Sejarah & 10 Fakta Berdirinya Uni Emirat Arab(UAE)

sejarah dan fakta berdirinya uni emirat arab

Uni Emirat Arab (UAE) adalah salah satu negara berkembang di dunia. Negara yang berada di bagian timur dari Jazirah Arab ini berdiri pada 2 Desember 1971 dan memiliki 7 Emirat atau bentuk pemerintah di bagian wilayah. Tujuh Emirat ini adalah Abu Dhabi, Ajman, Dubai, Ras al-Khaimah, Sharjah, Fujairah dan Umm al-Qawain.

Sejarah Uni Emirat Arab (UAE)

Negara yang terbilang masih muda ini memiliki banyak peninggalan sejarah yang sangat banyak dan bersejarah. Terdapat artefak atau peninggalan yang masih terjaga bahkan sejak sebelum masehi yang menjadi saksi sejarah peradaban manusia saat itu. UAE adalah salah satu negara kaya dengan mengekspor minyak yang menjadi pendapatan negara.

Periode Zaman Batu

Jika melihat kebelakang Uni Emirat Arab atau UAE adalah salah satu negara yang memiliki sejarah panjang sampai pada pembentukan negaranya. Masih tersimpan catatan sejarah yang dimulai dari zaman palolitikum atau 6000 – 3500 sebelum masehi tentang negara ini. Pada masa itu ditemukan bahwa suku lokal atau badui melakukan kegiatan memancing dan mengumpulkan tanaman untuk bertahan hidup. Zaman ini dapat dilihat dari jejak sejarah yang tercatat di Sharjah, Umm Al Quwain, Ras Al Khaimah dan Abu Dhabi.

sejarah dan fakta berdirinya uni emirat arab

Beberapa kerajinan tembikar ditemukan di Al jazeerah, Al hamra, Sharjah, Hamriyah, Ras Al Khaimah, serta situs Al Madar di Umm Al Quwain. Kerajinan yang ditemukan tersebut menggambarkan peradaban mesopotamia yang saat ini bernama negara irak, peradaban mesopotamia sendiri di katakan sebagai peradaban pertama di dunia.
Selain dari kerajinan, zaman ini juga dapat di tandai dengan karakteristik cuaca yang lembab. Orang-orang yang hidup di bagian lain wilayah negara ini seperti di bagian pantai atau di pedalaman bertahan hidup dengan mengandalkannya dari berburu, memancing, bertani dan menggembala ternak. Zaman ini pun berakhir karena perubahan cuaca yang esktrem sehingga memasuki zaman baru.

Setelah zaman batu, karena adanya perubahan cuaca yang ekstrem maka zaman peradaban baru muncul yaitu zaman perunggu. Dimana pada zaman ini dibagi menjadi tiga periode yaitu The Jebel Hafeet Period, The Umm Al Nar Period, dan The Wadi Suq Period.

Periode Jabal Hafeet

Jabal Hafeet memiliki arti gunung kosong. Gunung ini terletak di daerah Tawam perbatasan UAE dan Oman. Selain menjadi gunung tertinggi di Abu Dhabi, Jabal Hafeet juga merupakan salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Tidak hanya memiliki kekayaan dalam segi arkeologinya, namun juga banyak ditemukan fosil flora dan fauna sampai bryzoa atau hewan lumut pada Jabal Hafeet.

Periode Umm Al Nar

Terletak di sekitar pantai Abu Dhabi, Umm Al Nar merupakan situs arkeologi yang memiliki banyak peninggalan sejarah zaman perunggu. Pada artefak yang ditemukan di pulau ini, tercatat bahwa pada masa itu masyarakat telah melakukan perdagangan sampai mesopotamia dan Indus Valley (Pakistan dan India).

sejarah dan fakta berdirinya uni emirat arab

Periode Wadi Al Suq

Pada periode ini masyarakat telah melakukan perdagangan di pasar, serta adanya teori tentang peternakan, pertanian serta ditemukan peralatan yang lebih canggih yang membuktikan peradaban yang lebih maju dari sebelumnya. Wadi al suq terletak di barat dan timur UAE.

Kedatangan Agama Islam

Agama islam adalah agama resmi di UAE dan sejarah bangsa Arab tidak lepas dari sejarah kebesaran Islam. Kedatangan Nabi Muhammad SAW ke UAE untuk mengenalkan agama Islam terjadi pada tahun 630 masehi. Setelah Nabi SAW wafat, terjadi perang besar di Dibba yang saat ini disebut Fujairah yaitu perang Ridda. Kemenangan pasukan muslim saat itu menjadi awal berdirinya agama Islam di Jazirah Arab.

Selama masa ke Khalifahan Ummayah dan Abbasiyah, Islam mengalami perkembangan dalam segi peradaban yang sangat pesat. Pada masa ini perdagangan terjadi di wilayah teluk dan wilayah lainnya terus menyebar ke Afrika Barat sampai pada Asia Tenggara.

Masa Bangsa Eropa

Setelah suksesnya penjelajahan yang dilakukan oleh Vasco de Gamma dan menemukan Tanjung Harapan, bangsa Portugis datang ke Teluk Persia pada 1498. Bangsa Portugis kemudian mengambil alih perdagangan dengan cara menjadi perantara dan menjadikannya semi-monopoli rempah. Namun pada 1633 pasukan Ya’arabi dapat membuat pasukan Portugis keluar dari Julfar dan Dibba hingga merebut kembali Muscat dan Sohar.

Kekalahan Portugis atas Hormuz pada 1622 membuat Belanda dan Inggris memasuki pasar perdagangan Timur Tengah. Belanda melakukan kesepakatan tentang perdagangan sutera sengan Shah Abbas I dan mendapat keuntungan yang besar, serta semakin besarnya kekuatan dagang Belanda membuatnya menjadi memiliki kekuasaan di tanah Arab. Namun terjadinya perang antara Perancis dan Inggris, serta perusahaan dagang yang juga memiliki masalah membuat Belanda melemah. Hal tersebut membuat Belanda mencoba mengambil alih kegiatan penduduk asli dan mendirikan pabrik di pulau Kharg.

Pada tahun 1820 Inggris berhasil menaklukan daerah yang di pimpim oleh Al-Qawasim yang kemudian melakukan kesepakatan. Kesepakatan tersebut adalah Sheikh atau pemimpin pemerintahan harus memastikan perdamaian di laut serta menahan diri untuk tidak membuat kapal besar dan membangung benteng. Namun peperangan antar suku di arab masih dimaklumi. Kemudian pada 1968, Inggris mengumumkan untuk mundur dari teluk pada akhir 1971.

United Arabia Emirates (UAE)

Pada 6 Agustus 1966, Pemimpin Abu Dhabi, H. H. Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, mengemukakan pentingnya persatuan. Maka dengan mundurnya pemerintah Inggris, UAE mendapat kemerdekaannya dan menjadi negara yang berdiri tanpa adanya kekerasan terlebih dahulu.

Kemudian setelah Inggris mundur, bersama dengan Sheikh Rashid bin Saeed Al Maktoum memanggil tidak hanya tujuh pemerintahan namun juga Qatar dan Bahrain. Kemudian kesepakatan terbentuk untuk membuat federasi dengan Abu Dhabi, Dubai, Sharjah, Umm al-Quwain, Fujairah dan Ajman setuju untuk membentuk persatuan yang dikenal dengan United Arab Emirates yang di sahkan pada 2 Desember 1971. Di tahun berikutnya, Ra’s al-khaimah memutuskan untuk bergabung untuk menjadi satu kesatuan bersama dengan UAE.

Fakta Uni Emirat Arab (UAE)

Walaupun negara berdiri terbilang cukup muda, namun banyak pencapaian yang sudah diraihnya. Pencapaian tersebut sangat besar sehingga tidak salah jika banyak hal luar biasa yang dapat ditemukan di UAE.

Bangunan Tertinggi di Dunia

sejarah dan fakta berdirinya uni emirat arab burj kalifa

Sudah bukan rahasia lagi jika Dubai memiliki Burj Khalifa yang merupkan bangunan tertinggi di dunia saat ini memiliki tinggi 828 meter. Bangunan ini di resmikan pada 4 Januari 2010 dan menjadi bangunan yang dibuat manusia tertinggi di dunia. Burj Khalifa juga merupakan hotel bintang 7 pertama yang ada di dunia saat ini.

Pulau Buatan

Dubai memiliki empat pulau buatan yang menjadi daya tarik dan menjadi atraksi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Palm Jumeirah, Palm Jebel Ali, Pulau Deira dan The World sudah dikenal sebagai pulau buatan yang tidak kalah menarik serta memiliki banyak fasilitas sehingga layak di tinggali.

Ferrari World Abu Dhabi

Perusahaan otomotif dunia tersebut memiliki theme park di Abu Dhabi yang merupakan pertama di dunia. Di theme park ini juga terdapat rollercoaster tercepat di dunia dengan 150mph per 5 detik, tentu tidak heran karena theme park ini dimiliki oleh brand otomotif tercepat. Selain itu juga banyak penghargaan yang telah diraih sebagai salah satu destinasi wisata yang terkenal di UAE.

Memperoleh World Record

UAE merupakan negara yang hampir pada setiap tahunnya dapat memecahkan rekor dunia. Kurang lebih 190 rekor yang sudah dipecahkan oleh UAE dan akan terus berlanjut jika dilihat dari banyaknya kemajuan negaranya yang terus berkembang. Hal ini menjadikan UAE sebagai negara yang memiliki atraksi menarik untuk dilihat oleh wisatawan.

Cadangan Minyak dan Gas

UAE pada awalnya banyak mendapatkan sumber daya dari minyak dan gas yang mengantarkan negara tersebut menjadi salah satu negara terkaya. Sebagai salah satu komoditas perdagangan dunia tidak heran jika minyak dan gas dapat membawa negara ini berjaya. UAE menempati urutan ke lima dari wilayah arab dengan cadangan minyak terbanyak serta ke empat pada cadangan gas alam.

Resort Ski

Siapa yang menyangka bahwa di daerah Timur Tengah yang terkenal dengan gurun pasir dan tanah yang tandus ada resort ski yang memerlukan cuaca dingin bersalju. Hal ini tidak mustahil di kota Dubai di UAE, resort ski dapat ditemukan di dalam bangunan Mall of Emirates. Salju asli yang menutupi area 22,500 meter persegi ini juga mempunyai konservasi untuk penguin.

City of Gold

Jangan heran ketika berjalan di kota Dubai maka akan menemukan vending machine yang menjual emas batangan. selain itu di kota tersebut banyak toko-toko yang menjual berbagai macam perhiasan dengan berbahan emas. Dari yang kecil sampai besar, dari yang harga rendah sampai harga termahal di dunia. Perhiasan emas tidak heran dipakai di keseharian masyarakat UAE.

Mendukung Wanita untuk Berkembang

UAE adalah negara yang memiliki peraturan tentang jajaran tinggi sebuah perusahaan harus ada wanita didalamnya. Begitu pula dengan pemerintahannya, banyak wanita yang menjabat di pemerintahan UAE. Banyak pula sektor industri dan ahli yang dipimpin oleh wanita, meski jumlah laki-laki lebih banyak dibandingkan wanita. Wanita juga banyak yang menempuh pendidikan yang tinggi dan dapat pekerjaan yang layak di UAE.

Kementerian Artificial Intelligence (AI) Pertama

Di zaman yang sudah sangat modern ini, tidak heran banyak sektor yang akhirnya menuntut adanya perkembangan untuk menggunakan artificial intelligence. Di UAE didirkan Kementerian Artificial Intelligence pertama di dunia pada 20 Oktober 2007 oleh Omar Sultan Al Olama pada usia 27 tahun. Kementerian ini didirikan untuk menghadapi kemajuan zaman dari segi kecerdasan buatan.

Bebas Kejahatan

Negara yang kaya ini hampir tidak memiliki kejahatan yang membuat pendudukanya merasa di aman di dalamnya. Hal tersebut membuat UAE menjadi salah satu negara teraman di dunia. Penduduk maupun pendatang merasa aman ketika berjalan disiang maupun malam hari.

Uni Emirat Arab (UAE) merupakan salah satu negara yang memiliki sejarah masa panjang sebelum berdirinya pada tahun 1971. Terdapat banyak sentuhan Agama serta ajaran Islam di seluruh wilayah pemerintahannya. Selain itu UAE juga dikenal sebagai salah satu negara kaya yang menjadikannya memiliki banyak bangunan tinggi dan megah di dunia. Namun begitu UAE juga tidak melupakan sejarahnya dan masih banyak catatan serta peninggalan sejarah yang masih tersimpan baik hingga hari ini.

sejarah dan fakta berdirinya uni emirat arab
sejarah dan fakta berdirinya uni emirat arab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *