11 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

11 manfaat daun salam

Daun salam adalah salah satu tumbuhan rempah yang sering digunakan dalam berbagai masakan Nusantara. Dalam bahasa Inggris daun salam dikenal dengan nama Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel, sedangkan daun ini memiliki nama ilmiah Syzygium polyanthum.

Selain sering digunakan untuk menambah aroma dan kelezatan pada makanan, daun salam juga punya beragam manfaat untuk kesehatan. Mungkin dikarenakan banyaknya kandungan gizi baik yang terkandung dalam tumbuhan tersebut, sehingga membuatnya berkhasiat. Seperti berikut ini :

Kandungan Nutrisi Daun Salam

11 manfaat daun salam kandungan daun salam

Dalam 100 gram daun salam, setidaknya terkandung nutrisi baik yang meliputi :

  • Energi: 313 kilokalori (kkal)
  • Karbohidrat: 75 gram (g)
  • Protein: 7,6 g
  • Lemak: 8,3 g
  • Kolesterol: 0 miligram (mg)
  • Serat: 26,3 g
  • Folat: 180 mikrogram (mcg)
  • Niacin: 2 mg
  • Pyridoxine: 1,7 mg
  • Riboflavin: 0,4 mg
  • Vitamin A: 6.185 International Unit (IU)
  • Vitamin C: 46,5 mg
  • Sodium: 23 mg
  • Potasium: 529 mg
  • Kalsium: 834 mg
  • Zat Besi: 43 mg
  • Magnesium: 120 mg
  • Fosfor: 113 mg
  • Zinc: 3,7 mg

Manfaat Daun Salam

11 manfaat daun salam

Melihat kandungan nutrisinya yang berlimpah, maka tak heran jika daun salam dapat memberikan banyak manfaat serta dapat diandalkan untuk dijadikan campuran obat maupun ramuan herbal tradisional. Karena setidaknya daun salam dan memberikan manfaat kesehatan berupa :

Mengatasi Diabetes

Diabetes tipe 2 adalah suatu kondisi kronis yang mempengaruhi cara tubuh memproses gula darah (glukosa). Pada kondisi ini, tubuh tidak memproduksi cukup insulin, atau bahkan menolak insulin.

Antioksidan yang ada pada daun salam setidaknya dapat mendukung tubuh untuk memproses insulin secara lebih efisien, dan dapat dijadikan pilihan yang baik bagi penderita resistensi insulin atau penderita diabetes. Karena daun salam juga dapat menurunkan kadar glukosa darah, kolesterol, dan trigliserida, sehingga bermanfaat untuk menyembuhkan diabetes tipe 2.

Hanya saja perlu diketahui jika daun salam juga dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah berlebih dan tidak terkontrol. Sebab itu hindari penggunaanya yang berlebihan.

Baik Untuk Pencernaan

Kandungan yang terdapat dalam daun salam juga bermanfaat untuk membantu melancarkan pencernaan, seperti buang air,  menurunkan kadar racun dalam pencernaan dan meredakan sakit perut. Hal ini dikarenakan enzim yang ada pada daun salam akan membantu mencerna protein yang sulit diproses oleh tubuh, sehingga penyerapan nutrisinya menjadi lebih maksimal.

Selain itu daun salam juga efektif untuk mengatasi masalah iritasi pada usus besar dan mengurangi gejala penyakit celiac yang merupakan penyakit autoimun akibat mengonsumsi gluten.

Menjaga Kesehatan Jantung

Masalah yang sering terjadi pada jantung biasanya sering disebabkan karena kondisi jantung dan pembuluh darah mengalami masalah struktur, pembekuan darah atau beberapa hal lain.

Namun Asam caffeic dan senyawa organik penting yang ditemukan dalam daun salam mampu meningkatkan kesehatan jantung, sehingga dapat memperkuat dinding kapiler di jantung, menurunkan kadar kolesterol jahat pada sistem kardiovaskular serta menurunkan risiko untuk terserang berbagai masalah kesehatan jantung.

Meredakan Rasa Sakit

Minyak atsiri daun salam seperti Eugenol dan Methyl chavicol efektif membunuh bakteri dan jamur di dalam tubuh. Selain itu daun salam juga sangat baik untuk mengobati peradangan dan nyeri yang umum ditemukan, misalnya keseleo, artritis dan rematik.

Bahkan memijat tubuh dengan minyak daun salam juga diketahui dapat membantu meredakan migrain dan sakit kepala serta meningkatkan sirkulasi darah dan memberi rasa nyaman.

Meredakan Nyeri Menstruasi

Nyeri perut juga dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit yang mendasari. Contohnya saja saat menstruasi pada wanita. Kram pada saat menstruasi disebabkan oleh kontraksi rahim yang dipicu dengan meningkatnya kadar hormon dalam tubuh. Saat menstruasi rahim akan berkontraksi dan melepaskan lapisannya.

Kandungan yang terdapat dalam daun salam juga dapat mengatasi nyeri dan kram pada saat menstruasi, jika rutin dikonsumsi secara teratur. Bahkan beberapa kandungan lainnya dapat menyembuhkan keputihan.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Bagi para penderita insomnia yang sulit untuk dapat tidur nyenyak di malam hari, kandungan daun salam dapat membantu menangani masalah itu, karena kandungannya yang dapat memberikan efek menenangkan dan membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Menjaga Kebersihan Gigi

Selain rutin menggosok gigi setiap hari, agar kebersihan dan kekuatan gigi tetap terjaga, berkumur dengan air rebusan daun salam juga dapat meningkatkan kesehatan gigi karena terdapat fungsi antimikroba di dalamnya.

Sama seperti mouthwash, air rebusan daun salam juga sebaiknya digunakan saat gigi dalam kondisi bersih sesudah menyikat gigi, kemudian lanjutkan dengan berkumur menggunakan air rebusan daun salam untuk mendapatkan hasil perlindungan gigi yang maksimal.

Mencegah Kanker

Kombinasi antioksidan dan senyawa organik dalam daun salam, yakni fitonutrien, katekin, linalool, dan parthenolide. Terbukti dapat menahan perkembangan sel kanker serviks dan membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas, yang mana dapat menyebabkan sel sehat bermutasi menjadi sel kanker. Maka dengan mengonsumsi daun salam, hal tersebut dapat dicegah.

Bersifat Antiinflamasi

11 manfaat daun salam bentuk daun salam

Salah satu manfaat penting dalam daun salam lainnya adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Daun ini mengandung fitonutrien unik bernama parthenolide yang dapat dengan cepat mengurangi peradangan dan iritasi, seperti nyeri sendi atau sakit di area yang terkena artritis.

Mengatasi Kecemasan Dan Stres

Stres dan kecemasan merupakan bagian alami dari respon yang terjadi saat tubuh berada dalam situasi bahaya. Biasanya ketika merasa terancam, tubuh akan melepaskan hormon stres. Hormon stres inilah yang membuat jantung berdetak lebih kencang dan aliran darah juga lebih cepat.

Aromaterapi daun salam dapat membantu menurunkan tingkat hormon stres dalam tubuh, sehingga tidak terjadi kecemasan yang terlalu berlebihan.

Menjaga Fungsi Saraf

Kandungan vitamin C, asam folat, vitamin A, antioksidan alami, serat makanan dan vitamin B seperti niasin, piridoksin, asam pantotenat dan riboflavin yang ada pada daun salam mampu menjaga fungsi saraf, menjaga sintesis enzim dan mengatur metabolisme di dalam tubuh.

Jadi itulah beberapa manfaat luar biasa yang dapat ditemukan dalam daun salam. Untuk mendapatkan berbagai khasiat tersebut kita bisa mengonsumsi daun salam baik dalam bumbu masakan, meminum air rebusannya, maupun sebagai aromaterapi.

Namun jika kamu memiliki riwayat penyakit khusus, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan daun salam dalam dosis tertentu.

11 manfaat daun salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *