19 Manfaat Daun Oregano untuk Kesehatan

Daun Oregano Segar dan Kering

Daun oregano merupakan tanaman obat yang umumnya digunakan sebagai bumbu masakan di Italia, Spanyol, Mediterania, dan negara Eropa lainnya. Daun oregano sering digunakan sebagai tanaman hias, yang sebenarnya memiliki segudang manfaat kesehatan.

Banyak orang mengetahui bahwa daun oregano sering ditambahkan pada pizza atau spaghetti. Tanaman herbal ini juga sering dimasak bersama sup, atau masakan lain. Anda mungkin juga sering menemukan daun ini pada daging panggang dan lainnya. Bahkan, tidak jarang daun oregano diseduh bersama air panas sebagai minuman teh.

Di berbagai daerah, daun oregano diolah menjadi minyak organik. Ini dikarenakan minyak oregano mampu menembus dan menimbulkan kebocoran membran sel bakteri, sehingga minyak oregano terkenal bersifat antiseptik, antibakteri, antijamur, antiinflamasi, antioksidan dan lain-lain. Ini berarti minyak oregano sangat bermanfaat tidak hanya mengatasi jamur dan khamir tetapi juga berbagai penyakit karena minyak oregano mampu menghambat perkembangan berbagai bakteri jahat dalam tubuh.

Termasuk bagian dari tanaman herbal yang ada di dunia ini adalah Origanum Vulgae atau yang biasa kita sebut sebagai daun oregano. Daun dari oregano yang biasanya dimanfaatkan dalam berbagai hal. Umumnya daun oregano digukanan sebagai bumbu masakan di Italia, Spanyol, Mediterania, dan negara Eropa lainnya. Namun pada kenyataannya, daun oregano memiliki segudang manfaat yang perlu kamu ketahui. Di Indonesia sendiri daun oregano termasuk dalam rempah-rempah yang masuk klasifikasi dedaunan.

Sejumlah nutrisi penting yang terdapat di dalam daun oregano (Pot Marjoram) seperti kalsium, mangan, zat besi, vitamin A, vitamin K, dan serat. Di dalam daun ini juga terkandung senyawa penting seperti carvacrol, asam rosmarinic, dan thymol.

Daun Oregano Kering
Daun Oregano Kering

Berikut adalah 19 manfaat daun oregano untuk kesehatan:

Melawan Radikal Bebas

Daun oregano kaya akan thymol dan asam rosmarinic, di mana keduanya memiliki sifat antioksidan kuat yang mampu mengurangi stres oksidatif di dalam tubuh. Stres oksidatif adalah kondisi di mana radikal bebas berlebih di dalam tubuh, sehingga tubuh tidak dapat menetralkannya. Stress oksidatif dapat mengakibatkan kerusakan sel-sel dan DNA akibat produksi peroksida yang berlebihan.

Menenangkan Ketidaknyamanan Otot

Oregano sendiri sangat menyejukkan dan penelitian menunjukkan bahwa minyak oregano dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan otot. Dalam sebuah penelitian, carvacrol diberikan secara oral kepada tikus dan diukur terhadap pengobatan nyeri opioid. Studi tersebut menyimpulkan bahwa carvacrol menawarkan manfaat yang serupa dengan obat opioid saat menjadi lebih aman.

Meredakan Nyeri Menstruasi

Zat tertentu di dalam daun oregano diyakini sebagai obat alami bagi wanita yang mengalami nyeri ketika haid. Manfaat ini akan diperoleh jika anda mengkonsumsi daunnya sebelum rasa sakit menyerang.

Membersihkan Racun Dalam Hati

Daun oregano juga diperkaya dengan senyawa esensial seperti kalsium, mangan, vitamin K, zat besi, serat, dan sejumlah senyawa organik lainnya. Semua nutrisi ini berperan sebagai detoksifikasi tubuh, dan berguna untuk mengeluarkan racun dari hati.

Mengobati Sariawan Dan Luka

Daun oregano mengandung thymol yang memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur, sehingga mampu untuk mengobati infeksi kulit. Oleskan daun oregano yang telah ditumbuk, pada kulit yang bermasalah. Obat luar ini dapat mengatasi sariawan, luka, bisul, dan sebagainya.

Menolak Organisme Berbahaya

Jika Anda bepergian ke daerah terbelakang di dunia, Anda akan terkena organisme yang dapat menimbulkan malapetaka pada kesehatan Anda. Menghindari air mungkin tidak mencukupi. Organisme berbahaya di lingkungan alam membawa risiko tinggi, terutama jika tubuh sudah dalam kondisi kesehatan yang buruk. Penelitian telah menunjukkan bahwa carvacrol dapat mendukung respon alami tubuh terhadap penyerang beracun.

Mengatasi Sulit Tidur

Teh yang terbuat dari daun oregano juga berguna untuk mengatasi gangguan tidur, seperti insomnia. Teh herbal ini dapat menenangkan saraf dan membuat suasana hati menjadi lebih rileks sehingga terhindar dari stres.

Menghilangkan Jerawat

Untuk mengobati jerawat, cukup aplikasikan daun oregano yang telah dilumatkan pada kulit yang timbul jerawat.

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Sedikit orang yang tahu jika Oregano merupakan bentuk alami dari asam lemak omega-3, yang kita ketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung. Tak hanya itu saja, Asam lemak omega-3 juga bisa menyeimbangkan kadar kolesterol dan juga mengurangi peradangan pada sistem kardiovaskular sehingga anda terbebas dari resiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Melancarkan Pencernaan

Daun oregano yang kaya akan serat baik dikonsumsi untuk melancarkan BAB dan pencernaan. Disisi lain, kandungan senyawa penting seperti varvacrol dan thymol sangat baik untuk pencernaan serta mampu mencegah sembelit.

Mencegah Kanker

Disebabkan oleh adanya antioksidan kuat di dalamnya, oregano merupakan makanan yang mampu mencegah berbagai jenis kanker.

Menyehatkan Usus

Senyawa carvacrol dan timol yang terdapat di dalam daun oregano, memiliki sifat anti bakteri yang efektif dalam melawan bakteri patogen yang menyerang usus, kulit dan lainnya.

Mencegah Penuaan Dini

Teh oregano kaya antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan sel dan munculnya tanda penuaan dini.

Detoksifikasi Tubuh

Daun Oregano juga didalamnya banyak mengandung mangan, kalsium, zat besi, vitamin K, serat, dan juga berbagai senyawa organik lainnya. Sehingga daun ini sangatlah baik untuk detoksifikasi tubuh dan juga dapat membantu fungsi hati serta mempercepat pengeluaran toksin.

Menguatkan Sistem Imun

Kandungan vitamin A dan Mangan dalam daun oregano dikenal mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi daun oregano dapat memulihkan energy dan mencegah kelelahan kronis.

Meredakan Demam

Minyak oregano memiliki sifat penyembuh alami. Kini anda dapat membeli minyak oregano yang telah beredar di banyak tempat. Campur dengan air secukupnya, ketika mengkonsumsi minyak alami ini.

Menyehatkan Usus

Sifat anti bakteri yang terkandung dalam senyawa carvacrol dan thymol pada daun oregano sangat efektif dalam melawan bakteri pathogen yang menyerang usus, kulit dan lain sebagainya.

Apotek Hidup

Sebuah keluarga idealnya memiliki apotek hidup di rumah masing-masing. Termasuk menanam daur oregano di rumah bisa memperkaya tamanam apotek hidup kita. Sehingga ketika sangat membutuhkan daun oregano dan supply di pasaran habis, kita bisa langsung memetik di halaman rumah kita, bahkan kita juga bisa menghemat pengeluaran.

Anti-bakteri

Komponen utama dalam oregano adalah Carvacrol, Thymol, Cymene, Caryophyllene, Pinene, Bisabolene, Linalool, Borneol, Geranyl Acetate, Linalyl Acetate dan Terpinene. Oregano juga memiliki sifat anti-bakteri karena mengandung timol dan carvacrol. Keduanya merupakan senyawa organik yang penting dalam melawan berbagai bakteri yang mempengaruhi kulit, usus, dan bagian lain dari tubuh. Manfaat oregano oil (minyak oregano) terbukti lebih unggul atas beberapa antibiotik, tanpa efek samping yang berbahaya.

Banyak sekali bukan, khasiat dari daun oregano? Untuk itu segera dapatkan daun oregano, selain khasiatnya dalam menyembuhkan berbagai penyakit, anda juga dapat mencampurnya sesekali sebagai bumbu pelengkap masakan di rumah. Dibutuhkan sekitar 1000 gram oregano untuk memproduksi 1 gram minyak oregano, komoditas yang dianggap berharga selama lebih dari 2.500 tahun dalam pengobatan tradisional. Selain itu, daun oregano juga dapat anda kembangkan sebagai tanaman hias karena bentuknya pun indah seperti layaknya daun mint yang sangat cocok sebagai dekorasi tanaman gantung anda. Tunggu apalagi selagi tanaman ini telah ada dan mudah dikembangkan di Indonesia, mari kita kembangkan bersama-sama untuk menyulap harganya yang melambung tinggi menjadi lebih murah sehingga masyarakat Indonesia pun dapat merasakan khasiat dan cita rasa daun oregano.

Summary
19 manfaat Daun Oregano untuk kesehatan
Article Name
19 manfaat Daun Oregano untuk kesehatan
Description
19 manfaat Daun Oregano untuk kesehatan mulai dari membersihkan racun dalam hati, mengobati sariawan, mengatasi sulit tidur, Menguatkan Sistem Imun, Detoksifikasi tubuh, Anti-bakteri, Meredakan nyeri menstruasi, dan masih banyak lagi di artikel ini.
Author
Publisher Name
Cairo Food
Publisher Logo

Related Posts

Leave a comment