9 Bumbu Alternatif Pengganti Garam Masala

Garam masala telah menjadi bahan dasar dari hampir setiap menu yang diolah oleh masyarakat India. Garam masala biasanya erat kaitannya dengan kari. Namun sebenarnya banyak makanan yang bisa dibuat dengan menggunakan garam masala. Akan tetapi tidak semua orang mampu membuat garam masala sendiri atau terkadang sulit menemukan penjual garam masala di beberapa daerah.

Oleh sebabnya jika anda ingin membuat masakan India atau masak apapun yang menggunakan garam masala tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Pasalnya terdapat beberapa jenis bumbu yang dapat menjadi pengganti dari garam masala yang dijamin tidak kalah lezatnya dibandingkan menggunakan garam masala.

Bubuk Kari

Bubuk kari atau classic curry powder biasanya dibuat dari campuran jintan, fenugreek, kunyit, dan mustard. Bubuk kari bisa ditambahkan dalam masakan tanpa perlu menambahkan garam atau penyedap tambahan, karena rasa yang ditawarkan dari bubuk kari sudah sangat cukup. Meskipun anda tidak akan mendapatkan efek menghangatkan yang sama seperti ketika menggunakan garam masala, namun rasa dari bubuk kari termasuk netral sehingga cocok dipakai hampir di semua jenis masakan terutama masakan India.

Cukup menambahkan jumlah bubuk kari yang sama dengan jumlah garam masala, maka makanan anda akan disajikan secara efektif dan lezat. Bubuk kari juga menjadi pilihan yang paling tepat ketika anda tidak memiliki waktu luang untuk memasak atau menyiapkan bumbu dasar masakan.

Sambar Masala

Gunakan sambar masala yang beraroma ini untuk menggantikan garam masala pada sebagian besar resep. Sambar masala umum digunakan oleh masyarakat India Selatan. Bumbu masakan ini merupakan campuran rempah-rempah yang terdiri atas biji ketumbar, jintan, biji sawi, cabai merah kering, kayu manis, kelapa kering, dan bumbu lainnya yang dimodifikasi sesuai selera lalu dicampur dan dihaluskan menjadi satu. Anda bisa membuat sambhar masala ini di rumah dengan berbagai resep yang tersedia secara online.

Jika membuat sambhar masala terlalu banyak, anda bisa menyimpan sisanya di dalam toples untuk digunakan pada hidangan lainnya di lain waktu. Gunakan sambhar masala sesuai dengan takaran yang biasa digunakan untuk garam masala. Jika anda membutuhkan pengganti garam masala dengan cara yang lebih praktis, tidak perlu khawatir karena sambhar masala sebenarnya sudah banyak dijual di supermarket dengan beragam merk pilihan.

Tikka Masala

Chicken tikka masala adalah hidangan yang terdiri dari potongan ayam panggang yang diasinkan dalam saus kari. Saus kari inilah yang dapat menjadi pengganti garam masala yang biasa dikenal sebagai Tikka Masala. Saus kari biasanya berwarna krem dan oren yang banyak disajikan untuk masakan Asia Selatan. Ini adalah hidangan yang sangat populer dengan sausnya yang terdiri atas krim, dan rempah-rempah tradisional India.

Rempah-rempah wajib yang digunakan adalah tomat, bawang putih, bawang merah, jahe, lada, krim, dan krim kelapa. Warna oren yang dihasilkan biasanya juga dihasilkan dari kunyit, tomat, maupun paprika. Dengan komposisi rempah-rempah ini, saus kari memiliki rasa yang mirip dengan garam masala sehingga bisa dijadikan bumbu alternatif yang cocok pada berbagai hidangan.

Arabic 7 Spices

Arabic 7 Spices atau dikenal juga dengan nama Baharat ini merupakan rempah-rempah yang biasa digunakan pada masakan Timur Tengah. Layaknya garam masala yang bisa digunakan hampir di semua hidangan, Arabic 7 Spices juga dapat digunakan untuk aneka jenis masakan Arab dan Timur Tengah, khusus gaya masakan Maroko dan Lebanon. Bumbu ini bisa diaplikasikan untuk membuat berbagai hidangan mulai dari sup, aneka daging, semur, rebusan, salad, kibbeh, Nasi Arab dan masih banyak lagi.

Secara umum, Arabic 7 Spices terdiri dari allspice, lada hitam, kayu manis, cengkeh, jintan, ketumbar dan lada putih. Campuran rempah-rempah ini menyajikan rasa yang hangat, aromatik, dan rasa manis dan berasap serta rasa pedas yang ringan. Jika anda penasaran dengan kelezatan dan rasa bumbu khas ini, anda bisa membeli Arabic 7 Spices di toko grosir Arab atau di berbagai toko online.

Advieh Khoresh

Advieh Khoresh (atau Khoresht) adalah bumbu masakan yang biasa digunakan dalam makanan Persia dan Iran. Secara harfiah advieh khoresh diterjemahkan sebagai bumbu rebusan. Campuran remah-rempah yang digunakan dalam bumbu ini menghasilkan rasa manis, gurih, aroma bunga dan sedikit rasa asam. Bumbu serbaguna ini biasa digunakan dalam beragam hidangan, mulai dari nasi, masakan ayam hingga kacang.

Secara umum komposisi yang digunakan dalam membuat Advieh Khorest antara lain kunyit, kayu manis, kapulaga, cengkeh, kelopak mawar atau kuncup mawar, jintan, dan jahe. Sementara tambahan bahan yang mungkin digunakan termasuk golpar tanah, kunyit, pala, lada hitam, fuli, ketumbar, atau wijen. Advieh khoresh terdiri dari dua jenis yakni advieh-e polo yang digunakan untuk taburan nasi ketika sudah matang, serta advieh-e khoresh yang digunakan dalam semur atau olesan pada daging panggang dan masakan panggang lainnya.

Hawaij Seasoning

Bumbu masakan Hawaij atau Hawaij Seasoning diartikan dalam bahasa Arab sebagai “campuran”. Ini merupakan bumbu yang dibuat dari campuran rempah-rempah utama jintan dan lada hitam, lalu ditambahkan rempah pilihan seperti kapulaga, ketumbar, kunyit, kayu manis, jahe dan cengkeh.

Hawaij seasoning terdiri dari 2 jenis rasa yaitu rasa gurih dan rasa manis. Kebanyakan bumbu ini digunakan di dalam masakan Yaman. Campuran gurih sering digunakan dalam makanan utama seperti sup, hidangan kari, semur, sayuran atau dioleskan pada daging barbekyu. Bumbu ini terbuat dari jintan, lada hitam, kunyit dan kapulaga. Untuk versi yang lebih kompleks mungkin menggunakan cengkeh, pala, ketumbar, fenugreek dan bawang kering.

Sementara bumbu rasa manis digunakan pada kopi dan makanan penutup seperti kue-kuean. Secara umum versi bumbu manis ini terbuat dari adas manis, biji adas, jahe dan kapulaga. Meskipun ini kebanyakan digunakan untuk menyeduh kopi dan membuat kue, namun terkadang bisa digunakan pada hidangan daging yang dimasak dengan lambat. Di Aden ibukota Yaman, Hawaij Seasoning dibuat dengan jahe, kapulaga, cengkeh, dan kayu manis untuk kopi hitam, dan bila digunakan untuk campuran teh maka tidak menggunakan jahe.

Chana Masala

Chana masala dikenal juga sebagai channay, chole masala, chhole masala, chole atau chholay. Bumbu ini berasal dari India yang menggunakan bahan utama dari buncis berwarna dengan rasa yang lebih kuat, ukuran lebih besar dan tekstur yang lebih padat. Chana masala bertekstur kering dan rasanya lebih pedas dibandingkan garam masala. Selain itu ini juga memiliki aroma jeruk asam yang biasanya berasal dari campuran bawang bombay dan ketumbar atau buah mangga.

Selain buncis, bahan-bahan chana masala biasanya terdiri dari paduan bawang merah, tomat cincang, ghee, jintan, kunyit, bubuk ketumbar, bawang putih, cabai, jahe, amchoor atau jus lemon, dan kadang justru ditambahkan pula dengan bubuk garam masala. Di India, hidangan yang menggunakan chana masala dijual oleh pedagang kaki lima dan restoran, dan paling banyak dijadikan pendamping puri. Sementara di beberapa negara lain bumbu ini juga dipakai secara luas, misalnya di Pakistan digunakan pada hidangan yang disebut murgh cholay dan di Maroko digunakan untuk membuat butternut tagine.

Jalfrezi Seasoning

Pengganti garam masala selanjutnya adalah variasi lain dari bubuk kari, yaitu jalfrezi seasoning. Jalfrezi seasoning merupakan bumbu masakan sejenis kari namun lebih pedas. Jalfrezi berasal dari Bengal dan populer di seluruh anak benua India dan sekitarnya, termasuk di Bangladesh.

Bumbu serbaguna ini dibuat dengan bahan utama antara lain garam, bawang, tomat, cabai hijau, kunyit, jintan, kayu manis dan ketumbar. Sementara untuk bahan opsional yang digunakan untuk memperkaya rasa dan menguatkan rasa pedas bisa ditambahkan daun salam, lada hitam, adas, fenugreek, jahe, paprika, adas bintang, dan pala.

Jalfrezi seasoning memiliki aroma kari yang khas yang dipadukan dengan aroma dari saus pedas. Bumbu ini biasa digunakan dalam hidangan kari ayam yang ditaburi paprika dan bawang goreng. Sementara variasi makanan lezat lainnya yang bisa digunakan adalah membuat tumisan daging, ikan, paneer dan sayuran yang disajikan dengan saus pedas kental yang berasal dari cabai hijau. Makanan yang menggunakan bumbu Jalfezi harus disajikan dalam keadaan panas agar sensasi rasa pedas dapat terasa maksimal.

Ras El Hanout

Ras El Hanout merupakan campuran rempah-rempah Maroko yang diyakini dapat menggunakan campuran hinga 50 jenis rempah-rempah untuk menghasilkan rasa terbaik dan aroma khas aromatik. Bumbu ini juga digunakan di Tunisia dan Aljazair serta beberapa pedagang di negara-negara Afrika Utara lainnya.

Tidak ada komposisi rempah yang pasti yang menjadi resep dari ras el hanout. Setiap toko, perusahaan, atau keluarga mungkin memiliki perpaduan rempah-rempah khas mereka sendiri. Namun setidaknya untuk bahan utama yang paling umum digunakan diantaranya kayu manis, jintan, kapulaga, cengkeh, pala, fuli, allspice, jahe kering, cabai, biji ketumbar, merica, paprika, fenugreek, dan kunyit kering.

Sementara penggunaan bawang putih, kunyit, kacang-kacangan atau rempah-rempah kering umumnya tidak digunakan, karena biasanya ditambahkan ke piring secara individual. Ras El Hanout untuk wilayah tertentu mungkin juga menambahkan rempah-rempah khusus yang ada wilayah tersebut, antara lain buah beri, chufa, akar orris, lada biksu, kemukus, kuntum mawar kering, biji adas, lengkuas dan lada panjang.

Rasa dari bumbu ini sedikit berkayu, pedas, dan pahit namun juga terasa manis karena rempah-rempah pala, kayu manis dan cengkeh. Oleh sebabnya, alih-alih menyebut pedas rasanya lebih cocok dikatakan hangat. Ras El Hanout biasanya digunakan untuk membuat hidangan gurih seperti pai kalkun gurih yang dikenal sebagai b’stilla, burger domba, olesan ayam panggang atau diaduk menjadi couscous, pasta dan nasi.

Itulah 9 bumbu pengganti serbaguna yang dapat menggantikan garam masala. Meskipun semua bahan memiliki rasa dan berkonsep bumbu serbaguna layaknya garam masala, namun pada akhirnya semua bahan akan menghasilkan rasa atau aroma khas masing-masing.

Oleh sebabnya, jika anda mendambakan cita rasa makanan khas India asli dengan garam masala, mungkin pilihan terbaik dengan membeli bubuk garam masala secara online yang cukup mudah ditemukan, alih-alih menggunakan bumbu pengganti. Namun jika anda tidak masalah dengan cita rasa baru dan bisa menolerir perbedaan rasa makanan, maka daftar bumbu pengganti garam masala di atas cocok untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *