Ini dia Alasan Kenapa Gaji Chef Mahal

Bekerja sebagai chef memang menyenangkan, karena seorang chef tidak hanya bertugas dalam membuat hidangan, tetapi juga dituntut untuk menjadi seseorang yang kreatif. Di samping itu, seorang chef juga memiliki jenjang karir yang memungkinkan Anda mendapatkan penghasilan yang lebih baik. Jika Anda bertanya-tanya “Mengapa gaji chef mahal?” Penjelasan di bawah ini akan menjawab pertanyaan Anda.

Tanggung Jawab Chef

Tanggung jawab seorang chef biasanya berbeda sesuai dengan posisi yang diambil. Seorang chef biasanya memulai jenjang karier mereka dari posisi paling awal, atau entry level, atau yang biasa dikenal dengan commis chef. Mereka memiliki jenjang karier hingga posisi teratas, yaitu head chef. Posisi ini bertugas untuk mencicipi makanan dan memastikan bahwa makanan telah memenuhi standar, ia juga bertugas dalam menambahkan bumbu, serta mengawasi pembuatan hidangan. Lebih lanjut, tugas seorang chef biasanya meliputi:

  • Mengawasi operasional dapur
  • Mengelola persediaan dan anggaran bahan makanan
  • Mempekerjakan dan melatih staf dapur
  • Mengelola hubungan vendor
  • Membuat menu
  • Menjaga kontrol kualitas hidangan dan teknik memasak
  • Mengawasi penggunaan standar keselamatan
  • Mensurvei pelanggan tentang layanan dan kualitas

Jenjang Karier Seorang Chef

Jika Anda ingin berkarier sebagai seorang chef, ketahuilah bahwa chef memiliki jenjang karier. Dapur komersial biasanya memiliki staf yang berbeda untuk melakukan tugasnya masing-masing. Ada posisi seorang chef yang bertugas dalam menyajikan beragam makanan dengan memenuhi standar tinggi dalam hal rasa serta keamanan makanan. Selanjutnya, terdapat chef yang bekerja menjaga ketertiban serta memastikan seluruhnya berjalan sesuai standar.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Sistem brigade kitchen atau jenjang dapur diatur mengikuti latar belajar sejarah di Eropa, sehingga terjadi perubahan pengaturan layanan makanan serta tambahan untuk posisi chef. Namun dari semua itu, dapur komersial tetap memiliki chef level utama. Berikut posisi chef dalam sistem brigade kitchen.

Executive chef (Group Chef)

Dalam grup restoran skala besar, biasanya terdapat posisi Executive chef atau group chef. Seseorang dengan posisi ini bertanggung jawab atas dapur yang terkelola dan menyiapkan sedikit makanan. Sementara pada restoran yang lebih kecil, posisi ini disebut dengan chef de cuisine.

Chef de Cuisine

Posisi ini bisa disebut juga dengan head chef, yang merupakan posisi tertinggi dari seorang chef namun pada restoran dengan skala kecil. Chef de cuisine bertanggung jawab dalam mengelola menu, memastikan bahan makanan tersedia, serta mengatur anggaran dan staf dapur. Dalam skala restoran yang lebih besar, posisi ini tidak banyak terlibat dalam persiapan makanan.

Sous Chef

Sous chef adalah orang yang bekerja di dapur dan melapor langsung ke chef de cuisine atau chef eksekutif. Sous chef bertugas memastikan bahwa seluruh aktivitas dapur berjalan dengan lancar, posisi ini juga bertanggung jawab untuk memesan bahan-bahan untuk restoran, menjaga ketertiban dan kebersihan dapur, mengawasi tugas semua juru masak dan mengajari mereka item dan teknik menu baru.

Chef de Partie

Chef de partie adalah orang yang bertanggung jawab atas stasiun atau jalur tertentu di dalam dapur. Biasa disebut dengan station chef atau line chef, posisi ini biasanya meliputi saute chef, fish chef, roast chef, grill chef, fry chef, vegetable chef, pantry chef, butcher, pastry chef, dan chef de tournant. Chef de partie bertugas memasak dan menyiapkan makanan yang menjadi bagian dari stasiun Anda. Anda mungkin juga memiliki tugas terkait kontrol porsi, kebersihan, dan meminimalkan sisa makanan.

Commis Chef

Commis chef adalah posisi entry-level yang baru lulus sekolah memasak. Mereka bekerja sebagai asisten chef de partie di dapur komersial. Mereka melakukan tugas memasak, membersihkan, mengirim, dan dukungan lainnya seperti yang diinstruksikan oleh chef de partie. Commis chef membantu memastikan bahwa operasi dapur dengan sempurna, yang meliputi persiapan makanan, pemeliharaan, logistik, serta keselamatan dan sanitasi.

Estimasi Gaji Chef

Gaji seorang chef biasanya ditentukan dari posisi yang diambil, dan berbagai faktor juga dapat berpengaruh terhadap gaji seorang chef. Tetapi umumnya, gaji chef berada di kisaran Rp4.000.000 hingga Rp4.500.000 per bulan. Melansir dari jobstreet.co.id, berikut adalah gaji chef berdasarkan tingkatan.

  • Commis chef: Rp3.100.000 sampai Rp3.600.000 per bulan
  • Chef de Partie (Station Chef atau Line Chef): Rp3.000.000 sampai Rp6.000.000 per bulan
  • Sous Chef (Under Chef): Rp5.000.000 sampai Rp7.000.000 per bulan
  • Chef de Cuisine (Head Chef): Rp5.000.000 sampai Rp9.000.000 per bulan
  • Executive Chef (Group Chef): Rp11.000.000 sampai Rp14.000.000 per bulan

Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Menjadi Chef?

Kreativitas

Seorang chef harus memiliki kreativitas yang tinggi, karena mereka akan selalu dituntut memberikan inovasi terhadap menu makanan terbaru. Suksesnya suatu restoran juga bergantung terhadap kreativitas serta imajinasi seorang chef. Chef yang tidak kreatif mungkin akan menghasilkan menu yang monoton dan tidak dapat berinovasi terhadap menu baru.

Manajemen waktu

Di industry kuliner, seseorang pandai memanajemen waktu adalah suatu keharusan. Hal ini dikarenakan seorang chef, terutama yang bertugas dalam menyiapkan makanan harus menyajikan makanan secepat mungkin agar seluruh tanggung jawabnya di dapur atau restoran berjalan dengan baik.

Kepemimpinan

Seseorang yang bekerja sebagai chef harus memiliki jiwa kepemimpinan. Keterampilan ini diharuskan karena chef harus mengatur standar serta metode memasak bagi staf, mereka juga harus membuat standar yang tepat bagi pelayan saat menyajikan makanan.

Teliti

Ketelitian merupakan hal yang sangat penting dalam segala bidang pekerjaan, termasuk dalam dunia kuliner. Seorang chef yang teliti dapat melihat secara detail setiap bagian makanan, serta mampu menciptakan makanan dengan tampilan yang lebih memukau. Tanpa adanya keterampilan ini, seorang chef pastinya mengalami kerumitan dalam menyiapkan makanan sesuai dengan aturan standar.

Komunikasi

Skill komunikasi juga merupakan skill yang dibutuhkan dalam banyak bidang. Chef dituntut untuk memiliki skill komunikasi yang baik karena hal ini akan berguna pada saat memberikan briefing kepada staf dapur ketika mengolah makanan. Skill komunikasi yang baik juga diperlukan saat berhadapan dengan pelanggan.

Latar Belakang Pendidikan

Latar belakang pendidikan dibutuhkan dalam banyak profesi. Pada profesi chef, kandidat harus setidaknya memiliki ijazah SMA atau sederajat. Tetapi, tak sedikit perusahaan yang mengharuskan kandidat memiliki pendidikan tambahan. Di beberapa universitas di Indonesia, terdapat beberapa program kuliner yang tersedia.

Selain itu, sekolah seni kuliner juga banyak ditemukan. Dalam meningkatkan kemampuan seorang calon chef, program tersebut mewadahi dengan menyediakan program magang. Lebih lanjut, banyak para perekrut yang lebih memilih calon chef dengan gelar sarjana di bidang tata boga.

Sertifikasi atau Pelatihan untuk Jenjang Karier Chef

Meskipun sertifikasi atau pelatihan bukanlah hal yang wajib, tetapi dalam melamar sebagai seorang chef, ini bisa menjadi nilai tambah bagi para perekrut, karena sertifikasi dapat membuktikan bahwa kandidat memiliki pengetahuan umum sebelum terjun ke dunia chef. Biasanya sertifikasi hanya terdapat jika seseorang mengikuti mengikuti sekolah kuliner atau pelatihan khusus yang memiliki jangka studi yang beragam.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Gaji Chef

Kualifikasi

Bahkan jika Anda memiliki bakat dalam memasak, chef dengan gelar dari institut ternama lebih menguntungkan dan lebih berpeluang untuk dapat langsung berprofesi sebagai chef. Seorang chef professional membutuhkan gelar sarjana atau diploma terkait dengan industri kuliner, meskipun seseorang dengan Pendidikan SMA sederajat juga dapat menjadi chef, tetapi dengan adanya gelar, maka dapat memperdalam skill dan lebih berpotensi untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Cara lain untuk melatih diri menjadi chef profesional adalah dengan mengikuti pekerjaan magang di restoran yang dituju. Beberapa sekolah kuliner juga menyediakan program magang. Kursus gelar biasanya antara dua tahun dan empat tahun, pada akhirnya Anda dapat mulai melamar pekerjaan chef.

Hotel dan restoran top, termasuk dengan reputasi bintang lima, menawarkan penempatan di kampus untuk kandidat yang memenuhi syarat. Gaji yang mereka tawarkan kepada Anda sebagai lulusan bergantung pada catatan akademik dan wawancara Anda. Anda masih bisa mendapatkan pekerjaan koki tanpa gelar tetapi dengan gaji awal yang jauh lebih rendah.

Pengalaman

Seperti halnya pekerjaan apa pun, pengalaman merupakan salah satu faktor yang menentukan besarnya gaji yang akan Anda dapatkan sebagai seorang chef. Seorang Executive Chef pemula tentunya mendapatkan gaji yang lebih rendah dibandingkan dengan Executive Chef yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun. Hal ini juga berlaku pada tingkatan chef yang berbeda.

Lokasi

Faktor-faktor yang mempengaruhi gaji seorang chef adalah lokasi. Kota-kota besar biasanya membayar gaji yang lebih tinggi kepada chef daripada kota-kota kecil. Ini dapat terjadi karena dua faktor. Pertama, biaya hidup di kota-kota metropolitan lebih tinggi, dan permintaan akan berbagai jenis chef lebih besar di kota-kota besar.

Faktor tersebut mempengaruhi harga makanan yang tersedia pada restoran atau hotel, yang kemudian juga akan berdampak terhadap gaji chef yang lebih tinggi. Sementara di kota kecil, permintaan akan masakan yang disediakan mungkin lebih sedikit, dan biaya hidup di kota kecil juga tidak sebesar biaya hidup pada kota-kota besar. Maka, dalam hal ini, lokasi dapat menjadi penentu dalam gaji seorang chef.

Peran dan Tanggung Jawab

Peran dan tanggung jawab juga ikut andil dalam faktor-faktor yang mempengaruhi gaji chef. Sebagian besar tempat kuliner papan atas, seperti restoran bintang lima, mengikuti hierarki ketat untuk koki. Peran dan tanggung jawab setiap orang dalam hierarki menentukan gaji mereka. Tingkatan chef yang paling tinggi seperti executive chef atau group chef dalam restoran skala besar, atau chef de cuisine dalam restoran dengan skala yang lebih kecil. Mereka bertugas dalam mengelola dapur dan memimpin chef lain pada hotel atau restoran skala besar. Executive chef mendapatkan gaji tertinggi dalam tingkatan level chef.

Di bawah posisi tersebut, terdapat peran sous chef, yang diikuti dengan station chef atau chef de partie yang memiliki gaji yang lebih rendah dari sous chef. Chef lainnya di dapur adalah chef khusus, seperti chef kue, dan chef daging, menerima gaji sesuai dengan tanggung jawab yang mereka tangani. Berapa banyak yang dihasilkan seorang chef juga sangat bergantung pada keterampilan yang dibutuhkan untuk spesialisasi tersebut. Misalnya, chef kue yang sangat terampil dapat memperoleh penghasilan sebanyak koki eksekutif.

Tempat Kerja

Restoran multi-masakan bermerek biasanya menawarkan gaji lebih tinggi untuk chef daripada restoran lokal. Jika Anda mendapatkan pekerjaan di restoran bintang lima, bayarannya akan lebih tinggi. Tempat lain yang menawarkan gaji tinggi bagi seorang chef adalah resor dan kapal pesiar yang glamor. Tempat populer seperti itu telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dan merupakan sebuah tempat untuk tujuan wisata mewah bahkan di kota-kota kecil. Ini berarti Anda tidak harus berada di kota metropolitan untuk mendapatkan penghasilan tinggi sebagai chef.

Penghasilan seorang chef di tempat kerja juga tergantung pada masakan yang disajikan tempat itu. Sebagai contoh, jika sangat terampil dalam masakan Jepang, maka Anda harus bekerja pada restoran Jepang kelas atas di daerah mewah kota kosmopolitan seperti Bangalore dan Mumbai jika ingin memperoleh penghasilan yang tinggi. Restoran mewah ini melayani pengunjung kelas atas dan itulah sebabnya dibutuhkan keterampilan kuliner khusus. Kelas elit mempekerjakan beberapa chef untuk bekerja di dapur pribadi mereka, yang biasanya membayar gaji tinggi pada seorang chef.

Swiss menjadi negara dengan gaji chef tertinggi, karena negara ini memang berada di puncak grafik gaji dunia dan perpajakan rendah dibandingkan dengan negara-negara lain di Eropa Barat. Jika Anda menginginkan gaji yang tinggi, maka di Swiss lah tempatnya. Dengan hal ini, kita juga mengetahui bahwa lokasi tempat Anda bekerja berpengaruh terhadap besarnya pendapatan.

Jenis Pekerjaan

Meskipun program gelar membantu mendapatkan pekerjaan chef profesional, sektor ini sebagian besar masih belum terorganisir, karena pada dasarnya, masih banyak terdapat restoran skala kecil di seluruh negeri, khususnya kota kecil. Gelar sarjana atau sertifikasi untuk seni kuliner belum tentu dimiliki chef yang bekerja di tempat tersebut. Chef ini biasanya mendapatkan penghasilan yang jauh lebih rendah dibandingkan chef yang bekerja di sektor terorganisir, yang mencakup restoran, resor, dan bar yang lebih besar.

Penghasilan seorang chef juga bisa ditentukan oleh lamanya mereka bekerja. Beberapa chef mungkin bekerja penuh waktu di restoran, klub, dan resor dan mendapatkan gaji tetap. Sementara lainnya, chef yang bekerja paruh waktu akan dibayar sesuai jam kerja mereka. Chef yang biasanya dibayar sesuai jam kerja biasanya termasuk pekerja katering, orang yang bekerja di dapur rumah tangga, pekerja paruh waktu pada toko roti, atau yang bekerja sebagai bagian dari organisasi pengelola acara. Pekerja paruh waktu tidak mendapatkan manfaat dan insentif seperti halnya chef penuh waktu.

Prospek Karir Untuk Chef

Dari indonesia untuk dunia

Pekerjaan sebagai seorang chef banyak dibutuhkan di beberapa restoran, hal ini mencakup restoran, kapal pesiar, bar, kafe, dapur orang-orang elit, ruang kantor, dan bahkan sekolah pun membutuhkan chef. Ini merupakan pekerjaan yang memiliki banyak prospek jika Anda ingin menekuni profesi sebagai seorang chef. Bahkan, seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa chef memiliki tingkatan yang memungkinkan Anda mendapat gaji yang lebih tinggi.

Kandidat berkualitas yang lulus dari sekolah kuliner ternama sering mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi sebagai chef. Lebih dari itu, profesi chef kerap kali menuntut Anda bekerja berjam-jam. Dalam hal ini, fisik yang sehat dan mental yang terjaga merupakan hal yang penting. Oleh sebab itu, sangat sering ditemukan tempat yang mengharuskan kandidat dengan keterampilan berpikir kreatif dan kemampuan untuk melakukan banyak tugas.

Pertanyaan mengenai alasan mengapa gaji chef mahal menjadi pertanyaan yang krusial, sebab gaji chef ditentukan oleh berbagai aspek, mulai dari latar belakang akademis, pengalaman, lokasi bekerja, peran dan tanggung jawab, hingga jenis pekerjaan mempengaruhi gaji seorang chef. Selain itu, bekerja sebagai chef juga memiliki tingkatan yang tentunya akan berdampak pada pendapatan dari seorang chef.

Mau jadi seorang chef handal namun bingung harus mulai dari mana? Simak tips penting jadi chef handal melalui link berikut. Tips ini tentunya akan sangat membantu Anda yang ingin meniti karier sebagai seorang chef, dan tak sulit dilakukan jika memiliki niat yang sungguh-sungguh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *