Rekomendasi Menu Vegetarian Untukmu!

Para kaum vegetarian sangat menghindari seluruh olahan makanan yang berasal dari hewan atau yang mengandung protein hewani, seperti daging, telur, keju, dan susu. Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi mereka, para vegetarian umumnya mengkonsumsi makanan yang terdiri dari sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, hingga kacang-kacangan.

Belum banyak orang yang mengkonsumsi menu vegetarian sebagai sumber nutrisi penting sehari-hari. Kebanyakan orang masih menggemari produk yang berasal dari hewan. Bagi Anda para vegetarian, tak perlu khawatir untuk mencari rekomendasi menu vegetarian, karena artikel ini akan membahas rekomendasi menu vegetarian dari berbagai belahan dunia. Simak selengkapnya di bawah ini.

Gado-gado

Gado-gado adalah salad campur khas Jakarta, dan termasuk makanan vegetarian selama tidak ada tambahan telur. Gado-gado biasanya terdiri dari aneka sayuran seperti selada, jagung pipil, bunga kol, kubis, kacang panjang, tauge, mentimun, kentang, pare, serta tempe dan tahu. Sayurannya biasanya direbus sebentar, lalu dilumuri bumbu kacang pedas dan dilengkapi dengan tambahan kerupuk udang yang renyah.

Apapun Bumbunya Tidak Pakai Pewarna

Sausnya secara tradisional terbuat dari kacang tanah yang telah dihaluskan, bawang putih, merica, cabai, gula merah, garam, dan perasan jeruk nipis. Hidangan ini benar-benar mewakili jajanan kaki lima Indonesia, dan telah hadir dalam budaya Indonesia sejak abad ke-17. Meski gado-gado berasal dari Jakarta, tetapi Anda dapat menemukan gado-gado di seluruh wilayah Indonesia.

Salad campur versi Jakarta ini juga bisa menjadi hidangan utuh sendiri, tapi bisa juga ditambah dengan tambahan nasi, lontong, atau kerupuk. Makanan kaki lima khas Indonesia ini biasanya dijual oleh pedagang kaki lima atau di pusat jajanan, dan dapat disajikan untuk sarapan, makan siang, atau makan malam.

Karedok

Menu vegetarian selanjutnya masih berasa dari Indonesia, yaitu karedok. Karedok berasal dari Jawa Barat dan secara tradisional dikaitkan dengan kelompok etnis Sunda. Sekilas hidangan ini serupa dengan gado-gado, namun perbedaannya terletak pada sayuran yang digunakan. Sayuran pada hidangan gado-gado direbus dahulu sebelum dihidangkan, sedangkan karedok menggunakan sayuran mentah.

Hidangan sederhana dan sehat ini membutuhkan bahan segar dan mentah yang diiris dan disajikan dengan saus kacang tradisional. Sayuran yang paling umum di karedok termasuk ketimun, kol, kacang hijau, kemangi, tauge, dan terong, namun sayuran lain juga bisa digunakan. Karedok bisa disajikan dengan nasi putih hangat, tempe, tahu, dan kerupuk sebagai pelengkap.

Ciri khas karedok terletak pada oncom bakar yang digunakan, jika tak menggunakan oncom bakar, maka karedok disebut dengan lotek mentah. Di Indonesia, karedok bisa ditemukan di pedagang kaki lima, warung makan, food court ala jajanan tradisional, dan restoran. Namun, bagi masyarakat Sunda, ini merupakan hidangan sehari-hari, dimakan kapan saja sepanjang hari.

Ketoprak

Rekomendasi makanan vegetarian selanjutnya adalah ketoprak. Nama ketoprak disebutkan merupakan akronim dari ketupat dan tauge yang digeprak. Pada dasarnya, ketoprak merupakan hidangan yang serupa dengan gado-gado karena dibumbui dengan bumbu kacang. Namun, ketoprak tidak menggunakan sayuran sebanyak yang digunakan pada gado-gado.

Ketoprak adalah hidangan yang juga cocok untuk vegan sebab berisi bihun, tauge, mentimun, lontong, tahu, lalu disiram dengan bumbu kacang, kecap manis, serta ditaburi dengan bawang goreng. Hidangan ini didampingi pula dengan pelengkap seperti kerupuk atau emping melinjo. Hidangan ini tak kalah lezat dengan gado-gado dan karedok. Anda bisa menemukan ketoprak dengan mudah pada pedagang kaki lima, atau biasa dijajakan dengan gerobak keliling.

Urap

Urap atau urap sayur (Bali) atau urab adalah salad tradisional Indonesia yang umumnya diasosiasikan dengan Jawa. Salad ini dibuat dengan kombinasi sayuran yang dikukus atau direbus dan taburan parutan kelapa yang dibumbui. Sayuran yang termasuk dalam urap biasanya kangkung, tauge, bayam, daun pepaya, daun singkong, kacang hijau, dan kubis.

Berbeda dengan ketiga makanan vegetarian sebelumnya, urap ditaburi dengan kelapa parut yang dibumbui oleh bumbu dan rempah aromatik seperti daun jeruk purut, gula kelapa, asam jawa, cabai, lengkuas, bawang merah, dan bawang putih. Urap biasanya disajikan sebagai pendamping hidangan lain seperti nasi kuning, ayam goreng, ayam penyet, dan nasi tumpeng.

Sayur Lodeh

Masih berasal dari Indonesia, makanan vegetarian yang bisa Anda cicipi adalah sayur lodeh. Sayur ini terdiri dari sayuran yang direbus dalam santan. Tak ada aturan baku mengenai sayuran yang digunakan, tetapi pada umumnya, sayur lodeh menggunakan terong, kacang panjang, labu siam, daun melinjo, tomat, kol, tahu, dan tempe. Anda bisa memilih jenis sayuran yang diinginkan, namun umumnya gunakan tiga jenis, dan tambahkan tahu dan tempe untuk memenuhi protein harian anda. Sayur lodeh juga bisa dinikmati dengan atau tanpa nasi. Sayur ini tentunya akan sangat cocok untuk menu vegetarian anda.

Kushari

Beralih ke negara lain, menu vegetarian selanjutnya adalah kushari. Kushari (juga dieja Koshary atau Koshari) adalah hidangan nasional Mesir. Ini menjadi menu vegetarian yang disajikan di hampir setiap restoran Mesir, di setiap rumah Mesir, dan di setiap sudut jalan Mesir. Pedagang kaki lima menyajikan hidangan dari gerobak ke orang-orang yang mengantri untuk makan hidangan yang disukai dan sangat populer ini.

Kushari adalah hidangan dari kombinasi yang tak biasa, dengan mencampur lentil, mie, makaroni, dan nasi ke dalam satu hidangan dan kemudian diberi saus tomat pedas yang menggunakan campuran bumbu khusus Timur Tengah, seperti kacang garbanzo dan bawang goreng.

Ezogelin Corbasi

Ezogelin cirbası adalah sup tradisional Turki yang dibuat dengan lentil merah, tomat, bulgur, dan nasi, serta dibumbui dengan mint kering, minyak zaitun, dan paprika. Teksturnya yang kental dan konsisten, di mana bahan-bahannya sengaja dicampur secara kasar, tidak seperti saus velouté.

Roux putih atau campuran tepung dan mentega ditambahkan selama memasak untuk membuat sup dengan konsistensi yang lebih kental. Sup tradisional Turki ini menjadi hidangan vegetarian yang banyak ditemukan di restoran atau biasa dikonsumsi di rumah, dan biasa disajikan dengan roti pipih.

Dhal

Berasal dari kata Sanskerta yang berarti “membelah”, dhal adalah istilah makanan untuk kacang-kacangan yang berupa lentil, kacang polong, dan buncis. Meskipun terkadang digunakan dalam hidangan lain, hidangan ini biasanya disajikan dengan direbus perlahan menjadi hidangan lembut seperti bubur. Ini adalah salah satu makanan sehari-hari yang paling tersebar luas dan tradisional di seluruh India, Pakistan, Nepal, Sri Lanka, dan Bangladesh.

Dhal jauh dari sekadar lauk, ini merupakan sajian yang berfungsi sebagai kuah guna menyatukan setiap hidangan yang tersaji. Dhal dapat disajikan dengan biji-bijian seperti nasi atau roti berbahan dasar gandum. Saat dikonsumsi bersama dengan biji-bijian, maka keseluruhan pangan akan membentuk protein lengkap yang menopang dan memuaskan dengan biaya yang sangat murah.

Greek Salad

Greek salad atau salad Yunani adalah salah satu simbol masakan Yunani. Di Yunani sering disebut horiatiki (salad desa) atau therini (salad musim panas). Ini adalah makanan yang sederhana, menyegarkan dan sangat sehat, hanya terdiri dari beberapa bahan. Secara tradisional, dibuat menggunakan tomat, mentimun, bawang bombay, zaitun dan keju feta, dibumbui dengan minyak zaitun dan oregano.

Anda juga dapat menemukan variasi lain yang menggunakan paprika hijau. Salad ini dapat dimakan sendiri sebagai makanan utama atau dapat dihidangkan bersama roti, atau lauk bersama pasta, ikan dan daging. Namun untuk para vegetarian, sebaiknya salad ini dikonsumsi sendiri.

Sup Miso

Sup miso adalah sup tradisional Jepang yang dimulai dengan kaldu dashi dan dibumbui dengan pasta miso. Dashi adalah kaldu kaya umami yang terbuat dari rumput laut kering dan ikan kering. Pasta miso adalah pasta yang terbuat dari kacang kedelai, garam, dan nasi koji. Sup miso biasanya berisi tahu dan daun bawang. Itu juga bisa menampilkan rumput laut, jamur, daikon, dan masih banyak lagi.

Sup tradisional Jepang ini bercita rasa khas yang berasal dari pasta kental yang gurih, dengan rasa asin dan manis yang berpadu. Karena difermentasi, miso adalah sumber probiotik yang baik, tetapi manfaat kesehatan secara keseluruhan masih bisa diperdebatkan karena kandungan garamnya yang tinggi. Secara keseluruhan, sup miso cocok untuk makanan vegetarian.

Dolma

Sebagian besar orang menganggap dolma sebagai bagian dari hidangan vegetarian yang terbuat dari nasi yang digulung dengan daun anggur. Ada banyak varietas yang berbeda menurut wilayahnya, untuk dolma tradisional, daun anggur diisi dengan nasi dan daging giling.

Versi dolma ini sangat terinspirasi oleh daun anggur isi nasi vegetarian dari Turki yang biasanya dimakan dingin atau pada suhu kamar sebagai makanan pembuka atau meze. Dolma banyak ditemukan di restoran Mediterania, tetapi untuk makanan yang lebih sehat, anda bisa membelinya di Cairo Food dengan klik link berikut.

Tamale

Tamale adalah hidangan Pra-Kolombia unik yang diyakini berasal dari Mesoamerika, tanah antara Amerika Utara dan Selatan. Tamale Meksiko mungkin adalah versi yang paling terkenal, namun hampir semua budaya Amerika Tengah dan Selatan telah mengadopsi hidangan tersebut ke dalam gaya memasak mereka sendiri.

Versi tamale kebanyakan dibuat dari campuran adonan jagung (masa) dan isian, dibungkus dengan daun pisang atau kulit jagung, lalu dikukus. Masa jagung menjadi lebih kencang saat dikukus, dan tamale dapat dibuka bungkusnya dan dimakan saat bepergian. Tamale paling sering dibungkus dengan kulit jagung kering (direndam dalam air agar lentur) atau daun pisang. Bungkusnya tidak dimakan tetapi memberi rasa tertentu pada tamale saat dikukus.

Isian tamale berkisar dari yang sederhana hingga yang rumit. Di beberapa negara, masa atau adonan jagung diisi dengan sepotong ayam atau babi sederhana. Kebanyakan tamale memiliki isian daging berbumbu yang dimasak lambat (biasanya ayam atau babi), terkadang dengan sayuran (kentang, jagung, paprika, atau wortel), keju, buah-buahan kering, dan zaitun. Namun untuk vegetarian, pilihlah versi tamale dengan isi sayuran.

Ajapsandali

Ajapsandali adalah sup populer Georgia yang terdiri dari terong, kentang, tomat, bawang merah, paprika, dan bumbu seperti daun salam, bawang putih, ketumbar, lada hitam, dan garam. Sayuran direbus dengan minyak, tetapi hanya sebentar agar tidak kehilangan warna dan vitaminnya. Ajapsandali termasuk makanan vegetarian. Hidangan ini sering dikonsumsi sebagai makanan keluarga di Georgia, dan sangat populer selama musim panas karena cita rasanya yang hangat dan bernutrisi. Untuk sentuhan yang menarik, coba sajikan dingin dengan remah feta dan potongan roti.

Caldo Verde

Caldo Verde, yang berarti “kaldu hijau”, adalah sup Portugis sederhana dengan variasi regional tetapi secara tradisional terdiri dari kaldu, kubis Portugis parut mirip dengan collard greens, kentang, bawang merah, bawang putih, dan minyak zaitun. Ini adalah hidangan populer untuk disajikan di pesta pernikahan dan perayaan.

Anda dapat menikmati “kaldu hijau” ini baik sebagai permulaan sebelum makanan pembuka ataupun sebagai makan malam ringan. Sup ini bisa disajikan dengan broa yaitu sejenis roti jagung Portugis, atau roti gandum pedesaan. Caldo Verde secara tradisional adalah sup yang sangat kaldu tetapi Anda dapat menentukan konsistensi dan ketebalannya dengan berapa banyak kentang yang Anda tambahkan dan apakah Anda menghaluskan kentang seluruhnya atau sebagian.

Kartoffelsalat

Kartoffelsalat adalah salad kentang tradisional Jerman yang berasal dari wilayah Swabia di Jerman Selatan. Salad kentang tradisional ini biasanya terdiri dari kentang rebus dan irisan bawang cincang, dilengkapi dengan kaldu sapi, cuka putih, minyak, mustard Jerman ringan, gula, dan merica.

Meski bahan salad ini cukup sederhana, namun perlu dipilih dengan cermat untuk mendapatkan hasil terbaik. Kaldu sapi kental adalah yang paling tradisional, tetapi kaldu ayam atau bahkan sayuran juga bisa digunakan sebagai gantinya. Karena rasa salad dikatakan membaik seiring berjalannya waktu, sering kali disiapkan sehari sebelum dikonsumsi.

Salad kentang Swabia secara tradisional dihiasi dengan kucai segar di atasnya, dan biasanya disajikan bersama sosis Jerman. Untuk varian vegetarian, sebaiknya menghindari sosis Jerman. Kartoffelsalat dapat ditemukan di menu restoran mana pun di Jerman, dan juga tersedia secara teratur di toko bahan makanan.

Vinegret

Vinegret adalah salad Rusia tertua dan sangat populer yang ditemukan pada abad ke-19 dan biasanya terdiri dari bit rebus, kentang, dan wortel yang dipadukan dengan acar potong dadu, sauerkraut, dan bawang. Nama salad berasal dari istilah Perancis, vinaigrette, yang berarti saus salad berminyak di Perancis.

Vinegret secara tradisional dibalut dengan kombinasi minyak, cuka atau jus lemon, dan terkadang mustard. Ini sering disiapkan untuk liburan dan acara meriah seperti perayaan tahun baru, jadi disarankan untuk membuatnya sehari sebelumnya. Biasanya, salad disajikan dengan roti hitam Rusia di sampingnya, bersama dengan daging atau ikan seperti sosis atau ikan.

Takuan

Takuan adalah acar lobak daikon Jepang, dan karena itu termasuk dalam kelompok acar tsukemono. Daikon Jepang sangat renyah dan memiliki rasa yang manis dan ringan. Biasanya dijemur, dibumbui dengan garam dan berbagai bumbu, kemudian dibiarkan dalam larutan pengawet kunyit, cuka anggur beras, gula, garam, dan air selama beberapa bulan.

Setelah selesai, daikon berwarna kuning dan sedikit menyengat. Di Prefektur Akita, takuan diasap, dan kemudian dikenal sebagai iburigakko . Di Korea Selatan, takuan disebut danmuji. Biasanya disajikan dengan acar tsukemono lainnya atau digunakan dalam salad, tumis, dan sebagai bahan sushi.

Surowka

Menu vegetarian selanjutnya berasal dari Polandia. Surowka adalah salad tradisional dari Polandia yang terdiri dari buah dan sayuran segar yang dibalut dengan minyak zaitun, garam, merica, jus lemon, dan sedikit gula, atau dengan saus krim yang terdiri dari krim asam, yogurt, dan mayones.

masakan negara apapun cairo food bumbunya

Surowka umumnya disiapkan dengan wortel parut kasar, apel, bawang, kol putih, dan sauerkraut, meskipun berbagai bahan lainnya dapat dimasukkan tergantung pada musimnya. Beberapa varietas dihias dengan peterseli cincang atau dill sebelum disajikan, sedangkan versi modern menyertakan berbagai bumbu seperti kayu manis dan biji jintan, dan sering ditambah dengan buah jeruk, buah kering, dan kacang-kacangan.

Chana Masala

Chana masala adalah kari buncis tajam yang biasa dikonsumsi sebagai camilan, makanan utama, atau sarapan. Bisa dibilang, ini adalah hidangan vegetarian paling populer di India, biasanya ditemukan di peron kereta api, di tempat kerja, di kantin sekolah, atau di upacara dan acara perayaan di India dan Pakistan.

Buncis direbus dalam kombinasi rempah-rempah, sering disajikan dengan nasi atau roti pipih India seperti roti atau naan, kemudian dihias dengan sesendok yogurt atau krim asam. Karena popularitas chana masala, ada juga versi masakan daerah, seperti versi Pakistan yang disebut aloo chole, dibuat dengan buncis dan kentang.

Rekomendasi menu vegetarian di atas tentunya tak kalah menarik dan tidak tampak membosankan sebagai konsumsi harian Anda, dan tentunya bahan-bahan yang digunakan dapat melengkapi nutrisi penting yang diperlukan bagi tubuh. Bagi yang belum menjadi vegetarian, apakah Anda tertarik beralih ke menu yang lebih sehat? Ingin membaca artikel yang tak kalah menarik lainnya? Simak perbedaan vegetarian dan vegan versi Cairo Food dengan klik link berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *