Bosen Nasi Putih? Cek 8 Bumbu Yang Cocok Untuk Nasi

Nasi putih sudah menjadi makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. mungkin jika dimakan setiap hari, nasi putih akan terasa membosankan. Oleh sebabnya dibutuhkan ide kreatif untuk memasak nasi putih agar menjadi lebih lezat. Tidak melulu nasi goreng yang juga umum dikonsumsi, nasi putih bisa diberi bumbu nasi lain yang tak kalah lezat. Masak nasi putih tidak harus menggunakan banyak bumbu yang membuat rasanya terlalu eneg, melainkan bisa menggunakan bumbu yang lebih praktis dan dengan resep yang mudah untuk dicoba. Dijamin bumbu nasi ini akan membuatnya terasa gurih dan enak dinikmati bahkan tanpa lauk sekalipun.

Nasi Biryani

Nasi biryani merupakan hidangan nasi khas India dan Timur Tengah. Nasi yang dimasak dengan beras basmati ini ditambahkan rempah-rempah, sayuran, dan daging sehingga rasa yang disajikan kuat, pedas, dan gurih. Biryani dibuat dari beras yang sudah direbus di panci tersendiri. Setelah beras setengah matang baru dicampurkan dengan kaldu berbumbu, lalu dimasak hingga matang, sehingga bumbu meresap pada nasi.

Rahasia kabsa autentik

Nasi biryani bisa dibuat dengan bumbu siap pakai yang bisa dibeli secara online. Biasanya bumbu biryani dipadukan dengan tumisan bawang bombay, bawang putih, tomat, dan yogurt. Memasak nasi biryani dengan bumbu siap pakai membuat anda tidak perlu repot meracik puluhan rempah-rempah yang digunakan.

Nasi Kuning

Nasi kuning sering dijadikan sebagai sajian untuk momen spesial dengan membuatnya sebagai tumpeng. Namun, banyak juga orang yang menikmati nasi kuning sebagai menu sarapan. Dalam memasak nasi kuning dibutuhkan santan, kunyit, daun pandan, sereh, daun jeruk, air jeruk nipis, dan garam.

Semua bumbu dimasak bersamaan dengan nasi, bisa menggunakan panci maupun magic com. Akan tetapi, bagi sebagian orang, membuat nasi kuning sedikit merepotkan terutama untuk mengolah kunyit yang rentan membekas di tangan dan pakaian. Oleh sebab itu, bisa memilih bumbu nasi kuning instan yang banyak dijual di pasaran sehingga anda hanya perlu menambahkan toppingnya saja.

Nasi Uduk

Secara tradisional nasi uduk merupakan hidangan yang dibuat dengan nasi putih yang dicampurkan dengan santan, lalu dibumbui menggunakan pala, kayu manis, jahe, lada, dan daun sereh. Sesuai namanya, nasi uduk berasal dari bahasa Sunda yang artinya bercampur. Karena semua bahan-bahan dicampur dan meresap pada nasi.

Biasanya juga nasi uduk menggunakan banyak topping sederhana yang melengkapi rasanya. Topping nasi uduk termasuk bihun, oseng tempe, ayam goreng tepung, semur jengkol, gorengan, kentang balado, ikan teri, perkedel, hingga kerupuk.

Nasi Mandi

Nasi mandi adalah hidangan khas dari Arab yang kini sudah populer di Indonesia. Mirip seperti biryani, nasi mandi menggunakan daging, nasi, dan bumbu khusus dari rempah-rempah. Nasi ini biasanya ditambahkan kismis, kacang pinus atau kacang tanah sebagai topping di atasnya. Nasi mandi memiliki rasa, aroma, dan warna yang paling lembut dibandingkan dengan jenis masakan Arab lainnya.

Pada umumnya bumbu nasi mandi dibuat dari gabungan rempah-rempah yang ditumbuk kasar. Akan tetapi, kini sudah banyak bumbu nasi mandi yang dijual dalam bentuk bubuk halus sehingga cukup digunakan sedikit saja maka rasanya sudah nikmat. Namun pastikan membeli bumbu nasi mandi yang menggunakan rempah-rempah asli dan bebas bahan pengawet.

Nasi Kebuli

Nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang disebut-sebut berasal dari Indonesia. Nasi kebuli dimasak dengan kaldu, daging, susu kambing, dan minyak samin. Nasi kebuli sangat populer di kalangan warga Betawi di Jakarta maupun warga keturunan Arab di Indonesia karena nasi ini mirip dengan nasi biryani.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Meskipun nasi kebuli disajikan untuk merayakan hari besar seperti Idul Fitri, momen kurban, dan maulid nabi, namun saat ini nasi kebuli bisa dimasak dengan bumbu instan dan dinikmati kapanpun. Cukup mencampurkan bumbu nasi kebuli saat menanak nasi, dan anda tinggal menambahkan asinan nanas, kismis, sambal, dan daging sebagai topping.

Jika ingin menikmati nasi kebuli dengan rasa paling lezat, anda bisa membelinya di Cairo Food. Cairo Food menyediakan dua jenis dari nasi kebuli yaitu nasi kebuli original dan nasi kebuli aromatic. Kedua bumbu ini sama-sama lezat, hanya berbeda dari intensitas rasa dan aroma saja. Anda tinggal menyesuaikan dengan selera dan kebutuhan anda.

Nasi Kabsa

Nasi kabsa adalah hidangan lain dari Timur Tengah khususnya Arab Saudi yang mengklaim ini sebagai hidangan nasional. Nasi ini memiliki warna kecoklatan mirip seperti nasi goreng dengan kecap. Bumbu nasi kabsa biasanya menggunakan sedikit cabai hijau panjang, jeruk nipis kering, dan tomat sehingga rasanya asam, gurih, dan tidak terlalu pedas.

Biasanya hidangan nasi kabsa disajikan dengan lauk kambing atau ayam yang dimasak dengan direbus. Uniknya daging ini direbus dalam bumbu tomat dan rempah Timur Tengah lalu ditiriskan hingga mengering. Untuk hasil terbaik, nasi kabsa bisa ditaburi dengan kismis dan kacang almond yang sudah ditumis hingga kecoklatan dan beraroma harum.

Nasi Bukhari

Nasi bukhari adalah olahan nasi lainnya yang bisa anda coba ketika bosan dengan nasi putih. Nasi bukhari umumnya memiliki warna terang dibandingkan nasi kebuli dan nasi mandi. Selain itu, nasi bukhari menggunakan wortel yang diparut dan rempah-rempah yang berbeda dengan nasi Timur Tengah lainnya. Dikarenakan nasi bukhari mungkin tidak sepopuler nasi biryani maupun nasi kebuli, maka bumbu instan dari hidangan ini tidak terlalu banyak.

Bumbu Terbaik Untuk Masakan Ternikmat

Namun anda tak perlu khawatir, karena Cairo Food menyediakan bumbu nasi bukhari dengan kualitas rasa premium, halal, tanpa pewarna, tanpa MSG, dan tanpa pengawet. Nasi bukhari dari Cairo Food dibuat di Indonesia dengan rempah-rempah asli lokal dan impor termasuk cumin, kapulaga hijau, kayu manis, biji pala, biji adas manis, kunyit, lada hitam, kapulaga putih, daun alurel, cengkeh, caraway, dan beras putih.

Nasi Liwet

Nasi liwet adalah hidangan nasi yang terkenal di Jawa Barat. Faktanya tidak hanya ada nasi liwet khas Sunda, Indonesia juga punya nasi liwet khas Solo. Keduanya sama-sama memiliki rasa gurih, namun dibedakan dengan penggunaan santan pada nasi liwet Solo. Berbeda dengan nasi uduk yang disajikan kering, nasi liwet biasa disantap dengan campuran sayur labu siam, opor ayam, atau areh santan.

Ada banyak bumbu nasi liwet instan yang dijual di Indonesia sehingga mudah sekali untuk membuatnya. Namun, jika anda ingin membuat nasi liwet dengan resep sendiri, juga bisa menggunakan magic com. Cara membuat nasi liwet cukup sederhana, yaitu pertama-tama menumis daun salam dan sereh dengan sedikit minyak.

Lalu masukkan air dan santan (untuk nasi liwet Solo), kemudian beri sedikit garam. Selanjutnya, setelah mendidih campurkan bumbu tumis tadi ke dalam magic com bersama dengan beras yang sudah dicuci. Anda tinggal menunggu nasi masak seperti memasak nasi biasa.

Itulah 8 rekomendasi bumbu nasi yang tersedia dalam versi bumbu instan, sehingga memudahkan anda untuk memasaknya ketika bosan dengan nasi putih. Rekomendasi bumbu yang cocok untuk nasi tersebut sebagian besar bisa dibeli di Cairo Food. Cairo Food menyediakan ratusan bumbu masak instan yang berkualitas premium dan menggunakan rempah asli, tanpa perasa dan bahan pengawet.

masak 2 kg kari jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published.