15 Rempah Untuk Mengusir Semut

Kehadiran semut di rumah relatif tidak berbahaya, namun ia cukup mengganggu. Ukurannya yang kecil memungkinkan mereka memasuki wilayah di rumah Anda. bahkan mereka dapat menelusuri tempat di mana terdapat banyak barang, dan yang lebih menjengkelkan adalah semut dapat hinggap di sekitar dapur, dan mereka akan mengambil sejumlah kecil dari makanan Anda di dapur.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengusir semut, mulai dari penggunaan bahan kimia seperti pestisida, atau cara yang lebih aman yang bebas bahan kimia. Di sini, penulis akan membahas cara mengusir semut dengan rempah dapur, yang pastinya bebas bahan kimia. Ketahui selengkapnya di bawah ini.

Lada Hitam

Rempah ini banyak ditemukan di seluruh dunia karena dikenal sebagai rempah dapur yang sangat potensial dalam membumbui setiap jenis hidangan dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Lada hitam terkenal dengan baunya yang tajam dan menyengat, dan di situlah salah satu keunggulan lada hitam yang memberikan banyak manfaat, termasuk dalam mengusir semut.

Apapun Bumbunya, Tidak Pakai MSG

Lada hitam menjadi rempah yang ampuh dalam mengusir semut karena aromanya yang kuat. Pasalnya, semut tidak menyukai aroma yang kuat dan menyengat tersebut, sehingga ini bisa menjadi pilihan bagi Anda. Lada hitam bisa digunakan dalam bentuk bubuk yang lebih praktis, dan taburkan pada area di mana terdapat semut.

Selain dengan menaburkan lada hitam bubuk, Anda bisa mencampurkan lada hitam bubuk dengan air, kemudian letakkan dalam semprotan untuk disemprotkan langsung pada tempat yang biasanya terdapat semut. Lebih dari itu, lada hitam juga aman untuk hewan peliharaan dan anak-anak, sehingga Anda dapat menggunakannya secara bebas di mana saja.

Sayangnya, lada hitam tidak selalu menjadi solusi yang dapat mengusir semut secara permanen, karena tetap ada kemungkinan bahwa semut akan menghindari area yang terdapat lada hitam, dan menemukan jalan lain untuk memasuki rumah Anda. Oleh karena itu, Anda mungkin harus menggunakan cara lain untuk mengusir semut.

Cabai

Sama seperti lada, cabai merupakan rempah yang memberikan aroma dan rasa pedas pada masakan. Aromanya yang kuat membuatnya efektif untuk mengusir semut. Meski ini tidak membunuh semut, tetapi aromanya akan membuat semut iritasi, dan mereka akan pergi dari rumah Anda. Aroma cabai juga menutupi jejak feromon semut yang mengarahkan mereka ke sumber makanan di halaman dan rumah Anda.

Anda bisa menggunakan cabai rawit, atau cabai bubuk, kemudian letakkan di sekitar sarang semut yang terdapat pada rumah Anda. Opsi lainnya adalah dengan menggunakan cabai bubuk dan campurkan dengan air, lalu semprotkan ke sarang semut dalam ruangan. Agar lebih efektif, Anda dapat mengkombinasikan cabai rawit dan lada hitam, kemudian campurannya dicampur dengan air dan masukkan ke dalam botol semprot.

Semprot campuran tersebut di sepanjang jalur semut, atau pada tempat di mana semut sering berkumpul. Ini akan mengganggu semut, dan akan membuat mereka mencari tempat tinggal lainnya. Meski cabai efektif dalam mengusir semut, tetapi sayangnya ini dapat mengiritasi hewan peliharaan dan dapat masuk ke hidung mereka saat aromanya terhirup. Oleh karena itu, jauhkan hewan peliharaan dari area tempat Anda menyemprot atau menaburkan cabai.

Garam

Selain lada hitam, garam juga merupakan rempah dapur yang hampir selalu tersedia di setiap rumah tangga, ini dikarenakan garam adalah rempah yang paling potensial untuk segala hal. Ini digunakan terutama sebagai penyedap rasa, untuk menguatkan rasa masakan, menghilangkan bau amis daging, serta mengawetkan daging. Sebagai salah satu bumbu dapur, kegunaan garam begitu luas, bahkan ini juga dapat digunakan untuk mengusir semut.

Anda bisa menggunakan garam untuk mengusir semut dengan dua cara. Yang pertama dan yang paling sederhana adalah dengan menaburkan garam di sudut-sudut rumah tempat semut berkumpul. Taburkan pula di sudut ruangan dan di belakang peralatan untuk mengusir semut. Cara yang kedua adalah dengan merebus air garam dengan air, kemudian letakkan pada botol semprot.

Cara tersebut akan membentuk campuran yang menghilangkan semut melalui dehidrasi. Semprotkan ke area di sekitar rumah, atau di sudut tertentu yang biasa terdapat semut. Metode ini membutuhkan lebih sedikit bahan dan tidak terlalu beracun bagi hewan peliharaan dan anak-anak. Namun, Anda harus sering menyemprotkan campuran tersebut ke area yang terkena agar lebih efektif.

Kayu Manis

Kayu manis adalah rempah dapur yang tak kalah efektifnya dengan dua bahan di atas dalam mengusir semut. Rempah dapur ini memiliki aroma yang kuat, yang bisa digunakan sebagai penolak. Ini bukanlah tanpa alasan, sebab semut tidak mentolerir bau kayu manis, dan yang kedua adalah aroma kayu manis yang dihirup oleh semut akan membuat mereka mati.

Rempah ini biasanya tersedia dalam bentuk batang dan bubuk. Agar lebih praktis, Anda bisa menggunakan kayu manis bubuk untuk ditaburkan di sekitar sarang semut, di atas meja dapur, atau di sepanjang jalur tempat mereka biasa melewati. Bagian kayu manis yang ampuh untuk mengusir semut termasuk minyak atsiri kayu manis.

Dalam sebuah penelitian pada National Library of Medicine, minyak atsiri daun Cinnamomum Osmophloeum semut api merah. Minyak atsiri kayu manis bertindak untuk membunuh kayu manis, karena baunya yang kuat efektif dalam mengusir sekaligus mengusir semut yang ada di rumah.

Minyak atsiri kayu manis juga bisa dibalurkan di setiap sudut rumah yang terdapat semut. Cara lainnya adalah dengan membuat garis yang akan memblokir jalan bagi semut. Anda bisa menggunakan cotton bud dan buatlah garis dengan kayu manis bubuk atau minyak atsiri kayu manis, lalu buatlah garis di area tersebut. Cara ini akan memblokir jalur yang dibuat semut, sehingga mereka tidak akan melewati jalan itu.

Jahe

Cara mengusir semut dengan rempah dapur selanjutnya adalah dengan menggunakan jahe. Rempah ini memiliki aroma pedas dan rasa yang kuat, yang juga merupakan sesuatu yang tidak disukai oleh semut. Aroma dan rasanya yang pedas dan kuat akan membahayakan semut saat bersentuhan. Dengan kata lain, jahe juga menjadi cara yang efektif dalam mengusir semut.

Untuk menggunakan ini, cukup potong beberapa irisan jahe dan aplikasikan pada jejak semut. Ini akan membuat mereka menghindari area tersebut, dan membuatnya mencari tempat perlindungan lain. Namun, hati-hati dalam mengaplikasikan jahe di sekitar rumah Anda karena jusnya bisa membuat mata perih. Meski demikian, jahe aman digunakan untuk mengusir semut.

Mint

Mint dikenal sebagai rempah yang memiliki aroma mentol yang sejuk dan menyegarkan ketika ditambahkan ke dalam berbagai resep. Daun mint menjadi cara yang efektif dalam mengusir semut berkat aromanya yang kuat, dan semut tidak menyukai baunya. Selain itu, daun mint juga dapat digunakan untuk mengusir semut dari tanaman lain.

Anda bisa menggunakan semua varietas mint, termasuk spearmint atau peppermint dan aplikasikan minyak esensial mint sebagai upaya dalam mengusir semut. Rempah dapur ini menjadi cara yang sangat menyenangkan, sebab selain dapat mengusir semut, mint juga memberikan aroma yang menyegarkan di rumah Anda. Dengan demikian, Anda akan merasakan manfaatnya sekaligus; rumah bebas semut dan aroma segar di rumah.

Basil

Dalam hal kuliner, basil berperan sebagai penyedap rasa dan membuat aroma masakan menjadi lebih menggugah selera. Selain digunakan untuk tujuan kuliner, basil juga dapat mengusir semut. Hal ini disebabkan basil sama seperti mint, yaitu memiliki aroma yang kuat, yang tidak disukai oleh binatang kecil tersebut.

Saat menggunakannya, pastikan Anda mengeluarkan ekstraknya dengan merobek, menghancurkan, atau memotong daun basil, sehingga aromanya akan lebih keluar, dan pada akhirnya menjadi lebih efektif dalam mengusir semut. Letakkan dan sebarkan basil tersebut di sekitar rumah. Anda juga bisa meletakkan seikat basil cincang di atas meja Anda untuk mencegah semut masuk ke dalam makanan Anda.

Herba dari keluarga mint ini tidak hanya ampuh dalam mengusir semut, tetapi bahkan dapat mengusir serangga lainnya, seperti lalat, nyamuk, dan bahkan kumbang. Menanam tanaman basil di kebun rumah Anda juga dapat membantu mengurangi keberadaan serangga tersebut. Sehingga, basil menjadi cara terbaik dalam mengusir semut dan serangga lainnya.

Cengkeh

Cengkeh berasal dari Indonesia yang terkenal akan potensinya dalam masakan gurih. Ini merupakan rempah yang biasanya dikeringkan dan dijual sebagai rempah-rempah untuk bumbu masakan. Rempah dari kuncup bunga kering ini memiliki ciri khas yang ditandai dengan bau aromatik yang kuat, sehingga dapat digunakan untuk mengusir semut.

Anda bisa menggunakan cengkeh bubuk dan taburkan di sekitar area yang terdapat semut. Agar lebih efektif dalam mengusir semut, gunakan minyak cengkeh yang memiliki aroma yang lebih kuat. Tambahkan minyak cengkeh dengan air, dan gunakan sebagai semprotan. Percikkan di area yang terdapat semut untuk memastikan mereka tidak datang lagi.

Sage

Cara mengusir semut dengan rempah dapur lainnya adalah dengan menggunakan sage. Rempah ini berasal dari Mediterania yang termasuk salah satu keluarga mint. Sage memiliki aroma yang agak manis yang seringkali digunakan dalam aromaterapi. Aromanya yang sedikit manis bisa menenangkan, dan bahkan bisa digunakan untuk mengusir berbagai jenis serangga dan juga semut.

Aroma sage akan mengusir semut, dan menanam tanaman ini akan membuat semut tidak datang lagi ke rumah. Jika Anda tidak menanam sage di rumah, belilah sage segar, dan masukkan ke dalam oven selama beberapa jam dengan api kecil. Saat memanggangnya, buka sedikit pintu oven. Aroma yang kuat dari sage akan memenuhi rumah dan dapat mengusir semut. Meski cara tersebut tidak praktis dalam mengusir semut, namun manfaatnya bisa dirasakan sekaligus. Selain dapat mengusir semut, ini dapat mengusir serangga lainnya secara efektif, seperti lalat, ngengat, dan kutu daun.

Rosemary

Rosemary adalah rempah dari keluarga Lamiaceae, yang masih satu keluarga dengan sage, mint, atau lavender. Ini adalah herba yang aromatik yang sering digunakan untuk membumbui masakan. Herba ini biasanya berbentuk tangkai daun, yang saat ini digunakan untuk tujuan kuliner dan pengobatan. Rosemary memiliki aroma yang juga kuat, sehingga menjadi salah satu herbal paling ampuh yang mengusir semut.

Untuk menggunakannya, hancurkan beberapa daun rosemary. Dengan begitu, aroma rosemary yang kuat akan semakin menyebar di rumah Anda. Ini tak hanya unggul dalam mengusir semut, tetapi juga dapat mengusir lalat, nyamuk, ngengat, dan kumbang. Bagian terbaik dari menggunakan rosemary adalah ia akan memberikan aroma harum di rumah Anda.

Bawang Putih

Bawang putih selalu hadir dalam masakan gurih. Potensinya dalam menjadikan rasa dan aroma menjadi lebih lezat membuat bawang putih disukai di seluruh dunia. Ini adalah rempah yang mudah ditemukan di mana pun, dan telah menjadi bagian dari bumbu masakan di berbagai negara. Bawang putih terkenal dengan aroma dan rasanya yang kuat, yang menjadi kunci dari kelezatan berbagai masakan gurih.

Rempah dari genus Allium ini juga efektif dalam mengusir semut, dan bahkan pembasmi hama alami yang efektif mengusir semua jenis serangga dan semut dari rumah Anda. Bagi semut, aroma yang dihasilkan oleh bawang putih adalah sesuatu yang tidak dapat ditolerir, sehingga ini menjadi rempah yang kuat dalam mengusir semut.

Anda bisa menggunakan sekitar dua siung bawang putih segar yang sudah dikupas di pintu masuk rumah Anda atau di dekat tempat tinggal semut. Selain itu, siung bawang putih juga dapat direbus dengan air dan dibiarkan dingin. Pindahkan campuran tersebut ke dalam botol semprot agar Anda dapat menyemprotkannya ke area yang dihinggapi semut.

Paprika

Cara mengusir semut dengan rempah yang satu ini bisa menjadi pilihan bagi Anda. Paprika adalah rempah yang seringkali digunakan sebagai bumbu untuk menambah rasa dan warna pada makanan. Rempah ini akan berperan sebagai umpan yang akan membawa semut masuk ke dalam perangkap. Anda bisa menggunakan paprika bubuk untuk mengatasinya.

Kunyit

Keluarga dari jahe yang satu ini juga sama efektifnya dalam mengusir semut. Rempah ini menjadi solusi alami dalam mengusir semut. Namun, kunyit harus dikombinasikan dengan lada hitam agar lebih efektif. Kunyit dan lada hitam tidak membunuh semut, tetapi hanya berpotensi mencegahnya datang kembali.

Caranya adalah dengan mencampurkan kunyit bubuk dan lada hitam bubuk, dan taburkan keduanya pada area yang terdapat semut. Anda juga bisa mencampurkan kedua bahan tersebut dengan sebotol air, kemudian semprotkan larutannya. Meski efektivitasnya belum terbukti secara ilmiah, tetapi ini dapat menjadi solusi yang lebih aman daripada menggunakan bahan kimia beracun.

Oregano

Oregano merupakan herba yang berasal dari Mediterania yang menjadi esensi dalam masakan Italia, terutama pada pizza. Ini dikenal sebagai herba dengan aroma herbal yang pekat dan rasa yang kuat. Selain sebagai bumbu, oregano kerap kali mampu mengatasi masalah kesehatan terkait gangguan pernapasan. Berkat aromanya yang kuat, oregano dapat mengusir semut, beserta serangga lainnya seperti ngengat baik di dalam maupun di luar ruangan.

Dari indonesia untuk dunia

Pada dasarnya, oregano memiliki aroma yang kuat dan tajam terlepas dari apakah Anda menghancurkannya atau tidak karena baunya terpancar kuat dari daun dan batangnya. Anda juga bisa menggunakan oregano yang dicampur dengan air untuk mengusir semut. Campuran tersebut menjadi pengusir semut alami yang juga mengandung sifat desinfektan. Semprotkan langsung minyak oregano langsung ke semut atau serangga untuk membunuhnya.

Serai

Serai atau sereh merupakan rempah yang wangi, dengan aroma yang mirip dengan jeruk atau lemon. Ini memberikan kesegaran pada setiap hidangan yang ditambahkannya. Aromanya yang kuat membuat serai dapat digunakan untuk mengusir semut. Aroma yang dihasilkan oleh sereh akan memblokir indera semut, dan menyebabkan mereka kehilangan jejak dan mencari tempat berlindung yang lain. Hal ini memungkinkan mereka keluar dari rumah Anda.

Selain itu, sifat asam dari ekstrak serai juga mematikan bagi semut. Untuk menggunakannya, rebus serai dan biarkan semalaman. Keesokan paginya, gunakan rebusan serai tersebut untuk dipindahkan ke botol semprot.  Gunakan semprotan larutan serai untuk menyemprotkan area sarang semut dan sekitarnya. Anda juga bisa mengkombinasikan serai dengan rempah lainnya agar lebih efektif. Jika Anda tidak memiliki serai, Anda dapat membeli minyak serai sebagai alternatif. Ini adalah pengusir semut sekaligus pembunuh serangga yang ampuh. Cara ini juga aman digunakan di dalam ruangan.

Rempah-rempah menjadi cara yang alami dalam mengusir semut karena bebas bahan kimia. Mereka juga menawarkan manfaat lainnya selain mengusir semut, yaitu membuat rumah Anda lebih harum, dan dapat mengusir beberapa jenis serangga. Terlepas dari efektivitasnya, yang paling penting adalah menjaga kebersihan rumah Anda agar semut tak hinggap di rumah. Selain semut, tikus juga seringkali hadir di rumah. Ini adalah binatang yang menjijikkan dan dapat membawa penyakit. Untuk mengusirnya, anda bisa menggunakan rempah dapur dan cari tahu di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *