8 Rempah untuk Mengatasi Insomnia

Insomnia menjadi suatu gangguan tidur yang dapat dipicu oleh berbagai faktor, termasuk stres dan kelelahan. Ketika mengalami insomnia, tubuh akan sulit tidur, tidak dapat menjaga waktu tidur yang baik, atau bahkan bangun terlalu pagi. Ini akan menyebabkan kualitas tidur yang buruk, yang mengarah pada kondisi kesehatan yang tidak fit, sehingga akan membuat tubuh kesulitan dalam menjalani berbagai aktivitas.

Saat terjadi insomnia, kita akan berusaha untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik agar tubuh tetap bugar dan fit untuk menjalankan aktivitas. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi rempah. Banyak dari rempah-rempah yang mampu mengatasi insomnia karena kandungannya yang bermanfaat. Apa saja rempah untuk mengatasi insomnia? Cari tahu selengkapnya di bawah ini.

Biji Jintan

Jintan berasal dari keluarga Apiaceae yang berbentuk biji kering dan dari tanaman yang disebut Cuminum cyminum. Rempah ini telah banyak dikonsumsi sebagai bagian dari bumbu masakan. Ketika ditambahkan ke dalam resep, jintan memberikan rasa yang unik. Penggunaan jintan untuk tujuan kuliner dan pengobatan sudah berlangsung selama ribuan tahun, dan telah menjadi salah satu dari pengobatan Ayurveda.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Jintan memiliki aktivitas antioksidan dan merupakan sumber mineral, mangan, dan juga banyak zat besi. Sebagai salah satu sumber antioksidan yang baik, jintan merupakan rempah yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Itu berarti jintan juga memiliki kemampuan dalam mencegah penyakit kanker.

Rempah ini juga telah terbukti dapat merangsang sekresi beberapa enzim pankreas, yang diperlukan untuk menjaga kesehatan pencernaan serta membantu tubuh menyerap nutrisi penting. Ini merupakan rempah yang digunakan dalam pengobatan Ayurveda untuk menginduksi tidur, sehingga jintan menjadi rempah yang dapat mengatasi insomnia.

Secara umum, ada beberapa cara untuk mengonsumsi jintan agar dapat menginduksi tidur. Biji jintan dapat dipanggang dengan api kecil selama sekitar setengah menit untuk membuat teh jintan. Tambahkan satu cangkir air, dan didihkan selama kurang lebih 5 menit sebelum disaring. Kemudian, minum teh jintan sekitar satu jam sebelum tidur. Teh jintan akan membantu meredakan kelelahan sehingga merupakan cara yang baik untuk mengatasi insomnia.

Cara lainnya adalah dengan menumbuk pisang dan mencampurnya dengan biji jintan. Cara ini akan memberikan pengalaman yang menarik dalam mengonsumsi jintan. Lakukan hal yang sama, yaitu dengan mengonsumsi pada saat waktu akan tidur. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Pala

Pala terkenal dengan kemampuannya dalam membumbui hidangan manis dan gurih. Ini dikarenakan pala memiliki aroma dan rasa yang kuat, yang mampu memberikan sensasi unik pada setiap hidangan. Perlu diketahui bahwa pala adalah komoditas penting dalam perdagangan rempah, dan merupakan rempah asli Indonesia.

Pala adalah rempah tertua dan banyak dicari, dan saat ini, banyak masakan di seluruh dunia yang menggunakan pala karena potensinya yang luas. Pala termasuk rempah yang digunakan dalam pengobatan Ayurveda, yang artinya ini juga memberikan manfaat kesehatan yang luas dalam menjaga kesehatan manusia. Bahkan, negara-negara di Asia Tengah dan Tenggara juga menggunakan pala dalam pengobatan tradisional.

Khasiat penyembuhan dari pala sangat signifikan. Manfaat yang ditawarkan secara umum adalah membantu pencernaan, mengatasi mual dan perut kembung, menghilangkan rasa sakit, membantu menenangkan saraf, melepaskan serotonin, dan juga memberikan manfaat yang luas dalam menjaga fungsi otak.

Kemampuannya dalam menjaga fungsi otak bisa dikaitkan dengan insomnia. Rempah ini membantu meningkatkan memori dan konsentrasi, merangsang fungsi otak, memberikan efek yang baik pada saraf sensorik, dan seringkali digunakan terkait masalah psikologis, yang termasuk stres dan kelelahan.

Stres dan kelelahan merupakan faktor yang dapat menyebabkan masalah insomnia, sehingga dengan mengonsumsi pala, Anda bisa mengatasi insomnia. Dikatakan dapat mengatasi stres adalah karena pala mengandung sumber myristicin yang menghambat sekresi enzim pemicu stres dan merupakan obat penenang alami. Kontribusinya terhadap insomnia sangatlah luas.

Anda dapat menambahkan sejumput pala bubuk ke dalam susu hangat, air hangat, atau jus buah, dan minum minuman tersebut sebelum tidur untuk merasakan manfaatnya. Selain dalam bentuk minuman, pala juga bisa digunakan sebagai minyak esensial yang memberikan manfaat yang sama. Akan tetapi, penting untuk diingat bahwa hanya gunakan sejumlah kecil saja, karena jumlah besar rempah ini dapat menyebabkan terlalu banyak efek samping negatif, dan salah satunya terkait masalah psikologis, yaitu halusinasi.

Kunyit

Kunyit terkenal akan potensinya sebagai pewarna alami yang memberikan warna kuning cerah pada masakan. Rempah ini merupakan bumbu penting dalam masakan Asia, yang telah digunakan selama bertahun-tahun. Senyawa curcumin adalah senyawa yang banyak berkontribusi pada masakan dan pengobatan. Ini juga menjadi senyawa yang memberikan warna kuning alami pada kunyit.

Dalam pengobatan tradisional, senyawa curcumin lah yang paling banyak memberikan manfaat. Curcumin kaya akan sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Sifat anti-inflamasi pada kunyit bertindak dalam mengurangi peradangan, termasuk mengurangi nyeri sendi, meredakan peradangan usus, dan dapat meredakan nyeri haid. Di sisi lain, sifat antioksidan pada kunyit mampu memberikan manfaat bagi tubuh dengan mencegah berbagai jenis kanker.

Kunyit adalah rempah untuk membantu insomnia yang efektif. Secara alami, kunyit bubuk yang dikonsumsi bersama dengan susu, jus, atau air dapat bertindak sebagai obat penenang ringan dan dapat membantu menginduksi tidur dan memerangi insomnia, dengan kata lain, kunyit juga berperan untuk meningkatkan kualitas tidur.

Kunyit menjadi rempah yang dapat ditambahkan dengan banyak cara, baik itu ditambahkan ke dalam resep sebagai bumbu masakan dari gulai, kari, dan lainnya, atau dengan menambahkan kunyit bubuk ke dalam susu hangat untuk dikonsumsi agar dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun, ingatlah untuk tetap berkonsultasi dengan praktisi medis bagi yang sedang menjalankan perawatan.

Kayu Manis

Kayu manis adalah bumbu yang relatif umum yang kebanyakan orang sudah tersedia di dapur mereka karena kayu manis dapat menjadi bumbu dari banyak hidangan. Rempah ini diambil dari kulit batang bagian dalam pohon Cinnamomum, yang menjadi bumbu tertua dalam sejarah penggunaan manusia. Rempah khas ini telah ada sejak 5000 tahun lalu yang telah digunakan sejak zaman Mesir Kuno.

Dari segi manfaat, kayu manis berpotensi dalam membumbui makanan manis seperti makanan penutup, kue, hingga minuman. Pada masakan gurih, kayu manis dapat ditambahkan pada hidangan daging, nasi, dan sayuran. Aroma kayu manis begitu harum dan khas, yang dilengkapi dengan rasa manis, pedas, dan pahit, sehingga membuatnya begitu populer terutama sebagai bumbu masakan.

Di samping itu, kayu manis juga menawarkan manfaat yang sangat beragam, dan dijuluki sebagai “Pengobatan Universal” dalam pengobatan Ayurveda. Artinya, rempah berupa batang atau bubuk berkontribusi terhadap kesehatan secara menyeluruh. Manfaat dari kayu manis meliputi mencegah penyakit jantung, membantu menurunkan berat badan, menstabilkan kadar gula darah sehingga dapat dijadikan pengganti gula para penderita diabetes, serta mengurangi peradangan.

Di luar manfaatnya tersebut, kayu manis juga merupakan rempah untuk membantu insomnia. Ini berkontribusi penuh pada faktor-faktor yang menyebabkan insomnia, yaitu mulai dari mengatasi kelelahan kronis, memperbaiki mood yang buruk, mengatasi kecemasan, dan juga dapat membuat tubuh lebih rileks.

Faktor penyebab utama insomnia dapat diatasi dengan mudah, yaitu hanya dengan menambahkan sejumput kayu manis bubuk dan sesendok kecil madu dan tambahkan ke dalam segelas susu hangat. Selain ditambahkan ke dalam susu hangat, beberapa batang kayu manis yang dijadikan teh juga memberikan khasiat yang sama dalam mengatasi insomnia.

Saffron

Saffron terkenal akan warna merahnya yang cantik dan teksturnya yang halus dan lembut. Sebagai bumbu masakan, saffron seringkali berkontribusi terhadap warna makanan serta memberikan rasa mewah yang tak dapat diungkapkan. Ini menjadi salah satu rempah termahal di dunia karena proses memanennya yang sulit.

Meski harganya mahal, saffron sangat populer karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satunya adalah kemampuan menyembuhkan insomnia dengan membantu Anda tertidur dan tidur lebih lama, dan bahkan menjaga kualitas tidur yang baik dengan membuat Anda tidur nyenyak. Seperti rempah lainnya, sejumput saffron dapat ditambahkan ke dalam segelas susu atau teh sebelum tidur dan Anda sudah siap. Anda tidak hanya akan segera menemukan diri Anda tertidur di alam mimpi, tetapi Anda juga cenderung tidak akan terbangun di malam hari.

Daun Mint

Daun mint baik untuk lebih dari sekedar membumbui teh dan makanan lainnya. Herba ini dapat tumbuh hampir pada semua lingkungan termasuk air, danau, sungai, tempat lembab, dan tempat yang sejuk, serta dapat tumbuh di bawah sinar matahari penuh. Herba aromatik ini telah digunakan sejak zaman kuno untuk tujuan tertentu.

Dalam penggunaan kuliner, daun mint digunakan di seluruh dunia yang umumnya terdapat pada teh, sirup, jeli, permen, dan es krim. Di Timur Tengah, mint digunakan pada hidangan domba, sementara di Amerika dan Inggris, daun mint digunakan dalam saus mint dan jeli mint. Ini juga merupakan bagian dari minuman khas Spanyol yaitu mojito.

Mint memberikan aroma dan sensasi rasa yang segar, yang dapat digunakan sebagai penyedap rasa pada sebagian produk komersial termasuk pasta gigi dan obat antiseptik. Daun mint juga menjadi rempah untuk mengatasi insomnia. Mint memiliki kandungan mentol yang dapat mengurangi ketegangan pada otot yang bersifat antispasmodic.

Herba aromatik ini berkontribusi dalam mengatasi insomnia dengan melepaskan ketegangan otot, yang pada akhirnya membuat kualitas tidur lebih baik. Aromanya yang harum dan menyegarkan juga menjadikan mint dapat memberikan efek rileks dan ketenangan, sehingga membuat Anda memiliki tidur yang nyenyak dan nyaman, serta mengurangi frekuensi Anda terbangun di malam hari. Minumlah secangkir teh mint yang menenangkan sebelum tidur dan nikmati tidur malam yang nyenyak.

Basil Suci

Basil suci, holy basil, atau tulsi merupakan varietas basil, yang berasal dari India dan merupakan salah satu anggota keluarga mint. Basil suci ini merupakan rempah dalam pengobatan Ayurveda yang dianggap suci oleh umat Hindu. Rempah ini memberikan banyak manfaat kesehatan termasuk mual, bronkitis, mengobati gigitan serangga, dan iritasi kulit.

Selain itu, basil suci atau tulsi ini juga menjadi rempah yang ampuh untuk memerangi gangguan tidur. Basil suci mempromosikan tidur yang lebih baik terutama dengan mengurangi kecemasan dan mengurangi stres. Hal ini dikarenakan basil suci mengandung adaptogen yang digunakan tubuh kita untuk beradaptasi secara alami dan mengatasi stres. Adaptogen mempromosikan keadaan mental yang seimbang, mencegah stres dari menghambat tidur. Holy Basil juga telah terbukti mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan. Dengan demikian, holy basil menjadi pilihan yang baik yang membantu mengatasi insomnia.

Thyme

Bumbu Terbaik Untuk Masakan Ternikmat

Herba dari keluarga Lamiaceae, yaitu thyme adalah tanaman aromatik asli Mediterania yang biasanya tumbuh dan berkembang di daerah kering dan cerah di Eropa. Thyme populer dalam masakan Prancis, dan merupakan bagian penting dalam masakan Italia. Dalam masakan, thyme umumnya digunakan untuk meningkatkan cita rasa masakan tertentu atau untuk membumbui kentang, ikan, roti, dan pai.

Herba aromatik ini yang dikenal dengan baunya yang harum juga dapat mengatasi penyakit yang biasanya terjadi akibat cuaca seperti pilek, flu, dan radang amandel. Thyme bisa diolah menjadi teh, yang akan memberikan banyak manfaat, termasuk dalam meredakan sakit tenggorokan karena thyme adalah herba yang kaya akan fenol dan antiseptik yang kuat.

Tak hanya itu, herba yang berasal dari Mediterania ini juga mengandung bahan aktif anxiolytic yang bermanfaat untuk tidur. Kandungan tersebut dapat memberikan efek ketenangan bagi orang yang seringkali cemas. Anda bisa meminum teh thyme untuk setelah makan malam untuk membantu insomnia. Untuk memberikan rasa yang lebih lezat, tambahkan pula bahan lain seperti lemon dan madu ke dalam teh thyme.

Beberapa jenis rempah dapat membantu mengatasi insomnia, sehingga Anda akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Meski demikian, Anda juga harus menjaga kesehatan tubuh baik fisik maupun jiwa agar mendapatkan hasil yang optimal. Untuk insomnia yang ringan, mungkin dapat ditangani dengan rempah, tetapi jika sudah parah, ada baiknya untuk mengunjungi ahli medis untuk mendapatkan saran terbaik. Penting untuk diingat bahwa orang dengan kondisi medis tertentu harus berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengonsumsi rempah-rempah. Manfaat rempah-rempah yang luas juga membuatnya dapat menurunkan gula darah. Cari tahu selengkapnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *