Apakah Bisa Membuat Popcorn selain dari Jagung?

Sebuah camilan selalu dibutuhkan pada saat bersantai, atau menjadi teman mengobrol. Bahkan, pada saat berkumpul dengan teman atau keluarga, atau pada saat menonton film, baik di rumah maupun di bioskop, tak lengkap rasanya jika tidak didampingi dengan camilan. Salah satu camilan yang populer di belahan dunia manapun, yaitu popcorn.

Popcorn atau berondong jagung menjadi sebuah camilan yang sangat populer, dan selalu tersedia pada saat akan menonton film di bioskop. Camilan populer ini banyak disukai karena rasanya yang lezat, renyah, dan sangat cocok untuk menjadi teman menonton film. Beragam varian rasa juga telah tersedia untuk menarik perhatian masyarakat. Rasa dari popcorn yang cukup umum ditemukan yakni original dan karamel, namun Anda juga dapat memvariasikan rasa lainnya untuk menambah kelezatan popcorn.

Popcorn biasanya selalu terbuat dari biji jagung gandum utuh, lalu akan meletus saat dipanaskan. Saat akan dibuat, popcorn selalu ditempatkan pada alat masak yang tertutup, hal ini dikarenakan biji jagung akan meletup, dan letupannya bisa berserakan di mana-mana jika tidak ditutup. Meski popcorn biasanya terbuat dari jagung, namun, bisakah membuat popcorn selain dari jagung?

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Apa itu Popcorn?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, alangkah baiknya mengetahui camilan lezat ini. Popcorn atau berondong jagung adalah jenis biji jagung khusus, umumnya tidak dapat dimakan secara langsung seperti jenis jagung lainnya seperti jagung putih atau kuning rebus.

Alih-alih dimakan langsung dari bijinya, popcorn biasanya dikupas dari bijinya dan kemudian dipanaskan dalam wajan. Popcorn membutuhkan panas untuk meletup. Sebagian besar berondong jagung akan meletup saat suhu internal kernel mencapai 400 hingga 460 derajat Fahrenheit untuk dapat menghasilkan biji yang lembut dan renyah.

Bagaimana Popcorn Dibuat?

Setiap kernel popcorn terdiri dari embrio tanaman, endosperma tepung yang memberi makan embrio, dan bagian luar yang keras disebut dedak atau lambung. Dan di dalam setiap kernel terdapat tetesan kecil air yang menjadi kunci untuk “letupannya”. Ketika terjadi uap panas pada kernel kering, tetesan kecil air akan mulai berubah menjadi uap, dan pada saat itu, tekanan akan terbentuk. Ketika bagian luar biji jagung yang keras tak lagi dapat menahan uap panas, maka kernel akan meletup. Pati di dalam kernel berubah menjadi berwarna putih halus dan renyah, kemudian disebut dengan popcorn.

Ada dua metode utama untuk meletuskan berondong jagung, yaitu metode kering dan metode basah. Metode kering menggunakan panas kering untuk meletupkan kernel, seperti api atau popper udara. Sementara metode basah membutuhkan minyak agar dapat mendistribusikan panas, dan menghasilkan letupan yang lebih merata.

Metode basah lebih banyak digunakan, baik itu popcorn yang dibuat dengan microwave, popcorn yang dijual di bioskop, dan kebanyakan popper komersial lainnya. Kernel dengan kadar air yang tepat akan mengembang sempurna dan menghasilkan tekstur ringan. Sedangkan kernel yang memiliki terlalu banyak air di dalamnya akan menjadi padat dan bergetah.

Apakah Popcorn Sehat?

Popcorn adalah biji-bijian utuh yang kaya akan serat dan memiliki kandungan antioksidan polifenol. Selain menjadi makanan ringan yang enak karena rendah lemak, popcorn juga lebih mengenyangkan daripada kebanyakan makanan ringan lainnya. Kandungan antioksidan yang tinggi pada popcorn membuatnya baik untuk sirkulasi darah dan pencernaan. Popcorn juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin B6, A, dan E, thiamin, kalsium, potasium, dan lainnya.

Popcorn termasuk camilan yang sehat asalkan diolah dan dibumbui dengan benar. Popcorn biasanya menjadi camilan yang asin atau manis, tetapi jika terlalu asin, atau menambahkan terlalu banyak gula, maka berondong jagung ini tak lagi menjadi camilan yang sehat.

Apakah Bisa Membuat Popcorn selain dari Jagung?

Popcorn umumnya dibuat dengan biji jagung gandum utuh, karena biji jagung tersebut memiliki kernel yang dapat meletup dan kemudian menghasilkan popcorn atau berondong jagung. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa terdapat banyak biji-bijian yang dapat digunakan untuk membuat popcorn selain jagung?

Biji-bijian yang bisa digunakan sebagai pengganti jagung antara lain yaitu sorgum, quinoa, dan amaranth adalah opsi terbaik untuk menjadi alternatif pengganti jagung terbaik selain popcorn karena dapat mengembang dan meletup seperti aslinya. Sementara biji-bijian lainnya termasuk millet, buckwheat, barley, cauliflower, water lily seeds, wheat berry, dan kale chips juga dapat dijadikan pengganti jagung.

Meski demikian, tidak semua jenis biji-bijian yang disebutkan sebelumnya akan menghasilkan hasil terbaik seperti jagung untuk membuat popcorn. Akan tetapi, biji-bijian tersebut banyak di antaranya menghasilkan rasa yang sama lezatnya. Sebagian besar biji-bijian tidak benar-benar meletup seperti biji jagung ketika dimasak dengan suhu panas, jadi istilah yang lebih tepat adalah “kembung” karena, biji-bijian mengembang melalui elemen panas yang diaplikasikan.

Pengganti Popcorn Terbaik

Anda mungkin ingin mencoba menggantikan biji jagung dengan biji-bijian lainnya untuk menikmati popcorn, atau mungkin Anda memiliki alergi terhadap jagung atau lainnya. Kabar baiknya, terdapat beberapa biji-bijian yang enak dan cocok sebagai pengganti popcorn, bahkan beberapa di antaranya dapat meletup layaknya biji jagung.

Sorgum

Sorgum menjadi salah satu dari beberapa jenis biji-bijian yang dapat meletup seperti berondong jagung. Sorgum mirip dengan popcorn, selain itu, sorgum juga rendah lemak namun tinggi serat. Biji-bijian sereal ini merupakan sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik. Sama halnya dengan biji jagung gandum utuh, biji sorgum dapat meletup Ketika diletakkan di atas elemen panas seperti kompor atau microwave. Setelah biji ini diletupkan, sorgum akan terlihat seperti popcorn namun dengan ukuran yang lebih kecil.

Memiliki bentuk yang mirip, biji sorgum akan mudah ditebak serta biji ini juga memiliki tekstur yang serupa dengan popcorn. Meski berondong jagung yang biasa anda konsumsi umumnya memiliki rasa netral, berbeda dengan sorgum, biji ini terasa agak manis. Akan tetapi, sama dengan popcorn, sorgum juga dapat dibumbui dengan campuran bumbu favorit Anda.

Quinoa

Biji-bijian ini bisa dipetik, namun saat dipetik, ukurannya akan berbeda dengan quinoa sebelum dipetik. Ketika biji quinoa muncul, bijinya menjadi sedikit lebih besar dari quinoa yang tidak dipetik. Sayangnya, quinoa tidak dapat mengembang seperti halnya popcorn dan sorgum, tetapi biji quinoa dapat meletup dengan menggunakan metode kompor.

Biji quinoa yang dipetik kurang kenyal, tetapi bertekstur ringan dan renyah dengan rasa seperti kacang yang lezat. Sama seperti popcorn, biji quinoa bisa dibumbui dengan bumbu yang manis atau gurih. Quinoa juga diketahui bebas gluten, biji ini juga kaya akan protein, tetapi memiliki kalori yang lebih tinggi dibandingkan dengan popcorn. Sebagai perbandingan, secangkir popcorn hanya mengandung 31 kalori sedangkan quinoa dalam jumlah yang sama mengandung hampir 280 kalori.

Jika Anda menginginkan alternatif lain untuk menikmati camilan dengan bentuk yang hampir serupa dengan popcorn, biji quinoa dapat menjadi pilihan dengan kandungan nutrisi yang serupa. Akan tetapi, jika Anda menghindari jumlah kalori yang tinggi, sebaiknya quinoa dihindari.

Amaranth

Selain popcorn, terdapat biji lain yang dapat mengembang serta dapat dinikmati sebagai camilan anda adalah amaranth. Biji ini dapat mengembang layaknya popcorn, namun ukurannya tidak sebesar berondong jagung. Anda dapat membuat biji ini mengembang dengan memasukkannya ke dalam microwave atau panci.

Amaranth memiliki tekstur serta rasa yang berbeda dengan popcorn. Biji ini memiliki tekstur yang lebih lembut serta rasa yang sedikit pedas. Tetapi jangan khawatir, karena amaranth juga bisa dicampur dengan bumbu favorit anda untuk menikmatinya sebagai camilan.

Amaranth kaya akan serat dan protein. Biji ini juga merupakan sumber mineral yang baik seperti besi, fosfor, dan magnesium. Akan tetapi, amaranth lebih tinggi kalori daripada popcorn. Anda bisa menjadikan amaranth sebagai pilihan, namun perhatikan kandungan kalori yang lebih tinggi.

Millet

Millet adalah biji-bijian berbentuk bulat kecil yang dapat muncul dan berhembus dengan cara yang sama seperti berondong jagung. Untuk membuatnya sebagai pengganti kompor, anda bisa memanaskan wajan di atas kompor, lalu tambahkan beberapa millet kering ke dalamnya. Kocok millet di atas kompor hingga terlihat butiran kecil yang muncul.

Millet dapat meletup seperti berondong jagung, tetapi ukurannya jauh lebih kecil. Millet memiliki rsa pedas yang enak sehingga akan cocok bagi Anda yang ingin menikmati camilan dengan rasa yang sedikit pedas. Biji ini juga bebas gluten, kaya protein, dikemas dengan antioksidan, dan memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi.

Buckwheat

Meski ukurannya lebih kecil, buckwheat atau soba juga bisa meletup seperti berondong jagung. Saat meletup, biji ini akan terlihat seperti popcorn yang sangat kecil atau terlihat seperti nyaris pecah. Biji soba yang muncul sangat renyah dan ringan serta memiliki rasa pedas dan bakar yang luar biasa.

Buckwheat rendah akan kandungan kalori dan karbohidrat. Biji soba ini juga bebas gluten, kaya serat, vitamin, dan mineral. Jika Anda mencari alternatif lain untuk menggantikan popcorn namun dengan kandungan kalori serta karbohidrat yang rendah, maka buckwheat bisa menjadi pilihan yang tepat.

Barley

Barley tidak terlihat seperti popcorn, tapi rasanya cukup mirip. Saat Anda memanaskan barley, biji ini akan mengembang dan pecah. Namun, barley tidak seperti popcorn dengan berat yang ringan dan renyah, barley puff lembut dan kenyal. Untuk membuat puff barley, Anda bisa melakukannya seperti saat membuat berondong jagung, yakni dengan memasukkan segenggam barley ke dalam wajan.

Biji barley memiliki rasa berasap dan pedas. Barley juga rendah kalori dan tinggi serat, dan merupakan sumber vitamin B yang baik. Tetapi sayangnya, barley memiliki kandungan gluten yang tinggi. Maka dari itu, biji barley mungkin akan menjadi pertimbangan bagi Anda untuk menjadikannya camilan pengganti popcorn, terutama bagi Anda yang menghindari makanan dengan kandungan gluten yang tinggi.

Cauliflower Popcorn

Cauliflower Popcorn tidak menjadi pengganti popcorn yang paling serupa dalam hal rasa dan tekstur. Akan tetapi, Cauliflower Popcorn menjadi pilihan yang paling sehat. Sayur silangan ini akan sangat mengenyangkan, serta dipenuhi dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Cauliflower popcorn kaya akan kandungan serat, vitamin B, serta mineral dan antioksidan. Cauliflower popcorn juga sangat rendah akan kandungan kalori, tetapi menawarkan kandungan protein yang tnggi, sehingga saat mengkonsumsinya, dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Untuk membuat popcorn dengan cauliflower popcorn, Anda dapat memotong kuntum menjadi potongan seukuran berondong jagung, lalu dibumbui dan disiram sedikit minyak zaitun. Cauliflower akan siap dipanggang dalam oven dan tunggu hingga renyah untuk dapat dinikmati.

Water Lily Seeds

Water lily seeds atau biji teratai air tidak dapat dengan mudah ditemukan secara luas seperti sebagian besar daftar pengganti popcorn, tetapi biji ini juga dapat menjadi pilihan pengganti popcorn yang tepat, sebab water lily seeds dapat mengembang layaknya popcorn serta memiliki tekstur yang mirip.

Biji teratai air yang mengembang akan terasa renyah, ringan, dan dapat ditambahkan dengan campuran bumbu sesuai keinginan Anda. Terlepas dari kesamaan tekstur dan rasa, biji teratai dikatakan lebih sehat daripada popcorn karena mengandung lebih sedikit lemak dan lebih banyak protein.

Wheat Berries

Wheat Berries atau beri gandum, namanya merujuk pada bagian yang dapat dimakan dari biji gandum utuh. Meskipun beri gandum tidak dapat mengembang layaknya popcorn, akan tetapi biji ini dapat retak ketika dipanaskan dan akan menjadi camilan yang sehat dan renyah.

Rasa dari wheat berries ini pedas dan ringan, tetapi anda bisa membumbui beri gandum hanya dengan garam agar terasa seperti popcorn. Tak hanya itu, anda juga bisa membuat beri gandum menjadi camilan yang manis dengan menambahkan campuran madu dan kayu manis.

Kale Chips

Kale Chips atau keripik kale dapat menjadi camilan luar biasa sebagai pengganti popcorn meskipun tidak memiliki tekstur dan rasa yang sama layaknya popcorn. Berbeda dengan keripik kentang yang banyak disukai, keripik kale kaya akan serat dan antioksidan. Keripik hijau ini renyah dan kenyal dan rasanya luar biasa jika dibumbui dengan tepat.

Bumbu Terbaik Untuk Masakan Ternikmat

Keripik kale juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih tinggi daripada popcorn. Tak hanya itu saja, keripik ini jjuga rendah kalori, bebas lemak, dan kaya serat, antioksidan, serta berbagai vitamin dan mineral, sehingga dapat dijadikan camilan lezat dan sehat.

Sebagai kesimpulanya, popcorn bisa dibuat dengan biji-bijian lainnya, tetapi dengan syarat, biji-bijian harus mengandung pati, sedikit air (tidak perlu banyak), dan memiliki kulit yang relatif tebal. Biji-bijian akan “meletus” saat air dipanaskan hingga menjadi uap, dan tekanan di dalamnya melebihi kekuatan sekam. Sorgum, gandum, barley, dan banyak biji-bijian lainnya akan meletup, jika dimasak dalam kondisi yang tepat.

Selain itu, biji-bijian lainnya, meskipun beberapa di antaranya tidak dapat meletup layaknya popcorn, tetapi biji-bijian seperti yang disebutkan di atas, dapat menjadi camilan alternatif pengganti popcorn dengan menawarkan rasa lezat dan unik, serta kandungan nutrisi yang bervariasi.

Camilan memang menjadi teman santai yang nikmat yang bisa Anda konsumsi kapan pun. Maka dari itu, perlu untuk mengetahui camilan lezat lainnya seperti camilan lebaran antimainstream untuk teman santai, yang bisa Anda baca dengan klik link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *