12 Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan

12 manfaat susu kambing bagi kesehatan

Tidak hanya sapi, kambing pun termasuk ke dalam salah satu hewan penghasil susu. Susu tersebut dihasilkan oleh kambing betina setelah melahirkan, dalam jangka waktu 0-3 hari. Susu kolostrum (susu yang dihasilkan oleh kelenjar susu dalam tahap akhir kehamilan dan beberapa hari setelah kelahiran bayi) yang dihasilkan kambing mengandung sangat banyak zat gizi, bahkan jika dibandingkan dengan susu sapi.

Dan tidak dapat dipungkiri bahwa susu kambing memang memiliki kandungan protein terbaik setelah telur sehingga sering dikonsumsi guna membantu penyembuhan beberapa penyakit. Selain itu, kandungan yang terdapat dalam susu kambing juga hampir mirip dengan kandungan ASI, mungkin hal ini juga lah yang menjadikan susu kambing jauh lebih unggul dibanding susu sapi.

Kandungan Nutrisi Susu Kambing

12 manfaat susu kambing bagi kesehatan kandungan nutrisi susu kambing

Dalam 100 gram susu kambing, setidaknya terkandung beberapa nutrisi penting seperti berikut ini :

  • Kalori (kcal) : 68
  • Jumlah Lemak : 4,1 g
  • Lemak jenuh : 2,7 g
  • Lemak tak jenuh ganda :  0,1 g
  • Lemak tak jenuh tunggal : 1,1 g
  • Kolesterol : 11 mg
  • Natrium : 50 mg
  • Kalium : 204 mg
  • Jumlah Karbohidrat : 4,5 g
  • Serat pangan : 0 g
  • Gula : 4,5 g
  • Protein : 3,6 g
  • Vitamin A : 198 IU
  • Vitamin C : 1,3 mg
  • Kalsium : 134 mg
  • Zat besi : 0,1 mg
  • Vitamin D : 51 IU
  • Vitamin B6 : 0 mg
  • Vitamin B12 : 0,1 µg
  • Magnesium : 14 mg

Melihat nutrisinya yang berlimpah, maka manfaat apa sajakah yang diberikan oleh susu kambing jika kita mengonsumsinya?

Manfaat Susu Kambing

12 manfaat susu kambing bagi kesehatan

Menyehatkan Saluran Pencernaan

Susu kambing mengandung prebiotik yang bernama oligosakarida yang mana juga ditemukan dalam air susu ibu (ASI). Kandungan ini mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran cerna, serta dapat memberikan efek yang hampir mirip dengan obat pencahar, namun efek yang diberikan susu kambing tidak sampai melukai saluran cerna kita.

Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan berupa asam linoleat yang terdapat dalam susu kambing dapat meningkatkan sistem imun. Namun selain itu, asam linoleat juga dapat membantu kita untuk tumbuh secara optimal serta mencegah terjadinya berbagai penyakit di dalam tubuh.

Manfaat ini juga tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa saja, melainkan juga berpengaruh terhadap anak-anak. Rutin memberikan susu kambing pada anak akan meningkatkan kekebalan tubuhnya.

Baik Untuk Pengidap Diabetes

Bagi seseorang yang mengidap diabetes, susu kambing merupakan asupan baik yang dapat dikonsumsi. Khasiat susu kambing bisa didapatkan berkat kandungan A2-Betakasein dan Asam Amino Esensial, yang mana kedua kandungan tersebut sangat baik bagi seseorang yang mengidap diabetes untuk pembentukan insulin. Untuk hasil yang maksimal, minumlah susu kambing tanpa tambahan pemanis.

Mengobati Gangguan Pernapasan

Susu kambing bisa membantu mengatasi berbagai masalah pernapasan, misalnya tuberkulosis (TB) dan asma. Hal ini dikarenakan, flourin dan betakasein yang terdapat dalam susu kambing dapat bekerja mengatasi gangguan tersebut.

Sehingga susu kambing sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita asma maupun gangguan pernapasan lainnya untuk membersihkan organ-organ dengan masalah pernapasan.

Mengobati Penderita Psoriasis

Manfaat susu kambing juga bisa dirasakan bagi sebagian orang yang menderita peradangan kulit menahun (psoriasis). Dalam beberapa kasus, penderita psoriasis yang rutin mengonsumsi susu kambing, merasakan perubahan yang signifikan, terutama setelah mereka mengganti asupan susu sapi mereka. Akan tetapi, sejauh ini belum terdapat penelitian yang menerangkan secara spesifik mengenai cara kerja susu kambing dalam memberikan manfaat ini secara rinci.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

12 manfaat susu kambing bagi kesehatan

Susu kambing kaya akan kalsium yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Bahkan beberapa kandungan lainnya juga dapat mencegah kerusakan pada tulang seperti osteoporosis. Rutin mengonsumsi susu kambing akan sangat membantu mengatasi masalah tersebut, terutama bagi para lansia.

Selain itu, terdapat asam amino triptofan yang jika dikombinasikan dengan kalsium mampu mempercepat pertumbuhan tulang dan memadatkan tulang.

Mengatasi Stress

Ketika kamu merasa stres ketika menghadapi suatu persoalan ataupun kelelahan, mengonsumsi susu kambing hangat akan membantu tubuh menjadi lebih rileks. Tak hanya itu, kandungan zinc dan magnesium pada susu kambing dapat memperkuat jaringan saraf dan membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan saraf.

Membantu Meningkatkan Kecerdasan

Jika dikonsumsi secara rutin, susu kambing dapat membantu tubuh untuk menjaga kesehatan otak agar tetap optimal. Hal ini berkat kandungan Riboflavin (Vit B2) dan B3 yang terdapat didalam susu tersebut. Karena kedua zat ini sangat bermanfaat dalam tumbuh kembang sel otak dan sel sistem saraf tubuh.

Bahkan ibu hamil juga direkomendasikan untuk mengonsumsi susu kambing karena manfaatnya yang dapat meningkatkan kecerdasan janin yang berada dalam kandungan.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Di dalam perut manusia umumnya terdapat bakteri baik yang membantu laju proses sistem pencernaan. Namun, jumlah bakteri baik ini bergantung pada jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Jika ingin meningkatkan jumlah bakteri baik dalam pencernaan, kita bisa mengonsumsi susu kambing, karena susu kambing mengandung prebiotik yang dapat meningkat jumlah bakteri baik sekaligus meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Mengobati Penyakit Batu Empedu

Batu empedu adalah timbunan cairan pencernaan yang mengeras dan memiliki ukuran serta jumlah yang bervariasi. Orang yang mengalami gejala biasanya memerlukan operasi pengangkatan kandung empedu. Namun kondisi batu empedu yang tidak menimbulkan gejala biasanya tidak memerlukan pengobatan.

Susu kambing memiliki khasiat dalam mengatasi beberapa masalah dalam tubuh. Orang-orang yang menderita penyakit jantung, epilepsi, kista fibroid, penyakit kandung empedu, dan batu empedu dapat diatasi dengan kerap mengonsumsi susu kambing.

Mengatasi Anemia

Anemia adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya sel darah merah atau sel darah merah yang tidak berfungsi di dalam tubuh. Ini menyebabkan aliran oksigen berkurang ke organ tubuh. Gejalanya dapat berupa kelelahan, kulit pucat, sesak napas, pusing, limbung, atau detak jantung cepat.

Jika kamu memiliki masalah anemia maka kamu dapat mengonsumsi susu kambing secara rutin, karena hal ini akan sangat membantu. Pasalnya, susu kambing dapat meningkatkan zat besi dalam tubuh, serta merangsang pembentukan hemoglobin baru.

Meningkatkan Produksi ASI

Kandungan kalsium pada susu kambing juga lebih banyak jika dibanding dengan susu sapi. Tanpa disadari hal ini juga dapat meningkatkan serta melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui. Terlebih jika susu kambing rutin dikonsumsi oleh wanita hamil sejak berusia 6 bulan.

12 manfaat susu kambing bagi kesehatan manfaat susu kambing

Jadi itulah beberapa manfaat yang akan diberikan oleh susu kambing jika kita rutin mengonsumsinya. Namun bagi yang memiliki riwayat alergi tertentu terhadap beberapa jenis susu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, sebelum mengonsumsi susu kambing. Semoga apa yang disampaikan dalam artikel kali ini bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *