10 Cara Jitu Meningkatkan Nafsu Makan Pada Anak!

10 cara jitu tingkatkan nafsu makan pada anak

Menjadi orang tua jelas bukanlah suatu perkara yang mudah, banyak tantangan yang akan di hadapi terutama saat menghadapi si kecil. Salah satu tantangan yang paling banyak dihadapi oleh orang tua ialah, menghadapi anak yang kehilangan nafsu makan. Sebagai orang tua yang baik, tentu saja kita menginginkan anak kita tumbuh dengan sehat, namun Gerakan Tutup Mulut (GTM) yang biasa dilakukan oleh anak-anak pada jam makan inilah yang membuat beberapa orang tua merasa kesulitan. Padahal berbagai nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak sebagaian besarnya berasal dari makanan.

Bagi orang tua yang sedang mengalami hal ini, jangan sedih! Kami memiliki beberapa tips yang mungkin dapat dicoba di rumah untuk membantu mengembalikan nafsu makan si kecil. Berikut beberapa yang sudah kami rangkum :

Jangan Memaksa

Jika si kecil mulai kehilangan nafsu makan, hindari tindakan memaksa. Karna hal itu sama sekali tidak akan membuat anak menjadi bersemangat saat menyantap makanannya, justru sebaliknya anak akan merasa tertekan, dan hal itu akan menimbulkan berkurangnya sensitifitas anak pada makanan, ataupun malas menyentuh makanan dikemudian hari. Sebagai orang tua, kita harus bisa lebih bijak menghadapi hal ini, di banding memaksa ada baiknya kita menciptakan suasana yang menyenangkan untuk mengembalikan mood si kecil, lalu perlahan mengajaknya menuju ruang makan.

Menyiapkan Makanan Bersama

siapkan makanan bersama

Selain menciptakan suasana yang menyenangkan, tidak ada salahnya mengajak anak turut serta dalam menyiapkan makanan, berikan saja mereka tugas yang mudah, seperti misalnya meletakan lauk ataupun menghias makanan di mangkuknya sendiri. Hal ini biasanya membuat si kecil merasa sangat antusias dan lebih tertarik saat menyantap makanan kreasinya sendiri.

Buat Tampilan yang menarik

tampilan yang menarik

Coba lah kombinasikan bermacam-macam sayur dengan warna berbeda, karna biasanya warna-warna cerah yang beragam akan menarik perhatian anak, dan membuat mereka penasaran ingin mencobanya. Atau kamu bisa membuat makanan berbentuk karakter yang disukai si kecil, dengan harapan anak akan tertarik dan dengan senang hati saat mencobanya. Jangan lupa sajikan bersama sumber karbohidrat, protein, serta lemak, dalam porsi makan yang seimbang untuk mendukung kecukupan nutrisi pada anak.

Siapkan Alat Makan Khusus

Anak akan lebih senang jika kamu melibatkannya dalam setiap urusan yang berkaitan dengan dirinya, misalnya pada memilih alat makan sendiri, meskipun terdengar sepele, namun hal ini lumayan ampuh untuk membuat mood anak meningkat, biarkan ia memilih alat makannya sendiri, atau kamu bisa sediakan beberapa alat makan khusus dengan motif karakter ataupun kartun favoritenya.

Menu Makan Yang Bervariasi dan Unik

Selain tampilan yang menarik, menu makanan yang unik dan selalu bervariasi juga dapat membuat rasa penasaran si kecil aktif, karna menu makanan yang itu-itu saja akan membuat anak merasa bosan dan malas untuk memakannya, untuk itu cobalah kreasikan beberapa menu baru yang umumnya belum pernah dilihat oleh anak, misalnya jika kamu terbiasa menyajikan nasi serta lauk pauk biasa dalam satu wadah, kini kamu bisa mengolahnya lebih bervariasi dengan membuat sushi ala-ala yang berisi sayur serta protein lain seperti, daging, ikan ataupun ayam.

Buat Makanan Dalam Porsi Kecil

Ketika anak mulai malas mengonsumsi makanannya, hindari memberinya makanan dalam porsi yang banyak. Karna hal ini akan membuat anak justru semakin malas untuk menyantap makanannya. Akan lebih baik jika kamu membaginya dalam porsi kecil, sedikit demi sedikit untuk mengurangi rasa jenuh pada anak ketika makan. Namun kamu dapat memberinya lebih sering atau sekitar 2 sampai 3 jam sekali, jika memungkinkan sajikanlah dengan menu yang baru.

Buatkan Cemilan Sehat

Cemilan Sehat

Selain makanan utama, kamu juga bisa membuatkan cemilan sehat untuk tetap memberi anak nutrisi tambahan, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, selain lebih terjamin kebersihannya, kamu juga bisa menentukan cemilan sehat apa yang paling disukai oleh buah hati.

Jangan Biarkan Minum Terlalu Banyak Saat Makan.

Saat sedang makan, hindari memberinya minum terlalu banyak, karna hal itu akan mudah membuat si kecil merasa kenyang, dan kehilangan nafsu makannya. Kamu bisa memberikan jus, ataupun minuman lain setelah anak menghabiskan makanannya.

Buatkan Makanan Favorite

Jika nafsu makan menurun, coba buatkan anak menu yang menjadi favoritenya. Dan sajikan dalam bentuk yang menarik, dengan harapan makanan favorite si kecil dapat mengembalikan napsu makannya yang menurun.

Konsultasikan ke dokter

Ilustrasi anak malas makan

Jika gangguan nafsu makan pada anak semakin berlanjut, dan mempengaruhi kesehatan si kecil, ada baiknya kamu langsung berkonsultasi dengan dokter, karna kekurangan vitamin dan zat mineral tertentu, seperti zinc, diketahui dapat menurunkan nafsu makan dan memicu gangguan indera pengecap. Untuk itu ada baiknya kamu lebih dulu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut permasalahan si kecil.

Promo Diskon Cairo Food

Itu dia 10 tips yang dapat kami bagikan untuk para orang tua di rumah, namun kesabaran adalah kunci yang paling utama untuk menghadapi kondisi anak yang kehilangan napsu makan. Sebab jika orang tua tidak sabar dan mudah menyerah maka kebutuhan nutrisi anak tidak akan terpenuhi.

atasi nafsu makan anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *