Apa Itu Pescatarian? Manfaat, Contoh Menu Serta Bahayanya

apa itu pescatarian manfaat contoh menu serta bahayanya

Pescatarian adalah salah satu gaya hidup dari vegetarian sehingga ada yang menyebutnya pesco-vegetarian. Istilah ini muncul pada tahun 1990-an dan jika dapat diartikan dengan sederhana, pescatarian adalah sebutan seseorang yang tidak makan daging selain ikan dan seafood. Karena pescatarian merupakan satu dari gaya hidup vegetarian maka tentu saja pescatarian mengkonsumsi sayur dan buah. Perbedaannya dari kedua gaya hidup tersebut adalah vegatarian benar-benar tidak mengkonsumsi semua jenis daging sementara pescatarian dapat memakan ikan dan juga produk seafood.

Pescatarian merupakan gabungan dari bahasa Italia, Pesce yang berarti ikan serta bahasa Inggris vegetarian yang artinya seseorang yang hanya mengkonsumsi produk olahan dari nabati. Dapat dilihat bahwa pescatarian berbeda dari vegetarian, biasanya banyak orang yang menjadi pescatarian karena kesehatan. Alasan lainnya seseorang menjadi pescatarian adalah langkah awal untuk menjadi vegetarian dan juga vegan, karena biasanya butuh waktu yang bertahap untuk dapat terbiasa dengan gaya hidup baru,adapula yang mengikuti gaya hidup ini karena alasan agama.

Manfaat

apa itu pescatarian manfaat contoh menu serta bahayanya manfaat pescatarian

Menurunkan Resiko Obesitas

Sebagai salah satu gaya hidup sehat yang menjadi turunan vegetarian, tentu saja pescatarian dapat membantu tubuh untuk menjaga asupan kalori. Dengan mengurangi asupan daging seperti daging sapi dan daging kambing, tubuh mengalami kenaikan berat badan yang sangat sedikit. Bagi yang mengikuti diet pescatarian maka nutrisi yang diperlukan dapat terpenuhi tidak hanya dari sayuran tapi gizi dari ikan dan seafood juga terpenuhi.

Mengurangi Resiko Penyakit Kardiovaskular

Kardiovaskular adalah penyakit yang berhubungan dengan jantung dan juga pembuluh darah. Ikan merupakan sumber omega 3 yang kaya, dimana omega 3 ini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat yang dapat menjadi penyebab penyumbatan pembuluh darah. Diet Pescatarian masih dapat mengkonsumsi ikan dan seafood artinya akan mendapatkan manfaat tersebut.

Mengurangi Tekanan Darah

apa itu pescatarian manfaat contoh menu serta bahayanya apa itu pescatarian

Mengurangi asupan daging merah dan banyak mengkonsumsi daging ikan dapat mengurangi tekanan darah. Diet sehat ini juga tentunya mengkonsumsi sayuran, dimana sayuran hijau sudah dikenal baik bagi penderita hipertensi. Selain itu banyak mengkonsumsi buah, kacang-kacang dan lainnya dapat menjadi sumber nutrisi yang menyehatkan untuk penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Mencegah Kanker

Sayuran sudah dikenal dapat memperlambat pertumbuhan kanker dengan vitamin C, vitamin E dan lainnya serta ikan yang mengandung omega 3. Perpaduan nutrisi yang baik bagi tubuh ini dapat mencegah kanker untuk tumbuh serta tubuh lebih sehat. Hal ini adalah salah satu alasan banyak yang mengikuti diet pescatarian sehingga hidup lebih sehat.

Emosional dan Psikologis

Menjalani hidup sehat sebagai vegetarian atau vegan artinya mampu menahan untuk tidak makan daging hewani. sementara salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh adalah omega 3 dan vitamin B12 kekurangan nutrisi tersebut dapat menimbulkan rasa cemas. Rasa cemas tersebut akan menimbulkan suasana hati yang tidak stabil. Walaupun vegetarian lebih kecil menimbulkan depresi namun dengan diet pescatarian dimana masih dapat mengkonsumsi ikan sebagai sumber omega 3 dapat membantu nutrisi tersebut tercukupi.

Efek Samping atau Bahaya Pescatarian

Asupan nutrisi yang baik dari sayuran, buah, kacang-kacangan dan sebagainya tentu dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi diet pescatarian ini masih memperbolehkan ikan, seafood, olahan susu dan telur untuk dimakan. Namun begitu terdapat efek samping yang menghantui diet ini. Ikan dan seafood terkadang mengandung merkuri yang tidak baik untuk tubuh, walaupun tidak semua jenis ikan dan seafood, namun kandungan merkuri ini bisa menjadi penyebab masalah kesehatan yang serius.

apa itu pescatarian manfaat contoh menu serta bahayanya pescatarian

Keracunan Merkuri

Keracunan Merkuri dapat menyebabkan gangguan pada sistem saraf dan juga penyakit lain seperti gagal ginjal. Dimana gejala awal yang ditimbulkan biasanya adalah sakit kepala, tremor, kesemutan terlebih pada aera tangan, kaki dan juga sekitar mulut. Jika gejala tersebut tidak segera ditangani secara profesional maka akan menyebabkan hal yang lebih serius seperti lemas, sulit berjalan bahkan hilang ingatan yang tentunya tidak diinginkan oleh semua orang.

Jantung

Merkuri merupakan bahan berbahaya apalagi ketika bahan ini masuk kedalam tubuh, sehingga tidak heran jika merkuri dapat menyebabkan masalah serius pada kesehatan. Mengkonsumsi ikan yang tercemar oleh merkuri dapat menyebabkan gangguan pada jantung. Hal tersebut karena merkuri dapat mengendap yang mengakibatkan gangguan pada sistem saraf sehingga menganggu kinerja jantung karena rasa nyeri di dada serta dapat menyebabkan kelainan otot pada jantung.

Ginjal

Ketika seseorang memiliki lebih banyak bahan merkuri didalam tubuh maka akan berdampak pula pada ginjalnya. Dimana gejala yang dapat diketahui berupa urine yang keluar sedikit, mual, merasakan sesak napas tanpa ada sebab yang jelas serta tubuh yang terasa lemas. Jika merasakan gejala tersebut maka sebaiknya harus di konsultasikan ke dokter sehingga tidak sampai kepada penyakit yang lebih serius lagi.

Kekurangan Vitamin B12

Selain itu diet pescatarian dapat menyebabkan kekurangan vitamin B12 yang biasanya banyak terdapat pada daging. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kelelahan, mati rasa, sesak, masalah memori dan kurangnya keseimbangan dalam tubuh. Hal tersebut tentu dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan tinggi vitamin B seperti keju, telur serta suplemen.

Contoh Menu Pescatarian

apa itu pescatarian manfaat contoh menu serta bahayanya menu pescatarian

Seorang yang mengikuti diet atau pun gaya hidup pescatarian dapat membuat banyak jenis menu dan resep untuk dinikmati. Kombinasi sayuran dengan telur atau ikan akan menjadi menu yang lezat serta menggugah selera sehingga layak dicoba. Apa saja menu makanan yang dapat dicoba?

Avocado Baked Eggs

apa itu pescatarian manfaat contoh menu serta bahannya avocado baked eggs

Buah Alpukat sudah dikenal dengan banyak nya khasiat yang terdapat didalamnya, selain itu rasa alpukat yang memiliki rasa legit dan tebal membuat perut terasa lebih kenyang. Untuk membuat Avokado Baked Eggs atau jika diartikan Alpukat Telur Panggang sangat mudah didapat serta mudah pula untuk dibuat. Alpukat dibagi dua kemudian dikeluarkan bijinya, beri air lemon, telur, garam, merica dan juga tambahkan irisan daun ketumbar secukupnya.

Setelah semua bahan diletakkan didalam Alpukat, maka siap untuk dipanggang kurang lebih selama 10-15 menit atau sampai matang. Menu ini dapat dijadikan sebagai makanan utama atau sekedar snack sehat untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Massaman Curry

Kari Massaman atau Massaman Curry yang merupakan hidangan khas dari Thailand ini dapat dijadikan salah satu menu hidangan bagi pescatarian. Hal tersebut karena bahan yang digunakan untuk membuat kari ini bisa dibilang tidak terlalu rumit karena hampir sama seperti membuat kari di Indonesia. Yang membedakan adalah, Kari Massaman ini menggunakan kentang dan juga kacang mete didalamnya tanpa ada daging ayam atau daging sapi sehingga sangat pas untuk pescatarian. Untuk menikmatinya juga bisa dengan nasi sehingga membuat perut lebih kenyang dan lebih berenergi.

apa itu pescatarian manfaat contoh menu serta bahannya massaman curry

Tilapia Panggang dengan Kulit Keju

Salah satu makanan yang menyajikan ikan untuk dikonsumsi selain itu taburan keju parmesan yang menutupi seluruh permukaan ikan menjadikan menu ini sangat lezat. Tilapia adalah jenis ikan air tawar yang banyak dapat ditemukan dipasaran, untuk membuat resep ini terbilang cukup mudah sehingga dapat langsung dipraktekan.
Sebelum dibaluri dengan keju parmesan, ikan diberi minyak zaitun serta air lemon terlebih dahulu untuk sedikit menghilangkan bau amisnya. Kemudian barulah dibaluri dengan keju dan tepung roti untuk memberikan tekstur lebih renyah. Cara ini bisa diulang beberapa kali sampai dihasilkan ketebalan yang diinginkan dari kulitnya, setelah itu dapat digoreng dengan minyak panas sebelum dihidangkan.

Pescatarian merupakan salah satu jenis diet vegetarian yang dapat menjadi langkah awal untuk para pemula ataupun dengan tujuan kesehatan. Banyak keuntungan yang didapan dengan gaya hidup ini, selain itu karena masih dapat mengkonsumsi telur, ikan dan seafood banyak contoh resep yang dapat dibuat dengan perpaduan bahan-bahan tersebut dengan sayur atau buah. Hal inilah yang menjadikan pescatarian menjadi gaya hidup atau diet yang banyak digandrungi oleh masyarakat.

apa itu pescatarian manfaat contoh menu serta bahayanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *