12 Tips Memasak Gurita agar Empuk

Gurita adalah makanan laut yang bisa diolah ke dalam berbagai resep, baik itu pada hidangan tumisan, rebusan, bakar, panggang, dan bahkan menjadi tambahan yang enak pada takoyaki atau sushi. Daging gurita cenderung keras, jika Anda tidak mengetahui teknik yang tepat, maka dagingnya akan terasa alot.

Ini adalah makanan laut yang menggugah selera jika disiapkan dengan baik, tetapi dagingnya yang bisa menjadi alot tampak menjadi tugas yang berat. Namun, Anda tak perlu terlalu khawatir dengan daging gurita yang cenderung keras dan bisa menjadi alot jika tidak disiapkan dengan benar, karena ada beberapa tips memasak gurita agar empuk. Simak selengkapnya di bawah ini.

Pilih Gurita Segar

Sebelum memasak gurita yang empuk, bagian terpenting adalah Anda harus memilih gurita yang segar. Pasalnya, jika Anda salah memilih gurita, hewan tersebut memiliki bau yang lebih anyir dan amis, serta rasanya pun berubah. Ciri gurita segar adalah bagian tubuh yang masih utuh, kulitnya mulus tanpa noda, tekstur yang kenyal, serta bagian mata yang masih bersih. Pemilihan gurita yang tepat akan berdampak pada tekstur daging gurita setelah dimasak, sehingga penting untuk memilihnya dengan bijak.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Pilih Gurita Beku

Membekukan gurita sebelum dimasak bisa berguna agar daging lebih empuk. Hal terbaik tentang gurita beku adalah ia seringkali sudah dibersihkan sebelum sampai di tangan konsumen, sehingga ini akan memudahkan Anda agar tidak perlu mengeluarkan paruh dan isi perutnya. Gurita beku juga memiliki tampilan yang sedikit berbeda dari gurita segar karena telah dibersihkan.

Gurita beku dimasak dengan sangat baik, lebih mudah empuk dibandingkan gurita segar. Namun, Anda harus membiarkan gurita mencair sepenuhnya sebelum Anda mencoba memasaknya. Saat mencair, dagingnya akan mulai empuk, dan Anda bisa menggunakan metode memasak seperti biasanya. Diperkirakan waktu memasaknya akan lebih sedikit setelah dicairkan dibandingkan dengan gurita segar.

Rebus di Air Mendidih

Merebus daging, termasuk makanan laut seperti gurita menjadi cara yang efektif agar hasil masakan Anda menjadi lebih empuk. Caranya adalah dengan mengeluarkan gurita beku dari dalam freezer, dan pindahkan ke dalam chiller. Gurita beku tersebut harus dibiarkan hingga mencair selama sekitar satu hari.

Sebelum direbus, pastikan gurita telah dibersihkan terlebih dahulu, buang mata dan kantong tinta gurita, lalu cuci hingga bersih. Siapkan tiga sampai lima liter air untuk merebus satu sampai 1,5 kilogram gurita, dan jangan memberi garam ke dalam rebusan. Saat sudah mendidih, segera masukkan gurita ke dalam panci, dan rebus gurita pada suhu 90 sampai 95 derajat Celcius. Gunakan termometer khusus makanan untuk mengukur suhu air rebusan gurita.

Durasi untuk merebus gurita bisa disesuaikan dengan ukuran mereka. Sebagai contoh, gurita kecil yang hanya sebesar genggaman tangan, hanya membutuhkan waktu merebus selama satu hingga dua menit. Gurita sedang dengan berat kurang dari 230 gram, dan panjang sekitar 30cm biasanya memakan waktu sekitar empat hingga lima menit. Terakhir, gurita besar dengan berat lebih kurang 2,3 kilogram sebaiknya direbus selama kira-kira delapan hingga 10 menit.

Cara mengetahui kematangan gurita pada saat direbus adalah dengan memasukkan pisau ke bagian kepala dan kakinya. Apabila pisau bisa masuk ke daging dengan mudah artinya gurita sudah matang, dan sebaliknya, jika kesulitan memasukkan pisau ke daging, tambahkan waktu merebus gurita. Setelah selesai direbus dan menghasilkan tekstur yang empuk, Anda bisa mengolahnya sesuai preferensi pribadi.

Gunakan Air dan Garam

Menggunakan air dan garam lebih sering dikenal dengan teknik pengasinan gurita. Cara ini banyak dilakukan untuk keperluan kuliner, dan Anda bisa menerapkannya saat ingin membuat gurita yang empuk. Campuran air dan garam dipercaya dapat melunakkan jaringan gurita, sementara yang lainnya berpendapat bahwa air garam akan membuat rasanya semakin lezat.

Cara terbaik untuk mengasinkan gurita adalah dengan menggunakan garam sesedikit mungkin. Menggunakan sekitar 2% garam akan menghasilkan air garam yang enak dan tidak akan diserap terlalu banyak sehingga mengubah rasanya. Bahkan, dengan secukupnya saja, Anda bahkan bisa menambah rasa gurita Anda setelah dimasak.

Rendam gurita Anda dalam air garam setidaknya selama 2 jam sebelum dimasak. Meskipun beberapa orang berpendapat bahwa pengasinan tidak membuat banyak perbedaan, namun, Anda akan memperhatikan bahwa pengasinan selama beberapa jam memang membuat daging lebih lembut dan kurang kenyal. Tidak hanya membantu tekstur gurita, tetapi juga menghilangkan rasa amis yang biasanya terdapat pada sebagian besar makanan laut.

Gunakan Air Garam dan Air Cuka

Tips memasak gurita agar empuk lainnya adalah dengan menggunakan campuran air garam, dan air cuka. Namun, saat menggunakan tips ini, Anda harus berhati-hati, karena meskipun campuran ini dapat membuat daging gurita lebih empuk, namun merendam gurita dalam air garam dengan air cuka dapat membuat gurita lebih kering.

Hal ini dikarenakan cuka bersifat asam, dan ia juga memiliki efek mengeringkan daging, dan pada saat yang bersamaan, cuka membantu melunakkan daging. Cara menerapkannya adalah lakukan hal yang sama dengan metode air dan garam, yaitu hanya gunakan cuka sebanyak 2% dalam air garam. Rendam gurita dalam larutan tersebut selama sekitar satu jam. Perlu diingat bahwa cuka jauh lebih kuat daripada garam biasa, sehingga metode ini memerlukan waktu dua kali lebih cepat daripada hanya menggunakan air garam.

Jika Anda berencana memasak gurita dengan resep kering, sebaiknya abaikan tips yang satu ini, karena daging yang mengalami dehidrasi juga berarti dagingnya akan lebih segar. Anda bisa mengikuti tips ini pada resep gurita yang ditumis, dan pastikan Anda memasak gurita dengan api besar dengan sangat cepat untuk memasaknya, tetapi jangan memanaskannya terlalu lama agar sari dagingnya tidak hilang lagi. Ini akan memberi Anda tekstur dan rasa yang kenyal tetapi tidak bergetah.

Marinasi Daging Gurita

Agar menghasilkan daging gurita yang empuk, proses marinasi menjadi metode yang bisa diterapkan di rumah. Anda bisa membuat bumbu marinasi sendiri, atau menggunakan panduan bumbu untuk makanan laut. Proses marinasi bisa membutuhkan waktu hingga satu jam atau lebih, sampai bumbu benar-benar meresap ke dalam daging. Proses marinasi akan membuat daging gurita lebih empuk, sehingga Anda pun bisa menyantap daging lezat ini.

Kukus Daging Gurita

Selain proses marinasi, Anda bisa mengukus daging gurita yang sudah dimarinasi agar dagingnya lebih empuk. Sebelum mengukusnya, bungkus daging gurita dengan kertas timah dengan rapat. Pastikan tidak ada kebocoran dan gandakan pembungkusnya sebanyak mungkin. Metode tambahan dengan mengukus gurita akan membantu daging menjadi lebih empuk, sekaligus memasaknya secara bersamaan. Proses mengukus ini bisa memakan waktu hingga satu jam.

Gunakan Susu Sapi Murni

Susu sapi murni banyak digunakan oleh koki profesional sebagai bumbu baluran saat akan memasak daging, dan Anda juga bisa menggunakan susu sapi murni agar daging gurita lebih empuk, dan tentunya akan mempermudah proses memasak. Siapkan wadah besar dan tuang susu sapi murni ke dalamnya, kemudian masukkan daging gurita yang akan dimasak. Diamkan selama semalaman agar metodenya berhasil. Setelah itu, masak sesuai keinginan Anda.

Tekan Gurita dengan Rolling Pin

Jika sebelumnya membutuhkan bahan makanan lain untuk membuat daging gurita menjadi lebih empuk, poin yang satu ini membutuhkan alat berupa rolling pin. Cara menggunakannya adalah Anda harus memasukkan gurita ke dalam wadah plastik terlebih dahulu, beri sedikit tekanan saat akan menggulirkan rolling pin. Cara ini akan membuat gurita lebih empuk saat dimasak. Tetapi ingatlah, jangan menekannya terlalu keras agar tidak menghancurkan tentakel gurita.

Empukkan Daging Gurita Menggunakan Pressure Cooker

Mengempukkan daging gurita menggunakan pressure cooker mungkin tidak bisa diterapkan oleh semua orang karena keterbatasan akan kelengkapan alat memasak. Tetapi, apabila Anda memiliki pressure cooker di rumah, ini juga bisa digunakan untuk mengempukkan daging gurita. Pressure cooker bisa digunakan untuk membuat daging sapi jauh lebih lembut dan enak, sehingga ini juga bisa diterapkan untuk melunakkan daging gurita.

Tips penting dalam menggunakan metode pressure cooker ini, masukkan gurita ke dalam pressure cooker terlebih dahulu lalu tambahkan air, hingga daging gurita terendam seluruhnya. Ini akan membantu menjaga rasa gurita. Anda tak perlu menambahkan air terlalu banyak, cukup tambahkan sedikit air ketika sudah mulai mengering.

Anda harus mengulang cara yang sama berkali-kali, dan daging gurita harus dimasak selama kurang lebih empat jam. Meski tampak merepotkan dan membutuhkan waktu yang lama, tetapi Anda juga bisa menggunakan pressure cooker saat kehabisan bahan lain yang dibutuhkan untuk mengempukkan gurita. Setelah gurita siap, masak gurita dengan resep apa pun sesuai selera.

Masak dengan Api Kecil

Masak Enak Jadi Mudah

Tips memasak gurita agar empuk lainnya adalah memasaknya dengan api kecil. Pengaturan suhu memasak memang menjadi faktor integral dalam memasak, termasuk dengan gurita. Jika Anda menginginkan gurita yang empuk, gunakanlah api kecil, dan masak perlahan. Sebaliknya, jika Anda memasak gurita dengan api besar dan cepat, dagingnya pun akan menjadi alot.

Panggang Gurita dalam Oven Dengan Api Kecil

Apabila resep membutuhkan gurita yang dipanggang, Anda tetap bisa membuat dagingnya menjadi lebih empuk, asalkan jika dimasak dengan api kecil. Metode ini juga menjadi cara praktis agar daging gurita menjadi empuk. Keunggulan dari memanggang gurita dalam oven dengan api kecil adalah Anda tidak harus memantaunya secara berkala.

Untuk menggunakan cara ini, Anda hanya perlu meletakkan gurita di dalam nampan brownies dan menutupinya dengan kertas timah. Ini akan membuat gurita mendidih dalam cairannya sendiri dan menghasilkan gurita empuk yang lezat setelahnya. Biarkan saja di dalam oven dengan pengaturan api paling rendah selama kurang lebih 4 jam. Buat lubang kecil pada kertas timah dengan tusuk gigi agar hawa panasnya tidak terperangkap di dalam.

Memasak gurita menjadi empuk bisa dilakukan dengan benar selama Anda mengetahui teknik yang tepat untuk mengolahnya. Daging gurita yang empuk akan menjadi begitu nikmat ketika disantap bersama teman atau keluarga. Anda bisa memasak gurita dengan rempah-rempah untuk makanan laut yang tersedia di Cairo Food. Anda bisa melihat tips penting membuat ayam tetap juicy melalui link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *