9 Hidangan dengan Oregano, Wajib Coba!

Oregano memiliki kaitan yang begitu erat dalam masakan Italia, dan bahkan juga menjadi kunci kelezatan masakan Italia. Meski demikian, oregano merupakan herba aromatik yang begitu serbaguna, yang dapat ditambahkan pada banyak hidangan di seluruh dunia. Penasaran hidangan dengan daun oregano? Ketahui selengkapnya di bawah ini.

Pizza

Hidangan dengan daun oregano adalah pizza. Ini adalah hidangan asal Italia yang sangat populer dan banyak ditemukan di negara-negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kata “piza” diambil dari bahasa Italia, yaitu pizza, yang biasanya berarti “pastei, kue, dan tar”. Pizza adalah sejenis adonan yang berbentuk bundar dan pipih, dengan beberapa topping termasuk saus tomat dan keju, kemudian dipanggang dalam oven.

Adonan pizza dibentuk bundar dan pipih, serta ditambahkan perasa tambahan seperti bawang putih, mentega, dan lainnya. Di beberapa tempat, adonan pizza dibuat di depan konsumen dengan memutar-mutarkan adonan hingga menjadi pipih. Ini menjadi atraksi bagi beberapa toko pizzeria, dan memiliki daya tariknya tersendiri.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Dalam satu adonan pizza, selain lumuran saus tomat dan keju, beberapa bahan lainnya kerap ditambahkan, termasuk daging, jamur, pepperoni, salami, ham, bacon, serta sayuran seperti paprika, cabai, bawang bombay, dan bahkan buah termasuk nanas dan zaitun. Karena pizza tersebar luas di banyak negara, tak jarang modifikasi pizza disesuaikan berdasarkan negara masing-masing.

Satu hal yang pasti, pizza gaya Italia tradisional biasanya memiliki kerak tipis, dan hanya menggunakan satu jenis topping. Namun, topping pizza asli Italia biasanya terdiri dari basil, saus tomat, prosciutto, keju mozzarella, minyak zaitun extra virgin, bawang putih, oregano, beberapa jenis keju, dan masih banyak lagi.

Oregano adalah salah satu topping penting dalam menyajikan pizza. Ia memiliki rasa herba yang kuat serta dengan aroma yang tajam. Pizza apa pun yang menggunakan oregano akan menyempunakan pizza. Bukan hanya itu, oregano juga dapat menonjolkan rasa saus tomat, dan bahkan menonjolkan rasa keju. Hal ini tentu menjadikan oregano tak luput dari pizza Italia.

Beberapa pizza Italia yang menggunakan oregano termasuk pizza otentik Italia yaitu Napoli, pizza Marinara dan Diavola. Pizza juga sangat populer di Indonesia, dengan rasa gurihnya, membuat pizza banyak disukai. Hidangan khas Italia ini umumnya dimakan selagi panas, tetapi bisa juga disantap dalam keadaan dingin. Ini tersedia di restoran pizza, hingga pusat swalayan. Pizza bisa dimakan untuk sarapan ataupun saat piknik.

Pasta

Masih dari hidangan Italia, pasta juga termasuk makanan yang paling populer di dunia, yang juga dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Di Italia, pasta menjadi simbol budaya dan kebanggan nasional, dan bahkan dianggap sebagai bagian integral dari kehidupan serta budaya populer dari semua orang Italia.

Dalam bahasa Inggris, pasta adalah sebutan untuk berbagai jenis masakan dengan bahan utama salah satu jenis pasta yang diberi bumbu dan saus. Pasta sendiri adalah bahasa Italia, yaitu “pasta alimentare”, yang bermakna adonan bahan makanan. Dalam bahasa Italia, pasta merujuk pada makanan seperti mi yaitu pastaciutta. Di sisi lain, “pasta” juga bisa menggambarkan semua adonan, termasuk adonan bolu, roti, atau pastri.

Pasta merupakan makanan olahan yang umumnya terbuat dari adonan berbahan tepung gandum durum, atau yang disebut dengan semolina. Meski umumnya proses pembuatan pasta telah banyak berubah selama bertahun-tahun, namun pasta hanya terbuat dari semolina hingga saat ini. Semolina dipilih terutama pada pasta kering, karena semolina gandum durum mengandung gluten keras yang memungkinkan pasta kering untuk menjaga masakan tetap sempurna dan tetap al dente atau matang dengan sempurna.

Terdapat banyak jenis pasta di Italia, namun jenis pasta yang paling populer adalah spageti, makaroni, dan lasagna. Lebih dari itu, jenis pasta lainnya termasuk fettuccini, fusilli, gnocchi, ravioli, risotto, penne, dan masih banyak lagi. Setiap jenis pasta memiliki bentuk yang berbeda, dan itulah yang membuat pasta menjadi unik.

Pasta tak hanya disajikan polos, tetapi disajikan dengan saus yang berbeda pula tergantung pada pasta yang digunakan. Saus yang digunakan termasuk saus bolognese, alfredo, marinara, bechamel, pomodoro, pesto, carbonara, dan lain-lain. Anda bisa membuat pasta dengan saus alfredo yang tersedia di Cairo Food. Saus alfredo paling cocok untuk pasta fettuccini, linguine, pappardelle, dan shells. Selain saus yang menjadikan pasta menjadi lebih lezat, penggunaan keju dan oregano kering pun turut menyempurnakan sajian pasta.

Chimichurri

Chimichurri adalah nama untuk saus dan bumbu mentah yang berasal dari Argentina dan Uruguay. Chimichurri memiliki warna hijau (chimichurri verde), yang tampak seperti pesto, namun dengan rasa yang berbeda. Selain warna hijau, terdapat pula chimichurri yang berwarna merah, yang dinamakan chimichurri rojo.

Saus sekaligus bumbu mentah ini berbahan utama peterseli yang dicincang halus, tetapi bahan lainnya juga bisa ditambahkan, termasuk oregano, anggur merah, bawang putih, bunga matahari atau minyak zaitun, serpihan paprika merah, lada hitam, dan garam. Namun, bahan lainnya juga bisa digunakan termasuk bawang merah dan jus lemon. Satu hal yang pasti, chimichurri selalu dibuat dengan peterseli cincang.

Meski berasal dari Argentina dan Uruguay, saus ini telah diadopsi secara luas dalam masakan Amerika Selatan dan Amerika Latin. Dalam masakan Amerika Selatan dan Meksiko, chimichurri biasanya digunakan pada daging panggang. Di negara asalnya sendiri – yaitu Argentina, chimichurri digunakan sebagai bahan marinasi dan saus steak panggang. Namun, Anda juga bisa menggunakan saus ini untuk hidangan unggas, ikan, ayam, domba, sayuran, dan bahkan pasta.

Saus Tomat

Saus tomat adalah bahan yang umum ditemukan di mana pun, begitu pula di Indonesia. Seperti namanya, ini adalah saus yang terbuat dari tomat segar atau kalengan, dan ditambah bahan lainnya termasuk cuka, gula, garam, bawang bombay, seledri, sayuran, serta rempah-rempah seperti cengkeh dan kayu manis. Bahan lainnya seperti basil dan minyak zaitun juga umum disertakan.

Dalam pembuatan saus tomat, biasanya ini tidak menyertakan roux, karena tomat sendiri akan mengental saat direbus. Hasil akhirnya adalah saus yang berwarna merah dengan konsistensi kental, serta rasa yang cenderung asam. Saus tomat banyak digunakan di mana pun untuk keperluan kuliner, yang disajikan sebagai bagian dari hidangan, bukan sebagai bumbu.

Di antara penggunaan saus tomat yang paling terkenal adalah sebagai bahan dasar saus untuk salsa Meksiko dan hidangan pasta Italia. Lebih lanjut, saus tomat banyak digunakan untuk merebus daging, digunakan untuk sayuran, ikan, dan bakso. Saus tomat juga bisa digunakan pada sandwich, serta hidangan yang dipanggang atau digoreng, seperti kentang goreng.

Pesto

Pesto merupakan saus yang berasal dari Genoa, Italia, yang berwarna hijau terang, yang diperkirakan telah ada sejak abad ke-17. Namanya diambil dari kata kerja Genoa, yaitu “pestare,” yang berarti “menghancurkan”. Ini mengacu pada pembuatan pesto, di mana bahan-bahan dimasukkan ke dalam lesung, dan ditumbuk menggunakan alu.

Saus ini secara tradisional dibuat dengan bawang putih, kacang pinus, garam, minyak zaitun dan keju Parmigiano, atau campuran keju Parmigiano dan pecorino, namun, bahan lainnya seperti basil juga bisa ditambahkan ke dalamnya. Biasanya, setiap bahan juga bisa digantikan, misalnya menggunakan kenari alih-alih menggunakan kacang pinus, atau menggunakan seluruh atau sebagian keju Romano sebagai pengganti Parmesan.

Secara tradisional, bahan-bahan untuk membuat pesto ditumbuk dengan alu di dalam lesung. Namun, dengan perkembangan modern yang ada, lesung dan alu bisa saja digantikan dengan alat pengolahan makanan lainnya agar lebih mudah. Pesto ditemukan berwarna hijau dengan rasa yang cenderung gurih, dan terdapat aroma wangi karena penggunaan basil.

Penggunaan pesto paling umum digunakan pada pasta seperti fusilli, farfalle, rotini, spaghetti, dan lainnya. Meski umumnya digunakan sebagai saus pasta, pesto juga bisa digunakan pada sandwich, hidangan lezat seperti roti, pizza, focaccia, ayam, sayuran panggang seperti terong, jamur, atau paprika, bisa juga ditambahkan di atas salad caprese segar.

Di Liguria, pesto paling banyak digunakan pada pasta termasuk trofie, trenette yang mirip dengan linguine; gnocchi, dan corzetti. Pesto untuk pasta tidak dimaksudkan untuk dimasak, melainkan dilempar mentah dengan pasta yang baru dimasak, bersama dengan percikan air rebusan. Ini juga bisa ditambahkan untuk hidangan ayam.

Kentang Goreng

Salah satu fast food yang tekenal, yaitu kentang goreng, merupakan hidangan yang umumnya dijadikan camilan. Terbuat dari potongan kentang, dan digoreng dalam minyak goreng panas hingga seluruh bagiannya terendam. Ini menjadi hidangan favorit banyak budaya di seluruh dunia, yang memiliki variasi bentuk yang berbeda.

Kentang goreng yang dipotong panjang-panjang, lalu digoreng dalam minyak goreng panas, disebut juga dengan French fries. Sementara kentang berbentuk agak panjang dan sedikit melengkung disebut juga dengan shoe string. Sementara potongan yang lebih tebal disebut dengan “thick-cut”, atau potongan kentang bergelombang dinamakan “crinkle.”

Ada pula potato wedges, yaitu sajian kentang goreng yang terbuat dari kentang yang tidak dikupas, dan dipotong menjadi potongan yang tebal. Kentang yang dipotong menyerupai kue wafel disebut “waffle-cut”. Terlepas dari banyaknya jenis potongan kentang yang ada, kentang goreng adalah sajian favorit yang bisa dinikmati dengan apa pun.

Selain sebagai camilan atau makanan ringan, kentang juga dijadikan sebagai makanan pelengkap dari hidangan utama termasuk hamburger, ayam goreng, ikan goreng, fish and chips, currywurst, serta bistik. Kentang goreng yang dijadikan pelengkap dari bistik disebut “steak fries”, di mana kulit kentang sudah dikupas.

Banyak cara yang berbeda dalam menikmati kentang, misalnya di Belgia, kentang goreng disajikan dengan kerang yang sudah dimasak, atau dinikmati dengan telur goreng di atasnya. Di sisi lain, Timur Tengah menyantap kentang goreng dengan roti pita dan dijadikan sebagai bagian dari shawarma. Di Kanada, kentang goreng dijadikan hidangan khas yaitu poutine.

Umumnya, setelah digoreng kentang selalu diberi taburan garam. Kentang goreng biasanya disajikan dengan beragam saus, termasuk saus tomat, saus sambal, mayones, saus tzatziki, saus tartar, saus kari, saus barbeque, ranch dressing, gravy, dan brown sauce. Di Indonesia, kentang goreng banyak ditemukan pada restoran cepat saji, di mana kentang dinikmati dengan saus tomat dan saus sambal. Menambahkan oregano kering juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menambah cita rasa kelezatan kentang.

Escabeche

Escabeche mengacu pada sejumlah hidangan pada masakan Amerika Latin dan Mediterania, yang berupa daging atau ikan yang digoreng atau direbus, dilengkapi dengan aneka sayuran, dan disajikan dengan saus cuka beraroma yang diisi dengan bumbu, rempah-rempah, dan bawang. Hidangan ini banyak ditemukan di Spanyol, Filipina, dan Guam.

Escabeche juga dianggap sebagai teknik memasak kuno daging, yang direndam dalam cuka atau jus jeruk sebelum disajikan dingin. Meski terkait erat dengan negara-negara Mediterania seperti Turki, Lebanon, dan Spanyol, escabeche juga mengacu pada hidangan internasional yang direbus atau digoreng, kemudian disajikan dengan cuka atau jus jeruk, dan dimakan saat dingin. Praktik ini juga menyebar ke Amerika Latin dan Filipina.

Secara umum, escabeche seringkali menggunakan makanan laut, yang bercita rasa khas yaitu asam dan juga rasa herbal. Rasa daging juga seringkali terasa manis. Hal tersebut karena bumbu meresap sempurna ke dalam daging. Hidangan khas ini bisa disajikan dalam berbagai cara, misalnya disajikan di atas roti dengan sayuran sandwich seperti selada atau irisan tomat. Bisa juga dijadikan menu utama untuk menyantap nasi, kentang, atau lentil. Anda juga bisa menyertakan oregano di atasnya sebagai pelengkap.

Salad Yunani

Hidangan dengan oregano lainnya adalah salad Yunani, yaitu sajian salad yang umumnya menggunakan mentimun, tomat, bawang bombay, buah zaitun (biasanya buah zaitun Kalamata), dan dibumbui dengan garam, oregano Yunani, dan minyak zaitun. Dalam sajian ini, sayuran lainnya juga seringkali ditambahkan, misalnya irisan paprika, atau caper berry terutama di pulau Dodecanese. Salad Yunani juga menyertakan keju feta sebagai irisan di atas sajian salad.

Selain terdiri dari buah dan sayuran, serta bumbu, salad Yunani secara tradisional juga menggunakan vinaigrette Yunani, karena mengandung cuka anggur merah, merica, garam, minyak zaitun, jus lemon, mustard Dijon, bawang putih cincang, dan oregano kering sebagai bahan utamanya. Sajian salad ini banyak dikonsumsi sebagai menu sarapan atau makan siang petani.

Provoleta

Bumbu Terbaik Untuk Masakan Ternikmat

Hidangan dengan daun oregano yang terakhir adalah provoleta, yang merupakan sajian asal Argentina. Ini adalah hidangan keju provoleta yang panggang yang menjadi makanan pokok asado, atau barbeque khas Argentina. Kejunya menggunakan keju provolone yang semi-keras, sehingga dapat digunakan untuk dipanggang.

Asado – yaitu barbeque Argentina diiris setebal satu inci, dan dibumbui dengan oregano dalam jumlah banyak, dan mungkin menambahkan serpihan cabai merah kering dalam jumlah kecil. Hidangan ini akan dipanggang di atas arang hingga mulai meleleh, serta berwarna coklat dan bergelembung di bagian atasnya.

Dari segi tampilan, provoleta mirip dengan fondue atau queso fundido, tapi tidak cair dan meleleh. Ini biasanya disajikan saat masih panas sebagai hidangan pembuka Argentina yang lezat dengan roti. Meski ini dibuat untuk menikmati asado, tetapi provoleta juga bisa menjadi tambahan yang pas untuk menemani menyantap roti manis panggang, sosis, dan daging sapi. Hidangan pembuka ini juga paling lezat disajikan dengan chimichurri salsa untuk pengalaman autentik yang lengkap.

Penggunaan oregano sangat tidak terbatas, ia sangat cocok terutama untuk hidangan gurih, dan bahkan bisa dipadukan dengan saus serta keju. Oregano memberikan sentuhan herba yang pekat, yang menambah cita rasa khas pada suatu masakan. Itulah hidangan dengan daun oregano. Apakah Anda sering menggunakan oregano ke dalam berbagai resep? Dapatkan oregano kering dengan klik link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *