Apa Itu Infused Water? Berikut Manfaat Dan Resepnya

apa itu infused water berikut manfaat dan resepnya

Infused Water yang saat ini telah banyak di kenal orang sebenarnya sudah lama digunakan di hampir seluruh dunia. Pada zaman sebelum milenial saat ini, media yang digunakan untuk merendam bahan biasanya menggunakan teko yang besar karena dihidangkan untuk beberapa orang sekaligus. Manfaat yang diberikan memang sangat banyak hingga sampai sekarang masih menjadi salah satu alternatif untuk kesehatan. Banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh Infused Water membuat banyak varian dari campuran buah, rempah atau dedauanan herbal. Namun lebih dari itu, apa itu Infused Water? Berikut manfaat dan resepnya:

Apa itu Infused Water?

Infused Water adalah campuran air dan buah atau herbal yang direndam dalam beberapa waktu lamanya sehingga kandungannya menjadi satu dengan air. Pada abad ke-10 sampai ke-11, campuran yang digunakan adalah air, alkohol atau minyak. Contoh Infused Water yang paling sering ditemui adalah kantung teh yang bisa diisi dengan daun teh atau herbal berbagai macam.

Saat ini juga banyak memakai buah sebagai campuran untuk membuat Infused Water. Rasa yang akan dihasilkan ketika merendam buah atau dedaunan semakin lama akan lembek dan semakin terasa kuat aromanya. Campuran buah dan herbal seperti daun mint, lavender atau jahe dapat memberikan manfaat bagi tubuh.

Infused Water yang dihasilkan tidak memiliki rasa karena hanya rendaman dari bahan yang digunakan, namun aroma nya masih tetap terasa sehingga banyak yang menambahkan madu atau pemanis lainnya. Di zaman milenial ini, Infused Water dapat dengan mudah dibuat dan juga disimpan dengan botol. Selain itu juga banyak manfaat bagi kesehatan sehingga Infused Water ini kembali digandrungi banyak orang.

apa itu infused water berikut manfaat dan resepnya manfaat infused water

Manfaat Infused Water

Rasa yang khas dari buah atau herbal yang ada di Infused Water, hal ini dapat membantu mendorong lebih banyak mengkonsumsi air sehingga mencegah dehidrasi. Infused Water juga di percaya mengandung vitamin c yang kaya sehingga dapat membantu kebutuhan vitamin sehari-hari. Selain itu Infused Water yang menggunakan buah yang berbeda juga memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda pula.

Diet

Infused Water yang menggunakan campuran buah mengandung banyak vitamin, selain itu setiap buah memiliki kandungan yang berbeda-beda. Seperti kandungan Vitamin C pada Infused Water lemon, walaupun tidak banyak namun dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu banyak meminum air tentunya memang lebih cepat merasa kenyang, sehingga nafsu makan dapat dikurangi dengan lebih alami.

Detoksifikasi

Manfaat Infused Water yang satu ini memang sudah banyak diketahui orang, yaitu detoksifikasi. Di dalam tubuh sendiri sudah ada sistem yang bekerja untuk melakukan hal ini, namun tetap dianjurkan untuk banyak meminum air. Infused Water yang memiliki kandungan sehat karena komposisi yang tidak tercampur dari zat aditif seperti gula atau pemanis buatan. Hal ini yang dapat membantu proses kerja detoksifikasi tubuh dari zat beracun.

Menjaga Cairan dalam Tubuh

Campuran buah atau herbal dalam air akan menghasilkan aroma khas, aroma buah atau herbal yang dipakai. Hal ini tentu sangat membantu karena rasa tersebut membuat tidak bosan untuk meminum air. Hal ini akan menjaga tubuh dari dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh dan memiliki energi selama melakukan aktivitas sehari-hari.

Menjaga Kecantikan

apa itu infused water berikut manfaat dan resepnya infused water lemon

Mengandung campuran buah dan herbal yang memberikan manfaat tentu saja membuat Infused Water jadi salah satu alternatif. Kandung vitamin c dan antioksidan dalam buah lemon dan strawberry yang berguna untuk memperlambat penuaan dini akan terlarut pada air karena proses perendaman. Vitamin dan kandungan didalamnya pun akan keluar dan akan lebih mudah di konsumsi oleh tubuh karena telah berupa sari buah.

Mengurangi Stress

Manfaat Infused Water tidak hanya bagi tubuh, namun juga bagi pikiran. Meminum campuran buah dan herbal seperti lavender dapat membuat perasaan menjadi lebih tenang. Hal ini dapat membuat pikiran yang sebelumnya merasa stress menjadi lebih baik, selain itu aroma yang dihasilkan juga sangat khas. Infused Water yang dapat dikombinasikan sesuai selera akan memberikan manfaat berbeda pula nantinya.

Resep Infused Water

Memiliki kandungan manfaat yang banyak bagi tubuh, Infused Water dapat di konsumsi sehari-hari. Untuk mendapatkan manfaat yang berbeda-beda tentunya kandungan atau campurannya pun bisa dikombinasikan. Selain itu membuat Infused Water sendiri di rumah sangat mudah. Bagaimana cara membuat Infused Water yang bermanfaat?

Infused Water Lemon

Salah satu resep yang sudah banyak diaplikasikan oleh banyak resep. Buah lemon yang kaya akan vitamin c dan zat antioksidan tentu menjadi salah satu resep yang sangat mudah untuk membuat Infused Water. Iris buah lemon yang telah di cuci bersih sebelumnya kemudian masukkan air mineral dan simpan di lemari pendingin agar lebih segar ketika di minum nanti.

Infused Water Nanas dan Mint

apa itu infused water berikut manfaat dan resepnya infused water nanas dan daun mint

Buah Nanas memiliki manfaat bagi pencernaan sehingga sangat baik bagi tubuh, sementara daun mint dapat menambahkan aroma wangi dan segar ketika diminum. Cara pembuatannya pun sangat mudah, tinggal mencampurkan air mineral, nanas dan beberapa lembar daun mint kemudian di simpan di lemari pendingin.

Infused Water Kurma

Bukan hanya buah segar yang dapat dibikin bahan campuran, namun kurma yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satunya adalah untuk memperlancar pencernaan dan membuang zat berbahaya dari tubuh juga bisa dibuat Infused Water. Cara membuat Infused Water kurma pun sangat mudah, dengan mencampurkan kurma kering dan air mineral kemudian di simpan beberapa waktu sari kurma pun akan menyatu dan air akan lebih keruh.

Infused Water Timun

apa itu infused water berikut manfaat dan resepnya infused water timun

Membuat Infused Water yang bermanfaat tidak harus dengan bahal mahal, karena dengan mentimun yang biasa kita temui sehari-hari pun sangat bermanfaat. Campuran air dan mentimun bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan mengurangi wajah yang berminyak. Tentunya akan menyegarkan dinikmati dalam keadaan dingin.

Infused Water Mangga dan Jahe

Campuran ini bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga tubuh tidak gampang sakit, juga dapat meredakan nyeri datang bulan dan migrain. Buah mangga dapat membantu menambah daya ingat sementara jahe dapat meningkatkan kinerja hati. Resepnya pun sangat mudah, potong mangga dan jahe yang telah dicuci bersih kemudian dicampur air mineral.

Infused Water yang sudah banyak dikenal mengandung manfaat ini sangat mudah dibuat sendiri dirumah dari berbagai campuran buah atau herbal. Selain itu minuman yang sehat ini dapat dibawa beraktivitas kemanapun karena bisa ditaruh di botol. Sehingga tubuh bisa tetap tercukupi cairannya dan tetap berenergi.

Mengkonsumsi dalam keadaan dingin selain memang menyegarkan juga membantu buah secara perlahan mengeluarkan sari patinya sehingga kandungannya lebih besar. Walaupun Infused Water mengandung banyak manfaat dari buah dan herbal, ini belum dapat mencukupi asupan harian. Mengkonsumsi sayur dan buah secara langsung lebih dapat memberikan manfaat yang lebih kompleks bagi tubuh.

apa itu infused water berikut manfaat dan resepnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *