Ini dia Perbedaan Frangipane dan Marzipan

Frangipane dan marzipan adalah dua jenis penganan manis yang dibuat dengan bahan dasar almond, serta berbagai bahan lainnya mentega, telur, dan gula. Meskipun keduanya sering digunakan dalam dessert atau makanan pencuci mulut, ada beberapa perbedaan utama antara kedua manisan ini yang penting untuk diketahui, agar kedua bahan tersebut bisa dimanfaatkan dalam suatu hidangan secara optimal. Apa saja perbedaan frangipane dan marzipan? Simak selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Frangipane

Frangipane adalah isian kue yang terbuat dari kacang almond atau tepung almond yang ditumbuk halus. Terkadang disebut juga sebagai krim atau custard almond. Frangipane kurang lebih seperti isian pai, isian kue ini tidak pernah dikonsumsi mentah karena mengandung telur mentah. Frangipane dibuat dengan mentega, telur, gula, sedikit tepung, dan almond bubuk atau kacang almond yang ditumbuk halus. Mentega dan gula dioleskan bersamaan, lalu bahan lainnya dilipat ke dalam adonan.

Frangipane adalah pilihan klasik untuk dipasangkan dengan buah seperti ceri, plum, dan aprikot, serta pistachio atau almond. Resep frangipane juga bisa diadaptasi dengan pecan, hazelnut, hingga pasta wijen. Frangipane merupakan komponen penting galette des rois atau kue raja khas Prancis dan Pithiviers (kue bundar tertutup yang terbuat dari dua piringan puff pastry yang dipanggang). Selain itu, frangipane dapat digunakan sebagai isian kue halus.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Berlawanan dengan kepercayaan populer yang ada, frangipane tidak perlu mengandung almond, atau kacang apa pun dalam pembuatannya. Banyak orang yang justru menyarankan untuk menggunakan hazelnut daripada kacang almond, terutama pada resep yang terinspirasi dari Italia.

Kata frangipane berasal dari bahasa Italia. Kata pertama dari frangipane merujuk pada tanaman kamboja yang mana menghasilkan parfum. Sumber lainnya mengatakan bahwa nama pada frangipane atau custard almond adalah bentuk penghormatan oleh koki Paris pada abad ke-16 untuk frangipani. Frangipani atau kamboja menghasilkan parfum yang berbahan dasar bunga, yang kemudian digunakan untuk mengharumkan sarung tangan kulit.

Mengenal Marzipan

Marzipan atau dalam bahasa Belanda, Marsepein, adalah sejenis permen yang dibuat dengan mencampurkan almond yang telah ditumbuk halus dengan gula, sirup jagung, badam, dan putih telur. Marzipan dapat dibuat dengan bermacam-macam bentuk dengan ukuran yang kecil, seperti bentuk binatang, buah-buahan, peta dunia, dan beberapa marzipan ada yang dilapisi cokelat dalam bentuk loaf.

Perbedaan Frangipane dan Marzipan

Bahan Dasar

Frangipane

Frangipane adalah campuran mentega, telur, kacang almond, gula, dan biasanya sedikit tepung. Ini bukan prosedur yang rumit, membuat frangipane lebih seperti membuat adonan kue sederhana. Secara tradisional, mentega diolesi dengan gula sampai mengembang sebelum dicampur dengan bahan yang tersisa, dan jika Anda mulai dengan mentega lunak.

Marzipan

Dua bahan dasar marzipan yaitu almond dan gula, namun bisa juga ditambahkan perasa atau pewarna makanan. Selain bahan dasar tersebut, marzipan memiliki bahan dasar dan jenis yang bervariasi dari satu negara ke negara lainnya. Marzipan gaya Eropa tidak mengandung putih telur, hingga menjadi marzipan vegan. Di Amerika Serikat, marzipan adalah makanan manis bertekstur halus yang siap dimakan, tidak seperti pasta almond.

Sejarah

Frangipane

Frangipane berasal dari Italia; namanya berasal dari frasa frangere il pane, yang memiliki arti “memecahkan roti”. Ada lebih dari satu cerita tentang bagaimana dan kapan frangipane muncul, tetapi banyak yang berpendapat bahwa frangipane berasal dari anggota keluarga Roman Frangipani, yang menurut legend membagikan roti kepada orang miskin.

Sebagian besar sumber mengaitkan ide tersebut dengan seorang bangsawan Romawi bernama Marquis Muzio Frangipani yang memerintah pada tahun 1610 hingga 1643. Keluarga Marquis Muzio Frangipani menjabat sebagai pembuat parfum Raja Louis XIII dari Prancis.

Semua busana yang dikenakan oleh kaum bangsawan pada saat itu sangat wangi, terutama sarung tangan. Frangipane memperkenalkan sarung tangan kulit yang sangat harum dengan aroma almond pahit. Sarung tangan ala Frangipani ini sangat populer sehingga kemudian para koki pastry Prancis terinspirasi untuk memasukkan aromanya ke dalam krim pastry. Kemudian, resep frangipane pertama kali muncul di sebuah buku masak antara tahun 1674 dan 1756.

Marzipan

Asal-usul marzipan tidaklah jelas, ada yang mengatakan bahwa marzipan berasal dari Persia, tetapi beberapa mengklaim bahwa itu berasal dari Italia, Prancis, atau Spanyol. Namun faktanya, marzipan sangat populer di Spanyol, sehingga para penduduk di sana membawanya ke Amerika. Satu hal yang jelas adalah bahwa marzipan menjadi populer karena penggunaannya selama natal. Anda akan menemukan suguhan marzipan berlapis cokelat sepanjang tahun pada saat natal.

Namun pada dasarnya, marzipan adalah bahan yang sangat baik untuk membuat segala macam dekoratif, dan, tidak seperti fondan komersial. Selama anda menyukai almond, rasa marzipan cukup enak. Anda bisa membeli marzipan yang sudah jadi atau membuatnya sendiri menggunakan tepung almond dan gula.

Rasa

Frangipane

Frangipane memiliki rasa almond yang kuat, karena memang mengandung almond di dalamnya. Isian kue ini juga menawarkan rasa mentega dengan rasa yang kurang manis. Frangipane adalah isian kue manis yang terbuat dari pasta almond, gula, mentega, telur, dan terkadang brendi atau rum. Ini adalah isian populer untuk tar dan kue, dan sering digunakan untuk membuat hidangan penutup Prancis klasik, yaitu Galette des Rois atau king cake.

Marzipan

Marzipan adalah penganan yang terbuat dari almond, dan tentulah rasanya seperti almond, tetapi marzipan memiliki rasa unik lainnya yaitu rasa manis yang membedakannya dengan makanan penutup lainnya. Tekstur marzipan halus dan lembut namun sedikit rapuh pada saat bersamaan, hal tersebut memberikan tekstur dan rasa yang menarik.

Jenis

Frangipane

Dalam hal jenisnya, terdapat versi frangipane yang perlu diketahui. Pertama, versi Prancis klasik didasarkan pada crème pâtissière, yaitu krim pastry kental menyerupai custard yang dibuat dengan telur, tepung, mentega, susu, dan gula, yang kemudian dipadukan dengan almond bubuk.

Untuk membuat frangipane yang cepat dan mudah tanpa masak, anda bisa mengocok beberapa bahannya bersama dengan telur, gula, mentega, dan tepung. Sementara versi frangipane yang lain adalah frangipane vegan yakni dibuat tanpa menggunakan bahan seperti telur atau susu. Ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mengubah pola makan.

Marzipan

Marzipan Jerman

Di Jerman, tempat yang terkenal dengan marzipannya adalah kota Lübeck di Jerman utara, yaitu Lübecker Marzipan. Kualitas marzipan di Jerman ditentukan oleh perbandingan gula dan bahan baku marzipan yang disebut Marzipanrohmasse yang tidak boleh lebih dari 1:1. Artinya, semakin tinggi jumlah almond, semakin baik pula kualitas marzipan. Marzipan Jerman sering kali dibuat dengan bentuk menyerupai sepotong roti, atau menjadi kentang marzipan. Pada saat tahun baru, marzipan dibentuk menjadi anak babi dengan daun semanggi untuk mengharapkan keberuntungan.

Marzipan Inggris

Di supermarket Inggris, marzipan dijual dalam dua jenis, marzipan putih dan emas. Marzipan putih adalah jenis marzipan yang disukai karena dapat diwarnai dengan pewarna makanan, dan juga dapat digunakan untuk membuat dekorasi kue tiga dimensi seperti buah atau sayuran. Sementara marzipan emas banyak digunakan untuk menutupi kue, seperti kue Battenburg dan kue buah Natal tradisional Inggris.

Marzipan Prancis

Marzipan Prancis atau massepain adalah marzipan yang dibuat dengan mencampurkan almond bubuk dan sirup gula. Sehingga, tekstur yang dihasilkan lebih halus dengan rasa yang kurang manis dibandingkan dengan marzipan Jerman. Tekstur marsepein jauh lebih padat dan dapat dipotong menjadi bentuk yang tidak merubah bentuknya. Marsepein ini lebih baik daripada versi Jerman saat dimasak. Karena teksturnya yang padat, membuat marzipan Prancis ideal untuk kue tar dan kue kering lainnya di mana desain rumit harus tetap utuh bahkan setelah dipanggang.

Kegunaan pada Makanan

Frangipane

Frangipane banyak digunakan pada pembuatan kue Prancis, terutama pada kue yang disebut Galette des rois atau kue Epiphany, yang mengandung kacang fava kering, sehingga menjadikan orang menemukan kacang tersebut sebagai raja atau ratu. Maka kue tersebut dikenal dengan sebutan kue raja.

Frangipane juga digunakan untuk isian Pithiviers, yaitu pai yang dibuat dengan puff pastry dengan pola berbentuk spiral. Selain itu, beberapa kue Eropa juga menggunakan frangipane, terutama sebagai isian kue tar. Makanan khas Inggris yang terkenal dengan frangipane adalah Bakewell tart, yaitu variasi puding Bakewell yang berasal dari kota Bakewell di Derbyshire, Inggris.

Marzipan

Pada dasarnya marzipan mudah dibentuk, sehingga Anda akan dengan mudah menggunakan marzipan sebagai bahan dekorasi kue. Marzipan juga dapat digunakan untuk membantu kue menjadi tahan lama seperti kue buah, dan mempertahankan kelembabannya alih-alih menjadi basi. Tak hanya itu, marzipan dapat dijual sendiri dalam bentuk permen, versi yang paling umum adalah marzipan dengan bentuk buah, yang dilapisi cokelat dan dijual dalam nampan, serta dibentuk dan diwarnai agar terlihat seperti apel, jeruk, lemon kecil, dan lain-lain.

Variasi Resep

Frangipane

Anda dapat membuat tepung almond di food processor jika memiliki almond utuh atau cincang. Mulailah mengolah almond hingga menjadi bentuk tepung halus, lalu anda bisa tambahkan sisa bahan hingga tercampur rata. Anda bisa menggunakan pasta almond untuk menggantikan tepung almond bubuk.

Marzipan

Setiap resep marzipan bervariasi tergantung pada wilayah, namun bahan yang pasti ditemukan pada marzipan adalah almond dan gula yang direbus. Kedua bahan tersebut dicampur dan ditumbuk hingga menjadi pasta, dengan lemak alami dari almond menciptakan emulsi yang kaya. Marzipan juga bisa ditambahkan pemanis seperti madu, ekstrak almond, atau bahkan air mawar.

Cara Membuat

Frangipane

Frangipane sangat mudah dibuat di rumah. Yang paling pertama, Anda akan membutuhkan telur, gula, mentega, tepung almond (baik yang dibeli di toko atau membuatnya sendiri di rumah), tepung serbaguna, serta ekstrak almond dan vanila. Mulailah dengan mengocok mentega dan gula secara bersamaan, kemudian campurkan sisa bahan lainnya hingga tercampur dengan baik.

Marzipan

Sebagian besar resep marzipan dibuat dengan langkah yang sederhana, yaitu hanya dengan merebus almond, memasukkannya ke dalam food processor, menambahkan pemanis, dan mengaduknya hingga halus. Setelah marzipan selesai dibuat, Anda bisa menggunakan plastik atau aluminium foil unruk membungkusnya, kemudian simpan di tempat kering atau pada suhu ruangan.

Tips Penyimpanan

Frangipane

Tips penyimpanan frangipane berbeda tergantung pada jenisnya. Frangipane yang terbuat dari telur mentah, harus didinginkan serta digunakan sesegera mungkin di hari yang sama. Pada frangipane vegan, setelah dibuat tidak harus langsung digunakan, melainkan dapat disimpan di lemari es, atau dibekukan hingga kurang lebih 6 bulan.

Marzipan

Bumbu Terbaik Untuk Masakan Ternikmat

Karena bahannya yang relatif stabil, marzipan dapat disimpan, tidak dibuka, selama berbulan-bulan pada suhu kamar. Setelah anda membukanya, marzipan bisa bertahan hingga tiga minggu. Selain itu, karena minyak yang terkandung dalam kacang almond, marzipan sebaiknya disimpan pada wadah kedap udara di tempat yang sejuk dan gelap seperti lemari es agar tidak menimbulkan bau tengik.

Setelah dibuka, marzipan yang diproduksi secara komersial tidak mudah mengering dibandingkan marzipan buatan sendiri. Jika mengering, marzipan tidak dapat dihaluskan kembali, namun masih tetap bisa digunakan. Teksturnya memang berubah, tetapi marzipan masih bisa dimakan atau ditambahkan ke topping untuk kue kopi atau muffin, atau taburkan di atas es krim.

Frangipane dan marzipan keduanya terbuat dari almond dan digunakan dalam makanan penutup. Marzipan memiliki tekstur yang lebih padat daripada frangipane dan lebih banyak digunakan untuk keperluan dekoratif pada kue. Sedangkan frangipane digunakan sebagai isian dan harus dipanggang terlebih dahulu.

Fakta lainnya adalah bahwa frangipane dan marzipan tidak dapat saling menggantikan. Namun, keduanya dapat dibuat sendiri di rumah, yang mana hal tersebut menjadi cara tercepat untuk menggunakannya. Itulah perbedaan frangipane dan marzipan, meski berbahan dasar almond, namun keduanya jelas berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *