Perbedaan Kacang ketika Digoreng dengan Dipanggang

Camilan murah, lezat, praktis, cocok dimakan saat santai, atau sedang berkumpul bersama keluarga atau teman-teman sambil mengobrol dan menikmati acara TV favorit. Yap! Jawabannya adalah kacang. Mulai dari proses pengolahan yang bervariasi, seperti digoreng, dipanggang, atau direbus, hingga dijadikan camilan serta topping dan juga bahan campuran untuk berbagai makanan atau minuman.

Mengenal Kacang

Kacang merupakan salah satu jenis tumbuhan biji-bijian, dan bukan bagian dari sayur-sayuran, melainkan buah-buahan. Tumbuhan kacang termasuk dalam keluarga buah-buahan serta digolongkan sebagai tumbuhan berbiji tunggal atau disebut dengan monokotil.

Kacang memiliki banyak jenis, misalnya seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang polong, kacang kedelai, kacang merah, kacang arab, dan lain sebagainya. Namun, jenis kacang di Indonesia yang paling mudah ditemukan di pasaran dan harganya pun relatif murah, adalah kacang tanah. Kacang tanah memiliki beberapa sebutan, yaitu kacang una, kacang jebrol, kacang tuban, kacang bandung, kacang kole, kacang banggala, dan peanut dalam bahasa Inggris.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Kacang tanah merupakan tanaman palawija, yang tergolong dalam family Leguminoceae sub-famili Papilionoideae, genus Arachis dan Hypogea, yang berasal dari Brazilia. Kacang tanah merupakan sejenis tanaman tropika yang tumbuh secara perdu dengan ketinggian 30 hingga 50cm. Cina merupakan negara penghasil utama kacang tanah di dunia, di urutan kedua adalah India, sedangkan Indonesia berada di urutan keenam dengan hasil produksi sebanyak 1.251.000 per tahun.

Morfologi Kacang Tanah

Kacang tanah kaya akan kandungan karbohidrat dan protein, serta kandungan minyaknya yang mencapai 50%. Daun kacang tanah bersirip genap dengan anak daun yang berjumlah 4. Anak daunnya berbentuk oval yang panjangnya sekitar 2 hingga 4cm. Ketika bagian polongnya sudah cukup tua, daun-daun ini akan mulai berguguran dari bagian bawah. Lalu, setelah tanaman berumur antara 4 hingga 6 minggu, maka bunga kacang tanah akan mulai tumbuh di bagian ketiak daun.

Manfaat Kacang Tanah

Selain sebagai camilan yang cocok dimakan saat bersantai bersama keluarga dan memiliki rasa yang lezat serta harganya yang relatif murah, kacang tanah memiliki beberapa nutrisi penting yang baik bagi tubuh, seperti kaya akan protein, vitamin, dan lainnya. Berikut beberapa manfaat kacang tanah.

Meningkatkan Memori Otak

Kacang tanah dipercaya mampu meningkatkan memori otak, hal ini dikarenakan adanya kandungan resveratrol dan niacin pada kacang tanah. Kedua kandungan tersebut yang akan membantu melancarkan aliran darah ke otak, dan tentu saja akan memperkuat daya ingat anda.

Mengurangi Depresi

Depresi merupakan suatu gangguan psikologis yang menyebabkan penderitanya merasa sedih yang berkepanjangan, hilangnya minat terhadap hal-hal yang disukai, dan lain-lain. Manfaat kacang tanah berikutnya adalah dapat mengurangi depresi, hal ini disebabkan karena kacang memiliki kandungan triptofan asam amino. Kandungan tersebut akan membentuk serotonin, zat inilah yang nantinya akan memperbaiki suasana hati seseorang. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengonsumsi kacang tanah ketika sedang depresi.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Terlalu banyak memakan makanan yang tinggi lemak atau makanan cepat saji akan berpotensi meningkatkan kadar kolesterol jahat. Dalam beberapa penelitian, kacang tanah dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol, karena kandungan lemak tak jenuhnya. Lemak tak jenuh ini yang akan menurunkan jumlah kadar kolesterol jahat.

Sebagai salah satu camilan yang banyak disukai lantaran menawarkan harga yang relatif murah, rasa yang lezat, dan menjadi camilan yang praktis, serta kerap dijadikan teman santai, kacang tanah memiliki beberapa proses pengolahan. Di antaranya ialah digoreng dan dipanggang.

Kacang Goreng

Secara sederhana, kacang goreng ialah kacang tanah yang dikupas kulitnya lalu direndam dalam air panas agar hilang kulit arinya, kemudian kacang digoreng hingga matang. Proses menggoreng kacang tidak mengubah rasa atau tekstur dari daging kacang itu sendiri, melainkan hanya mengubah tekstur dan rasa cangkangnya, terlebih jika diberi tambahan bumbu.

Pengolahan

  • Siapkan bahan-bahan utama, seperti kacang tanah, bawang putih, garam, dan kaldu jamur
  • Kacang tanah haruslah direndam terlebih dahulu di air tawar agar lunak, selama kurang lebih 4 hingga 6 jam
  • Sambil direndam di air tawar, berilah garam, dan irisan bawang putih pada kacang tanah
  • Setelah selesai, jemur kacang selama 12 jam atau seharian. Namun ingatlah bahwa dalam proses penjemuran, kacang jangan sampai kering
  • Kemudian, Anda bisa menggoreng kacang bersamaan dengan pasir yang telah dibersihkan dan letakkan di atas wajan
  • Setelah itu masukkan kacang tanah yang telah dibumbui tadi dan gorenglah dengan pasir selama 20 menit
  • Lalu, pisahkan kacang dengan pasir menggunakan ayakan
  • Dinginkan dan kupaslah kulit kacang (sesuai selera)
    Catatan: Dalam proses penggorengan, kacang harus tetap diaduk agar tidak gosong

Kandungan

Kacang tanah goreng mengandung energi sebanyak 564 kkal, lemak 44,4 gram, karbohidrat 25,5 gram, protein 25,5 gram, fosfor 390 miligram, kalsium 106 miligram, dan zat besi 4,1 miligram. Tak hanya itu, kacang tanah goreng juga mengandung vitamin B1 sebanyak 0,4 miligram. Kacang goreng juga mengandung kadar sodium serta lemak tak jenuh yang tinggi. Kandungan tersebut dihitung berdasarkan penelitian terhadap 100 gram kacang goreng, dengan jumlah yang dimakan sebanyak 100%.

Kacang Panggang

Sederhananya, kacang panggang adalah kacang yang direbus setengah matang, lalu dipanggang dalam suhu rendah untuk waktu yang lama. Selain dijadikan camilan, kacang panggang juga dapat digunakan pada beberapa resep kue. Tak jauh berbeda dengan tujuan menggoreng kacang, memanggang kacang juga bertujuan dalam menambah cita rasa, aroma, tekstur, dan faktor kerenyahan dasar kacang.

Pengolahan

  • Siapkan kacang berkulit atau yang telah dikupas, garam, dan bumbu. Kacang yang telah dikupas cocok untuk selai kacang, sedangkan kacang berkulit harus dicuci terlebih dahulu agar sisa tanahnya hilang
  • Panaskan oven sampai 177 derajat celcius
  • Sebarkan kacang di atas loyang atau alas panggangan. Perhatikan bahwa kacang harus tersebar rata serta tidak menumpuk agar terpanggang secara merata
  • Setelah itu, letakkan loyang di tengah oven agar kacang terpanggang rata. Waktu untuk memanggang kacang berbeda-beda tergantung jenis kacang yang dipilih. Untuk kacang berkulit, waktu panggangnya ialah 20 hingga 25 menit. Sedangkan kacang tanpa kulit waktu panggangnya lebih sebentar, yaitu 15 hingga 20 menit.
  • Setelah matang, keluarkan loyang dari oven secara berhati-hati, karena kacang akan sangat panas
  • Dinginkan dan bumbui kacang sebelum dikonsumsi agar semakin terasa lezat

Kandungan

masakan negara apapun cairo food bumbunya

Dalam perhitungan 100 gram kacang panggang, terdapat jumlah energi sebanyak 151 kkal, karbohidrat 21,39 gram, protein 5,54 gram, kandungan lemak 5,15 gram, serat 5,5 gram, sodium 422 miligram, dan kalium 358 miligram. Kandungan kalori dan sodium pada kacang panggang jumlahnya lebih sedikit daripada kacang goreng.

Perbedaan yang paling terlihat antara kacang goreng dan kacang panggang yaitu proses pengolahannya serta kandungan nutrisi di dalamnya. Baik kacang goreng maupun kacang panggang, keduanya sama-sama dijadikan camilan lezat di waktu senggang, akan tetapi, kacang panggang menawarkan beberapa manfaat seperti mencegah alzheimer, mencegah batu empedu, mengatasi depresi, serta menghilangkan racun dalam tubuh

Meski memiliki tujuan yang sama dari proses pengolahan yang dilakukan, kacang panggang memang jauh lebih sehat dan bermanfaat daripada kacang goreng, namun bukan berarti anda dapat mengonsumsi kacang panggang dalam jumlah yang besar. Konsumsi kacang pun tetap ada batasan yang dianjurkan agar bisa merasakan manfaatnya.

Anjuran konsumsi kacang yaitu sekitar 30 gram pada beberapa hari dalam sepekan, yang artinya tidak boleh dikonsumsi setiap hari. Pada 30 gram kacang, terdapat sekitar 160-200 kalori yang berasal dari lemak tak jenuh, ganda, ataupun tunggal. Namun, jika anda menginginkan manfaat dari kacang yang lebih optimal, komsumsilah kacang mentah yang tentunya sudah dicuci dan tanpa tambahan bumbu atau garam sedikitpun. Anda ingin membaca artikel lainnya tentang kacang? Klik link berikut ini untuk membaca manfaat kacang Arab untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *