10 Manfaat Susu Bagi Kesehatan

manfaat susu bagi kesehatan

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas tentang berbagai macam jenis susu. Kali ini kami akan memberikan penjelasan secara lengkap mengenai manfaat susu bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Dalam Susu

susu bermanfaat bagi kesehatan

Seperti yang kita tahu kandungan gizi yang ada di dalam susu sangatlah berlimpah, contohnya dalam satu gelas atau setara dengan 245 ml susu yang kita konsumsi terdapat banyak sekali nutrisi baik bagi tubuh, yakni:

  • Lemak Total : 4.7 g atau setara dengan 7%
  • Lemak Jenuh : 2.9 g atau setara dengan 14%
  • Kolesterol : 20 mg atau setara dengan 7%
  • Sodium : 127 mg atau setara dengan 5%
  • Kalium : 397 mg atau setara dengan 11%
  • Karbohidrat : 12 g atau setara dengan 4%
  • Serat pangan : 0 g atau setara dengan 0%
  • Protein : 8,5 g
  • Vitamin A : 10%
  • Vitamin C : 4.1%
  • Kalsium : 24%
  • Zat besi : 0.7%

kandungan nutrisi dalam susu

Karna banyaknya kandungan nutrisi baik inilah kita dianjurkan untuk mengonsumsi susu sebanyak 1 sampai 2 gelas perhari. Selain untuk menambah nutrisi harian, kita juga akan mendapatkankan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh.

Manfaat Susu Bagi Kesehatan Tubuh

Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium adalah nutrisi yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Bahkan beberapa pakar kesehatan menyarankan kita untuk senantiasa mengonsumsi kalsium secara cukup setiap hari, demi menjaga kekuatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Itulah mengapa mengonsumsi susu setiap hari sangat bagus untuk kita, karena kandungan susu yang kaya akan kalsium, vitamin dan mineral dapat membantu kita untuk mempertahankan kesehatan tulang dan mencegahnya dari berbagi kerusakan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Selain kalsium susu juga merupakan sumber kalium yang dapat membantu mengurangi tekanan darah bagi penderita darah tinggi. Hal ini tentu sangat membantu kita dalam menjaga kesehatan jantung sekaligus mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stoke.

Namun jika kamu memiliki riwayat darah tinggi, pastikan untuk mengonsumsi susu yang bebas lemak jenuh dan kolesterol, karna susu yang tinggi akan kandungan tersebut justru akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Membantu Melawan Kanker

Kalium dan Vitamin D dapat membantu kita melindungi dan melawan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh. Begitupun dengan kalium dan vitamin D yang terdapat dalam susu, yang dipercaya dapat memberikan manfaat serupa. Bahkan beberapa penelitian menyatakan meningkatkan konsumsi kalium dan vitamin D dapat membantu mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh, seperti kanker Ovarium, Kanker Prostat, kanker usus besar ataupun kanker payudara.

Mencegah diabetes tipe-2

Diabetes tipe-2 merupakan penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal. Beberapa penelitian menemukan bahwa minum susu dapat membantu mencegah diabetes tipe-2 pada orang dewasa karena protein yang terdapat dalam susu mampu meningkatkan keseimbangan pada gula darah.

Mengatasi Stress dan Depresi

Kandungan Vitamin D yang ada pada susu dapat meningkatkan hormon serotonin yang ada dalam tubuh. Hormon ini sangat berpengaruh untuk meningkatkan suasana hati, memperbaiki mood, serta memperbaiki kualitas tidur. Jika kita memiliki suasana hati, mood dan kualitas tidur yang baik, tentu saja hal itu akan membantu kita mengurangi stress ataupun masalah depresi lainnya.

Membantu Pembentukan Otot

Susu memiliki protein lengkap yang mengandung sembilan asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh. Asam amino inilah yang dapat membantu kita membangun ataupun mencegah kehilangan massa otot. Mengonsumsi susu maupun produk olahan susu dipercaya dapat menurunkan risiko kehilangan otot saat bertambahnya usia dan menambah massa tubuh menjadi lebih besar, sehingga membuat kinerja fisik menjadi lebih baik. Bahkan para atlit sering mengonsumsi susu untuk mencegah atau memperbaiki kerusakan dan nyeri pada otot.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Kandungan kalsium yang tinggi pada susu juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi. Selain itu, kandungan laktosa yang berlimpah juga dapat membantu mencegah gigi berlubang dan mengurangi potensi kerusakan gigi yang disebabkan oleh kuman.

Membantu Mengurangi Berat Badan

Susu mengandung berbagai komponen yang dapat berkontribusi pada penurunan berat badan dan mencegah berat badan bertambah. Terutama susu rendah lemak. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang tinggi dalam susu dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama setelah meminumnya. Hal ini tentu dapat mencegah kita untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan. Selain itu, asam linoleat dalam susu juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan penurunan berat badan dengan mendorong pemecahan lemak dan menghambat produksi lemak.

Mencegah heartburn

Mengonsumsi makanan bersifat asam dapat memicu terjadinya heartburn. Namun, minum susu dapat menetralisir hal tersebut sekaligus memberi efek pendinginan pada lapisan perut dan kerongkongan, sehingga mencegah timbulnya heartburn.

Membuat tidur lebih nyenyak

Sejumlah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi susu sebelum tidur dapat membantu tidur lebih nyenyak. Potensi ini kemungkinan berasal dari senyawa kimia tertentu yang memberikan efek psikologis dari rutinitas sebelum tidur yang menyenangkan, sehingga hal ini dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

manfaat susu bagi kesehatan

Jadi itulah beberapa manfaat yang akan kita peroleh jika kita rutin mengonsumsi susu setiap hari. Bagi kamu yang mungkin tidak terbiasa atau memiliki alergi pada satu jenis tertentu, kamu bisa mencoba mengonsumsi jenis susu lain yang juga banyak tersedia dipasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *