9 Rempah untuk Mengusir Tikus

Tikus merupakan hewan menjijikkan yang tidak disukai oleh banyak orang. Pasalnya, hewan ini memiliki habitat yang kotor dan dapat membawa penyakit. Hewan pengerat ini juga akan sangat mengganggu ketika memasuki rumah, karena ia bisa dengan mudah menggerogoti makanan ataupun properti rumah. Oleh karena itu, diperlukan banyak cara untuk mengusir tikus dari rumah.

Cara termudah dalam mengusir tikus adalah dengan menggunakan rempah yang banyak digunakan sehari-hari. Pasalnya, tikus merupakan hewan pengerat yang mengandalkan indra penciuman daripada indra penglihatan. Untuk itu, diperlukan rempah-rempah dengan aroma yang kuat. Berikut adalah rempah untuk mengusir tikus yang ampuh.

Kayu Manis

Mengusir tikus bisa dengan cara yang mudah yaitu dengan menggunakan kayu manis. Rempah yang satu ini sangat efektif dalam mengusir tikus, sebab kayu manis memiliki aroma pedas yang kuat. Bahkan menurut penelitian pada NJ Government, kayu manis juga efektif membuat hewan lainnya seperti lalat, nyamuk, dan semut pergi.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Dalam mengusir tikus, yang digunakan adalah minyak kayu manis. Aroma yang pedas dan kuat akan mengacaukan indra penciuman tikus, sehingga akan membuat hewan pengerat tersebut tidak dapat memasuki domain Anda, karena tikus lebih banyak mengandalkan indra penciuman mereka daripada indra penglihatan.

Untuk memanfaatkan kekuatan minyak kayu manis untuk mengusir tikus, cukup gunakan beberapa tetes minyak pada bola kapas, dan letakkan di dekat titik masuk potensial bagi tikus terutama lubang yang biasanya menjadi tempat masuk bagi tikus. Ketika mencium aroma kayu manis, tikus akan sulit menggunakan indra penciuman mereka, sehingga tikus tidak akan memasuki rumah Anda.

Agar lebih ampuh dalam mengusir tikus, minyak kayu manis dapat dikombinasikan dengan minyak esensial lainnya, seperti pepermin. Minyak kayu manis adalah cara yang tepat untuk mengusir tikus, sebab minyak kayu manis mudah didapatkan dan menawarkan harga yang terjangkau. Namun, ingatlah bahwa penggunaan minyak kayu manis harus diperhatikan, pastikan untuk mengganti item yang diinfuskan setiap beberapa minggu untuk mencegah hewan pengerat tersebut.

Pada dasarnya, minyak kayu manis adalah bahan ajaib yang mampu mengusir tikus. Ini tidak hanya berperan sebagai pengusir tikus, tetapi juga akan membuat rumah Anda memiliki bau yang enak karena kayu manis itu sendiri memiliki aroma pedas dan manis, sehingga rumah Anda akan menjadi lebih harum. Terlebih lagi, minyak kayu manis juga bebas bahan kimia.

Cengkeh

Seperti yang kita ketahui bahwa cengkeh adalah rempah yang memiliki aroma khas yang sangat kuat, dan juga sangat pahit. Cengkeh menjadi salah satu rempah yang ampuh dalam mengusir tikus dengan efek yang serupa dengan minyak kayu manis. Untuk mengusir tikus, Anda bisa menggunakan cengkeh utuh atau menggunakan minyak esensial cengkeh dan letakkan di tempat yang biasa dilalui tikus. Namun, karena cengkeh memiliki aroma yang sangat kuat, mungkin Anda akan sedikit terganggu dengan baunya.

Bubuk Cabai

Rempah untuk mengusir tikus lainnya adalah bubuk cabai atau paprika. Bahan dapur ini dinilai ampuh dalam mengusir tikus. Bubuk cabai atau paprika mengandung senyawa capsaicin, yaitu senyawa yang memberikan rasa pedas pada cabai sekaligus senyawa yang banyak memberikan manfaat bagi tubuh. Tikus biasanya menganggap aroma pedas dari cabai atau paprika cukup menjijikkan.

Capsaicin adalah pengusir tikus alami, dan ketika tikus memakan sesuatu yang mengandung capsaicin, mereka akan mengalami sensasi terbakar di mulutnya. Untuk alasan ini, sudah jelas bahwa hewan pengerat tersebut akan menghindari apa pun yang mengandung bubuk cabai atau paprika, sehingga Anda dapat menggunakan bubuk cabai atau paprika sebagai rempah pengusir tikus yang efektif.

Jika Anda sedang mencari cara alami untuk mengusir tikus dari rumah Anda, cobalah gunakan bubuk cabai atau paprika, dan taburkan di sekitar area tempat munculnya tikus di rumah. Anda juga bisa menambahkan beberapa sendok teh ke dalam perangkap tikus agar lebih efektif. Akan tetapi, pastikan untuk menjauhkan bubuk cabai atau paprika ini dari anak-anak dan hewan peliharaan, karena dapat mengiritasi kulit dan mata mereka.

Cabai Rawit

Cabai rawit, bersama dengan banyak jenis lada lainnya, diketahui membuat tikus menghindari suatu daerah. Hal ini dikarenakan cabai rawit memiliki bau yang kuat, yang dapat mengiritasi hidung mereka. Aroma cabai rawit yang kuat juga diketahui efektif dalam mengusir hama lainnya seperti kutu atau semut.

Karena baunya dibenci oleh tikus, maka rempah yang satu ini dinilai ampuh dalam mengusir tikus. Cara terbaik untuk menggunakan cabai rawit adalah dengan mencampurnya dengan air dan menyemprotkannya ke tempat yang tidak ingin dimasuki tikus. Anda juga bisa mencampurkan cabai rawit dengan tepung dan taburkan di sekitar rumah Anda.

Meskipun aroma cabai rawit mungkin efektif melawan tikus, namun juga bisa berbahaya bagi Anda dan anggota keluarga jika Anda alergi terhadap bumbu ini. Sehingga, penggunaan cabai rawit untuk mengusir tikus mungkin membuat Anda kesulitan untuk meletakkannya. Meski demikian, penting bagi Anda untuk menyemprotkannya di area yang jauh dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan, serta hindari sebisa mungkin penggunaan cabai rawit jika timbul tanda-tanda alergi pada Anda atau keluarga.

Daun Salam

Daun salam adalah rempah-rempah yang dapat mengusir tikus secara alami. Ini bukanlah tanpa alasan. Pasalnya, tikus tidak menyukai bau dari daun salam, dan ketika dimakan, daun salam akan menyebabkan kematian bagi tikus. Oleh karena itu, cobalah gunakan daun salam sebagai rempah alami yang membantu mengusir tikus. Daun salam tidak hanya akan mengusir tikus, tetapi juga akan membuat area rumah Anda menjadi lebih harum.

Bawang Merah

Rempah selanjutnya yang ampuh dalam mengusir tikus adalah bawang merah. Bumbu dapur yang satu ini dikenal sebagai bumbu yang memiliki aroma yang menyengat dan menusuk hidung. Hal ini tentunya menjadi pengusir tikus yang alami dan ampuh, sehingga tikus pun enggan memasuki rumah Anda.

Bawang merah dapat dimanfaatkan sebagai pengusir tikus dengan cara yang mudah. Cukup dengan memotong bawang merah menjadi beberapa bagian yang besar, kemudian masukkan bawang merah tersebut ke dalam kain kasa, dan letakkan bahan ini pada area yang sering dilewati oleh tikus. Akan tetapi, karena bawang merah adalah bumbu dapur yang cepat busuk, sehingga akan lebih baik menggantinya setiap dua hari sampai tikus benar-benar tidak akan memasuki rumah Anda lagi.

Bawang Bombay

Selain bawang merah, bawang bombay juga dapat digunakan sebagai pengusir tikus alami. Ini adalah bahan dapur dengan aroma yang kuat, sehingga akan mencegah tikus memasuki area rumah. Anda bisa menggunakannya dengan beberapa cara, misalnya menggantung irisan bawang bombay pada area di mana tikus sering berlalu-lalang.

Selain itu, dalam menggunakan bawang bombay, Anda bisa memotongnya dengan potongan tebal, dan letakkan pada tempat yang dicurigai sebagai tempat persembunyian atau sarang tikus atau pada area yang dicurigai terdapat tanda-tanda aktivitas tikus seperti kotoran atau goresan. Penting untuk diingat bahwa bawang bombay mudah layu, sehingga harus diganti dengan irisan yang baru agar tikus tidak lagi memasuki wilayah rumah Anda. Cara tersebut akan membuat tikus menjauh.

Jahe

Rempah untuk mengusir tikus berikutnya adalah jahe. Rempah yang satu ini dikenal sebagai rempah yang memiliki aroma tajam, dan itu membuat tikus tidak menyukai aromanya. Cara mengusir tikus dengan jahe adalah dengan mengelabui mereka agar mengonsumsi jahe. Namun tikus tidak akan mengkonsumsi jahe secara langsung. Dalam hal ini, untuk mengelabui tikus agar memakan sepotong jahe, Anda bisa mengambil beberapa partikel makanan, mungkin sisa makanan Anda, dan mengisinya dengan jahe.

cek ratusan koleksi lainnya

Ini akan memancing mereka agar tikus memakan jahe dengan cara mengelabui mereka. Anda bisa meletakkan sisa makanan dengan jahe ini di dalam perangkap tikus. Begitu tikus mencium bau makanan, mereka akan datang dan mencoba memakannya sekaligus. Jahe akan masuk ke dalam tubuh mereka, dan di sinilah peran jahe. Jahe bertindak sebagai racun bagi tikus dan bertindak dengan membunuh mereka.

Bawang Putih

Beberapa genus Allium memang dinilai ampuh dalam mengusir tikus, demikian pula dengan bawang putih. Bahan dapur yang satu ini mengandung senyawa allicin yang bertindak sebagai iritasi pada hewan pengerat. Selain itu, bawang putih memiliki aroma yang kuat yang dapat bertahan lama setelah digunakan, sehingga itu membuat bawang putih menjadi rempah untuk mengusir tikus yang ampuh.

Anda bisa menggunakannya degan meletakkan bawang putih pada area yang biasanya dilalui oleh tikus. Sebagai salah satu rempah yang ampuh dalam mengusir tikus, bawang putih juga merupakan pengusir hewan pengerat alami yang aman untuk digunakan manusia dan hewan peliharaan. Minyak bawang putih juga biasanya digunakan dalam pembasmi hama ultrasonik, tetapi mungkin perlu beberapa hari untuk mengusir tikus.

Rempah-rempah menjadi cara alami yang efektif untuk mengusir tikus. Beberapa di antara rempah di atas juga menawarkan manfaat lainnya selain mengusir tikus, misalnya dengan membuat rumah menjadi lebih harum, atau mengusir hama lainnya hanya dengan satu bahan. Oleh karena itu, Anda bisa memilih rempah apa pun untuk mengusir tikus sesuai kebutuhan Anda. Selalu pastikan rempah-rempah tersebut selalu tersedia untuk mengusir tikus. Jika Anda tidak memilikinya, Anda bisa membeli bumbu dan rempah di Cairo Food.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *