6 Minuman Rempah Khas Mesir

Minuman khas Mesir umumnya tidak berbasis alkohol, karena Mesir merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, sehingga minuman khas mereka disesuaikan. Untungnya, Mesir memiliki akses yang baik pada berbagai bahan yang bisa dijadikan minuman. Negara yang terkenal akan piramida kuno, mumi, sphinx, dan sejarahnya ini memiliki berbagai minuman yang mengandung rempah-rempah. Berikut adalah minuman rempah khas Mesir yang penting untuk diketahui.

Sahlab

Sahlab adalah minuman rempah khas Mesir yang tradisional dan sangat sederhana untuk dibuat di musim dingin. Minuman tradisional ini berupa susu panas yang dibuat dengan campuran rempah yaitu bunga anggrek, air mawar, kayu manis, dan kelapa kering. Pembuatan sahlab yaitu dengan mencampurkan seluruh bahan dalam satu wadah.

Sahlab berasal dari era Romawi dan sangat populer di seluruh Kekaisaran Ottoman. Saat ini, meski sahlab merupakan minuman tradisional mesir, minuman ini bisa ditemukan di banyak negara Timur Tengah, salah satunya Palestina, dan bahkan di sana banyak yang menganggap bahwa sahlab juga merupakan minuman tradisional Palestina.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Dengan bahan utama yaitu bunga anggrek, sahlab bisa ditambahkan dengan rempah lainnya seperti cengkeh, pala, atau kayu manis sebagai penyedap rasa. Untuk rasa manisnya, gula bisa ditambahkan sesuai selera, namun biasanya air mawar pun sudah cukup agar sahlab tidak memiliki rasa yang terlalu manis. Sementara kacang pistachio digunakan sebagai topping, atau bisa juga menggunakan kenari cincang sebagai alternatif.

Sahlab memiliki tekstur yang super creamy karena menggunakan bahan tambahan seperti tepung jagung, sehingga sahlab akan terlihat seperti susu. Menikmati sahlab paling baik ialah saat di musim dingin, karena sahlab disajikan dalam keadaan hangat atau sebagai makanan penutup hangat setelah makan, meski Anda juga bisa menikmati sahlab sebagai minuman dingin.

Meski sahlab terlihat sederhana, namun minuman tradisional Mesir ini menawarkan manfaat yang beragam bagi tubuh karena mengandung campuran rempah-rempah di dalamnya. Untuk alasan tersebut, sahlab banyak dicari karena manfaat kesehatannya. Di Mesir, minuman rempah ini banyak ditemukan di kafe lokal dan merupakan salah satu minuman yang wajib untuk dicoba.

Yansoon

Yansoon atau yansun merupakan minuman dengan bahan dasar adas manis dengan rasa yang kaya. Berbicara tentang asal usul minuman tersebut, negara Mesir adalah tempat pertama kali orang memanen adas manis. Orang Mesir kuno menilai adas manis sebagai rempah yang dapat mengobati kejang dan peradangan, sehingga dibuatlah yansoon berbahan dasar adas manis, dan bahkan mereka menulis fakta mengenai manfaat adas manis di atas papirus – kertas Mesir kuno.

Nama yansoon atau yansun sendiri bisa mengacu sebagai nama minuman atau tanaman adas manis. Minuman rempah khas Mesir ini dikenal akan manfaatnya, sehingga yansoon umum diminum untuk mengatasi masuk angin atau sakit tenggorokan. Selain itu, yansoon juga bermanfaat bagi pencernaan karena dapat mencegah penyakit seperti kembung, gas, atau sembelit. Yansoon juga dapat membantu mengatasi mual dan kram menstruasi.

Yansoon merupakan minuman sederhana yang bisa dibuat sendiri di rumah, yaitu dengan cara yang serupa ketika membuat secangkir teh, dan akan lebih baik jika menggunakan saringan teh atau kain katun tipis untuk membuat yansoon. Minuman yang kaya manfaat ini dianjurkan untuk diminum setelah makan siang atau makan malam.

Helba

Minuman rempah khas Mesir selanjutnya ialah helba atau yang juga disebut dengan hilba di daerah lain. Ini merupakan minuman berupa teh yang dibuat tidak dengan menggunakan daun teh seperti pada umumnya, melainkan dibuat dengan biji tanaman fenugreek atau disebut juga dengan kelabat. Sejak zaman kuno, helba dipercaya sebagai minuman yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Helba memiliki warna kuning yang bening dan memiliki konsistensi yang serupa dengan teh. Proses pembuatan helba bisa dengan menyeduh biji kelabat yang telah dihancurkan dengan air panas, atau merendam bijinya terlebih dahulu agar menjadi minuman yang lebih bernutrisi. Karena kandungan nutrisinya, helba merupakan minuman yang cocok diminum saat sedang tidak enak badan.

Teh unik ini menawarkan manfaat kesehatan yang beragam, misalnya sebagai obat diabetes dan antivirus yang baik, serta dikenal sebagai minuman yang dapat meningkatkan produksi ASI hingga 900%. Tak hanya itu saja, biji fenugreek juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu asam folat, mineral, seng, vitamin A, B, dan C, kalium, magnesium, dan zat besi. Untuk itu, tak heran jika teh berbahan dasar biji fenugreek ini memiliki segudang manfaat.

Halabessa

Halabessa, atau yang memiliki banyak sebutan lainnya Hummus Sham, Halabisa, atau Hummus Al-Sham mengacu pada minuman yang berupa sup yang dibuat dengan buncis sebagai bahan utamanya. Buncis memainkan peran penting dalam masakan Mesir karena kekayaan protein dan keterjangkauannya.

Karena terbuat dari buncis, halabessa juga disebut dengan sup buncis, yang dicampurkan dengan beberapa jenis rempah Mesir seperti jintan atau lada hitam. Ini memiliki rasa yang pedas, yang dapat bermanfaat untuk dikonsumsi saat di musim dinging yang menghangatkan tubuh manusia. Selain itu, halabessa sering disajikan setelah lama berpuasa karena mudah dicerna dan bergizi. Minuman rempah ini banyak ditemukan di beberapa tempat, mulai dari gerobak jalanan, kafe, hingga klub.

Tamr Hindi

Tamr hindi atau tamar hindi mengacu pada minuman yang terbuat dari tamarind (asam jawa), air, pemanis, dan es. Nama “Tamr Hindi” adalah bahasa Arab, dan itu berarti “kurma India” yang mengacu pada asal asam jawa. Tamr hindi dibuat dengan cara menghancurkan tamarind dan mencampurkannya dengan gula dan jus lemon, lalu direndam dalam jangka waktu tertentu.

Minuman ini merupakan minuman tradisional yang digemari selama bulan Ramadhan, yang disajikan dalam keadaan dingin. Rasa tamr hindi yaitu perpaduan dari rasa manis dan asam yang cukup tajam, yang dapat dengan mudah menghilangkan dahaga bagi siapa pun, terutama setelah seharian berpuasa. Tamar hindi umumnya disajikan secara tradisional oleh para pedagang keliling di kawasan Levant.

Saat menyajikan tamr hindi, orang Mesir memasukkan Tamr Hindi ke dalam wadah yang sangat besar. Ini juga merupakan minuman fleksibel yang dapat dipasangkan dengan minuman dan makanan lain dengan mudah. Di Kamboja, orang akan menikmati minuman ini berdampingan dengan Hibiscus. Selama bulan Ramadhan, tamr hindi akan disajikan dengan jus aprikot.

Erk Soos

Erk Soos mengacu pada minuman legendaris khas Mesir yang terbuat dari akar manis atau licorice. Bahan baku minuman ini – licorice terkenal banyak dipanen di daerah Mesir Hulu. Ini adalah minuman khas yang banyak digemari dan memiliki sejarah panjang. Diketahui bahwa erk soos telah ada sejak zaman Babilonia, atau yang diperkirakan telah ada selama lebih dari 3000 tahun, dan dinikmati dari berbagai kalangan, mulai dari warga kerajaan hingga rakyat biasa Babilonia.

Bagi masyarakat Babilonia, erk soos dianggap sebagai minuman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menambah stamina. Berbeda dengan di Mesir, zaman dahulu, erk soos bukan dikonsumsi sebagai minuman kesehatan, kuno, melainkan dijadikan minuman persembahan dan ritual untuk para dewa. Di sisi lain, bangsa Arab dan Romawi kerap menjadikan erk soos sebagai obat demam, infeksi, sakit perut dan penyakit serupa lainnya.

Masak Enak Jadi Mudah

Licorice merupakan sejenis tanaman yang memiliki lebih dari 300 senyawa kimia yang dapat mencegah infeksi, mengobati sakit maag, dan mengontrol lemak tubuh. Untuk membuat erk soos, biasanya dengan mencampurkan akar manis, gula, atau air tebu. Rasa yang ditawarkan erk soos yakni manis dan lembut, sedikit pahit, serta dengan aroma yang khas.

Minuman legendaris ini akan ditemukan di jalanan atau kedai kopi Mesir. Terdapat hal unik mengenai erk soos, yaitu para penjualnya akan menggunakan pakaian tradisional dan membawa gentong transparan yang berisi minuman. Erk soos sebagai minuman kesehatan ini biasanya hanya tersedia selama bulan Ramadhan saja.

Meski dikenal sebagai minuman yang menawarkan manfaat kesehatan, sayangnya saat ini erk soos hanya disukai oleh kalangan tua Mesir saja, mengingat rasanya yang sedikit pahit membuat erk soos tidak banyak digemari masyarakat. Erk soos juga biasanya hanya diminum untuk tujuan kesehatan saja.

Minuman rempah khas Mesir mengandalkan rempah-rempah yang tumbuh di sekitarnya, mulai dari kayu manis, adas manis, hingga akar manis. Minuman rempah tersebut memiliki manfaat kesehatan yang beragam. Sehingga, selain menawarkan rasa yang khas, minuman rempah khas Mesir juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *