Apa Itu Air Fryer? Simak Fakta, Kelebihan Dan Kekurangannya

air fryer fakta, kelebihan serta kekurangannya

Air fryer, apabila diterjemahkan secara harfiah diartikan sebagai ‘penggoreng udara’. Ini adalah sebuah alat masak modern yang praktis. Alat ini pertama kali dipatenkan oleh Philips Electronics Company. Sesuai namanya, konsep air fryer adalah alat menggoreng dengan udara panas serta dengan sedikit atau bahkan tanpa minyak. Gadget ini semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, terutama di wilayah perkotaan sebagai inovasi memasak dengan cara sederhana yang banyak digandrungi ibu-ibu rumah tangga. Ada banyak jenis makanan yang bisa dimasak dengan air fryer, mulai dari ayam, kentang goreng, sayuran panggang (roasted vegetables), hingga beragam makanan beku dan kue kering.

Makanan yang dimasak dengan cara digoreng mungkin menjadi primadona bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun karena makanan yang digoreng dinilai sebagai makanan yang kurang sehat untuk jangka panjang, maka beberapa orang cenderung beralih ke cara alternatif dalam mengolah makanan. Air fryer datang sebagai solusi sehat untuk mengolah makanan dengan cara digoreng karena hampir tidak membutuhkan minyak. Namun benarkah air fryer membuat makanan lebih sehat? Simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu Air Fryer?

air fryer fakta, kelebihan serta kekurangannya menggoreng tanpa minyak

Air fryer adalah alat masak yang terkesan mirip dengan oven dalam arti memanggang meskipun tujuannya untuk menggoreng. Air fryer difungsikan dengan listrik. Berbeda dengan alat penggoreng biasa yang pemanasnya menyebar di seluruh badan alat masak, pada air fryer pemanasnya hanya terletak di atas dan disertai dengan kipas yang besar dan kuat. Dengan kombinasi kecanggihan dan teknologi panas terkonsentrasi, air fryer mampu menghasilkan makanan yang super renyah dalam waktu singkat dan yang paling penting dengan lebih sedikit minyak jika dibandingkan alat penggoreng lainnya. Proses memasak makanan yang cepat juga tetap memberikan tingkat kematangan secara merata dengan alat ini.

Saat akan menggunakan air fryer biasanya perlu memanaskan alat terlebih dahulu, namun untuk pemanasannya hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit. Bagian hebat lainnya dari air fryer adalah sangat mudah dibersihkan. Seluruh elemen alat, wadah atau rak pada air fryer aman bila terkena sabun cuci piring. Bahkan beberapa bagian hanya memerlukan kain basah untuk membasuh bagian sisa masakan, yang tentu saja tidak merepotkan.

Air fryer bekerja dengan sistem sirkulasi udara panas di dalam perangkatnya yang bisa mencapai 200 derajat celsius. Tingkat panas, jenis makanan dan durasi memasak dapat diatur secara manual maupun otomatis menggunakan tombol yang terdapat dalam perangkat. Untuk makanan berat seperti ayam dan ikan, umumnya pengaturan alat dibuat secara manual untuk memastikan makanan matang hingga ke dalam. Sementara untuk menggoreng makanan sederhana seperti kentang dan frozen food dapat menggunakan mode otomatis (baik durasi penggorengan hingga tingkat suhu panas).

Proses penggorengan dengan air fryer berbeda dengan cara menggoreng biasa. Alat ini menggoreng dengan menyebarkan dan mengedarkan udara panas di sekitar makanan. Udara panas tersebut menghasilkan reaksi kimia yang dinamakan Maillard. Reaksi Maillard adalah reaksi perubahan warna menjadi kecoklatan non enzimatis karena adanya peleburan molekul gula sederhana dan protein yang dipanaskan dalam suhu tertentu. Konotasi gula tidak hanya mengacu pada gula sederhana, namun termasuk pada bahan olah berupa tepung atau makanan yang mengandung karbohidrat. Dengan adanya reaksi Maillard ini, maka makanan yang dimasak menggunakan air fryer akan mengalami perubahan warna dan rasa selayaknya memasak menggunakan kompor dan wajan biasa.

air fryer fakta, kelebihan serta kekurangannya wadah masak air fryer

Menggoreng makanan dengan air fryer hanya membutuhkan sedikit minyak yang biasanya hanya disemprotkan atau dioleskan menggunakan kuas makanan. Beberapa orang juga lebih suka menambahkan 1 sendok minyak untuk membuat makanan lebih ‘krispi’. Namun ada pula yang sama sekali tidak menggunakan minyak untuk memaksimalkan manfaat yang ditawarkan alat masak ini. Meskipun tanpa minyak, air fryer juga mampu menyajikan makanan yang serupa secara tekstur dan rasa, dengan makanan yang digoreng menggunakan alat masak konvensional. Oleh sebabnya dapat dikatakan bahwa menambahkan minyak atau tidak, adalah pilihan individu juga tergantung jenis makanannya.

Makanan yang dapat Dimasak dengan Air Fryer

Setelah memahami cara kerjanya, penggorengan air fryer dapat digunakan untuk menyajikan berbagai menu favorit anda. Misalnya memanaskan makanan beku (frozen food) atau memasak segala jenis makanan segar seperti ayam, steak, daging, salmon, dan sayuran hingga memanggang kue. Kebanyakan daging tidak memerlukan minyak tambahan karena sudah sangat berair maka cukup bumbui dengan garam dan serta rempah kesukaan. Perlu diingat untuk tetap menggunakan bumbu kering atau bumbu dengan tingkat kelembapan yang rendah agar membuat masakan lebih renyah. Jika ingin mengoles saus barbekyu atau madu pada daging (baik ikan, ayam maupun daging sapi) harus memastikan saus meresap sempurna hingga beberapa menit sebelum memasak.

air fryer fakta, kelebihan serta kekurangannya makanan yang dapat dimasak dengan air fryer

Sementara jika memasak makanan dengan sedikit lemak maka akan membutuhkan sedikit minyak agar berwarna cokelat dan garing. Misalnya, mengolesi dada ayam dengan minyak sebelum menggoreng. Minyak yang direkomendasikan adalah minyak kanola dan minyak zaitun yang tahan terhadap panas tinggi pada air fryer.

Beberapa produk air fryer juga dapat digunakan untuk memasak sayuran. Jika ingin memasak sayuran maka harus diberi minyak dan garam untuk memastikan kelezatan rasa yang mirip dengan penggorengan biasa. Air fryer biasanya digunakan untuk memasak sayuran brokoli, kentang, ubi jalar, kacang hijau hingga paprika tanpa membutuhkan waktu lama.
Beberapa rekomendasi makanan ringan juga ada yang dapat dimasak dengan alat ini, seperti keripik nachos, grilled cheese, burger, s’mores, dan veggie tots hingga kue kering yang sederhana.

Kelebihan Air Fryer

Dalam sebuah penelitian European Journal of Lipid Science and Technology, menggoreng dengan air fryer terbukti berhasil menurunkan lemak pada makanan. Perbandingan langsung teknologi penggorengan biasa (deep-frying) dan menggunakan air fryer dengan takaran minyak nabati yang berbeda telah menunjukkan air fryer menghasilkan oksidasi lemak yang lebih sedikit, terutama jika menggunakan minyak zaitun.

Sementara kecanggihan memasak dengan air fryer tanpa menggunakan minyak akan menguntungkan dari segi ekonomi dan ekologi karena telah mengurangi limbah minyak pasca proses penggorengan biasa. Oleh karenanya inovasi alat masak modern tersebut dinilai cukup ramah lingkungan.

Alat masak air fryer dapat mengurangi kandungan lemak pada gorengan hingga 75 persen. Memasak dengan air fryer juga menghilangkan banyak kalori makanan hingga 80 persen dibandingkan dengan cara menggoreng biasa. Oleh sebab itu alat ini membantu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, bahkan tetap dapat menikmati makanan yang lebih lezat.

Air fryer diklaim juga mengurangi pembentukan zat berbahaya pada makanan. Makanan dengan karbohidrat tinggi yang dimasak dengan cara digoreng biasanya akan membentuk zat akrilamida, yang dianggap akan mengganggu kesehatan terutama jika suhu panas mencapai lebih 120 derajat. Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa menggunakan air fryer dapat mereduksi kadar akrilamida hampir 90%.

Kekurangan Air Fryer

Dibalik banyaknya kelebihan air fryer, tak dapat dipungkiri masih banyak hal lain yang perlu diketahui dari alat memasak ini. Kekurangan air fryer yang pertama adalah ukuran wadahnya yang cenderung kecil dan terbatas sehingga harus masak secara bertahap. Ditambah lagi alat ini tidak hemat listrik. Hal ini akan merepotkan untuk memasak dalam porsi besar atau untuk orang banyak. Sebagian besar harga air fryer juga cenderung mahal berkisar diangka 2 jutaan, sehingga tidak semua orang mampu membelinya.

Sementara dari sisi kesehatan, menggunakan air fryer sebenarnya tidak menjamin diet yang sehat. Meskipun kadar lemak dan kalori berkurang dengan teknik memasak ini namun bukan berarti dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang digoreng secara berlebihan. Karena gorengan sejatinya tetap gorengan, selalu ada implikasi terhadap kesehatan. Seseorang yang sedang menjalani diet sehat juga harus mengatur pola makan yang baik, bukan hanya berfokus pada minyak dan lemak pada makanan dengan mengandalkan air fryer.

Kekurangan lain yang mungkin terjadi ketika menggunakan alat memasak ini yaitu kemunculan senyawa lain. Menggoreng dengan air fryer memang sangat ampuh mengurangi zat akrilamida yang merupakan senyawa berbahaya. Namun ada pula senyawa lain seperti hidrokarbon polisiklik aromatik (HCA) dan amina heteroslik (PAH) yang mungkin muncul ketika proses penggorengan. Kedua senyawa ini terbentuk selama pengolahan atau penggorengan protein hewani. Contohnya ketika menggoreng daging dengan suhu tinggi termasuk menggunakan air fryer. Senyawa HCA dan PAH diyakini dapat memicu kanker pada tubuh seseorang. Oleh sebabnya konsep ‘sehat’ yang dilabelkan pada alat memasak ini belum tentu seratus persen menyehatkan.

Tips Memilih Air Fryer yang Tepat

air fryer fakta, kelebihan serta kekurangannya tips memilih air fryer

Meskipun terdapat beberapa kontra terhadap penggunaan air fryer, tak dapat dipungkiri bahwa alat ini tetap memberikan segelintir manfaat dan efektifitas yang ditawarkan. Inilah yang menjadi alasan bagi banyak orang terutama ibu-ibu muda untuk mencoba produk inovatif ini. Namun sebelum memutuskan untuk membeli sebuah air fryer pastikan untuk memperhatikan beberapa pertimbangan sebagai berikut.

Tentukan Model Wadah Penggoreng

Memilih wadah penggoreng artinya menentukan kebutuhan ukuran dan kapasitas ketika memasak. Wadah dalam perangkat ini ada yang menggunakan keranjang dan ada pula yang menggunakan model oven. Wadah keranjang cenderung lebih simpel dan kecil, cocok digunakan untuk kebutuhan pribadi daripada kebutuhan rumah tangga.
Selain itu wadah keranjang juga lebih cepat untuk memproses makanan, namun kelemahan model ini harus memasak makanan secara bertahap karena ukurannya yang mini. Sedangkan untuk wadah model oven cenderung lebih besar, sekaligus lebih mahal dari model keranjang. Namun kelebihannya, proses memasak menggunakan air fryer oven dapat diawasi karena penutupnya transparan dengan suara kipas yang lebih kecil. Sebaliknya model keranjang mengeluarkan suara kipas yang cukup berisik dan tidak dapat mengawasi makanan ketika dimasak, karena perangkat memang tidak transparan dan tertutup rapat.

Fitur Tambahan yang Dimiliki

Beberapa fitur tambahan akan menjadi daya tarik tersendiri dalam memilih air fryer. Sebaiknya membeli air fryer yang memberikan fitur tambahan seperti pengatur suhu yang dapat diatur secara manual maupun secara otomatis, namun tetap stabil ketika menggoreng makanan. Selain itu dibutuhkan juga penyekat tambahan agar dapat memasak dua jenis makanan secara langsung serta sendok khusus untuk mengaduk makanan. Beberapa produk dijual terpisah, oleh sebab itu teliti sebelum membeli untuk memastikan fitur tambahan tersebut gratis atau berbayar.

Buku resep dan buku manual juga dianggap sebagai bonus tambahan yang penting karena terkadang sulit mendapatkan ide tentang apa yang dapat dimasak pada saat pertama kali menggunakan. Oleh sebab itu pastikan untuk pengguna awal memilih air fryer yang menyediakan buku resep dan buku manual untuk membiasakan diri terhadap alat masak modern ini.

Fitur Keselamatan

Yakinkan bahwa sebelum membeli air fryer untuk mengetahui fitur keselamatan yang ada. Beberapa fitur dasar yang sebaiknya ada diantaranya pematian otomatis untuk menghindari peningkatan drastis dalam penggunaan listrik, serta tombol dan menu yang berfungsi mengamankan alat dari tekanan listrik tingkat tinggi dikarenakan ketika proses memasak cenderung alat menjadi sangat panas. Oleh karenanya perlu diketahui apakah suhu minimal dan maksimal yang terdapat dalam air fryer sesuai dengan kapasitas listrik kita.

Perhatikan Ulasan

Sebelum membeli sebuah produk baru, ingat selalu untuk melihat ulasan pembeli lain. Pastikan mencari informasi sebanyak mungkin untuk memilih air fryer terbaik sesuai kebutuhan. Perhatikan kekurangan dan kelebihannya, serta harga yang ditawarkan. Beberapa air fryer memang cukup mahal namun sebanding dengan fitur yang ditawarkan. Apabila ingin menggunakan alat ini untuk memasak makanan ringan yang sederhana mungkin dapat dibeli dengan harga lebih terjangkau, namun tetap harus memperhatikan review pembeli terkait kualitasnya.

Dengan kecanggihan teknologi saat ini pekerjaan memasak menjadi lebih mudah dilakukan. Alat masak air fryer layak dicoba untuk menyajikan hidangan lezat dengan lebih praktis. Meskipun diklaim membuat makanan lebih sehat, kita tetap perlu membatasi diri mengkonsumi makanan yang diolah dengan cara digoreng, sekalipun dengan air fryer. Pada akhirnya selalu ingat untuk menjadikan kesehatan sebagai prioritas dalam memilih produk apapun.

air fryer fakta, kelebihan serta kekurangannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *