Apa Itu Torpedo Kambing? Berikut Manfaatnya Bagi Kesehatan!

Apa Itu Torpedo Kambing? Berikut Manfaatnya Bagi Kesehatan!

apa itu torpedo kambing berikut manfaatnya bagi kesehatan

Selain daging, ada beberapa bagian tubuh lain dari kambing yang juga dapat dikonsumsi, misalnya torpedo. Bahkan kabarnya torpedo kambing ini selalu menjadi sesuatu makanan yang diperebutkan oleh para pria. Karena banyak yang mengatakan torpedo kambing jantan dipercaya mengandung hormon testosteron yang dapat meningkatkan gairah seks. Namun benarkan demikian? Mari kita simak informasi lebih lengkapnya.

Apa Itu Torpedo Kambing?

Torpedo adalah sebutan untuk testis kambing yang banyak dicari oleh kaum adam. Sebelum membahasnya lebih lanjut, kita perlu mengetahui apakah sebenarnya torpedo kambing boleh dikonsumsi?

Dalam agama islam, terdapat dua pandangan hukum yang berbeda terkait masalah mengonsumsi torpedo kambing. Pertama, para ulama dari kalangan madzhab Hanafi menyatakan hukum memakan torpedo kambing ialah haram yakni tidak boleh dan dilarang. Kedua pandangan yang dikemukakan oleh ulama Al-Khaththabi yang berasa dari kalangan Madzhab Syafi’i dan riwayat Ibnu Habib dari kalangan ulama madzhab Maliki menyatakan bahwa mengonsumsi torpedo kambing tidak lah haram atau boleh-boleh saja.

Sedangkan dalam ilmu sains, tidak ada pendapat yang menyatakan apakah torpedo kambing dapat dikonsumsi atau tidak. Namun, banyak sumber maupun dokter spesialis yang menjelaskan mengenai manfaat torpedo kambing, sehingga dapat disimpulkan bahwa bagian tubuh kambing tersebut layak untuk dikonsumsi.

Namun selain status ke-halal-an nya yang banyak diperdebatkan di kalangan masyarakat, mitos tentang manfaat dari mengonsumsi bagian ini juga banyak beredar luas, yakni dapat meningkatkan keperkasaan alias menambah gairah seks terutama bagi kaum pria. Tetapi menurut beberapa sumber, mitos tersebut tidak sepenuhnya benar namun juga tidak bisa dikatakan salah.

apa itu torpedo kambing berikut manfaatnya bagi kesehatan bentuk torpedo kambing

Lantas apa sajakah manfaat torpedo kambing?

Manfaat Torpedo Kambing

Selain dagingnya, torpedo kambing juga mengandung beberapa kandungan yang bernutrisi antara lain protein, zat besi, vitamin B12, fosfor, dan selenium. Sehingga dapat memberikan manfaat, seperti berikut ini

Meningkatkan Libido Pria

Meskipun banyak yang beranggapan bahwa salah satu manfaat torpedo kambing yang satu ini hanyalah mitos, namun kenyataannya memang benar bahwa torpedo kambing dapat meningkatkan gairah seksual pria.

Pasalnya, bagian tersebut mengandung protein arginin yang dapat meningkatkan senyawa nitro oksida. Senyawa tersebut sangat dibutuhkan dalam proses ereksi dan membuat pembuluh darah melebar. Tetapi hal tersebut bisa juga terjadi karena beberapa faktor lain yang mendukung untuk meningkatkan libido pria.

Dan dalam pengolahan torpedo ini pun harus tetap diperhatikan. Karena bisa saja, kandungan yang terdapat di dalam bagian tersebut hilang pada saat proses memasak, sehingga tidak memberikan manfaat apa-apa.

Memperbaiki Kerusakan Sel

Kerusakan sel adalah kondisi yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perubahan stres yang diderita sel tubuh karena adanya perubahan lingkungan eksternal maupun internal. Namun hal tersebut juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain misalnya faktor fisik, kimiawi, infeksi, biologis, nutrisi atau imunologi.

Pada torpedo kambing, terdapat kandungan protein yang cukup tinggi. Sehingga bermanfaat untuk menggantikan sel-sel tubuh yang rusak. Selain itu protein pada torpedo kambing juga berfungsi sebagai penghasil energi dalam tubuh, serta memiliki fungsi utama sebagai zat pembangun dan pengatur sel-sel di dalam tubuh.

Sebagai Sumber Energi Yang Cukup Besar

Tubuh membutuhkan energi untuk membuat organ dapat berfungsi dengan baik. Energi ini dihasilkan melalui proses metabolisme dengan cara mengubah makanan dan minuman yang kita konsumsi. Dengan adanya energi, kita dapat dengan mudah menjalani aktivitas sehari-hari, seperti berjalan, bekerja, dan berolahraga.

Selain kaya akan protein. Torpedo kambing juga mengandung banyak kalori, lemak, dan beberapa nutrisi lain yang dapat menjadi tambahan sumber energi utama yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat beraktivitas sehari-hari

Membantu Pertumbuhan Otot

Otot merupakan alat gerak aktif yang terbentuk dari kumpulan sel dan jaringan serta berfungsi untuk menggerakkan organ tubuh. Protein tinggi yang terkandung dalam torpedo kambing juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan pembentukan otot yang lebih kuat. Sebab itu, ketika seseorang ingin merangsang pertumbuhan otot dan membentuknya, disarankan untuk selalu menjaga asupan protein.

Mencegah Anemia

Anemia disebabkan oleh kurangnya sel darah merah di dalam tubuh, atau sel darah merah tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini dapat menyebabkan aliran oksigen berkurang ke organ tubuh. Beberapa gejala anemia biasanya berupa kelelahan, kulit pucat, sesak napas, pusing, limbung, atau detak jantung cepat. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut biasanya dibutuhkan nutrisi tambahan seperti zat besi.

Di dalam torpedo kambing juga terdapat zat besi yang dapat membantu mencegah kekurangan sel darah merah dan anemia. Sehingga tak heran jika  torpedo dapat memberikan sedikit manfaat bagi penderita anemia.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Zat besi pada torpedo kambing juga memiliki peranan penting lainnya yang bermanfaat untuk tubuh,seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah anak terserang penyakit infeksi. Sebab, zat besi merupakan komponen penting dalam penyusunan enzim-enzim dalam tubuh seperti halnya katalase dan myoglobin

Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas dapat menyerang dan menyebabkan kerusakan pada berbagai sel tubuh yang lama kelamaan dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan. Untuk itu, tubuh membutuhkan antioksidan untuk mencegah efek negatif yang disebabkan radikal bebas. Dan pada torpedo kambing, terdapat cukup banyak kandungan selenium yang berfungsi sebagai antioksidan.

Baik Untuk Kesehatan Tulang

Untuk membuat tulang tetap sehat dan kuat, dibutuhkan protein yang cukup untuk membantu mempertahankan kesehatannya. Begitu pun dengan protein yang terkandung dalam torpedo kambing, yang dapat membantu mencegah kerusakan pada tulang, seperti osteoporosis dan beberapa masalah tulang lainnya.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan

apa itu torpedo kambing berikut manfaatnya bagi kesehatan

Namun selain manfaat yang telah di sebutkan di atas. Terdapat beberapa hal lain yang harus di perhatikan, yakini bahwa sama seperti daging lainnya, torpedo kambing juga mengandung lemak yang cukup tinggi. Yang mana jika dikonsumsi secara berlebihan, kandungan lemak tersebut dapat menumpuk di dinding pembuluh darah. Dan menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Misalnya :

  • Jantung
  • Stroke
  • Diabetes
  • Kolesterol
  • Penggumpalan darah
  • Obesitas
  • Nyeri Lutut
  • Sulit Bernapas

Maka dari itu, untuk mengurangi efek negatif dari mengonsumsi makanan yang tinggi lemak seperti torpedo kambing, kita bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Karena, selain dapat mengurangi efek samping yang mungkin terjadi ketika makan daging secara berlebih, buah dan sayur juga dapat membuat kita tetap sehat.

apa itu torpedo kambing berikut manfaatnya bagi kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *