9 Makanan Yang Sering Muncul Dalam Film Bollywood

Tidak hanya demam Korea, masih banyak juga masyarakat Indonesia yang menikmati demam Bollywood alias menyukai film yang berasal dari India. Memang, film Bollywood memiliki keunikan tersendiri dalam menyajikan plot dan konsep film. Tidak hanya lagu-lagu yang terdapat dalam film Bollywood yang enak didengar, terdapat juga makanan yang ditampilkan untuk memperkenalkan budaya India secara tak langsung.

Sebagai negara tetangga, India menyajikan makanan dengan rempah-rempah yang kaya dan mirip dengan bahan yang digunakan di Indonesia. Oleh sebabnya, tak heran sebagian besar orang Indonesia ketika melihat makanan di film India, menjadi sangat ingin mencobanya. Warnanya yang mencolok dan menampilkan aktor yang menikmati rasanya dengan baik, membuat kita bertanya-tanya apa saja makanan yang muncul dalam film Bollywood tersebut?

Nasi Biryani

Rahasia gulai autentik

Banyak film India yang menyajikan hidangan nasi biryani sebagai makanan yang dikonsumsi bersama anggota keluarga. Nasi biryani sering disajikan dengan piring berwarna perak yang terbuat dari stainless steel. Nasi biryani adalah makanan khas Arab dan India yang memiliki warna kuning menonjol. Nasi ini menggunakan bahan dasar beras basmati yaitu jenis beras berbulir panjang. Inilah yang membuat tampilan nasi biryani semakin menarik. Ditambah lagi lauk yang digunakan biasanya cukup melimpah bisa berupa daging kambing, sapi, domba maupun ayam.

Selain itu, bumbu yang membuat nasi biryani terletak pada rempah-rempah yang sangat banyak. Tak heran jika nasi biryani dalam film India benar-benar mengunggah selera. Anda bisa membeli nasi biryani yang rasanya seperti nasi biryani asli melalui Cairo Food. Jika ingin yang lebih praktis, bisa juga membeli bumbu nasi biryani yang siap digunakan kapan saja.

Kari

Bisa dikatakan kari sangat identik dengan India, meskipun kini sudah menyebar di seluruh Asia dan Eropa. Hampir semua orang India pasti menyukai olahan kari, karena sudah menjadi makanan sehari-hari. Kari di film India biasa disajikan di warung-warung makan maupun dibuat di rumah untuk makan malam.

Setiap bagian wilayah di India memiliki jenis kari tersendiri, bisa berupa nasi kari, kari sayur, kari kentang, kari ayam, kari kambing dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu bumbu dan rempah yang digunakan juga beragam, namun dipastikan menggunakan santan dan kunyit. Selain itu, banyak yang kerap menambahkan bubuk kari (curry powder) dan garam masala sebagai bumbu utama. Rasa olahan kari ini pedas, asin, gurih dan berlemak.

Laddu

Selain hidangan savory yang kaya rempah, film India juga menyajikan makanan populer manis yang sangat disukai masyarakat disana. Salah satunya adalah laddu atau laddoo yang sekilas mirip dengan onde-onde Indonesia. Cemilan berbentuk bulat ini merupakan kue kering yang terbuat dari tepung gram, mentega (bisa diganti minyak samin atau ghee), dan air gula.  Terkadang ditambahkan kacang almond dan kismis kering tergantung dengan resep masing-masing daerah.

Di film India laddu bisa dibeli sebagai cemilan street food dan memang faktanya demikian. Laddu yang memiliki tekstur adonan yang kenyal dan lembut ini, sangat mudah dibeli di pedagang kaki lima. Rasa manis laddu benar-benar lumer di mulut, sehingga sangat wajib dicicipi. Saat anda berkunjung ke India bisa membeli laddu secara langsung, yang biasanya tersedia dalam bentuk satuan maupun dalam bentuk kotak besar yang sudah dilengkapi saus.

Pani Puri

Pernah lihat adegan Sharukh Khan dan Anuskha Sharma saling lomba makan cemilan di film Rab Ne Bana Di Jodi? Ya, para aktor India tersebut sedang memakan pani puri atau disebut juga golgappa. Pani puri merupakan cemilan yang terbuat dari tepung gandum atau tepung semolina, lalu diaduk bersama baking soda, air dan garam.

Hal yang unik tentang pani puri yaitu cemilan ini dihidangkan dengan bentuk kopong dan bagian tengahnya dilubangi. Bagian yang kosong bisa diisi tumbukan kentang, roti, buncis atau kacang hijau kupas. Lalu dimakan dengan sekali lahap, setelah dicelup pada kuah yang didominasi warna hijau tersebut.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Gulab Jamun

Gulab jamun memiliki bentuk yang sama dengan laddu dan rasanya juga manis. Namun laddu berwarna kuning cerah, sedangkan gulab jamun berwarna kecoklatan. Gulab jamun biasa disajikan saat hari raya atau acara pernikahan di India. Hal ini dikarenakan proses pembuatan gulab jamun yang membutuhkan bahan dan waktu yang cukup banyak. Bahan-bahan yang digunakan antara lain susu sapi segar, mentega rendah lemak, dan campuran sirup gula sebagai kuahnya. Biasanya sirup yang paling umum menggunakan sirup air mawar dan jahe.

Gulab jamun yang sudah digoreng matang, biasanya akan direndam dulu semalaman agar rasa sirup mawar meresap sepenuhnya. Hidangan ini juga menonjolkan aroma susu segar yang nikmat. Bola-bola manis yang sering muncul di film India ini, akan lumer dan lembut saat dikunyah dengan rasa manis yang kuat. Ini adalah makanan penutup yang cocok untuk menetralisir hidangan pedas.

Jalebi

Jalebi juga tidak bisa dilewatkan dari daftar makanan yang sering muncul di film India. Tak hanya film, jalebi kerap jadi cemilan yang selalu muncul dalam ragam serial India yang memiliki puluhan episode. Sebenarnya jalebi adalah manisan yang dikonsumsi oleh masyarakat India, Pakistan dan Timur Tengah.

Hidangan tradisional ini terintegrasi pada beragam festival dan perayaan maupun acara kuil. Jalebi yang terkenal renyah, manis dan sedikit asam ini, dibuat dari adonan yang digoreng, mirip seperti funnel cake.  Bahan yang digunakan adalah campuran yoghurt dan ragi, serta sirup sebagai lapisannya. Lalu hasil adonan yang sudah digoreng akan direndam dalam larutan gula. Jalebi adalah camilan India yang terkenal renyah dan manis.

Dosa

Masak Enak Jadi Mudah

Makanan India dengan nama unik ini merupakan cemilan yang mirip krepes di Indonesia. Dosa sering muncul dalam serial India sebagai cemilan yang enak dimakan kapan pun. Dosa adalah panekuk yang terbuat dari beras dan lentil hitam yang ditumbuk halus. Dua bahan ini dijadikan adonan kental dan halus, lalu ditambahkan sedikit garam sebelum akhirnya di goreng. Biasanya dosa bisa dimakan bersama chutney, sambar maupun kari.

Naan

Naan adalah roti pipih yang dikonsumsi banyak negara Asia. Sekilas potongan naan mirip potogan pizza dengan lebih sederhana. Adonan untuk membuat roti naan harus diberi ragi agar mengembang. Ketika naan sudah matang akan memiliki gelembung pada permukaan yang menjadi karakteristik dari roti ini. Biasanya minyak wijen atau jintan hitam dicampurkan pada bahannya, kemudian dibumbui juga dengan rempah-rempah. Kini naan bisa dikreasikan sesuai resep masing-masing orang.

Samosa

Samosa atau kadang disebut sambosa, merupakan kudapan khas India yang juga dinikmati di Timur Tengah dan negara di Asia Selatan. Samosa banyak dikonsumsi oleh masyarakat India ketika merayakan Diwali atau festival cahaya. Samosa mirip dengan lumpia namun bentuknya segitiga sehingga sangat mudah dikenali.

Samosa memiliki tekstur yang renyah dan rasa gurih pedas. Biasanya diisi dengan daging, sayuran, rempah-rempah dan bumbu kari lalu dibungkus dengan kulit pastry. Jika anda penasaran bagaimana rasa samosa ini, maka bisa membelinya melalui Cairo Food. Cairo Food menyediakan berbagai jenis samosa, seperti samosa isi daging, samosa sayur, samosa keju dan lain-lain.

Nah, sekarang sudah tahu kan makanan apa saja yang sering muncul di film Bollywood? Bagaimana, anda tertarik mencobanya?

masak 2 ekor opor ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published.