17 Makanan Khas Turki Yang Wajib Kamu Coba, Lezat!

Makanan khas Turki identik dengan rasa yang unik. Mulai dari rasa asam dan manis bersamaan, atau bahkan rasa dengan rempah berlimpah. Tak usah ragu, bila kamu ingin atau sedang mengunjungi Turki, sebaiknya luangkan waktu untuk mencoba berbagai hidangan disana.

Turki dianggap sebagai surga kuliner bagi setiap wisatawan yang berlibur. Cita rasa khas dan istimewa makanannya membuat lidah bergoyang seakan berkata “lezat!”. Perlu diketahui juga, bahwa berbagai makanan khas Turki dianggap cocok dengan lidah semua orang, terutama lidah orang Indonesia. Ini dikarenakan, di Indonesia juga memiliki banyak rempah dalam mengolah suatu makanan.

Secara umum, makanan khas Turki didominasi dengan bahan baku daging-dagingan. Lalu biasanya daging akan diimbangi dengan berbagai jenis sayuran. Sama seperti halnya di India, makanan khas Turki akan memiliki cita rasa tersendiri dengan rempah-rempahnya yang menggoda.

Untuk itu bila kamu ingin mengunjungi Turki atau sedang berada disana, rasanya kamu perlu untuk menjelajah rasa dengan 17 makanan khas Turki yang wajib dicoba!

Kebab Turki

Kebab Turki atau dikenal dengan ‘doner kebab’ merupakan makanan khas asal Turki yang berupa gulungan roti atau tortila berisi irisan daging tipis dan disertai dengan sayuran seperti tomat, selada, dan mentimun. Gulungan makanan ini tak lengkap bila isian dagingnya tidak ditambah dengan bawang bombay, saus tomat, saus sambal, dan mayonaise. Irisan daging kebab Turki ini dapat berupa daging domba, sapi, dan kambing.

Bagi kalian yang ingin mengunjungi Turki, rasanya kalian perlu mencoba kebab Turki ini. Sebab, kalian akan tahu perbedaan rasa kebab di Indonesia dan kebab dari Turki. Pastinya, lidah kamu akan berpetualang rasa bila mencoba kebab Turki ini. Nikmat banget!

Turkish Delight

Yap, jajanan satu ini juga harus banget kamu coba. Tak lengkap bila kamu tidak mencoba jajanan satu ini.

Turkish delight atau lokum adalah manisan khas Turki yang terbuat dari bahan dasar gel pati dan gula. Manisan ini disajikan dengan potongan-potongan kecil yang biasanya berbentuk bundar atau kubus, dengan berbagai macam warna, dan ditaburi dengan gula bubuk agar tidak lengket.

Lokum ini biasanya juga diberi beberapa topping, seperti potongan kurma jenis kacang-kacangan seperti hazelnut, walnut atau pistaschio, dan bahkan juga diberi perasa lain, seperti lemon, mint, kayu manis, jeruk, dan air mawar. Sudah pasti, rasa asam, manis, dan gurihnya kacang-kacangan bersatu dan meledak di lidah kamu. Nikmat!

Dondurma

Dondurma atau es krim khas Turki ini mempunyai tekstur yang liat atau lengket seperti permen karet. Dalam bahasa Turki eskrim ini disebut dengan Maraş dondurma. Es krim ini banyak digemari karena lengket, elastis, tidak cepat leleh, dan tentu saja rasanya unik dan enak.

Penyajian es krim ini juga cukup unik nih, yaitu dengan atraksi-atraksi menarik dari penjual yang membuat kamu bingung. Siapa nih yang pernah mengambil es krimnya, tetapi malah dikerjai sama penjualnya?

Es krim ini tidak diambil menggunakan scoop seperti es krim lainnya, seringkali es krim tersebut diambil dengan cara dipotong menggunakan pisau daging karena sangat elastis.

Maraş dondurma ini pada dasarnya terbuat dari campuran susu kambing, gula, salep (seperti pengental yang terbuat dari tepung akar anggrek liar bewarna ungu muda). Berkat salep inilah, es krim maraş dondurma bisa sangat elastis dan punya aroma yang khas. Wah, kamu patut cobain es krim ini, nih.

Baklava

Baklava ialah pastry roti yang berlapis diisi dengan kacang yang disiram madu sebagai pemanis. Roti ini dibuat dengan cara menumpuk lapis per lapis adonan kue dalam sebuah loyang besar. Diantara lapisan tersebut, diberi mentega dan potongan kacang, seperti walnut atau hazelnut.

Sebelum dipanggang, roti ini dipotong-potong persegi terlebih dahulu, karena jika dipotong setelah dipanggang, maka bentuknya akan hancur karena roti ini cenderung kering dan remah. Setelah dipanggang, roti ini akan disiram dengan banyak madu atau sirup agar terendam di setiap lapisannya yang kering.

Baklava merupakan roti yang terkenal di Turki, sehingga mudah sekali ditemui pada toko-toko roti, supermarket atau juga swalayan. Selain rasa baklava original ini, kamu juga akan menemukan rasa lain, seperti coklat dan stroberi.

Kumpir

Makanan khas Turki selanjutnya yang tak kalah lezat adalah kumpir. Bila dilihat dengan mata telanjang kumpir ini memiliki beragam warna yang menarik perhatian kamu. Mulai dari warna kuning, merah, dan hijau menyatu dalam satu makanan ini.

Kumpir ini adalah sajian kentang yang dipanggang bersamaan dengan beberapa toping seperti potongan daging atau potongan sosis, sayur-mayur berwarna-warni, dan saus yang memiliki cita rasa lezat.

Kumpir juga banyak ditemui di Turki. Kamu bisa menemukannya di daerah dekat pasar malam, atau tepian jalan kaki lima, karena pada umumnya kumpir ini dijual oleh pedagang kaki lima.

Kofte

Yap, kofte ini juga dapat menjadi salah satu incaran makanan saat di Turki. Kofte ini merupakan hidangan khas timur tengah yang berupa daging kambing atau domba, atau biasanya juga terdapat daging ayam dan daging sapi, yang diberi bumbu khas timur tengah.

Sekilas memang kofte ini mirip dengan steak, namun kofte cenderung dipotong kecil-kecil, ya. Cara mengolah makanan satu ini ialah dengan digiling bersama ragam bumbu khas, sehingga membuat kofte memiliki rasa gurih yang lezat. Umumnya, makanan khas Turki ini disajikan bersama salad segar, sepiring nasi hangat, dan juga siraman saus yang menjadi tambah nikmat.

Manti

Manti ini merupakan makanan khas Turki yang sangat unik. Rasanya sayang banget kalau dilewatkan olehmu. Manti ialah hidangan yang terbuat dari daging sapi atau daging kambing yang dibungkus dengan adonan seperti pangsit sebelum kemudian digoreng ataupun direbus. Sekilas mirip dengan somay, ya? Tapi kamu harus tahu dulu nih bahwa manti ini dilumuri oleh saus yogurt. Wah, tentunya akan menciptakan rasa unik dalam lidahmu.

Borek

Borek ini merupakan salah satu jenis pastry yang ada di Turki. Borek memiliki bentuk yang mirip dengan baklava, tetapi isian didalamnya tentu berbeda.

Bila baklava diberi isian kacang dan mentega, pada borek diisi dengan keju, sayuran (seperti bayam dan kentang), dan juga daging cincang. Proses pembuatannya juga berbeda, borek biasanya langsung dipanggang tanpa memotong. Ada juga teknik direbus dahulu baru dipanggang. Setelah dipanggang, baru borek ini dipotong-potong persegi.

Ada dua jenis borek dapat kamu temukan, yaitu borek kering dan basah. Pada borek basah atau ‘water borek‘ teknik memasaknya ialah dengan direbus dahulu, lalu diberi keju, daun parsley dan minyak zaitun. Baru kemudian, dipanggang. Nah adonannya menjadi sedikit basah dibanding borek yang kering. Rasa dari borek ini cenderung gurih dibanding baklava yang manis. Jadi kamu pilih yang manis atau gurih, nih?

Kokoretsi

Tak kalah unik dengan makanan khas Turki yang lainnya, kokoretsi diolah dengan cara yang menarik.

Kokoretsi atau dikenal juga dengan kokorek merupakan olahan jeroan yang dililit dengan usus domba atau kambing, lalu dibakar bersama ragam bumbu khas Turki.

Usus yang digunakan untuk kokorek ini ialah usus anak domba yang masih menyusu. Untuk daging jeroannya dapat berupa hati, jantung, pankreas dan ginjal.

Cara membuatnya kokorek ini dengan menusuk potongan jeroan pada tusuk sate, lalu lilitkan dengan usus yang sudah dibersihkan sampai menutupi jeroan tersebut. Setelah itu dibakar dengan diolesi bumbu khas yang kaya akan rempah. Penyajiannya, kokoretsi ini akan dipotong-potong dan ditaburi oregano. Nikmat bukan?

Dolma

Dolma merupakan jenis makanan khas Turki yang berupa sayuran isi. Sayuran yang digunakan untuk membuat dolma ialah paprika, tomat, terong, dan zukini (sejenis timun). Daun anggur dan kol juga sering dipakai dalam pembuatan dolma.

Oh iya, bila di Turki menemukan ikan makarel, cumi-cumi, dan kerang yang diisi dengan atau tanpa daging cincang, itu juga disebut sebagai dolma, lho.

Dolma dengan isian daging cincang terbuat dari campuran nasi, daging cincang, mentega, biji cemara, bawang merah, dan rempah-rempah. Untuk dolma tanpa isian daging cincang biasanya berisi terbuat dari nasi, biji cemara, kismis, atau cherry kering, piterseli, dan rempah-rempah lainnya.

Simit

Simit ialah roti berbentuk bundar melingkar seperti cincin yang permukaannya dilumuri oleh biji wijen. Roti yang bentuknya mirip donat ini banyak ditemui pada jajanan kaki lima di Turki.

Berbeda dengan donat yang bertekstur empuk, simit memiliki tekstur kering dan renyah. Cocok dicocol dengan kopi dan teh di pagi hari.

Ukuran dari roti simit berbeda-beda dan bervariasi dari tiap kota di Turki. Namun, tidak perlu khawatir, rasa roti ini tidak jauh berbeda, kok.

Roti Pide

Roti pide menjadi salah satu makanan khas Turki yang wajib kamu cobain, nih. Makanan ini terbuat dari roti pita yang pada bagian atasnya diberi aneka topping seperti daging sapi, kambing, atau tuna cincang. Bagian tersebut dicampur dengan beberapa bahan lain seperti paprika, tomat bawang bombay dan keju. Roti pide ini dilipat tepinya sehingga menghasilkan bentuk seperti perahu, kemudian dipanggang atau dioven seperti halnya pada pizza.

Adonan roti yang sudah matang ditaburi biji nigella khas Turki dan juga yoghurt. Kamu bisa menemukan roti pide ini sebagai makanan pembuka.

Lahmacun

Salah satu makanan khas Turki mirip pizza adalah lahmacun. Lahmacun juga terbuat dari adonan roti yang diberi aneka topping seperti daging cincang dan sayuran. Bedanya roti pide dengan lahmacun, tepi lahmacun tidak dilipat sehingga bentuknya tetap bulat.

Makanan khas Turki ini banyak ditemui di restoran, ruma dan rumah makan. Harganya juga tidak membuat kantong kamu kering. Harus banget dicoba.

Hummus

Hummus berbentuk seperti pasta, mirip seperti bubur yang dijadikan saus cocol atau selai gurih. Hummus terbuat dari kacang arab yang digiling yang dicampur dengan tahini [atau wijen giling], minyak zaitun, air jeruk limau, bawang putih, dan garam.

Hummus ini memiliki nutrisi yang cukup tinggi. Hummus mengandung lemak baik yang bagus untuk memberikan energi pada tubuh. Dilansir melalui fatsecret, bahwa dalam satu sendok makan hummus terdapat 27 Kal, 1,29 gram lemak, 3,02 gram karbo, dan 0,73 gram protein. Cocok sekali untuk penuhi nutrisi harian mu.

Tabouleh

Selain berbahan baku daging-dagingan, rasanya kamu harus mencoba salad sayur khas Turki bernama Tabouleh. Tentunya, tabouleh menjadi makanan yang sehat apabila disantap rutin.

Tabouleh memadukan aneka jenis sayur yang dicincang halus untuk kemudian dicampur dalam satu wadah dan dilanjut dengan pemberian bumbu khas dari Turki. Tabouleh [mempunyai asal kata “tabulah”] juga kerap disebut dengan salad.

Pada dressing salah tabouleh ini, akan selalu menggunakan minyam zaitun yang memberikan rasa khas tersendiri pada salad ini. Jadi tunggu apa lagi, segera cari makanan satu ini.

Souvlaki

Souvlaki ialah makanan khas turki dengan bentuk roti gulung. Roti souvlaki menjadi salah satu makanan favorit warga Turki yang dikonsumsi tanpa mengenal waktu, baik pagi, siang, atau malam. Biasanya orang-orang mengonsumsi souvlaki untuk mengganjal perut saat melakukan perjalanan atau lagi tak sempat masak di rumah.

Pilav

Pilav adalah makanan yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan minyak zaitun dan kacang polong. Cita rasa nasi yang gurih ini didapatkan dari pengolahannya yang menggunakan butter, garam, serta beragam rempah.

Di Turki, makanan berat satu ini bisa dijadikan cemilan. Hal ini dikarenakan penjualnya lebih banyak menggunakan gerobak kaki lima, maka makanan khas Turki ini menjadi santapan pengganjal perut. Apakah kamu juga akan mengonsumsihya sebagai cemilan

Demikian informasi mengenai 17 makanan khas turki yang wajib kamu coba. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *