9 Manfaat Teh Oolong Untuk Kesehatan

9 manfaat teh oolong yang harus kamu ketahui

Teh oolong merupakan teh yang berasal dari proses fermentasi sehingga berwarna kehitaman. Rasa dari teh ini cenderung agak pahit. Warna racikan yang dihasilkan dari teh ini tergolong unik dan cantik yaitu kuning keemasan. Selain itu tekstur teh ini tidak terlalu kental. Diketahui bahwa teh oolong ini merupakan teh tradisional Cina Selatan dan Taiwan.

Tahukah kamu? Ternyata nama ‘oolong’ atau penyebutan Cina nya ‘wulong’ berasal dari Cina, yang berarti ‘naga hitam’. Warna teh ini bisa dibilang antara warna hijau tua dan hitam. Aroma yang dihasilkan mirip seperti aroma kayu yang manis, tentunya dapat menenangkan tubuh kamu.

Seperti teh lainnya, kamu dapat meminum teh oolong di saat santai bersama keluarga atau di sela-sela aktivitas bersama teman-teman. Teh oolong banyak menawarkan manfaat yang baik untuk tubuh kamu. Salah satunya, dilansir melalui situs myfitnesspall, dalam 1 kantong teh, sama sekali tidak mengandung kalori dan karbo. Hal ini bisa sekali dijadikan sebagai pengganti air putih dalam keseharianmu. Nah, berikut 9 manfaat teh oolong yang harus kamu ketahui!

Menjaga dan Menurunkan Berat Badan

Teh oolong memang mulai hits bagi para wanita yang sedang melakukan diet. Pasalnya teh ini digadang-gadang memiliki manfaat untuk mengurangi berat badan kamu. Tetapi, anggapan itu benar adanya, lho.

Dalam teh oolong mengandung senyawa polifenol yang baik untuk membakar lemak dalam tubuh. Jenis polifenol yang ada dalam teh ini ialah flavonoid. Kerja flavonoid yaitu memproduksi enzim lipase dan membakar lemak yang ada dalam tubuh. Selain itu, serat dari teh ini juga cukup banyak, sehingga dapat memberikan rasa kenyang yang cukup lama.

Nah, sepertinya teh oolong ini cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Kamu bisa konsumsi dua kali sehari tanpa gula tambahan, ya. Disarankan sangat baik untuk diminum saat pagi hari sebelum aktivitas olahraga. Idealnya 30 menit sebelum olahraga agar persiapan lemak yang akan dibakar semakin banyak.

Mencegah Penyakit Jantung

Seperti halnya untuk menjaga berat badan, pada teh oolong terdapat enzim lipase yang bagus untuk mengurangi lemak tubuh. Apabila lemak terlalu menumpuk, bisa menyebabkan kolesterol dan tentu dapat merusak jantung.

Pada enzim lipase membantu untuk kurangi lemak jahat penyebab kolesterol yang berasal dari oksidasi teh oolong. Oksidasi menghasilkan polifenol untuk mengaktifkan enzim lipase. Bila enzim lipase aktif, maka ia bekerja melarutkan lemak-lemak (termasuk lemak jahat) dalam tubuh. Kolesterol pun terjaga, dan jantung pun menjadi sehat. Konsumsi teh oolong rutin untuk menjaga jatungmu tetap sehat.

Menyehatkan Pencernaan

Banyak orang yang mengalami masalah pencarnaan karena pola makan tidak teratur ataupun karena bakteri yang masuk kedalam tubuh. Hal tersebut akan membuat peradangan di pencernaan kamu. Teh oolong dapat dijadikan minuman penolong bagi masalah pencernaan kamu. Teh ini dapat mengurangi beberapa peradangan seperti pada saat refluks asam dan masalah maag.

9 manfaat teh oolong yang harus kamu ketahui menyehatkan pencernaan

Selain itu, teh oolong juga mengandung antiseptik yang baik untuk pencernaan kamu. Zat antiseptik tersebut akan membersihkan bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga kamu akan mengalami detoksifikasi seperti BAB (Buang Air Besar) yang rutin, setelah sering mengonsumsi teh oolong ini. Begitulah cara tubuh mengusir bakteri dalam pencernaan. Bagi kamu yang sedang mengalami masalah pencernaan, disarankan untuk meminum teh oolong dengan konsentrasi padat (sedikit air) dan tanpa gula.

Menjaga Kesehatan Rongga Mulut

Kesehatan rongga mulut juga penting bagi kehidupan kita. Rongga mulut dapat menjadi kumpulan bakteri penyebab bau mulut dan plak akibat sisa makanan yang masuk.

Daun teh oolong secara alami mengandung florida yang bagus untuk menjaga enamel gigi tetap kuat. Selain itu, florida juga dapat membantu kesehatan gigi dari bakteri yang masuk. Florida bekerja dalam melawan bakteri yang akan merusak gigi. Dengan begitu, florida dapat mencegah gigi berlubang dan membunuh bakteri yang ada dalam rongga mulut. Tapi, ini bukan berarti kamu tidak rajin menggosok gigi, ya!

Menyehatkan Kinerja Otak

Dalam teh oolong mengandung kafein yang baik untuk tubuh kamu. Namun, kamu tidak perlu khawatir, kafein yang ada di dalamnya rendah, tidak setinggi kopi.

Kafein dalam teh oolong meningkatkan hormon dopamin dalam tubuh yang akhirnya stimulus (rangsangan) akan cepat masuk ke saraf otak. Hal ini akan membuat kinerja otak semakin cepat merespon. Sehingga dianggap dapat meningkatkan daya ingat dan cepat menangkap suatu respon baru.

9 manfaat teh oolong yang harus kamu ketahui bentuk teh oolong

Teh oolong mengandung thanin dan asam amino yang tinggi, tentu ini dapat mengurangi kecemasan pada otak, yang apabila terus-menerus terjadi dapat membuat saraf otak rusak. Jika kamu meminum teh oolong setiap hari akan mengurangi risiko penurunan otak hingga 64%. Wow banget!

Mencegah Diabetes

Diabetes atau sering disebut sakit gula merupakan kondisi tingginya kadar gula atau darah melewati batas normal. Terjadinya diabetes karena organ pankreas tidak memproduksi hormon insulin sesuai kadar normal tubuh. Tanpa insulin sel tubuh manusia tidak dapat mengubah glukosa menjadi energi.

Nah, perlu kamu ketahui bahwa dalam teh oolong terdapat antioksidan berupa polifenol yang dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dan juga hormon insulin. Bila insulin dalam tubuh terpenuhi maka energi yang dalam tubuhpun terjaga. Sehingga kamu akan terhindar dari penyakit diabetes.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh memerlukan zat antioksidan untuk mempertahankan metabolisme. Antioksidan berguna dalam menyeimbangkan sel tubuh kamu dari serangan yang masuk dari luar tubuh. Zat antioksidan ini ternyata terdapat pada daun teh oolong.

9 manfaat teh oolong yang harus kamu ketahui memperkuat sistem kekebalan tubuh

Antioksidan pada teh oolong meningkatkan oksigen pada aliran darah sehingga melancarkan aktivitas seluruh sel tubuh. Bila aktifitas sel meningkat, tentu daya tahan tubuh juga meningkat. Antioksidan ini juga cenderung bekerja untuk membentuk sistem pertahanan tubuh dari radikal bebas yang masuk dan mencoba merusak sistem metabolisme.

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan keadaan tulang yang mudah keropos dan patah. Terjadinya osteoporosis diakibatkan karena kekurangan zat kalsium dalam tubuh. Penyakit ini biasanya dialami oleh lansia atau bisa juga umur dewasa karena kalsium dalam tubuh tak terpenuhi.

Pada teh oolong terdapat senyawa kalsium yang cukup tinggi. Kalsium merupakan mineral penting yang untuk petumbuhan tulang dan gigi. Sebab kalsium ini adalah mineral paling tinggi yang dibutuhkan tubuh. Kalsium pada teh oolong bekerja untuk merangsanh pertumbuhan tulang, juga mendorong vitamin D dalam tubuh. Inilah yang dapat mencegah kamu terkena penyakit osteoporosis.

Mencegah Alzheimer

Kamu sudah tahu belum alzheimer itu apa? Alzheimer merupakan suatu penyakit yang dapat merusak sel otak dan memori. Hal ini membuat koneksi antara sel otak dan sel lainnya mati sehingga tidak dapat merespon apapun. Alzheimer dapat menurunkan fungsi otak dalam mengingat, berbicara ataupun dalam melakukan sesuatu.

Salah satu pencegahannya dengan adanya kafein rendah dalam teh. Salah satu pencegahannya dengan adanya kafein rendah dalam teh. Seperti pada penjelasan menyehatkan kinerja otak, kafein akan meningkatkan kerja hormon dopamin untuk meneruskan stimulus-stimulus atau rangsangan dari luar. Sehingga sel akan cepat dan mudah menerima rangsangan di otak dan dapat melakukan stimulus yang diminta. Sebab itu teh oolong ini banyak juga dicari oleh lansia. Karena semakin muda kamu mengonsumsi teh oolong maka penyakit alzheimer ini semakin lamban atau bahkan hilang dari tubuhmu. Teh oolong bisa jadi alternatif untuk pencegahan penyakit alzheimer.

9 manfaat teh oolong yang harus kamu ketahui

Wah, bermanfaat sekali ya teh oolong ini? Demikian informasi mengenari 9 manfaat teh oolong yang harus kamu ketahui. Perlunya menjaga tubuh tetap sehat, agar kamu dapat beraktivitas dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *