Menu Buka Puasa Terpopuler di Mesir

suasana ramadhan dan mesjid

Menu Buka Puasa di Mesir sedikit berbeda dengan negara timur tengah lainnya disebabkan karakter dan selera orang orang di mesir yang menyukai rasa asam namun tidak menyukai bumbu yang berlebihan dalam makanan. Pada umumnya puasa di mesir juga berbeda tergantung bulan puasanya karena pada musim panas bisa sampai 9 jam puasanya.

Hal menarik lainnya adalah di mesir sangat jarang orang melakukan sahur, biasanya hanya buka puasa saja dan makan lagi sebelum tidur, hanya mayoritas kecil yang bersahur. Biasanya ketika azan di mesir, umat muslim yang yang berpuasa membatalkan puasanya dengan minuman, lalu sup dan kemudian makanan utama.

Minuman Khas Ramadan di Mesir

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa dalam membatalkan puasa yang pertama kali dilakukan di Mesir adalah dengan meminum minuman yang manis dan dingin, pada umumnya yang menjadi minuman favorit adalah yang rasa asam nya kuat. Berikut adalah 6 Minuman Favorit ramadhan di Mesir,

Sobia, Minuman susu dengan rasa kelapa yang manis dan menyegarkan.

Qamar Al-Din, Terbuat dari buah apricot yang asam.

Tamar Hindi, Minuman yang terbuat dari Tamarind atau asam jawa dan tentunya sangat asam.

Karkadé, Karkade adalah minuman yang terbuat dari Rosella atau hibiscus yang dibuat dengan kental sehingga rasanya asam.

Erk Soos terbuat dari extrak Liquorice atau Akar Manis dan rasanya pahit tapi agak sedikit manis. Pada umumnya minuman ini disukai oleh generasi Tua dan tidak disukai oleh selain orang mesir.

Qasab, disini orang tahu dengan nama Jus Tebu. di Mesir jus tebu berasal dari 100% perasan Tebu. Minuman ini umumnya diminum jika diluar rumah atau dalam perjalanan saja.

 

Menu Sup Khas Ramadan di Mesir

Setelah membatalkan puasa dengan minum, biasanya orang mesir langsung melanjutkan dengan meminum Sup / Soup. Sup di mesir berbeda dibanding negara lain, namun kita hanya akan membahasa yang umum dimakan di bulan puasa saja, yaitu

Surba Adas atau Red Lentil Soup terbuat dari kacang lentil, wortel dan sayuran lainnya.

Mulukhiyah adalah sup yang dibuat dengan menghancurkan daun Nalta jute atau tossa jute. Daun ini harus dihancurkan dengan metode dan cara khusus yaitu dengan pisau besar berbentuk seperti bulan.

Lisan El Asfur berarti lidah burung, tapi Sup ini sama sekali tidak menggunakan burung, melainkan menggunakan pasta sejenis Orzo atau Risoni dan menggunakan kaldu ayam atau sapi sebagai kuahnya.

Dari ketiga jenis Sup diatas, semua menggunakan Jeruk Nipis terpisah, dimana pada umumnya sangat disukai oleh mayoritas orang mesir.

Menu Utama Khas Ramadhan di Mesir

Maḥshi, Ini adalah lontong nya Mesir, tapi bedanya bisa dimakan sama kulitnya. Umumnya terbuat dari terong, Timun, dan Paprika yang diisi dengan Nasi Tomat dan disajikan dengan jeruk nipis.

Ruqaq, Terbuat dari filo berlapis dan terdapat daging cincang didalamnya.

Spaghetti, Umumnya di Mesir spaghettinya sangat merah karena menggunakan tomat yang banyak sehingga rasanya agak sedikit asam.

 

Snack Khas Ramadhan di Mesir

Ada yang memilih ngemil atau makan cemilan dulu sebelum makan makanan utama. Memang terdapat banyak pilihan snack di Mesir, tapi khas ramadhan yang terkenal hanya dua, yaitu Samosa dan Kibbeh.

Samosa adalah snack berbentuk segitiga dengan isi pada umumnya adalah daging sapi.

Kibbeh semacam bakso goreng yang dibuat dari gandum dan daging sapi.

 

 

Menu Penutup Khas Ramadhan di Mesir

Kunafa adalah dessert yang terbuat dari sejenis bihun dan rasanya sangat manis.

Qatayef terbuat dari pancake yang diisi seperti kismis dan kacang lalu digoreng dan direndam dalam sirup manis.

 

Itulah makanan yang umum tersaji pada saat berbuka puasa di Mesir. Jika anda sangat ingin mencicipi makanan khas mesir, anda berada di tempat yang tepat karena kami Cairo Food menyediakan makanan khas Mesir, Untuk pemesanan silahkan hubungi 081218222610.

Summary
Menu Buka Puasa Terpopuler di Mesir
Article Name
Menu Buka Puasa Terpopuler di Mesir
Description
Menu Buka Puasa di Mesir sedikit berbeda dengan negara timur tengah lainnya disebabkan karakter dan selera orang orang di mesir yang menyukai rasa asam namun tidak menyukai bumbu yang berlebihan dalam makanan. Berikut adalah Menu Buka Puasa Terpopuler di Mesir
Author
Publisher Name
Cairo Food
Publisher Logo

Related Posts

Leave a comment