8 Jenis Kacang Termahal Di Dunia!

Kacang bisa menjadi salah satu cemilan sehat yang bisa kamu konsumsi, baik saat di kantor atau sekedar menjadi teman santai untuk menikmati hari. Kenapa? Karena kacang adalah salah satu makanan padat paling bernutrisi yang menawarkan kombinasi bagus antara lemak esensial, serat, protein, serta karbohidrat.

Namun tahukah kamu? Bahwa ada beberapa jenis-jenis kacang yang memiliki harga sangat fantastis, bahkan ada yang mencapai harga setengah juta untuk 1 Kilogram kacang.
Lantas kacang apa sajakah yang menyandang kacang paling mahal di dunia? Berikut ulasannya:

Macadamia

Kacang Macadamia

Kacang Macademia adalah kacang yang berasal dari Australia. Nama “macadamia” sendiri berasal dari Dr. John Macadam pria berkebangsaan Inggris yang datang ke Australia. Di bagian timur laut Australia, kacang macadamia dinikmati oleh masyarakat Aborigin. Mereka menyebut pohon macadamia dengan nama “Kindal Kindal”. Sedangkan dalam bahasa Arab kacang ini disebut dengan المكسرات المكاديميا (almukasarat almakadimia).

Meskipun berasal dari Australia, namun kacang ini pertama kali diperjual belikan di Hawai. Dan sekarang telah dibudidayakan di Amerika Latin dan Afrika Selatan.

Alasan kacang macadamia dibandrol dengan harga yang mahal adalah kacang ini memiliki proses yang lama sebelum dapat dipanen dan diolah. Butuh waktu sekitar 7-10 tahun untuk pohon Macadamia bisa menumbuhkan kacang. Dan rata-rata para petani hanya melakukan panen sebanyak lima sampai enam kali setahun, dengan cara memetiknya secara langsung. Sebab itu lah kacang ini di bandrol dengan harga yang mencapai 680 Ribu / Kilogram.

Selain itu, kacang ini juga dikenal memiliki kandungan lemak yang banyak, dibandingkan kacang lainnya. Lemak yang terkandung tentu saja lemak yang bebas kolesterol dan mengandung asam palmitoleic. Asam palmitoleic ini baik untuk metabolisme tubuh dan membantu mengendalikan kadar insulin.

Pine Nuts

Kacang Pinus Matang

Kacang Pinus adalah biji yang berasal dari pohon pinus, dikenal sebagai ‘pignon’ dalam bahasa Prancis dan ‘pinones’ dalam bahasa Spanyol. Sedangkan dalam bahasa Arab kacang ini disebut dengan الصنوبر (alsanawbar)

Kacang ini boleh dimakan, baik secara mentah ataupun setelah di panggang, rasanya renyah dan cenderung manis sehingga cocok menjadi camilan. Bahkan beberapa suku Amerika Utara menjadikan kacang ini sebagai makanan pokok. Sedangkan negara yang paling banyak memproduksi kacang pinus ia lah China dan Italia. Kacang ini banyak digunakan dalam hidangan arab, salah satunya yakni Kibbeh dan Samosa

Namun untuk mendapatkan rasa enak dari kacang tersebut, kamu harus mengeluarkan biaya yang lumayan besar, yakni sekitar 640 Ribu / Kilogram. Hal ini karena disebabkan diantara banyaknya jenis pohon pinus di dunia, hanya ada sekitar 18 pohon yang layak untuk di panen bijinya. Belum lagi, pohon-pohon tersebut membutuhkan waktu 6 hingga 8 tahun untuk tumbuh dan tambahan 2 sampai 3 tahun untuk dapat di panen.

Pistachio

Kacang Pistachio

Kacang Pistachio tergolong jenis kacang yang cukup unik, yang di balut dengan kulit yang keras. Berasal dari biji buah Pistacia Nama Pistachio diambil dari Bahasa Persia yakni Pisteh yang memiliki arti makanan terpandang, sedangkan dalam bahasa Arab kacang ini disebut dengan فستق (fasataq). Vera yang banyak tumbuh di daerah Timur Tengah, Persia, Turki, hingga Iran dan paling sering digunakan untuk membuat Baklava, yakni dessert khas Timur Tengah.

Kacang ini juga kaya akan protein, serat dan potasium di dalamnya yang akan memberikan rasa kenyang lebih lama juga banyak manfaat lain bagi tubuh. Ini lah yang membuat Pistachio kini menjadi salah satu jenis kacang paling populer di Indonesia. Untuk harganya sendiri terbilang cukup malah yakni mulai dari Rp 500 ribu untuk 1 Kilogram Pistachio

Almond

kacang almond

Tanaman almond berasal dari Asia Barat dan ditanam secara komersial di Kalifornia (Amerika Serikat). Pohonnya dapat tumbuh dengan baik di daerah yang hangat, kering, atau di dekat pantai. Kacang yang sering kita jumpai dalam coklat, ataupun kue ini merupakan makanan yang populer di Amerika. Selain karna rasanya yang enak, kacang almond juga mengandung banyak nutrisi, seperti serat pangan, lemak tak jenuh, dan beberapa jenis vitamin serta mineral lainnya. Di Arab kacang ini dikenal dengan nama الجوز اللوز (aljawz allawz)

Kamu perlu perlu menyiapkan uang sekitar 250-300 ribu jika ingin menikmati satu kilo kacang Almond. Harga ini tentu terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan harga kacang pada umumnya, namun rasanya yang enak tidak akan membuat kamu kecewa.

Chestnut

Chestnut

Chestnut atau yang biasa di kenal dengan kacang kastanye ini berasal dari pegunungan Eropa dan Asia, yang kemudian dibawa ke Australia oleh penambang Cina tahun 1850. Populasi chestnut meningkat seiring dengan migrasinya orang Eropa ke negara benua itu. Di Arab kacang ini dikenal dengan nama جوز الكستناء (jawz alkustuna’)

Buah dari pohon ini berbentuk bulat dengan dan terbungkus oleh duri-duri yang berwarna hijau. Di dalam buah yang berselimuti duri ini terdapat dua sampai tiga biji kastanye.
Rasa kacang kastanye ini agak manis, dan memiliki sedikit rasa hangat yang khas. Selain itu kacang ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh karna mengandung vitamin, zat besi, kalsium, asam folat, serat, protein, dan yang pastinya rendah lemak. Untuk 1 kilogram kacang kastanye kamu harus mengeluarkan dana sekitar 225 Ribu Rupiah.

Walnut

walnut

Walnut  lebih dikenal dengan sebutan kacang kenari di Indonesa dan عين الجمل (eayan aljamal)  di Arab ini, memiliki rasa yang lezat, dan mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, seperti asam lemak omega 3 dan antioksidan. Kacang ini termasuk kedalam jenis kacang yang paling populer di dunia dengan rasa yang gurih dan enak
Untuk mendapatkan 1 Kilogram kacang ini, kira-kira menghabisnya 140-200 Ribu Rupiah.

Hazelnut

hazelnuts

Nama hazelnut mungkin sering kita jumpai dalam beberapa rasa minuman, eskrim, atapun makanan. Namun tau kah kamu? Bahwa kacang ini berasal dari Eropa dan banyak di budidayakan serta di produksi di Turki dengan nama البندق (albandaq) . Kacang ini biasa dipanen setiap tahun pada pertengahan musim gugur.

Kacang hazel memiliki kulit dengan tekstur yang berserat dan berbentuk bulat. Rasanya yang enak menjadikan kacang ini cocok untuk dijadikan cemilan, mengolahnya pun cukup mudah, dengan hanya memecahkan cangkang dan di ambil isinya, kemudian kacang ini bisa dimakan mentah atau pun dipanggang. Terlepas dari rasanya yang enak, kandungan gizi yang terdapat di dalamnya juga berlimpah, tak heran jika kacang ini di patok harga sekitar 130-200Ribu per Kilogram.

Cashew Nut

Kacang Mete

Cashew Nut yang di kenal dengan nama kacang Mete di Indonesia, dan جوز الكاجو (jawz alkajw) di Arab, berasal dari pohon jambu monyet yang tumbuh di negara tropis, aslinya pohon ini berasal dari hutan Amazon yang kemudian dibawa oleh penjelajah Portugis dan menyebar, Saat ini tanaman ini banyak dibudidayakan secara komersil di negara Brasil, Vietnam dan India.

Buah dari pohon ini dinamai jambu mete yang mana bentuknya seperti lonceng dengan warna yang kemerah-merahan, sedangkan kacangnya berasal dari biji buah yang berada diluar dengan tekstur kulit yang keras.

Kacang ini di hargai cukup mahal karena harus melalui proses yang panjang sebelum diolah dan menjadi kacang yang lezat. Proses pengolahan ini berfungsi untuk menghancurkan resin urushiol yakni zat yang dapat menyebabkan alergi pada kulit. Barulah setelah itu kacang ini bisa kita konsumsi dengan membayar sekitar 70-100 Ribu untuk 1 Kilogram.

Itu dia beberapa jenis kacang termahal di Dunia. Diantara 8 kacang diatas yang mana saja kah yang pernah kamu coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *