12 Ide Olahan Stroberi

Buah stroberi adalah buah dengan warna merah cantik dan dengan rasa asam manis yang segar. Buah ini sangat serbaguna, yang tak hanya dapat dimakan langsung saja, namun juga dapat diolah ke dalam beberepa resep. Buah stroberi paling umum digunakan dalam dunia pastry terutama kue, namun minuman pun dapat dibuat dengan bahan dasar stroberi.

Buah beri ini dapat memberikan warna tampilan yang indah tergantung pada campurannya, misalnya warna merah cerah, atau warna merah muda yang khas. Saat Anda memiliki buah stroberi di rumah, cobalah untuk berinovasi dan berkreasi pada beberapa resep. Berikut adalah ide olahan stroberi yang dapat Anda coba.

Selai

Selai atau sele merupakan produk makanan yang biasanya terbuat dari sari buah atau buah-buahan yang suda dihancurkan. Selai dimasak hingga memiliki konsistensi yang kental atau setengah padat. Dengan kombinasi rasa manis dari gula dan campuran buah, selai paling cocok untuk dioleskan di atas roti tawar, atau digunakan sebagai isian dari roti manis, isian kue seperti kue nastar, pemanis minuman, misalnya es krim atau yogurt.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Terdapat banyak variasi selai, namun umumnya selai dibuat dengan buah-buahan matang namun tidak terlalu matang, dan memiliki rasa yang cenderung asam. Stroberi merupakan buah-buahan yang paling umum diolah menjadi selai. Anggur, apel, aprikot, atau pir adalah contoh lainnya dari buah yang diolah menjadi selai.

Di Indonesia, buah yang digunakan untuk diolah menjadi selai biasanya berupa buah-buahan tropis misalnya srikaya, jambu biji, nanas, pala, dan lain-lain. Selain itu, selai kacang atau yang dikenal dengan peanut butter juga umum ditemukan di Indonesia, yang terbuat dari campuran kacang tanah, mentega atau margarin.

Stroberi menjadi buah beri yang sangat cocok dijadikan selai, rasanya yang manis dan asam akan sangat cocok untuk ditambahkan pada makanan lainnya. Ini juga merupakan pilihan yang tepat untuk mengolah stroberi jika Anda memiliki stok dalam jumlah banyak. Selain itu, selai stroberi umumnya memiliki masa simpan yang lama daripada stroberi segar. Selai stroberi bisa bertahan hingga berbulan-bulan, sedangkan stroberi segar hanya dapat bertahan beberapa hari di suhu ruang.

Es krim

Tidak ada yang menolak es krim saat hari sedang terik, bukan? Es krim adalah makanan beku dan termasuk dalam salah satu jenis dessert pilihan yang dibuat dari produk susu. Es krim harus dimakan dalam keadaan dingin dan harus selalu diletakkan di dalam freezer atau lemari es, ini dikarenakan es krim dapat mencair ketika berada di suhu ruang.

Bahan-bahan yang menyertakan es krim antara lain telur, krim, dan dicampur dengan perasa, dan pematis alami maupun buatan. Salah satu variasi es krim yang populer adalah es krim stroberi. Es krim ini merupakan es krim adalah dibuat dengan perasa stroberi atau buah stroberi segar. Pembuatan es krim stroberi bisa menggunakan perasa stroberi atau stoberi segar, lalu dicampurkan dengan krim, telur, vanila, dan gula. Sebagian besar es krim stroberi akan menghasilkan warna pink atau merah muda.

Itu dibuat dengan mencampurkan stroberi segar atau perasa stroberi dengan telur, krim, vanila, dan gula yang digunakan untuk membuat es krim. Kebanyakan es krim stroberi berwarna pink atau merah muda. Es krim stroberi juga bukanlah sajian terbaru, diketahui bahwa es krim stroberi disajikan pada peresmian kedua James Madison di abad ke-18.

Selain itu, es krim stroberi termasuk salah satu dari tiga rasa es krim Neapolitan. Jadi, lain kali Anda memiliki stok stroberi di rumah, dan ingin menyantapnya dengan cara yang berbeda, buatlah es krim stroberi di rumah, bahan-bahannya pun mudah ditemukan. Anda dapat menyantapnya untuk melepas dahaga di siang hari.

Milkshake

Milkshake jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia yaitu susu kocok adalah menu minuman yang terbuat dari susu, es krim, dan sirup berperasa yang dicampur kemudian dikocok hingga berbusa. Cara pembuatan tersebut pada akhirnya digunakan untuk menyebut minuman ini. Milkshake biasanya selalu disajikan dingin, dan memiliki rasa manis dari bahan-bahan yang digunakan.

Selain dikocok dengan blender, milkshake juga dapat dikocok dengan menggunakan shaker atau gelas pengocok dengan tutup. Terdapat beberapa variasi resep dari milkshake, misalnya di Britania Raya, milkshake hanya terdiri dari susu yang dicampur dengan buah atau coklat. Sementara di Amerika Serikat, mereka membuat milkshake dengan campuran susu, es krim, buah segar, atau coklat.

Penduduk yang tinggal di Rhode Island atau negara bagian Massachusetts yang bertetangga umumnya membuat milkshake hanya dengan susu yang dikocok dengan sirup berperasa, tanpa tambahan es krim. Meski di beberapa tempat variasi resepnya selalu berbeda, namun bahan utamanya sangatlah jelas, yaitu susu. Dengan demikian, Anda dapat membuat strawberry milkshake yang lezat untuk sajian dingin.

Smoothie

Mirip dengan milkshake, smoothie adalah jenis minuman dengan konsistensi kental. Karena konsistensinya yang kental, yogurt seringkali disertakan dalam pembuatan smoothie, dan bahan lain seperti madu dijadikan sebagai pemanis alami. Secara tradisional, smoothie terdiri dari tiga bahan, yaitu beberapa cairan sebagai bahan dasar smoothie, aneka buah atau sayuran, dan es. Namun beberapa resep smoothie dapat divariasikan misalnya ditambah dengan bubuk tambahan dan yogurt.

Smoothie dikenal dengan konsistensinya yang kental, bahkan lebih kental daripada milkshake, namun rasanya tetap lezat. Kekentalan smoothie umumnya tergantung dengan rasio cairan dan padatan. Untuk membuat smoothie yang kental, biasanya jumlah cairan ditambahkan, dan sebaliknya, padatan seperti buah atau sayuran ditambahkan dalam jumlah yang lebih banyak. Dalam beberapa resep smoothie, beberapa orang mungkin menambahkan suplemen vitamin atau protein rasa untuk meningkatkan kekentalan.

Beberapa resep smoothie juga mengandung es krim atau gula tambahan dalam jumlah besar dalam bentuk madu, sirup cokelat, atau bahan tambahan lainnya. Penambahan es krim dan gula olahan dalam jumlah besar adalah bahan utama dari milkshake, karena smoothie secara tradisional tidak menambahkan susu atau gula. Anda dapat membuat minuman kental ini untuk mengolah stroberi.

Kue stroberi

Strawberry cake atau kue stroberi merupakan kue yang berbahan dasar stroberi. Buah stroberi yang digunakan bisa berupa buah segar atau beku. Stroberi bisa dijadikan apa saja dalam strawberry cake ini, bisa dicampurkan dalam adonan, dijadikan isian di antara lapisan kue, dijadikan hiasan di atas kue, atau bahkan seluruh bagiannya. Variasi kue stroberi juga ada yang menggunakan stroberi untuk frosting.

Selain itu, beberapa resep juga mungkin menggunakan gelatin rasa stroberi sebagai bahan, yang di mana hal tersebut dapat menciptakan warna merah muda yang cerah saat dicampur dengan adonan. Kue stroberi ini juga dapat disiapkan dengan berbagai cara, misalnya sebagai hidangan bebas gluten. Kue dengan stroberi sebagai bahan utamanya ini terkadang dihidangkan pada momen spesial misalnya saat Hari Valentine. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan stroberi untuk membuat kue stroberi untuk diberikan kepada pasangan Anda di Hari Valentine.

Dalam satu loyang stroberi ini, bisa menggunakan keju ricotta sebagai bagian dari adonan kue, ataupun dijadikan taburan di atasnya. Strawberry cake dapat menggunakan campuran white cake di mana bahan tambahan ditambahkan ke adonan atau di atas kue. Beberapa versi dari kue stroberi disajikan dingin, sementara yang lainnya dibekukan dan disajikan dalam keadaan beku sebagian.

Shortcake

Shortcake secara umum mengacu pada dessert dengan tekstur scone yang rapuh. Shortcake tidak sepenuhnya merupakan kue, ini lebih seperti kue bolu atau biscuit sejenis roti, yang menggunakan bakpuder atau baking powder untuk membuatnya mengembang. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan shortcake antara lain terigu, bakpuder atau baking powder, gula, krim, mentega, susu, dan terkadang menggunakan telur.

Shortcake merupakan suguhan yang diketahui berawal pada tahun 1558, dengan resep yang terdapat pada buku masak Inggris kuno. Di awal tahun 1600-an, shortcake menjadi populer ketika William Shakespeare menggunakan nama Alice Shortcake dalam “The Merry Wives Of Windsor”. Meskipun kini, istilah shortcake biasanya dipakai untuk bolu spons atau biskuit, pada resep-resep lama Amerika Serikat, shortcake adalah pastei berbentuk bundar atau potongan, yang hingga abad ke-20 masih dibuat terutama Amerika Serikat Selatan.

Ketika memiliki buah stroberi, Anda dapat membuat suguhan strawberry shortcake di rumah. Strawberry shortcake adalah dessert atau makanan penutup yang dibuat dengan shortcake. Pembuatannya melibatkan irisan buah stroberi segar yang dicampur gula dan didiamkan selama kurang lebih satu jam hingga stroberi mengeluarkan banyak sarinya.

Shortcake bisa dibuat dengan banyak lapisan kue bundar yang agak tipis dan ditumpuk satu sama lain. Lapisan kue yang paling bawah biasanya diisi dengan gula dan vanila, kemudian ditumpuk dengan kue lainnya, dengan bagian atas yang diisi dengan lebih banyak buah stroberi dan krim kocok. Di bagian teratas shortcake, buah dan krim kocok biasanya digunakan sebagai penghias.

Strawberry shortcake adalah suguhan yang paling dikenal di antara shortcake lainnya, seperti peach shortcake, bluberry shortcake, chocolate shortcake, dan dessert serupa lainnya. Saking terkenalnya strawberry shortcake, Amerika Serikat memiliki pesta shortcake sebagai perayaan panen buah musim panas. Tradisi ini diperingati setiap tanggal 14 Juni sebagai National Strawberry Shortcake Day.

Cheesecake

Bagi para penggemar keju dan stroberi, Anda dapat membuat stroberi cheesecake sendiri di rumah. Dengan rasa keju yang gurih dan asin, serta dipadukan dengan sedikit rasa asam dari buah stroberi, pastinya akan menyatu dengan sangat baik. Cheesecake ini sendiri merujuk pada desserta atau hidangan pencuci mulut dengan rasa keju lembut yang menonjol.

Ini berbahan dasar keju, terutama keju krim, namun keju cottage atau bahkan krim asam juga dapat digunakan, tergantung pada resepnya. Cheesecake memiliki tekstur yang sangat lembut dan kaya, rasanya pun terasa sangat enak, bisa berkisar dari manis hingga sangat tajam. Selain keju krim dan keju cottage, keju lainnya seperti mascarpone, ricotta, neufchâtel ataupun keju quark juga dapat digunakan.

Secara teknis, cheesecake lebih mirip seperti pai atau custard, bukan kue sama sekali. Dalam kebanyakan kasus, cheesecake terbuat kerak yang rapuh yang sering dibuat menggunakan biskuit yang dihancurkan atau kerupuk graham. Variasi cheesecake lainnya berupa cheesecake yang seperti pudding namun tanpa kerak.

Cheesecake umumnya disajikan saat dingin, dan itulah waktu terbaik saat menyantapnya. Beberapa topping seperti glasir, krim kocok, dan bahkan buah stroberi dapat digunakan. Salah satu dessert ini biasanya memberikan rasa yang lebih lezat, kaya, dan kompleks satu hari setelah dibuat, sehingga banyak juru masak yang membuat cheesecake sehari sebelum dibutuhkan. Lebih lanjut, cheesecake termasuk dalam makanan penutup unggulan di restoran di seluruh dunia.

Fraisier cake

Frasier cake merupakan dessert tradisional dan klasik khas Prancis yang biasa disuguhkan saat musim panas dan pada saat musim stroberi. Namanya berasal dari kata Prancis “Fraises” yang berarti “Stroberi”, dengan demikian, Fraisier cake merupakan dessert dengan buah stroberi sebagai bahan dasarnya. Bahan-bahan yang menyertakan fraisier cake antara lain kue bolu almond atau meringue, krim kue, dan stroberi.

Meski istilah fraisier cake ditujukan pada dessert dengan bahan dasar stroberi, namun dessert ini juga dapat dibuat dengan buah lain seperti Raspberry sebagai alternatif. Ini biasanya akan disebut dengan “Framboisier”, yang artinya Raspberry dalam Bahasa Prancis. Proses pembuatan fraisier cake seringkali rumit, ini dibuat dengan lapisan Genoise Sponge halus yang direndam dengan sirup stroberi, krim isi (biasanya Krim Mousseline), stroberi segar dan terkadang marzipan.

Donat

Donat adalah makanan yang dapat ditemukan di berbagai tempat. Pembuatan donat melibatkan bahan-bahan berupa tepung terigu, telur, gula, dan sebagainya. Adonan donat digoreng hingga mencapai kematangan yang pas. Di beberapa wilayah dan negara di seluruh dunia, topping dan rasa donat bisa sangat beragam, mulai dari coklat, tiramisu, gula halus, dan bahkan stroberi krim. Toppingnya pun bisa beragam, misalnya kacang almond, remahan kacang, choco chip, meses, keju, dan masih banyak lagi.

Terdapat dua jenis donat yang dapat ditemukan. Pertama, donat yang berbentuk cincin di mana terdapat lubang di tengahnya. Ada pula donat berbentuk bundar pipih yang biasanya diberi isian di bagian dalam, bukan di atas sajian donat sebagai topping. Berbeda dengan donat cincin, donat isian diberi isian manis seperti custard, jelly, krim, cokelat, selai, dan lain sebagainya.

Biasanya, ada dua metode utama pembuatan donat, yaitu dipanggang dan digoreng. Menggoreng akan memberi rasa donat yang lebih enak, tetapi memanggang lebih baik untuk kesehatan karena tidak mengonsumsi minyak. Oleh karena itu, banyak orang lebih suka memanggang daripada menggoreng donat buatan sendiri.

Cupcake

Cupcake merupakan kue dalam cup kecil yang dirancang khusus untuk menyajikan pada satu orang. Cupcake akan ditempatkan dalam kertas tipis kecil atau cangkir aluminium. Bahan dasar standar pada kue dalam cup ini meliputi tepung, telur, gula, dan mentega. Seperti kue dengan ukuran besar lainnya, cupcake juga didekor secantik mungkin dengan krim yang diberi topping buah, permen, dan lain-lain.

Adonan cupcake juga dapat dicampur dengan bahan lainnya, mulai dari coklat, kismis, kacang, dan buah beri yang termasuk stroberi. Ini berukuran cukup kecil yang pas dalam genggaman, sehingga saat memanggang cupcake, waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama dibandingkan dengan kue lapis biasa. Selama pemanggangan, volume adonan mula-mula meningkat karena produksi karbon dioksida, kemudian berkurang setelah pendinginan karena pelepasan gas ragi.

Jika Anda menyimpan stroberi di rumah, Anda dapat membuat dessert manis seperti cupcake ini. Cupcake merupakan dessert yang begitu populer, yang tak hanya dijadikan makanan penutup, melainkan dengan kegunaan yang lebih luas, misalnya dijadikan sebagai kue ulang tahun yang disusun dengan rapi, atau kue untuk acara khusus lainnya.

Yogurt

Yogurt, yoghurt, yogourt atau yoghourt, bagaimana pun Anda menuliskannya, istilah ini digunakan untuk mendefinisikan makanan fermentasi paling populer di dunia yang dinikmati oleh banyak negara, dan bahkan beberapa negara memiliki versi yogurtnya sendiri seperti dadih. Yogurt dibuat dengan memfermentasi bakteri susu, yang dikenal sebagai kultur yogurt.

Fermentasi gula dalam susu oleh bakteri ini menghasilkan asam laktat, yang bekerja pada protein susu untuk memberi yogurt tekstur dan rasa asam yang khas. Dalam pembuatan yogurt, susu sapi merupakan jenis susu yang paling banyak digunakan. Sementara jenis susu lainnya seperti susu kambing, kerbau, domba, unta, kuda, dan bahkan yak juga bisa digunakan. Selain itu, susu yang digunakan boleh dihomogenkan atau tidak.

Terdapat banyak rasa dari yogurt, mulai dari yogurt plain yaitu yogurt tawar dengan rasa asam yang enak dan creamy, diberi perasa tambahan dengan buah seperti peach, buah beri segar, seperti stroberi, raspberry, blackberry, atau kombinasi seluruh buah beri tersebut. Tersedia pula yogurt dengan diberi perasa buah-buahan tropis misalnya mangga.

Secara umum, yogurt memiliki konsistensi kental yang mengharuskan penikmatnya untuk menyantap yogurt dengan sendok. Namun beberapa variasi yogurt juga dapat ditemukan, misalnya yogurt cair seperti susu. Yogurt cair dapat dijadikan minuman layaknya susu. Yogurt tak hanya memberikan rasa yang enak, namun juga memberikan manfaat tambahan dari hasil fermentasi.

Mille crepe

Masak Enak Jadi Mudah

Mille Crepe adalah sajian kue Prancis klasik dekaden yang terdiri dari 14 lapis crepes tipis kertas yang dipisahkan dengan krim kue, ditambah variasi cara menyajikannya dengan cara yang berbeda hanya dengan menambahkan satu atau dua bahan. Di Indonesia, mille crepe baru-baru ini dikenal, yang dijual dengan satu potongan kecil (seperti potongan kue).

‘Mille’ berarti ‘seribu’ dalam bahasa Prancis. Kue Mille Crepe ini terbuat dari lapisan-lapisan crepes yang ditumpuk menjadi satu, dengan lapisan tipis pastry cream yang ringan di antaranya. Mille crepe dapat dibuat dengan bahan yang mudah ditemukan dan tanpa peralatan khusus, yaitu crepes dan krim pastry yang dikentalkan.

Meski dibuat dengan bahan sederhana serta tanpa peralatan khusus, membuat mille crepe dibutuhkan kesabaran, karena pembuatan mille crepe mengharuskan memanggang adonan tipis satu per satu, kemudian dilapisi dengan krim dan ditumpuk lagi dengan adonan lainnya. Mille crepe dapat menjadi pilihan tepat jika Anda memiliki stroberi di rumah.

Kegunaan stroberi hampir tak terbatas, ia dapat diolah menjadi apa saja, dan merupakan salah satu komponen penting dalam beberapa jenis kue. Berbagai minuman pun juga banyak menggunakan stroberi sebagai bahan dasarnya. Untuk itu, Anda tak perlu bingung lagi untuk mengolah stroberi, karena ini adalah buah beri serbaguna. Cari tahu 13 olahan daging saat lebaran dengan klik link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *