10 Bahan Rempah Untuk Membuat Kue

Berbagai jenis rempah dapat ditemukan di seluruh dunia yang digunakan untuk kepentingan masyarakat secara global. Rempah-rempah memiliki dua kegunaan yang paling umum, yaitu dalam dunia kuliner dan pengobatan. Dalam dunia kuliner, rempah-rempah memiliki peran yang bervariasi, mulai dari memberikan rasa khas, menciptakan aroma, hingga untuk memberikan warna pada suatu hidangan.

Rempah-rempah memiliki ragam jenis yang berbeda, dengan rasa dan kegunaan yang berbeda pula. Masing-masing memiliki karakteristik tersendiri yang membuatnya unggul. Dalam hal kuliner, rempah-rempah biasanya digunakan untuk membumbui hidangan gurih dan manis. Namun, beberapa jenis rempah justru dapat memberikan rasa yang unik. Berikut adalah bahan dalam bentuk rempah untuk membuat kue.

Kayu Manis

Rempah untuk membuat kue yang pertama adalah kayu manis, atau yang juga disebut dengan cinnamon dalam bahasa Inggris. Dengan nama ilmiah Cinnamomum, kayu manis termasuk salah satu bumbu dapur yang sangat serbaguna karena dapat membumbui hidangan manis dan gurih. Terdapat dua jenis kayu manis yang akan ditemukan di pasaran, yaitu bentuk utuh dan bentuk bubuk.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Salah satu komoditas Indonesia ini diambil dari kulit bagian pohon cemara dalam keluarga Lauraceae (laurel), dari genus Cinnamomum. Kayu manis tumbuh di daerah tropis dan sub-tropis, yang berasal dari Indonesia, Bangladesh, India, Myanmar, dan Sri Lanka. Kayu manis memiliki rasa pedas dan manis yang khas, yang paling banyak digunakan dalam makanan penutup.

Kayu manis merupakan bumbu dapur yang begitu terkenal karena kemampuannya dalam membumbui masakan gurih dan manis, namun kayu manis paling banyak digunakan dalam makanan penutup. Jika mendengar kata cinnamon, mungkin Anda akan langsung tertuju pada kue yaitu cinnamon roll atau roti gulung kayu manis.

Potensinya dalam memberikan rasa yang khas membuat kayu manis begitu serbaguna, yang dapat digunakan sebagai bahan baku sirup, dan pembuatan teh herbal yang menghangatkan. Ini umum digunakan dalam makanan penutup, kue kering, atau minuman di Eropa dan Amerika. Anda juga bisa menggunakan batang kayu manis untuk menambahkan rasa yang halus pada saus, sirup, dan custard.

Lebih lanjut, kayu manis dapat digunakan dalam berbagai pastry misalnya truffle, pie apel, kue kopi, kue bundt, kembang gula, pudding beras, pai labu, dan scone. Ini menambahkan sensasi unik pada beragam pastry yang akan membuat ketagihan, kayu manis bahkan dapat digunakan dalam minuman ringan (soft drink). Jika digunakan dalam hidangan gurih, kayu manis biasanya dikombinasikan dengan rempah lainnya seperti cengkeh, biji pala, dan bunga lawang.

Pala

Pala merupakan rempah-rempah yang populer yang berasal dari Banda Neira, Maluku. Ini berasal dari biji pohon pala (Myristica wangi), yang saat ini dapat ditemukan dalam bentuk utuh atau tanah. Pala memiliki rasa yang pedas dan sedikit manis, namun pada dasarnya ini adalah rempah yang memiliki rasa serta aroma yang kuat.

Pala memiliki sejarah yang panjang dan digunakan dalam hidangan manis dan gurih. Karena pala dapat membumbui hidangan manis, pala dapat digunakan dalam banyak pudding, makanan penutup, atau minuman panas seperti cappuccino. Di Amerika, salah satu penggunaan pala yang paling terkenal yaitu dalam makanan penutup terutama pada pie apel dan pie labu.

Pala juga sangat cocok untuk hidangan krim atau keju, dan juga merupakan salah satu bahan dari saus alfredo atau bechamel untuk menciptakan rasa yang kuat. Dalam hidangan gurih, pala bisa ditambahkan pada hidangan berbahan dasar susu seperti quiche dan krim bayam. Tak hanya itu, kegunaannya yang luas membuat pala dapat menjadi bumbu untuk kentang, daging, sosis, sayuran, hingga keju.

Bunga Pala

Bunga pala berasal dari pohon yang sama dengan pala yaitu Myristica wangi. Meski berasal dari pohon yang sama, pala dan bunga pala sungguh berbeda. Bunga pala berasal dari lapisan luar biji pala, yang memiliki warna coklat kekuningan. Rempah ini terdiri dari bentuk tanah dan sebagai “bilah” kering. Dalam hal kuliner, bunga pala dikombinasikan dengan rempah aromatik lainnya.

Rempah asli Indonesia ini banyak digunakan dalam masakan Asia, Belanda, India, Inggris, Karibia, dan Maroko. Bunga pala memiliki rasa yang cenderung manis, berkayu, hangat, dan sedikit pedas, yang serupa dengan pala, namun lebih lembut dan tidak terlalu manis. Rasa bunga pala juga dapat digambarkan sebagai perpaduan dari kayu manis dan lada.

Dalam masakan manis, bunga pala banyak digunakan pada hidangan seperti donat, kue, atau pudding. Bumbu dapur ini juga bisa ditambahkan pada hidangan seperti souffle, pai, atau kue wortel. Tak hanya itu, bunga pala juga sangat cocok dipadukan dengan buah beri dan buah batu seperti ceri, plum, dan persik. Di luar kegunaannya pada hidangan manis, bunga pala merupakan salah satu komponen dari campuran rempah-rempah seperti bubuk kari, garam masala, dan ras el hanout. Dalam hidangan gurih, ia dapat membumbui unggas, ikan, saus, dan sup.

Allspice

Bertentangan dengan namanya, allspice atau merica Jamaika merupakan adalah salah satu bumbu tunggal yang berasal dari buah beri kering dari pohon Pimento yang tampak seperti merica. Allspice menjadi salah satu bumbu penting dalam masakan Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah. Rasa allspice digambarkan seperti kombinasi dari kayu manis, cengkeh, lada, dan pala.

Kegunaannya dalam hidangan manis cukup beragam, misalnya roti jahe, kue labu, pai labu, dan makanan penutup lainnya. Allspice juga dapat digunakan untuk membumbui hidangan manis, yaitu antara lain sup, semur, sayuran, rebusan, daging sapi atau domba, serta makanan yang dipanggang seperti Anda menggunakan cengkeh, kayu manis, dan pala bubuk.

Cengkeh

Rempah untuk membuat kue lainnya yaitu cengkeh. Cengkeh atau cengkih merupakan tanaman asli Indonesia yang berasal dari kuncup bunga kering dari keluarga pohon Myrtaceae. Meski berasal dari Indonesia, cengkeh juga dibudidayakan di beberapa negara misalnya India, Madagaskar, Sri Lanka, dan Zanzibar. Ini secara luas digunakan sebagai bumbu dalam masakan Asia, Afrika, Mediterania, dan Timur Tengah.

Cengkeh memiliki rasa yang manis dan dengan rasa yang lebih tajam daripada kayu manis, aromanya yang khas membuat cengkeh berpotensi sebagai pemberi aroma yang enak. Cengkeh sering digunakan bersama fuli, kayu manis, dan pala. Rempah ini berguna dalam memberikan daging, kari, hingga buah-buahan seperti apel, pir, dan rhubarb.

Penggunan kuliner lainnya dari cengkeh yaitu dapat digunakan dalam campuran rempah-rempah dan bumbu, seperti bumbu pai labu dan roti rempah speculaas. Pada makanan manis atau kue, cengkeh dapat membumbui pir rebus, kue kopi, krim mentega, dan mousses. Selain itu, cengkeh dapat dipadukan dengan bahan lain seperti lemon dan gula, yang menghasilkan rasa yang lebih aromatik, terutama pada minuman panas. Namun, karena rasa dan aromanya yang cukup kuat, gunakan sedikit cengkeh saja sudah cukup.

Adas Bintang

Adas bintang adalah polong biji berbentuk bintang dari semak cemara di Cina selatan dan telah digunakan sebagai bumbu selama bertahun-tahun. Adas bintang banyak dibudidayakan di Cina, Indonesia, dan Jepang. Ini termasuk bahan utama masakan Cina dan merupakan salah satu komponen dari five spices.

Adas bintang terkadang disalahartikan dengan adas manis karena rasa dan namanya yang mirip, namun hakikatnya, kedua bumbu ini berasal dari keluarga tumbuhan yang berbeda. Adas bintang memiliki rasa yang sangat kuat dan rasa manis, pedas, yang mirip dengan rasa licorice, biji adas, cengkeh, dan adas manis. Meskipun memiliki rasa yang manis, adas bintang banyak digunakan dalam masakan gurih.

Di sisi lain, adas bintang juga dapat digunakan dalam hidangan manis, misalnya pada pai labu, roti jahe, atau minuman seperti chai dan sirup buah. Adas bintang yang digiling juga dapat menjadi campuran dalam bumbu garam masala yang merupakan bumbu umum dalam masakan India. Namun, karena rasa adas bintang sangat kuat, gunakanlah adas bintang dengan cermat, karena jika dimasak terlalu lama, adas bintang dapat mengalahkan rasa hidangan utamanya.

Adas Manis

Adas manis merupakan rempah yang sering dikaitkan dengan adas bintang karena nama dan rasanya yang mirip. Namun, adas manis atau anis ini merupakan tanaman berbunga yang berasal dari keluarga Apiaceae, yang masih satu famili dengan wortel, seledri, dan peterseli. Meski memiliki nama “manis”, tetapi rasa adas manis tak hanya berkisar dari manis saja, ia juga memiliki rasa yang sedikit pedas dan aromatik.

Kemampuannya dalam membumbui hidangan manis sangatlah beragam. Adas manis menjadi bumbu yang dapat ditambahkan ke adonan untuk makanan panggang, kue, pai buah, pudding roti, Pan Chuta, dan biscotti. Dengan rasanya yang enak, biji adas manis dapat ditambahkan ke dalam minuman seperti cokelat panas, teh, dan kopi.

Kapulaga

Kapulaga adalah rempah-rempah yang terbuat dari biji polong tanaman yang berbeda dalam keluarga jahe. Kapulaga ditemukan dalam bentuk polong yang terdiri dari beberapa biji. Kapulaga dapat digunakan secara utuh atau ditumbuk. Rempah yang satu ini merupakan salah satu bumbu pada masakan Arab, India, Timur Tengah, dan Swedia.

Menariknya, salah satu yang paling banyak menggunakan kapulaga adalah Swedia, di mana kapulaga berfungsi sebagai bumbu dari makanan yang dipanggang, hamburger, atau roti daging. Kapulaga muncul dalam dua jenis, dan digunakan sebagai polong utuh, biji, atau tanah. Bumbu dapur ini memiliki rasa dan aroma kuat, manis, dan menyengat, serta terdapat pula aroma lemon dan mint.

Rempah berbentuk polong ini mampu memberikan rasa yang unik pada hidangan manis, dan bekerja dengan baik sebagai bumbu dari kue, puding susu dan nasi, roti kayu manis, biskuit, dan kue kering. Selain itu, kapulaga juga banyak digunakan dalam makanan panggang Skandinavia, manisan India, dan teh chai. Beberapa jenis minuman tertentu yaitu masala chai, eggnog, kopi Turki, dan mulled wine juga dapat dibumbui dengan kapulaga, dan itu bukanlah hal yang mengejutkan.

Potensinya yang tak terbatas membuat kapulaga dapat membumbui hidangan gurih. Dalam resep India misalnya, kapulaga utuh paling sering digunakan untuk menyiapkan beras basmati dan kari. Di Timur Tengah, kapulaga bubuk paling cocok digunakan untuk membumbui beberapa makanan penutup tertentu.

Jahe

Jahe dinilai sebagai salah satu rempah yang paling efektif digunakan sebagai bahan baku pengobatan tradisional. Jahe memiliki rasa manis dan cenderung pedas, namun rasa pedas jahe cenderung menghangatkan tubuh – bukan seperti pedas yang membakar lidah. Jahe dapat dibuat dalam berbagai bentuk – digiling, segar, diasamkan, dikeringkan, dan diawetkan. Untuk hidangan penutup, jahe bubuk paling sering digunakan.

Dari indonesia untuk dunia

Jahe cocok dipadukan dengan buah pencuci mulut yang manis seperti apel, pir, dan beri, serta lemon dan cokelat. Dalam hal makanan penutup, penggunaan jahe yang paling terkenal ialah roti jahe. Namun, potensinya sebagai bumbu dari berbagai kue sungguh tak terbatas. Jahe dapat digunakan pada biskuit jahe, kue, pai, pudding, kue keju, dan bahkan creme brulee. Rasanya yang cenderung menghangatkan tubuh ini juga cocok dipadukan dengan minuman, misalnya bir jahe atau teh jahe.

Vanila

Vanila atau vanili adalah buah dari tanaman anggrek yang berupa polong kacang berwarna coklat tua yang panjang dan ramping. Vanila memiliki profil rasa yang enak seperti rum, prune, dan dengan rasa yang manis. Dalam dunia kuliner, vanila digunakan dalam bentuk ekstrak, yang berasal dari merendam dan meresapi tanaman dalam larutan etanol dan air.

Ekstrak vanila sangat banyak digunakan dalam hidangan manis, ini meliputi es krim, pudding, roti, kembang gula, eggnog, permen, kue, panekuk, wafel, minuman ringan, smoothie, hingga makanan yang dipanggang. Karena aromanya yang enak dan manis, vanila sering dijadikan sebagai bahan baku pembuatan parfum dan aromaterapi.

Nah, itu dia rempah untuk membuat kue. Kegunaan dari rempah jelas tak terbatas. Rasanya yang berbeda satu sama lain membuat setiap jenis rempah memiliki keunggulan. Lebih lanjut, rempah-rempah di atas tak hanya menjadi rempah penting untuk membuat kue dan hidangan manis saja, tetapi juga dapat menjadi komponen penting dalam hidangan gurih. Cari tahu rempah untuk campuran smoothies Anda melalui tautan berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *