang bersama pasangan, ada baiknya untuk menyewa mobil terlebih dahulu. Karena tempat-tempat indah seperti Biara Sumela, Taman Nasional Altındere, dan Air Terjun Karadağ terletak jauh dari perkotaan, sementara destinasi lainnya masih ada di kawasan perkotaan, seperti Museum Hagia Sophia, Zagnos Vadisi dan sebuah gereja tua bernama Saint Anne.

Namun dalam perjalanan mendaki, Anda tidak perlu khawatir akan bosan. Karena sepanjang perjalanan mendaki gunung, Anda dan pasangan akan disuguhkan dengan suasana pegunungan yang menyegarkan. Selain itu, hotel berbintang di Trabzon juga ada di banyak tempat. Baik itu di perkotaan, daerah pelabuhan, bahkan hingga ke pegunungan sebelum Biara Sumela.

Bozcaada

Terletak cukup jauh dari pusat kota Çanakkale, pulau ini menyuguhkan nuansa yang cukup berbeda dari destinasi lainnya. Karena pulau ini adalah salah satu pelarian favorit untuk orang Turki selain Antalya atau kampung halaman mereka masing-masing.

Selain bersantai dan bermain di pantai yang cukup tenang bersama pasangan, Anda bisa bersepeda atau berjalan bersama sambil mengelilingi pulau sambil sesekali mengunjungi berbagai tempat. Entah itu tempat pembuatan arak, berbagai macam hotel yang mengisi sebagian besar pulau, berbagai restoran, museum, atau kastil yang berada di pinggir pantai.

Antalya

Singkat kata, Antalya adalah Bali versi Turki yang menawarkan banyak sekali kegiatan seru dan romantis. Selain itu Antalya juga adalah salah satu kota di Turki yang memiliki temperatur yang cenderung hangat, bahkan ketika musim dingin yang menusuk datang. Beberapa orang mengatakan jika suhu musim dingin di Antalya berkisar 20°Celcius.

Antalya sendiri adalah gabungan dari pesona pantai yang glamor, keindahan pegunungan yang menyegarkan, serta berbagai reruntuhan bersejarah yang ikonik. Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan masalah hotel. Karena daerah pesisir Antalya sendiri memiliki banyak hotel dengan berbagai gaya yang siap menemani malam Anda dan pasangan.

Dari sekian banyak destinasi di Antalya, setidaknya destinasi yang disebutkan setelah ini akan memberikan kesan yang berbeda dari biasanya. Destinasi pertama adalah Kaleici atau kota tua Antalya. Di kawasan ini, setidaknya Anda bisa berjalan-jalan bersama pasangan sambil menikmati suasana bangunan dengan arsitektur klasik yang syahdu.

Lalu jika ingin menikmati sesuatu yang sedikit berbeda dari suasana pantai dan hiruk pikuk perkotaan, Antalya setidaknya memiliki dua air terjun dan tiga reruntuhan bangunan zaman dulu yang menawan.

Air terjun pertama yang sangat unik, adalah Air Terjun Duden. Jika biasanya air terjun berada di pegunungan dan mengarah ke danau, air terjun yang satu ini justru langsung mengarah ke laut lepas. Tapi jika diteliti lebih lanjut, hal ini juga dikarenakan oleh garis pantai Antalya yang tidak terlalu rata. Air terjun selanjutnya terletak tidak jauh dari kota, yaitu Air Terjun Kurşunlu, yang jika musim panas airnya bisa sangat bening.

Tidak begitu jauh dari Air Terjun Kurşunlu di timur Antalya, Anda bisa menuju ke reruntuhan kota kuno Perge. Setidaknya saat cuaca sedang cerah, Anda dan pasangan bisa mengambil beberapa foto sambil membayangkan bagaimana reruntuhan tersebut di masa jayanya. Kemudian reruntuhan kedua, yang mungkin lebih terkenal adalah Termessos.

Letak dari reruntuhan Termessos ini berada di daerah barat Antalya. Letak reruntuhan ini juga berada di pegunungan barat Antalya, menjadikannya memiliki pemandangan yang menyegarkan sepanjang jalan. Di tempat ini, karena suasananya yang lebih hijau, mungkin ada baiknya untuk lebih banyak memotret foto pemandangan. Karena reruntuhan yang berada di pegunungan dan masih terjaga adalah sesuatu yang langka di dunia ini. Lalu reruntuhan ketiga adalah Gerbang Kastil Hadrian di Kaleici. Tempat ini adalah spot berfoto yang bagus dan khas dengan pilar-pilarnya yang menjulang.

Konya

Pesona utama dari kota ini sebenarnya adalah sejarahnya yang panjang. Konya sendiri sebelumnya adalah ibukota dari Dinasti Selçuk, lalu termasuk ke dalam teritori Dinasti Ottoman. Sejarah yang paling terkenal dari Konya adalah tentang pujangga kenamaan di masa transisi antara Dinasti Selçuk dan Ottoman, Jalaluddin Rumi. Makam pujangga kelahiran Afghanistan itu kini berada di Museum Mevlana, Konya.

Kemudian jika ditelusiri lebih jauh dengan statusnya sebagai ibukota Dinasti Selçuk, tidak aneh jika Konya sejauh ini memiliki empat kervansarayı atau penginapan kuno di era Dinasti Selçuk. Namun tentunya, Anda tidak usah khawatir akan hotel di kota ini. Karena Konya memiliki banyak hotel berbintang yang menunggu untuk dikunjungi.

Di Konya juga, selain menikmati arsitektur bangunan bersejarahnya yang indah, Anda juga bisa menikmati keindahan alam Konya bersama pasangan. Setidaknya ada dua tujuan wisata alam di kota ini.

Pertama adalah Tuz Gölü, sebuah danau garam raksaksa yang terletak di perbatasan antara 3 kota, yaitu Konya, Ankara, dan juga Aksaray. Berfoto di danau ini saat senja di musim panas adalah momen yang sangat indah dan tidak terlupakan. Lalu tempat kedua adalah Air Terjun Yerköprü yang berada di Sungai Göksu. Jika ingin mengambil foto di air terjun ini, maka usahakanlah untuk mencoba berbagai sudut untuk koleksi foto yang maksimal.

Cappadocia

Sekalipun terkesan panas, berbatu, kering dan gersang, namun inilah yang ciri khas dari Cappadocia yang membuatnya unik. Jika ingin menjelajahi setiap sudut Cappadocia, setidaknya datanglah di musim semi atau musim gugur. Karena hanya di dua musim itu suhu di Turki bisa ditangani dengan baik oleh orang-orang, mengingat Cappadocia memiliki suasana dan angin yang kering.

Cappadocia juga menawarkan pengalaman yang sangat berbeda dari biasanya. Karena hotel-hotel di kawasan ini, atau lebih tepatnya banyak menggunakan dinding batu yang minim akan cat. Suasana di dalam hotel juga biasanya akan terkesan lebih antik, dan menciptakan nuansa klasik yang elegan. Selain itu, rooftop hotel atau balkon paling atas hotel-hotel di Göreme biasanya dipakai sebagai salah satu tempat bersantai atau makan.

Jika ingin menikmati keseluruhan suasana Cappadocia tanpa mengeluarkan banyak tenaga, Anda dan pasangan bisa menaiki balon udara untuk menikmati keindahan kawasan Cappadocia.

Tapi jika Anda mencari keindahan yang lebih detail, Anda dan pasangan bisa berkendara atau berjalan bersama. Terutama dengan berjalan bersama, Anda dan pasangan bisa mendapatkan pemandangan alam yang tidak biasa. Seperti keindahan rumput dan pohon di antara tebing-tebing yang besar, atau pemandangan dari atas tebing yang luas dan tidak terhalang oleh gedung-gedung tinggi.

Promo Diskon Cairo Food

Meskipun setiap pernikahan selalu diawali dengan kebahagiaan yang menggebu, tapi hal terpenting dalam pernikahan adalah pengendalian ego, semakin mendekat kepada Tuhan yang Maha Esa, perjuangan bersama, dan saling memahami pasangan. Setidaknya dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan sebuah pernikahan bisa bertahan hingga ajal memisahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *