11 Khasiat Susu Kunyit (Haldi Doodh)

Susu kunyit mungkin kurang familiar bagi masyarakat Indonesia. Kunyit mungkin lebih sering ditemukan sebagai campuran masakan atau diolah menjadi minuman tradisional jamu. Namun ternyata belakangan, kunyit bisa dipadukan dengan susu yang akhirnya dijadikan minuman herbal untuk kesehatan tubuh.

Apa Itu Susu Kunyit?

Susu kunyit adalah minuman herbal yang berasal dari India ini disebut juga golden milk, turmeric latte, dan haldi doodh. Minuman ini terbuat dari susu sapi yang dicampurkan dengan kunyit dan rempah-rempah berkhasiat lainnya. Biasanya rempah yang digunakan antara lain ekstrak vanilla, bubuk kayu manis, merica hitam, kapulaga hijau, lada hitam, jahe putih, cengkeh, dan beras putih.

Meskipun berasal dari India, saat ini haldi doodh sudah sangat terkenal di negara-negara barat karena khasiat yang dimilikinya. Susu kunyit ini sudah digunakan oleh masyarakat India ribuan tahun lalu yang telah diberikan sejak masih usia anak-anak. Ini dijadikan konsumsi harian karena  rasanya yang enak jika dibandingkan minuman herbal berdasar kunyit lainnya.

Kepopuleran dari susu kunyit ini  membuat masyarakat dunia membuat varian ini sebagai menu dari coffee shop terkenal. Sebut saja contohnya Starbucks yang menjual menu Golden Turmeric Latte yang banyak disukai oleh anak muda di negara Paman Sam.

Susu kunyit memang disukai karena kandungannya yang menyehatkan, mulai dari sifat antioksidan, anti-inflamasi, bahkan bisa mengurangi sakit dan nyeri dari berbagai penyakit. Jika susu kunyit diminum secara rutin, juga cenderung bersifat aman selama susu kunyit tidak dibuat dari susu yang tinggi lemak dan tambahan gula yang tidak diperlukan.

Kandungan Gizi

Dalam satu cangkir susu kunyit mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh yang mendasari banyaknya manfaat dari minuman ini.

  • Kalori: 130 kkal
  • Lemak: 5 gram
  • Protein: 8 gram
  • Natrium: 125 mg
  • Gula: 12 gram laktosa (gula alami yang ada pada susu)
  • Karbohidrat: 12 gram

Khasiat Susu Kunyit

Kandungan gizi dari susu kunyit dihasilkan dari bahan utama di dalamnya yaitu susu murni dan kunyit. Perpaduan dua bahan ini memiliki segudang khasiat yang sangat penting bagi kesehatan.

Bersifat Antioksidan

Bahan utama dari susu kunyit adalah kunyit yang populer sebagai bumbu masakan dan pewarna makanan masyarakat Asia. Kurkumin sebagai komponen aktif di dalam kunyit telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda India selama berabad-abad, dikarenakan sifat antioksidannya yang kuat. Antioksidan ini mampu melawan kerusakan sel, melindungi tubuh dari stres oksidatif, menurunkan resiko terkena infeksi dan penyakit, serta membantu regenerasi kulit.

Mengobati Peradangan

Kunyit mengandung kurkumin yang bersifat antiinflamasi. Efek antiinflamasi dari kunyit dimediasi melalui kemampuannya untuk menghambat cyclooxygenase-2 (COX-2), lipoxygenase (LOX), dan inducible nitric oxide synthase (iNOS) yang menjadi penyebab peradangan.

Manfaat ini setara dengan obat anti-inflamasi farmasi tanpa efek samping. Oleh sebab itu, susu kunyit bermanfaat untuk mengurangi peradangan akibat osteoarthritis dan rheumatoid arthritis (rematik). Ini juga termasuk mengurangi rasa sakit dan nyeri terhadap bagian tubuh yang mengalami peradangan.

Menjaga Kesehatan Otak

Dalam sebuah penelitian, susu kunyit ternyata dapat meningkatkan kesehatan otak. Ini dihasilkan dari kurkumin yang dapat meningkatkan kadar brain-derived neutrophic factor (BDNF). BDNF merupakan senyawa yang berperan besar dalam membentuk sel-sel baru untuk memastikan otak berfungsi secara maksimal.

Selain itu, ada juga kandungan vitamin B2 dan vitamin A dari susu yang membuatnya mengandung kolin yang melimpah. Ini adalah kandungan yang bertugas untuk meningkatkan memori daya ingat dan sel saraf. Apalagi jika susu kunyit ditambahkan dengan rempah-rempah berharga yang juga menunjang kesehatan otak, misalnya jahe dan kayu manis. Kombinasi dari berbagai bahan di dalamnya, membuat susu kunyit mampu menurunkan resiko terkena penyakit Alzheimer.

Memperbaiki Mood

Senyawa kurkumin yang terkandung dalam kunyit ternyata dapat berfungsi sebagai anti depresan. Dalam sebuah penelitian di mana terdapat 60 orang yang mengalami depresi, kemudian diberikan minuman mengandung kurkumin, obat anti depresan, dan kombinasi dari kedua bahan ini selama 6 minggu.

Hasilnya orang yang mengonsumsi kombinasi susu kunyit dan obat depresan sekaligus telah mengalami peningkatan suasana hati yang lebih baik dibandingkan dua kelompok lainnya. Peningkatan suasana hati akan berkolerasi positif dengan pengurangan gejala depresi, terutama yang disebabkan oleh gangguan pada sel di dalam otak.

Menyehatkan Jantung

Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian dari seluruh masyarakat di dunia. Kabar baiknya bahan yang digunakan utnuk membuat susu kunyit yaitu kayu manis, jahe dan kunyit seluruhnya dikaitkan dengan manfaat untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Susu kunyit dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kadar trigliserida sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik. Jahe yang dikonsumsi sebanyak 2 gram per hari juga terbukti telah mengurangi resiko penyakit jantung hingga 28%.

Lebih lanjut, kurkumin di dalam susu kunyit dapat meningkatkan fungsi lapisan pembuluh darah yang dikenal sebagai fungsi endotel. Fungsi endotel yang tepat berkontribusi besar untuk membuat jantung yang sehat. Lebih lanjut, orang yang menjalani operasi jantung pernah menjadi objek dalam sebuah penelitian dan diberikan 4 gram kurkumin setelah operasi mereka.

Alhasil mereka yang diberi kurkumin mengalami penurunan 65% dari kemungkinan mengalami serangan jantung dibandingkan kelompok orang yang tidak mengonsumsinya. Sifat antioksidan dan anti-inflamasi dari susu kunyit juga mampu melindungi tubuh dari resiko terkena penyakit jantung.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kurkumin di dalam kunyit mampu meningkatkan fungsi sendi pada pasien rheumatoid arthritis. Zat ini juga berperan penting untuk membantu mencegah pengeroposan tulang dan kerusakan jaringan tulang. Selain itu, susu kunyit yang biasa menggunakan susu murni sudah pasti memiliki kandungan kalsium, fosfor, kalium, protein, vitamin K dan Vitamin D yang seluruhnya berkhasiat menjaga tulang tetap kuat dan sehat.

Menurunkan Resiko Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit kronis yang kadang sulit dikendalikan. Oleh sebab itu, selain melakukan pengobatan medis, penderita kanker biasanya juga menggunakan pengobatan alternatif anti-kanker. Susu kunyit adalah salah satu minuman herbal yang dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif kanker tersebut.

Rempah-rempah yang digunakan di dalam susu kunyit dikaitkan dengan sifat anti kanker, misalnya 6-gingerol yang ditemukan dalam jumlah besar pada jahe mentah. Selain itu, terdapat juga kandungan lain seperti senyawa di dalam kayu manis yang mampu mengurangi pertumbuhan sel kanker. Sementara kurkumin di dalam kunyit berperan untuk membunuh sel kanker yang terisolasi dalam tabung reaksi dan mencegah pertumbuhan tumor baru sekaligus menghambat penyebarannya.

Baik Untuk Kulit

Pada dasarnya kunyit memiliki sifat anti-inflamasi, anti-mikroba, dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Ini juga termasuk menyembuhkan luka ringan, mencegah jerawat dan breakout. Susu kunyit juga biasanya dikonsumsi untuk melawan eksim, dan psoriasis, mengurangi bekas luka menghitam serta membuat kulit cerah secara alami.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Bahan-bahan yang digunakan dalam susu kunyit, terutama jahe dan kayu manis, dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Sebanyak 1-6 gram bubuk kayu manis yang dikonsumsi per hari dapat menurunkan kadar gula darah puasa hingga 29%. Kayu manis juga dapat mengurangi resistensi insulin. Penurunan resistensi insulin secara otomatis akan menurunkan kadar gula darah.

Hal ini juga berlaku jika menambahkan sedikit jahe secara teratur pada resep makanan. Mengonsumsi sejumput jahe dan kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah puasa hingga 12%. Akan tetapi perlu diingat bahwa manfaat ini hanya didapatkan pada susu kunyit yang dibuat tanpa pemanis tambahan, karena jika susu kunyit yang ditambahkan pemanis justru berdampak buruk bagi gula darah.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Pola makan yang tidak teratur dan makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan gangguan pencernan kronis. Ini dikenal sebagai dispepsia yang ditandai dengan rasa sakit serta ketidaknyamanan pada bagian atas perut. Dalam hal ini jahe yang digunakan dalam susu kunyit dapat membantu meringankan kondisi tersebut dengan mempercepat pengosongan lambung bagi penderita dispepsia.

Tak hanya itu, kunyit dikenal sebagai bahan herbal untuk membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan. Hal ini didapatkan dari kemampuan kunyit untuk meningkatkan pencernaan lemak dan meningkatkan produksi (kinerja) empedu hingga 62%. Alhasil kunyit dikenal sebagai bahan yang baik untuk menjaga pencernaan tetap sehat serta mempermudah sistem kerja sekresi.

Mencegah Infeksi Bakteri, Virus Dan Jamur

Sifat anti-bakteri, anti-virus, dan anti-jamur dari susu kunyit membuatnya sering digunakan sebagai obat rumahan untuk melawan flu, pilek, dan batuk. Minuman ini dikenal sebagai ramuan ajaib untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Secara khusus senyawa di dalam jahe dikenal sebagai anti-bakteri yang sangat kuat. Senyawa ini dapat melawan virus pernapasan manusia (HRSV) yang menjadi penyebab umum dari infeksi saluran pernapasan. Ini setara dengan senyawa aktif di dalam kayu manis yang disebut cinnamaldehyde. Senyawa tersebut sudah dikenal dengan kemampuannya untuk mengobati infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh jamur.

Membuat Susu Kunyit

Banyaknya manfaat yang ditawarkan dari susu kunyit membuat banyak orang yang ingin mencoba membuat susu kunyit di rumah dengan resep sederhana. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat susu kunyit antara lain susu murni, kunyit segar yang sudah dikupas dan diparut, jahe segar, ekstrak vanilla, merica hitam, bubuk kayu manis, dan sejumput kapulaga.

Cara membuatnya cukup mudah, anda perlu menyiapkan panci bersih utnuk menampung semua campuran bumbu dan rempah yang digunakan untuk membuat susu kunyit ini. Rebus semua bahan dengan api sedang selama 10 menit hingga susu berubah warna menjadi keemasan. Sebagai tambahan opsional, bisa menggunakan 1 sendok teh madu murni untuk memperkaya rasa.

Selanjutnya, saring minuman yang direbus tersebut lalu tuangkan di gelas saji. Minuman ini bisa dikonsumsi langsung atau disimpan maksimal selama 5 hari di dalam kulkas. Akan tetapi jika ingin mengonsumsi susu kunyit dari dalam kulkas harus dipanaskan kembali untuk menikmati tekstur dan rasa yang sempurna.

Susu kunyit bisa dijadikan minuman yang lezat dengan sejumlah khasiat di dalamnya. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, selalu gunakan bahan yang segar dan berkualitas. Jika anda kesulitan untuk membuat susu kunyit di rumah, maka tidak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak yang menjual susu kunyit dalam bentuk bubuk instan yang lebih praktis. Untuk menikmati susu kunyit yang halal, berkualitas, dan asli tanpa campuran bahan lain, anda bisa membelinya di Cairo Food dengan produk yang disebut Haldi Doodh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *