27 Tips Menyimpan Gula agar Aman dari Semut

Menemukan gula yang dikerubungi oleh semut akan sangat menyebalkan, bukan? Semut bisa mencium kehadiran gula meski dalam jarak jauh sekalipun. Kehadiran mereka seringkali tak disadari hingga Anda melihatnya sendiri ketika gula telah dikerubungi oleh semut. Menemukan semut di dalam stoples gula tak hanya membuat Anda repot, tetapi semut tersebut juga membuatnya menjadi tak higienis karena mereka membawa bakteri masuk.

Ini adalah hal yang umum terjadi, dan alih-alih Anda menjadi repot untuk mengeluarkan semut dari stoples gula, lebih baik jika mencegah mereka masuk. Lalu, bagaimana cara menghindari gula dari ancaman semut? Berikut adalah tips menyimpan gula agar aman dari semut, yang bisa Anda terapkan di rumah.

Jaga Wadah Tetap Bersih dan Kering

Ketika menyimpan gula, tempat penyimpanan, baik itu berupa wadah atau stoples, penting untuk menjaganya tetap kering, karena wadah yang kotor dan basah hanya akan mengundang semut. Sebelum menempatkan gula pada wadah, gunakan kain kering dan lap hingga benar-benar kering. Juga, pastikan tidak ada tumpahan atau remah-remah di bagian luar atau dalam toples.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Simpan Gula dalam Wadah Kedap Udara

Setelah memastikan wadah bersih dan kering, Anda juga harus memperhatikan penyimpanan gula. Semut dapat mendeteksi gula dari jauh dan terampil menemukan jalan menuju gula tersebut. Gunakan wadah kedap udara untuk menyimpan gula, dan pastikan tutupnya tertutup rapat untuk mencegah masuknya semut. Wadah plastik atau kaca dengan tutup sekrup atau tutup snap-on adalah pilihan yang baik.

Jauhkan Gula Dari Tempat yang Tidak Bisa Dijangkau Semut

Semut adalah serangga yang bisa terbawa saat Anda membawa atau membeli sesuatu. Kemunculan satu semut yang tidak sengaja akan mencium keberadaan gula, sehingga secara tak langsung, satu semut yang tak sengaja terbawa itu akan memanggil kawanan lainnya untuk mengerubungi gula.

Untuk mencegah stoples gula dikerubungi oleh semut, cara untuk mencegahnya adalah menempatkan stoples gula tidak bisa dijangkau oleh semut. Pasalnya, indera penciuman semut begitu kuat, mereka mampu mendeteksi keberadaan gula meski dengan jarak yang jauh. Selain itu, penting untuk meletakkan gula di tempat yang rendah, dan berdampingan dengan bahan lain yang memicu kehadiran semut.

Pasang Selotip di Badan Botol

Saat memilih tempat penyimpanan gula, yang terbaik adalah menggunakan stoples plastik atau kaca tebal yang tertutup rapat. Namun, kadang kala, Anda mungkin kesulitan menemukan stoples untuk menyimpan gula, sehingga mengharuskan Anda menggunakan botol plastik untuk menyimpan gula.

Meski sebenarnya tak ada masalah jika Anda menggunakan botol, tetapi akan lebih baik jika menggunakan botol yang terbuat dari bahan yang cukup tebal, sehingga akan sulit bagi semut untuk membuat lubang pada botol untuk jalan masuk mereka. Agar keamanan botol tersebut lebih terjamin, cobalah untuk memasang selotip yang melingkari badan botol. Permukaan selotip yang bersifat licin akan mencegah semut menaiki botol dan menjangkau tutupnya, sehingga gula akan aman dari semut.

Gantung Secara Berpindah-Pindah

Gantung secara berpindah-pindah memang akan sedikit merepotkan Anda, tetapi demi menjaga gula agar aman dari semut, cara ini terbilang cukup efektif. Pasalnya, semut adalah binatang yang cukup cerdik, mereka akan saling bahu-membahu ketika mengetahui keberadaan sumber makanan mereka, seperti gula, dan kemudian akan menyampaikan di mana sumber makanan mereka berada. Pada akhirnya, seekor semut yang mengetahui keberadaan gula, akan memberi tahu ke kawanan lainnya, sehingga mereka akan bersama-sama melacak lokasi gula.

Serangga tersebut memang cerdik, tetapi kita – sebagai manusia juga bisa mengelabui mereka, yaitu dengan sering-sering memindahkan wadah penyimpanan gula, dari satu tempat ke tempat lainnya. Anda juga bisa menggunakan botol berisi gula, dan gantungkan di sekitar rumah. Tempat yang berpindah-pindah akan membuat para semut lebih sulit untuk mendeteksinya. Namun perlu diingat bahwa cara ini memang akan sedikit menyulitkan Anda.

Masukkan Stoples ke Wadah yang Berisi Air

Meletakkan stoples di dalam wadah yang berisi air juga bisa menjadi cara untuk menjauhkan gula dari kawanan semut. Semut adalah serangga yang biasanya tidak langsung memakan makanan yang mereka temukan dari sumbernya, dan sebaliknya, mereka justru akan membawanya kembali ke koloninya. Meletakkan stoples di dalam wadah berisi air akan mencegah semut menghampiri sumber makanan mereka, dan jika sudah terlanjur masuk ke dalam stoples gula, mereka tidak bisa membawa gula kembali ke sarangnya tetapi akan tenggelam karena adanya ‘parit’ di sekitar wadah.

Caranya adalah wadah yang lebih besar daripada stoples gula, dan mengisinya dengan beberapa inci air, hanya untuk mencegah dan mengusir semut, dan jangan sampai stoples tersebut mengapung karena akan mengguncang isi stoples, dan bisa menyebabkan isinya tumpah. Kemudian masukkan ke dalam stoples gula dan biarkan selama beberapa jam.

Gunakan Cabai

Cabai merupakan salah satu bumbu yang ampuh dalam mengusir semut. Hal ini dikarenakan cabai memiliki aroma pedas, yang bisa mengiritasi semut yang memiliki penciuman yang tajam. Ini tidak akan membunuh mereka, tetapi akan mengusir mereka dari toples gula Anda. Caranya adalah, masukkan cabai kering menjadi dua bagian atau kecil agar tersebar di sekitar gula, dan masukkan beberapa cabai kering ke dalam wadah atau stoples. Tutup penutupnya (jangan terlalu rapat) dan biarkan semalaman.

Gunakan Siung Bawang Putih

Seperti yang kita ketahui bahwa bawang putih adalah salah satu rempah dengan aroma yang kuat, sehingga ia juga efektif dalam mencegah semut mendekati wadah berisi gula. Semut juga tidak bisa mentolerir bau yang kuat dari bawang putih. Untuk menjaga gula aman dari semut, belah satu siung bawang putih menjadi dua, letakkan di sekitar tempat Anda menyimpan gula. Dengan cara ini, semut tak akan berani mendekati wadah berisi gula.

Sebarkan Daun Salam

Daun salam tak hanya digunakan pada masakan seperti nasi liwet, nasi uduk, dan bubur saja, tetapi ia juga bisa digunakan untuk menjauhkan gula dari kawanan semut. Anda bisa mencoba menyebarkan daun salam di area sekitar tempat Anda menyimpan semut. Rempah ini tak hanya dapat mengusir semut saja, ia bahkan dapat menghentikan hama lain seperti gegat dan kumbang penggerek.

Basmi dengan Cengkeh

Tips menyimpan gula agar aman dari semut lainnya adalah cengkeh. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa semut memiliki indera penciuman yang kuat, dan rempah seperti cengkeh yang juga memiliki aroma kuat, sehingga ini bisa digunakan untuk membasmi semut. Caranya adalah dengan menggunakan cengkeh sebanyak 3 hingga 5 butir cengkeh, dan masukkan ke dalam tempat penyimpanan gula. Agar lebih efektif, Anda juga bisa menggunakan minyak cengkeh dengan aroma yang lebih kuat. Jika menggunakan minyak cengkeh, cukup campurkan dengan air, dan semprotkan pada area di sekitar tempat penyimpanan gula agar menjauhkannya dari semut.

Gunakan Bunga Lawang

Rempah yang bisa digunakan untuk menjaga gula agar aman dari semut lainnya adalah bunga lawang, yaitu rempah yang banyak digunakan dalam masakan Cina dan menjadi komponen penting dari Chinese five spices. Anda cukup memasukkan beberapa bunga lawang utuh atau kering ke dalam stoples gula, dan jangan menutupnya terlalu rapat, karena mereka memerlukan jalan keluar.

Biarkan stoples selama beberapa jam dan Anda akan menemukan semut perlahan keluar dari stoples. Menggunakan bunga lawang tidak membunuh semut tetapi menjauhkannya karena semut tidak menyukai baunya. Pastikan untuk mengeluarkan bumbunya setelah beberapa saat untuk menghindari baunya menempel pada gula.

Tambahkan Kayu Manis

Kayu manis sering ditemukan pada resep manis, khususnya pada resep kue atau roti. Di samping itu, kayu manis juga memiliki potensi untuk menjaga bahan makanan seperti gula agar aman dari semut. Alasan mengapa kayu manis efektif dalam mencegah semut masuk ke dalam stoples gula adalah karena ia memiliki aroma yang tajam, dan semut tidak menyukai sesuatu yang berbau tajam.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasukkan beberapa kayu manis batang ke dalam wadah penyimpanan gula, dan rapatkan kembali wadah penyimpanan gula Anda. Selain kayu manis batang, Anda juga bisa menggunakan kayu manis bubuk, dan sebarkan di sekitar penyimpanan gula untuk mencegah semut berdatangan. Namun, kayu manis bubuk mungkin akan membuat area sekitar penyimpanan gula akan lebih kotor. Opsi lainnya adalah menggunakan minyak esensial kayu manis, dan oleskan juga pada area sekitar penyimpanan gula.

Tambahkan Kapulaga Hitam

Kapulaga hitam, atau yang suka disebut dengan badi elaichi atau big cardamom (kapulaga besar) adalah rempah yang digunakan sebagai bumbu masakan, terutama di India dan Pakistan. Rempah ini memiliki aroma yang kuat, sehingga akan mencegah semut masuk ke dalam toples gula. Anda bisa menggunakan kapulaga hitam dalam bentuk kering, dan sebarkan di sekitar tempat penyimpanan gula.

Gunakan Lada Bubuk

Lada bubuk adalah rempah dengan aroma dan rasa yang pedas. Alasan penting mengapa ini bisa digunakan untuk mencegah semut masuk ke dalam stoples semut adalah aroma dan rasa yang pedas tersebut bisa membuat indera penciuman semut menjadi terganggu, dan secara otomatis, mereka akan menghindari tempat yang berbau lada. Gunakan lada bubuk dan sebarkan di sekitar tempat Anda menyimpan gula. Cara ini juga cukup aman, karena lada sendiri tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan.

Gunakan Kunyit

Menggunakan rempah khas masakan Asia yang satu ini juga menjadi cara yang aman dan efektif dalam menghalau semut yang mendekat pada stoples gula. Kunyit dikenal sebagai pewarna alami makanan dan penyedap rasa, tetapi aromanya yang sangat kuat juga dapat mengusir semut. Gunakan secara eksternal di rak dapur tempat stoples gula diletakkan agar semut tidak mendekati stoples tersebut.

Tambahkan Kulit Lemon Kering

Mayoritas orang akan langsung membuang kulit lemon setelah memeras lemon, padahal, kulit lemon bisa menjadi solusi yang ampuh untuk mencegah kehadiran kawanan semut yang mencoba mendekati gula. Aroma kulit lemon yang kering akan membuat semut tidak menyerang toples. Sehingga, Anda bisa meletakkannya di sekitar stoples gula.

Jus Lemon

Selain kulit lemon, perasan jus lemon juga bisa digunakan untuk mencegah semut berdatangan. Anda bisa menggunakan jus lemon dengan memeras sedikit air lemon di sekitar tutup stoples dan tempat penyimpanan stoples yang berisi gula. Dengan ini, semut tak akan berani mendekati stoples gula Anda.

Cuka

Cuka banyak digunakan sebagai bahan penyedap yang mengandung 3 asam asetat dan air. Cuka terkenal dengan baunya yang sangat asam dan begitu kuat, sehingga bisa mengacaukan indera penciuman semut. Pada akhirnya, cuka bisa digunakan untuk mencegah semut masuk ke dalam stoples gula. Campurkan cuka dan air dengan perbandingan yang sama ke dalam botol semprot, lalu semprotkan larutan ke sekeliling stoples gula dan area sekitarnya. Namun, perlu diingat bahwa cuka memiliki bau yang kuat, sehingga ini mungkin sedikit mengganggu Anda.

Jeruk

Tips menyimpan gula agar aman dari semut lainnya adalah dengan menggunakan buah jeruk. Buah ini memang memiliki aroma yang menyengat, sehingga bisa mengacaukan indera penciuman mereka. Anda bisa menggunakan kulit jeruk, dan campurkan dengan air hangat. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol spray. Semprotkan campuran air hangat dan kulit jeruk ke area stoples gula, atau di sekitar meja makan agar makanan tak dikerubungi oleh semut. Selain dengan semprotan kulit jeruk, Anda bisa menaruh kulit jeruk langsung di tempat yang tak ingin dihadiri oleh semut.

Minyak Tea Tree

Berbagai minyak essensial seperti minyak tea tree bisa digunakan agar semut tak mendekati area penyimpanan gula. Minyak ini memang ampuh untuk membasmi serangga termasuk semut karena baunya yang menyengat. Anda bisa mencampurkan minyak tea tree sebanyak 5 hingga 10 tetes dengan2 cangkir air. Semprotkan di sekitar tempat penyimpanan gula. Menariknya, minyak tea tree bisa dijadikan cairan pembersih meja dengan bau yang harum, sehingga Anda tak hanya bisa menjaga gula agar aman dari semut saja, melainkan sekaligus membersihkan dan membuat rumah lebih harum.

Minyak Peppermint

Tak hanya minyak tea tree saja yang dapat mencegah semut mengerubungi area sekitar stoples gula, karena Anda juga bisa menggunakan minyak peppermint untuk mencegah mereka datang. Gunakan dengan cara mengoleskan di tempat penyimpanan gula, atau gunakan dengan cara yang sama dengan minyak tea tree.

Usir Semut dengan Bubuk Kopi

Anda bisa juga menggunakan bubuk kopi untuk menjauhkan semut dari stoples gula. Aroma kopi dan zat asam dalam kandungan kopi tak bisa ditolerir oleh semut karena bisa membakar tubuh mereka. Jadi agar gula aman, tempatkan bubuk kopi dalam mangkuk kecil. Lalu letakkan mangkuk tersebut di dekat stoples gula pasir.

Letakkan di Bawah Sinar Matahari

Tips penyimpanan gula agar aman dari semut selanjutnya adalah dengan meletakkan wadah di bawah sinar matahari. Cara ini telah lama digunakan oleh orang tua kita, dan hal ini bisa diterapkan untuk menjauhkan semut yang sudah terlanjur masuk ke dalam stoples. Serangga – termasuk semut tak menyukai suhu tinggi, dan mereka akan langsung keluar begitu saja dari gula.

Jika wadah atau stoples telah dipenuhi semut, segera pindahkan gula ke dalam nampan datar, dan jemur di bawah sinar matahari selama minimal setengah jam atau sampai semut benar-benar hilang. Lakukan cara ini pada saat matahari sedang begitu terik, dan segera memasukkan gula kembali saat matahari mulai terbenam.

Letakkan Stoples atau Wadah di Dekat Kompor

Panas matahari atau panas yang dihasilkan oleh kompor dengan suhu ekstrem membuat semut tidak tahan. Jika stoples gula Anda telah dikerubungi oleh semut, Anda bisa meletakkan stoples atau wadah di sekitar kompor. Namun pastikan stoples atau wadah yang digunakan adalah berbahan kaca atau logam agar ia tidak meleleh. Perhatikan lah saat Anda memasak, semut yang ada di dalam stoples akan perlahan menjauh.

Simpan Stoples di Lemari Es

Cara lain yang berguna untuk mengusir semut menggunakan suhu adalah dengan menutup rapat dan memasukkannya ke dalam lemari es. Anda cukup menempatkan stoples gula di lemari es, bukan freezer. Karena semut tidak tahan suhu dingin, mereka akan mencoba meninggalkan stoples. Dan ketika mereka melakukannya, mereka akan membeku di dekat pintu keluar.

Lain kali Anda mengambil stoplesnya, Anda akan mendapatkan semuanya di satu tempat dekat tutupnya. Jika Anda memasukkannya ke dalam freezer, semut bisa membeku di dalam gula dan itu akan merepotkan lagi. Ini tidak selalu berhasil tetapi ini adalah cara tercepat dan termudah yang dapat Anda coba.

Gunakan Penyedot Debu

Masak Enak Jadi Mudah

Menggunakan penyedot debu mungkin akan tampak berlebihan dan merepotkan bagi Anda, tetapi itulah kenyatannya. Penyedot debu bisa digunakan untuk mengusir semut yang sudah terlanjur masuk ke dalam stoples gula. Saat menggunakan penyedot debu, pastikan untuk menggunakan lampiran nosel dengan bukaan sempit untuk menghindari menyedot gula bersama semut.

Setelah semut sudah berhasil dikeluarkan dari stoples gula, gunakan kantong plastik tertutup untuk membuang semut-semut nakal tersebut ke tempat sampah. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan stoples gula secara menyeluruh agar tidak menarik lebih banyak semut. Cuci stoples dengan air dan sabun, keringkan stoples hingga benar-benar kering diisi ulang dengan gula. Anda juga bisa mengoleskan petroleum jelly di sekeliling tepi stoples untuk mencegah semut memanjat.

Buat Sirup Gula

Meski mungkin Anda membutuhkan gula pasir dalam banyak resep, namun mengubah gula menjadi sirup gula merupakan alternatif terakhir agar gula aman dari semut. Cara membuatnya adalah dengan menambahkan air ke dalam gula, dan aduk hingga semuanya larut. Jika gula yang akan dibuat menjadi sirup gula sudah dikerubungi oleh semut, gunakan saringan, dan saring semut tersebut. Letakkan sirup gula pada wadah kedap udara atau bekukan langsung di dalam freezer. Anda juga bisa menggunakan sirup gula dan membekukannya ke dalam nampan es batu. Hasilnya, es batu gula yang manis untuk ditambahkan pada minuman favorit.

Meski secara umum semut tidak membahayakan, tetapi ketika ia berhasil masuk ke dalam stoples gula, mengeluarkannya akan jauh lebih sulit, dan tentunya Anda tak ingin makanan dan minuman yang dihidangkan terdapat semut, bukan? Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga gula agar aman dari ancaman semut. Anda juga bisa mencari tips penting lainnya tentang cara mengusir semut dengan rempah dapur. Ketahui dengan klik link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *