13 Manfaat Teh Jahe Bagi Kesehatan Tubuh

Jahe merupakan rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan serta dijadikan pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Bagi banyak orang, teh jahe adalah cara favorit untuk menuai manfaat jahe. Teh jahe menawarkan rasa yang lezat, sekaligus manfaat yang beragam. Penasaran apa saja manfaat teh jahe bagi kesehatan tubuh? Simak selengkapnya di bawah ini.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat melindungi tubuh dari banyaknya penyakit yang mengintai. Salah satu cara untuk mengupayakan agar memiliki kekebalan tubuh yang kuat adalah dengan mengonsumsi teh jahe. Jahe merupakan tanaman obat yang memiliki sifat antibakteri, antivirus, anti-inflamasi, dan antioksidan yang kuat.

Pertama, sifat antibakteri dari jahe akan menjaga tubuh agar tetap sehat. Prioritas utama kita saat ini adalah menjaga kekebalan kita tetap kuat. Sifat antivirus dan antibakteri yang terdapat pada jahe membantu melawan pathogen, sehingga akan mengurangi risiko terkena penyakit. Di sisi lain, anti-inflamasi pada jahe mendukung sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Manfaat teh jahe lainnya ialah terkait fungsi kognitif. Biasanya, fungsi kognitif seseorang akan menurun seiring usia. Dengan hal ini, Anda bisa mengatasinya dengan teh jahe. Jahe mengandung senyawa bioaktif dan antioksidan yang dapat menghambat respon inflamasi yang terjadi pada otak. Penurunan fungsi kognitif terkait usia umumnya terjadi karena peradangan kronis dan stres oksidatif diyakini menjadi salah satu pendorong utama penyakit Alzheimer dan mempercepat proses penuaan.

Selain meningkatkan fungsi kognitif, teh jahe juga mampu meningkatkan fungsi otak, meningkatkan konsentrasi dan fokus, serta menambah energi. Meskipun jahe telah digunakan untuk meningkatkan kekuatan otak dalam pengobatan herbal selama ratusan tahun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa manfaat kognitif jahe didukung oleh bukti ilmiah.

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif di antara wanita paruh baya. Selain itu, konsumsi teh jahe juga memiliki kemungkinan efek positif terkait penyakit Alzheimer dan penyakit saraf degeneratif lainnya. Jahe bahkan dapat membantu mencegah kerusakan otak dan memperbaiki kerusakan memori.

Mengurangi Peradangan

Jahe merupakan tanaman herbal yang memiliki efek anti-inflamasi, sehingga dalam hal ini, konsumsi teh jahe dapat membantu mengurangi peradangan. Manfaat jahe ini bahkan telah diperoleh selama berabad-abad dalam pengobatan herbal. Sifat anti-inflamasi dari jahe juga didukung oleh sejumlah penelitian. Para peneliti menemukan bahwa sifat anti-inflamasi yang terdapat pada jahe berpotensi dalam mengurangi rasa sakit setelah berolahraga secara intens.

Selain itu, sifat anti-inflamasi yang terdapat pada jahe juga mampu mengatasi sakit kronis terkait peradangan. Ini telah dilakukan penelitian yang hasilnya menunjukkan bahwa jahe dapat memperbaiki kondisi peradangan sendi seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan efeknya secara definitif.

Mengatasi Flu dan Sakit Tenggorokan

Flu dan sakit tenggorokan merupakan penyakit yang umum terjadi terutama ketika cuaca sedang tak menentu. Ini juga lebih rentan terjadi pada seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Dalam mengatasi hal ini, teh jahe mampu mengatasi flu dan sakit tenggorokan, karena jahe juga mengandung sifat antivirus yang membantu melawan virus flu. Studi telah menemukan bahwa ekstrak jahe efektif dalam menghambat pertumbuhan beberapa jenis virus, termasuk rhinovirus, yang merupakan penyebab paling umum dari flu biasa.

Selain itu, teh jahe juga secara efektif mampu mengurangi tingkat keparahan infeksi saluran pernapasan bagian atas. Kandungan antimikroba dari jahe juga mendukung hal ini, yang dapat mengobati radang tenggorokan. Menghirup uap teh jahe juga yang hangat dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan masalah pernapasan yang disebabkan oleh flu biasa atau polusi.

Meredakan Nyeri Haid

Jahe mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu kaum wanita untuk meredakan nyeri haid. Teh jahe dapat mengobati gejala sekaligus meredakan kram perut. Ini juga telah didukung oleh penelitian bahwa jahe – sebagai pereda nyeri sama efektifnya dengan obat pereda nyeri seperti ibuprofen. Selain itu, penelitian lainnya juga membuktikan bahwa jahe mampu mengurangi nyeri haid secara bertahap.

Menjaga Sistem Pencernaan

Teh jahe merupakan obat alami yang mendukung sistem pencernaan yang sehat. Penelitian telah mengklaim hal ini, yang artinya jahe membantu memastikan sistem pencernaan bekerja dengan optimal, serta mampu membantu memperbaiki gejala gastrointestinal. Selain itu, teh jahe juga membantu penyerapan makanan dengan baik, serta dapat meredakan perut kembung. Oleh karena itu, untuk memperolehnya, Anda dapat mengonsumsi teh jahe setelah makan besar atau saat mengalami masalah pencernaan.

Meredakan Mual

Dari semua potensi manfaat jahe, pereda mual adalah salah satu yang paling terkenal dan telah menjadi pengobatan tradisional selama bertahun-tahun. Ini meliputi banyak hal, termasuk mabuk perjalanan, morning sickness yang terkait kehamilan, hingga mual sebagai efek dari kemoterapi atau operasi. Teh jahe adalah cara yang paling mudah dalam mengatasi hal tersebut.

Jahe mengandung senyawa aktif yaitu fenol dan minyak atisiri yang disebut gingerol. Kedua bahan aktif tersebut yang berpotensi dalam meredakan mual. Selain enak dan menghangatkan, teh jahe adalah salah satu alternatif terbaik yang dapat dikonsumsi untuk meredakan gejala mual. Selain itu, teh jahe juga menjadi obat terbaik untuk wanita hamil dan orang yang menjalani kemoterapi yang tidak disarankan untuk menggunakan obat standar.

Manfaat teh jahe dalam meredakan mual didukung oleh sebuah studi yang menyimpulkan bahwa jahe merupakan pengobatan yang aman, efektif, sekaligus murah dalam mengatasi berbagai gejala mual, seperti saat mabuk perjalanan, morning sickness terkait kehamilan, dan mual setelah kemoterapi atau operasi.

Meredakan Nyeri Otot

Berkat sifat anti-inflamasi yang terdapat pada jahe, mengonsumsi teh jahe membantu mengurangi rasa sakit serta menenangkan otot yang sakit. Satu studi baru-baru ini menemukan bahwa mengonsumsi jahe dapat membantu mengobati nyeri otot yang disebabkan oleh olahraga. Selain itu, konsumsi jahe juga membantu meredakan rasa sakit akibat luka dan penyakit kronis. Jadi, jika Anda mengalami nyeri otot baik itu setelah berolahraga ataupun yang disebabkan hal lainnya, teh jahe merupakan cara yang tepat untuk meredakan nyeri otot.

Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit kronis yang mematikan. Dunia medis kerap mengembangkan pengobatan untuk melawan penyakit kanker. Namun, mencegah lebih baik daripada mengobati, dan cara termudah untuk mencegah penyakit berbahaya tersebut ialah dengan mengonsumsi teh jahe. Hal ini dikarenakan jahe mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu mencegah jenis kanker tertentu.

Ramuan obat sekaligus bumbu masakan ini mampu mencegah kanker hati, kolorektal, lambung, dan pankreas. Studi juga menunjukkan bahwa jahe dapat membantu menghambat pembentukan sel kanker di dalam tubuh. Meskipun jahe saja mungkin tidak cukup untuk mencegah kanker, secangkir teh jahe dapat berperan kecil dalam menjaga Anda tetap sehat dan menangkal penyakit degeneratif. Untuk itu, sebagai upaya pencegahan, konsumsi teh jahe secara rutin diyakini mampu mencegah penyakit tersebut.

Baik untuk Gigi

Manfaat teh jahe lainnya adalah melindungi gigi dari kerusakan. Jahe mengandung sifat antimikroba dan antijamur yang dapat membantu membunuh patogen mulut yang berbahaya. Selain itu, jahe juga berpotensi dalam meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan sekaligus menjaga gigi tetap aman dan sehat.

Mencegah Penyakit Jantung

Potensi manfaat teh jahe lainnya ialah mencegah penyakit jantung. Penelitian telah menyatakan bahwa asam amino, vitamin, dan mineral yang terdapat dalam teh jahe mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang mengurangi risiko masalah kardiovaskular. Ini membantu mencegah lemak menumpuk di arteri dan dengan demikian membantu mencegah serangan jantung serta stroke. Selain itu, teh jahe juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Menurunkan Berat Badan

Sehat Dimulai Dari Dapur Anda

Berat badan berlebih kerap kali menjadi masalah bagi sebagian orang. Ini juga berdampak terhadap kesehatan lainnya, dan menjadi pemicu dari berbagai penyakit, termasuk penyakit pernapasan, jantung, hingga kanker. Dalam hal ini, banyak orang melakukan diet ketat untuk menurunkan berat badan. Namun, untuk dapat menurunkan berat badan, teh jahe bisa menjadi solusi.

Teh jahe merupakan minuman yang enak, menghangatkan, sekaligus sehat yang membantu mengontrol berat badan berlebih. Hal ini juga telah dilakukan dalam sejumlah penelitian, yang hasilnya menunjukkan bahwa jahe akan membuat kenyang lebih lama, sehingga akan menekan rasa lapar seseorang. Oleh karena itu, teh jahe adalah solusi yang efektif untuk mengatasi berat badan.

Efek Samping

Bagi kebanyakan orang, teh jahe tidak menimbulkan efek samping, tetapi mungkin dapat memicu masalah kesehatan lainnya karena mengonsumsi lebih dari batas wajar. Meskipun tidak ada jumlah jahe atau teh jahe yang dianggap terlalu banyak, beberapa penelitian merekomendasikan batas mengonsumsi jahe adalah 1.000 mg per hari untuk meredakan mual dan muntah pada kehamilan, atau sekitar 1 sendok teh jahe parut segar atau 4 cangkir teh. Namun, mengonsumsi teh jahe tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu pada ahli medis profesional, terutama bagi Anda dengan kondisi hamil dan memiliki kondisi medis tertentu.

Dikenal sebagai rempah yang memiliki banyak khasiat, membuat jahe kerap digunakan dalam kuliner dan pengobatan. Mengonsumsi teh jahe menjadi cara yang tepat untuk mencegah serta mengatasi berbagai penyakit, mulai dari yang umum hingga penyakit kronis. Meski menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, selalu pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahli medis. Untuk memperoleh manfaatnya, selalu sediakan jahe utuh atau jahe bubuk untuk melengkapi nutrisi harian Anda, dan Cairo Food menyediakan beragam jenis bumbu dan rempah untuk segala jenis masakan. Kenali perbedaan jahe merah dan jahe putih serta manfaatnya melalui link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *