9 Bahan Pengganti Kecap Asin

9 bahan pengganti kecap asin

Kecap asin adalah salah satu bahan masakan yang banyak sekali digunakan dalam beberapa olahan. Contohnya pada hidangan-hidangan tumis. Kehadiran kecap asin dalam olahan tersebut tentu akan meningkatkan cita rasa, dan menjadikan makanan tersebut jauh lebih lezat. Berbeda dengan kecap kebanyakan yang umumnya memberikan rasa manis, kecap asin justru menawarkan rasa asin pada makanan, sesuai dengan namanya.

Kecap ini didapatkan melalui fermentasi bahan-bahan nabati ataupun hewani yang memiliki protein tinggi, kemudian dilarutkan dalam larutan garam. Kecap asin umumnya berwarna coklat tua, memiliki wangi yang khas, serta rasa asin yang dapat menyedapkan rasa masakan.

9 bahan pengganti kecap asin

Namun ketika kamu kehabisan stock kecap tersebut dirumah, kamu bisa menjadikan bahan-bahan dibawah ini sebagai pengganti kecap asin :

Kecap Inggris

Kecap inggris adalah saus berbentuk cairan encer berwarna gelap dengan sedikit rasa asin serta aroma harum yang khas. Kecap inggris umumnya dibuat dari campuran cuka, molase, gula jagung, air, cabai, kecap asin, lada hitam, asam jawa, anchovy, bawang bombay, bawang merah, cengkih dan bawang putih.

Kecap inggris ini merupakan bahan pengganti kecap asin yang paling mendekati dan hampir mirip, karena baik dari segi rasa dan aroma, keduanya memiliki kemiripan. Sehingga kecap ini cocok untuk dijadikan pengganti kecap asin dalam masakan.

Kecap Ikan

Selain kecap Inggris, kecap ikan juga dapat dijadikan sebagai pengganti kecap asin. Meskipun tekstur, warna dan rasanya agak sedikit berbeda, namun kecap ikan masih oke untuk dijadikan bumbu tambahan dalam masakan, sebagai pengganti kecap asin.

Rasa kecap ikan ini memang sedikit lebih pekat jika di bandingkan dengan kecap asin, namun keduanya sama-sama dapat membuat masakan terasa lebih lezat. Jika ingin menambahkan kecap ikan kedalam masakan, kita bisa menambahkannya sedikit demi sedikit, hingga rasa masakan sesuai dengan yang kita harapkan.

Saus Tiram

Meskipun saus tiram cenderung memberikan rasa gurih yang berbeda dengan kecap asin, namun perbedaanya tidak terlalu signifikan sehingga saus ini masih dapat dijadikan pengganti kecap asin dalam beberapa olahan.

Karna tekstur saus tiram yang sedikit kental, maka sebelum menggunakannya kita bisa mencampurkannya terlebih dahulu dengan air sebelum dipadukan dengan masakan. Gunakan saus tiram sesuai kebutuhan mu, hingga rasa masakan menjadi lebih sempurna.

Cuka dan Bawang Putih

Meskipun cuka dan bawang putih mudah ditemukan di dapur rumah tangga, namun untuk mengolahnya menjadi bahan pengganti kecap asin membutuhkan waktu yang cukup lama. Sebenarnya hal itu wajar saja, mengingat metode pengolahannya yang masih sangat tradisional.

Biasanya untuk membuat pengganti kecap asin ini kita membutuhkan bahan-bahan berupa bawang putih, bawang merah bubuk, molase hitam (merupakan produk sampingan dari industri pengolahan gula yang masih mengandung gula dan asam-asam organik), dan cuka.

Setelah semua bahan terkumpul, kita bisa memanaskan cuka dan semua bahan tersebut, setelah itu, masukan ke dalam wadah kedap udara dan diamkan selama kurang lebih semalaman atau 10 jam. Jika sudah, kita dapat menyaringnya dan meletakannya pada lemari pendingin agar lebih awet.

Kaldu Bubuk Hewani

Kaldu bubuk umumnya terbuat dari bahan alami, seperti sapi atau ayam yang kemudian ditambahkan dengan bumbu dan rempah pilihan. Bahan-bahan tersebut kemudian direbus dan dikeringkan hingga menjadi bubuk. Selain biasa digunakan sebagai salah satu bahan utama dalam masakan, kaldu bubuk juga dapat dijadikan sebagai pengganti kecap asin. Hal ini dikarenakan kaldu bubuk ini memiliki cita rasa asin yang mirip dengan kecap asin, namun untuk membuat rasanya semakin mirip, mungkin kita bisa menambahkan sedikit molase hitam dan cuka apel.

Kaldu Bubuk Sayuran

9 bahan pengganti kecap asin kaldu bubuk sayuran

Kaldu bubuk sayuran sebenarnya hampir sama dengan kaldu bubuk yang terbuat dari hewan, hanya saja kaldu jenis ini terbuat dari sayuran, seperti jamur misalnya. Namun kaldu bubuk sayuran ini juga dapat dijadikan sebagai pengganti kecap asin, terutama jika kamu seorang vegetarian, karena tidak terdapat unsur hewani dalam kaldu ini.

Meskipun cita rasa kaldu sayuran tidak segurih kaldu sapi ataupun ayam, namun ia tetap cocok dijadikan pengganti kecap asin. Kamu juga bisa menambahkannya sesuai selera, atau hingga mencapai tingkatan rasa yang kamu inginkan.

Pasta Miso

Pasta Miso adalah bahan makanan asal Jepang yang dibuat dari fermentasi rebusan kedelai, beras, dengan garam. biasanya Pasta Miso digunakan sebagai bumbu masak untuk berbagai jenis olahan Jepang. Bumbu ini menghasilkan rasa umami dan asin yang lezat sehingga dapat dijadikan sebagai pengganti kecap asin.

9 bahan pengganti kecap asin pasta miso

Namun rasa pasta miso jauh lebih pekat jika dibandingkan dengan kecap asin, sehingga kita perlu menambahkannya sedikit demi sedikit pada masakan, agar rasanya tidak berlebihan, dan hidangan pun enak untuk dinikmati.

Garam

Selanjutnya ialah garam. Kita semua tahu bahwa garam memang memberikan rasa asin pada masakan. Meskipun tidak semirip kecap asin, namun garam dapat memberikan rasa asin yang dibutuhkan dalam suatu masakan. Selain itu, garam juga mudah sekali ditemui, sehingga kamu tidak perlu repot-repot mencari pengganti lain ketika stock kecap asin di dapurmu habis.

Ikan Teri

Yang terakhir adalah ikan teri atau ikan bilis, yakni sekelompok ikan laut kecil anggota suku Engraulidae. Ikan teri biasanya memiliki rasa gurih dan sedikit asin. Memberikan ikan teri yang telah dicincang halus ke dalam tumisan tentu dapat menambahkan cita rasa asin, gurih dan lezat seperti halnya yang diberikan kecap asin. Tetapi, tentu saja terdapat beberapa perbedaan yang dihasilkan keduanya, namun meskipun begitu ikan teri juga masih dapat dijadikan pengganti kecap asin.

9 bahan pengganti kecap asin

Jadi itulah beberapa bahan yang dapat menggantikan kehadiran kecap asin. Meskipun tidak terlalu mirip, namun semua bahan tersebut setidaknya dapat menambah kelezatan pada setiap masakan mu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *