16 Rempah untuk Hidangan Jamur

Jamur merupakan suatu hidangan yang serbaguna dan dapat diolah dengan banyak cara. Potensinya yang luas membuat jamur dapat diolah dengan cara ditumis, dijadikan sup, semur, saus, salad, dan bahkan menjadi sesuatu yang lezat saat ditumis dengan mentega dan minyak zaitun. Jika Anda salah satu pencinta jamur, ini merupakan hidangan lezat dengan rasa lembut dan bersahaja, yang dapat dikonsumsi kapan pun.

Saat memasak jamur, Anda bisa bereksperimen dengan banyak bumbu dan rempah karena jamur menyatu dengan baik pada bumbu dan rempah. Bahkan dalam kategori yang paling sederhana pun, jamur dapat dibumbui hanya dengan menggunakan garam dan lada. Lebih dari itu, jika Anda ingin bereksperimen dengan rempah, Anda bisa menggunakan rempah untuk hidangan jamur di bawah ini.

Peterseli

Peterseli atau yang disebut sebagai parsley adalah rempah berdaun hijau yang berasal dari keluarga Apiaceae bersama dengan adas, wortel, dan lainnya. Dalam hal kuliner, peterseli paling banyak digunakan sebagai hiasan yang memperindah tampilan visual pada suatu hidangan, tetapi bisa juga digunakan sebagai bumbu.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai Pengawet

Rempah ini cocok digunakan pada berbagai hidangan, termasuk ikan, daging, kentang, salad, sup, dan tentu saja untuk hidangan jamur. Ini juga menjadi salah satu komponen dari buket garni. Parsley memiliki profil rasa yang ringan seperti rumput, sedikit sentuhan manis, dan juga beraroma segar. Hidangan apa pun yang ditambahkan dengan parsley akan lebih terasa menyegarkan.

Peterseli berpadu sempurna dengan jamur dengan rasa yang lebih netral seperti jamur kancing dan jamur tiram merah muda. Rasa yang ditawarkan oleh jamur tersebut dapat berpadu dengan baik bersama peterseli. Rempah yang biasa digunakan sebagai hiasan ini mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan bahkan zat besi. Dengan demikian, selain mendapatkan rasa yang lezat, Anda juga akan mendapatkan manfaatnya.

Perlu diperhatikan bahwa peterseli adalah herba lunak, atau dengan kata lain, ia mudah layu saat terkena suhu tinggi. Itulah sebabnya peterseli paling cocok digunakan sebagai hiasan atau ditambahkan pada menit terakhir memasak. Ketika ditambahkan pada hidangan jamur di beberapa menit terakhir, peterseli menambahkan rasa segar dan juga aromatik, sehingga akan membuat masakan Anda terasa lebih menggugah selera.

Thyme

Thyme adalah herba serbaguna yang termasuk dalam keluarga mint yang dapat digunakan pada sejumlah hidangan gurih. Penggunaan thyme yang paling sering adalah pada hidangan pasta, semur, dan sup. Rempah ini sama sepert peterseli, yang juga sangat cocok untuk membumbui hidangan jamur.

Thyme memiliki aroma yang harum dan seperti kayu atau bunga, dengan nada segar seperti perpaduan lemon dan oregano, dan sedikit sentuhan mint. Ketika digunakan, thyme akan meningkatkan rasa hidangan secara keseluruhan. Rempah dari keluarga mint ini paling sering dikaitkan dengan hidangan yang menggunakan metode memasak yang menggunakan panas tinggi. Ini bisa termasuk memanggang, menggoreng, atau menumis, ini dikarenakan thyme memiliki tekstur yang tidak terlalu lunak.

Jika dikombinasikan dengan peterseli, thyme akan sangat cocok untuk membumbui jamur tiram. Selain dipasangkan dengan peterseli, thyme juga bisa dipasangkan dengan rempah lainnya seperti bawang putih atau bahan lain yaitu keju parmesan. Kombinasi ketiganya akan menjadikan hidangan jamur Anda terasa sangat lezat yang pernah Anda rasakan.

Rosemary

Rosemary adalah rempah untuk hidangan jamur lainnya, yang berasal dari wilayah Mediterania. Ini merupakan salah satu rempah aromatik yang menjadi bagian dari bumbu masakan Italia dan masakan Mediterania. Rosemary seringkali digunakan untuk membumbui pasta, bersamaan dengan bawang putih dan minyak zaitun.

Profil rasa dari rosemary dapat langsung dikenali dengan rasa yang seperti lemon atau pinus, sekaligus memiliki rasa pedas dan kayu pada saat bersamaan. Beberapa orang juga mengatakan bahwa rasa rosemary seperti perpaduan antara lada, sage, thyme, dan pinus. Secara keseluruhan, rosemary bertindak sebagai rempah aromatik yang akan meningkatkan rasa gurih.

Sebagai salah satu rempah untuk hidangan jamur, ia paling cocok digunakan pada jamur dengan rasa yang lebih dalam seperti jamur tiram dan jamur shiitake. Karena rosemary dapat menahan suhu tinggi, penggunaannya paling sering dikaitkan dengan makanan panggang termasuk ayam, domba, ikan, dan babi. Rosemary juga dapat membumbui kentang atau sayuran panggang, atau bisa digunakan sebagai hiasan.

Sage

Sage merupakan rempah aromatik yang juga berasal dari keluarga mint dengan rasa yang sedikit pedas, pahit, manis, dan juga gurih, serta terdapat sentuhan jeruk dan pinus. Sage paling umum ditemukan pada hidangan Thanksgiving, dan dapat melengkapi hidangan lainnya seperti daging atau makanan laut. Ini juga dapat digunakan untuk membumbui hidangan jamur, sosis, atau pasta.

Sage dapat bekerja dengan baik pada hidangan yang menggunakan bahan yang kaya rasa seperti mentega dan keju, sehingga ia hadir sebagai bumbu dari masakan Italia seperti gnocchi dan risotto. Pada saat digunakan pada hidangan jamur, rasa dari sage cocok dengan jamur shiitake, atau tumis jamur. Di sisi lain, saat ia digunakan pada jenis hidangan yang hambar (seperti jamur kancing), sage akan mendominasi profil rasa.

Rempah ini berpasangan dengan baik pada hidangan gurih, yang dapat meningkatkan rasa yang lebih menonjol pada hidangan apa pun. Akan tetapi, sage adalah herba dengan rasa yang sangat kuat, yang dapat mengalahkan rasa utama hidangan, serta dapat membuat suatu hidangan menjadi pahit. Maka dari itu, gunakan sage sebagai bumbu dengan jumlah kecil saja.

Oregano

Oregano segar atau kering paling sering dikaitkan dengan masakan Italia dan bahkan menjadi sesuatu yang tak dapat dipisahkan. Ini adalah herba yang paling umum ditemukan pada hidangan pizza, pasta dan paling cocok pada hidangan berbahan dasar saus tomat. Oregano memiliki rasa yang kuat, dengan aftertaste yang pedas dan pahit, serta dengan aroma yang juga kuat.

Oregano begitu serbaguna dan dapat digunakan pada sebagian besar resep jamur, terutama yang seringkali dipasangkan dengan saus tomat. Meski demikian, oregano berpasangan dengan banyak hidangan dan memiliki keserbagunaan yang luas, ia digunakan sebagai bumbu dari sayuran panggang, digunakan sebagai olesan daging panggang, serta sebagai bumbu marinasi.

Daun Ketumbar

Tanaman ketumbar, baik itu biji atau daunnya, keduanya bisa digunakan untuk tujuan kuliner. Rempah ini berasal dari keluarga yang sama dengan peterseli. Daun ketumbar memiliki profil rasa yang digambarkan seperti aroma jeruk yang kuat dan segar, dan beberapa orang menggambarkan rasanya seperti rasa sabun, sehingga rasanya seringkali tidak disukai semua orang, namun ketika ditambahkan pada masakan, daun ketumbar menghasilkan cita rasa masakan yang menyegarkan dan memperkaya rasa.

Daun ketumbar paling cocok untuk membumbui hidangan berkuah seperti sop, bakso, atau tom yum, dan bisa juga membumbui sandwich. Rasanya yang kuat menjadikan daun ketumbar dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis daging dan makanan laut. Selain itu, daun ketumbar juga berpadu sempurna dengan berbagai hidangan jamur, mulai dari sup jamur, jamur yang dipanggang, direbus, atau digoreng.

Keunggulan lainnya dari daun ketumbar ini adalah dapat memberikan sensasi segar pada hidangan jamur dengan rasa yang lebih ringan. Selain digunakan sendiri, daun ketumbar juga bekerja dengan baik dengan banyak herba yang lebih gurih lainnya seperti rosemary dan thyme. Dengan demikian, daun ketumbar memiliki keserbagunaan yang luas untuk sejumlah hidangan.

Jintan

Rempah untuk hidangan jamur lainnya adalah berasal dari biji kering tanaman keluarga Apiaceae yang banyak ditemukan di Mesir dan Timur Tengah. Sebagai salah satu bumbu kuliner, ini paling banyak ditemukan pada masakan Austria, Hongaria, dan Jerman, terutama makanan yang dipanggang. Di India, jintan sering digunakan untuk membumbui nasi jeera, dan juga banyak ditemukan pada falafel, yaitu makanan khas Timur Tengah.

Saat digunakan sendiri, jintan memiliki rasa yang hangat, pedas, dan seperti akar manis, serta jeruk. Profil rasanya membuat jintan begitu serbaguna untuk membumbui setiap masakan di seluruh dunia. Secara keseluruhan, jintan dapat membumbui hidangan apa pun, mulai dari daging, sayuran, nasi sup, dan saus.

Ini menjadi bagian penting dari campuran bumbu yang banyak ditemukan, seperti berbere, Baharat, dan garam masala. Ini adalah rempah serbaguna yang dapat membumbui jamur dengan sentuhan profil rasa yang unik. Jintan merupakan rempah yang berpadu sempurna dengan sup jamur. Karena begitu serbaguna, jintan yang dikombinasikan dengan kunyit dan biji sawi hitam juga dapat digunakan sebagai bumbu kari. Selain profil rasanya yang unik, biji jintan juga mengandung minyak esensial dan antioksidan dalam jumlah tinggi yang memberikan banyak manfaat kesehatan.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan rempah dengan aroma yang sangat tajam dan kuat, serta dengan rasa yang pedas. Rempah ini paling banyak digunakan pada hampir semua jenis hidangan, terutama hidangan gurih di seluruh dunia. Bawang putih begitu populer dan sangat serbaguna, yang dapat digunakan pada hampir semua jenis metode memasak, termasuk menggoreng, menumis, merebus, dan memanggang.

Meski memiliki aroma dan rasa yang menyengat, tetapi ini dapat menjadikan suatu hidangan menjadi sangat lezat dan gurih, sehingga ini menjadi salah satu penyedap rasa alami yang banyak digunakan. Rasa dari bawang putih akan meningkatkan setiap rasa, mulai dari hidangan nasi, daging, sayuran, serta hidangan jamur.

Bawang putih adalah bumbu penting untuk jamur, apakah Anda membuat saus pasta, hidangan tumis, atau jamur yang dilapisi tepung roti dan digoreng. Bawang putih segar adalah yang terbaik untuk sebagian besar aplikasi, termasuk acar jamur, tetapi bawang putih bubuk adalah bentuk yang lebih disukai saat membuat tepung untuk jamur goreng.

Bawang Bombay

Selain bawang putih, bawang bombay adalah salah satu rempah yang banyak digunakan di seluruh dunia pada hidangan gurih. Ini merupakan salah satu rempah serbaguna dan penting, yang termasuk dalam keluarga botani yang sama dengan bawang putih. Seperti bawang putih, bumbu ini hadir sebagai bumbu dari hidangan gurih, yang akan menonjolkan rasa yang tajam dan menyengat.

Fungsi kuliner dari bawang bombay adalah sebagai penyedap rasa dan penambah aroma. Bawang bombay paling sering diaplikasikan pada hidangan yang ditumis, dan dapat menjadi bahan pengental saus yang baik. Bawang bombay memiliki rasa yang pedas dan manis, yang dapat dipasangkan dengan baik pada setiap hidangan jamur, dan dapat meningkatkan rasa dari daging panggang, atau bahkan pasta.

Basil

Basil merupakan rempah untuk hidangan jamur yang selanutnya, yang berasal dari wilayah Asia. Ini adalah salah satu keluarga mint, yang juga memiliki aroma dan rasa yang segar, yang dapat menghasilkan rasa lezat pada suatu hidangan. Basil banyak digunakan digunakan di beberapa negara, termasuk Italia, yang sering digunakan untuk membumbui pesto atau saus pasta marinara.

Basil memiliki rasa manis dan pedas, yang umum digunakan pada hidangan sup, semur, jamur, dan saus. Rempah aromatik ini menjadi rempah yang bekerja dengan baik pada hidangan jamur, yang akan menambahkan kedalaman rasa yang luar biasa pada hidangan Anda, tanpa terlalu kuat.

Tarragon

Tarragon atau dragon’s-wort merupakan tanaman herbal yang banyak digunakan dalam masakan Inggris, Prancis, dan Transylvania dari anggota keluarga bunga matahari. Rempah ini dapat ditemukan di beberapa negara Asia tengah dan timur, Amerika Utara bagian barat, Eropa timur, dan bagian selatan utara Meksiko dan India. Ini adalah rempah yang digunakan untuk berbagai tujuan, yaitu untuk tujuan kuliner, produk komersial seperti sabun, kosmetik, dan bahkan pengobatan.

Rempah dari keluarga bunga matahari ini dapat digunakan sebagai bumbu dari masakan atau minuman. Sebagai bumbu masakan, tarragon berpasangan dengan baik pada hidangan daging, ikan, saus, dan jamur. Sementara sebagai bumbu minuman, tarragon hadir sebagai pelengkap dari minuman alkohol. Ini juga merupakan bagian penting dari bumbu kaldu dan sup. Hidangan apa pun yang menggunakan tarragon akan memberikan manfaat nutrisi dan juga menjadikan suatu masakan menjadi lebih lezat.

Adas Sowa

Adas sowa atau dill adalah rempah lunak dengan profil rasa yang sangat kompleks. Rasanya akan mengingatkan pada rasa peterseli, akar manis, dan seledri. Adas sowa juga secara keseluruhan memiliki rasa yang pedas dan rasa manis yang cukup menonjol. Dalam tujuan kuliner, ini paling sering digunakan dalam masakan Eropa Tengah dan Skandinavia terutama pada hidangan jamur, kentang, ikan, atau berbagai jenis sayuran.

Rempah ini juga digunakan sebagai penyedap alami yang akan menyedapkan sejumlah masakan seperti sup, roti, telur, sayuran, dan makanan laut. Saat ditambahkan pada hidangan jamur, adas sowa dengan rasanya yang khas berpadu dengan baik pada hidangan jamur. Namun, penting untuk diingat bahwa adas sowa memiliki rasa yang kuat, sehingga yang paling baik adalah digunakan dalam jumlah kecil atau gunakan sebagai hiasan.

Allspice

Allspice merupakan rempah tunggal yang ditemukan di Meksiko dan Amerika Tengah, yang berasal dari buah beri kering tanaman Pimento dioica. Nama allspice sendiri menggambarkan tiga rempah yang banyak digunakan, yaitu cengkeh, pala, dan kayu manis. penggunaan kulinernya paling sering digunakan sebagai campuran bumbu pai labu, kue kering, sosis, dan ham. Ini juga merupakan rempah penting untuk pengawetan secara umum dan merupakan salah satu bumbu kunci untuk pengasinan jamur.

Lada Hitam

masakan negara apapun cairo food bumbunya

Lada hitam merupakan salah satu rempah serbaguna yang digunakan di seluruh dunia pada hampir semua jenis hidangan. Lada hitam memiliki rasa pedas dan sedikit sentuhan jeruk lemon yang bekerja dengan baik pada banyak hidangan gurih. Ini juga merupakan rempah yang sangat cocok untuk hidangan jamur, termasuk jamur goreng dengan memberikan sentuhan pedas dan jeruk lemon yang khas.

Bay Leaves

Bay leaves adalah rempah daun yang berasal dari pohon bay laurel. Rempah ini terkenal karena penggunaannya dalam semur dan hidangan lain yang direbus dalam waktu lama. Bay leaves juga cocok untuk hidangan daging, makanan laut, sayuran, serta saus. Selain itu, bay leaves dapat membumbui kaldu daging serta jamur, dengan memberikan rasa yang pahit dan pedas saat digunakan dalam bentuk segar, atau memberikan aroma yang mirip dengan oregano dan thyme dan rasa herbal saat digunakan dalam bentuk kering.

Kucai

Kucai terkait dengan genus Allium yang sama dengan bawang putih, bawang merah, bawang bombay, dan daun bawang. Rempah ini banyak digunakan dalam masakan Asia dan Eropa, terutama pada hidangan mashed potato, kentang panggang, telur dadar, sup, saus, dan juga jamur. Ketika ditambahkan pada hidangan jamur, kucai memberikan sentuhan seperti genus Allium lainnya yang akan memberikan tekstur renyah dan menyeimbangkan tekstur jamur yang kenyal secara keseluruhan.

Setiap rempah yang digunakan memiliki karakteristik dan profil rasa yang berbeda secara keseluruhan, dan itulah yang membuat setiap rempah menjadi unik. Dengan banyaknya rempah untuk hidangan jamur, Anda bisa menyesuaikan dengan selera dan membuat hidangan jamur dengan rasa yang berbeda setiap harinya. Cari tahu juga bumbu dan rempah untuk hidangan domba di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *